Vakansi Bulan Maret: 29 Daftar dan Penjelasan

Vakansi penting bulan Maret
Hari supersemar (Foto: idntimes.com)

Vakansi bulan Maret, yang mana terdapat beragam hari-hari penting, dengan tujuan masing-masing. Berikut ulasan daftar serta penjelasannya. Ayu Maesaroh, Trias Politika – organisasi.co.id

Berikut artikel kali ini akan membahas beberaa hari penting di bulan Maret. Dimana kebanyakan orang jika teringat peringatan bulan Maret.

Bacaan Lainnya

Akan tertuju pada tragedi Bandung lautan api. Benar, para pahlawan Indonesia, pada waktu itu tidak terima kawasan Bandung, diduduki oleh para penjajah Belanda.

Ada beragam pergolakan saat itu, hingga para pahlawan Indonesia, memutuskan untuk membakar Kota Bandung. Tak hanya tragedi itu saja.

Mencuat frasa “supersemar”, yang terjadi pada tanggal 11 Maret. Ada beragam hal yang melatarbelakangi adanya supersemar tersebut, hingga tercatat dalam sejarah.

Sejarah Penamaan Maret

Tentu kita hampir tidak pernah mau mengetahui apa dan darimana asal penyebutan kata Maret?

Ternyata nama bulan Maret berasal dari March (Mars). Sebagaimana Mars merupakan Dewa Kemenangan perang Bangsa Romawi.

Zaman dahulu kala, Januari bukanlah awal permulaan tahun, melainkan bulan Maret dan itu menjadi kepercayaan orang Romawi. Setiap tahun awal bulan mereka adalah Maret dan akhir tahunnya adalah Februari.

Pada setiap bulan Maret mereka membuat sebuah keputusan tidak boleh ada peperangan. Untuk menghargai Dewa perang mereka.

Seiring berjalannya waktu, bulan Maret telah menjadi bulan ketiga pada penanggalan Masehi dengan adanya konsensu antara Romawi dengan Vatikan. Untuk merubah awal tahun menjadi Januari.

Vakansi Penting Pada Bulan Maret

Tetapi, tanggal penting di vakansi bulan Maret, bukan hanya terdiri dari dua peristiwa tersebut saja, ada beberapa peristiwa lainnya, bahkan tarafnya Internasional. Berikut ulasannya.

Hari Kehakiman Nasional

Pada awal bulan Maret nanti yakni di tanggal 1 Maret tiap tahunnya, akan memperingati Hari Kehakiman secara Nasional.

Tujuan daripada hal tersebut, adalah memberikan kesadaran serta validasi dari profesi Hakim di Indonesia. Yang harus mempunyai prinsip akuntabilitas serta independen.

Serangan Umum di Djogja

Vakansi bulan Maret
Serangan umum 1 Maret (tirto.id)

Tak hanya itu, di tanggal yang sama yakni masih 1 Maret, juga memperingati hari Serangan Umum di Yogyakarta, yang terjadi tahun 1949 (pasca kemerdekaan Indonesia). Latar belakang daripada hal tersebut.

Organisatoris lain baca ini: Sejarah KNIP

Mempunyai 2 tujuan, yang pertama adalah mematahkan mental dari para penjajah (Belanda), yang kedua adalah menunjukkan kepada dunia bahwasannya TNI Indonesia, juga dapat melawan untuk mempertahankan kedaulatan Negara Indonesia.

Ginjal Sedunia

Vakansi pada bulan Maret selanjutnya, adalah peringatan hari ginjal sedunia, yang tepat pada tanggal 12 Maret di tiap tahun.

Tujuan adanya momentum tersebut, yakni menyadarkan para warganegara di belahan dunia, akan menjaga ginjal tetap sehat. Mengingat ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting.

Kelahiran Sutan Syahrir

Per tanggal 5 Maret, Indonesia merayakan hari jadi lahirnya Sutan Syahrir. Pahlawan revolusioner Indonesia, yang mempunyai andil paling berpengaruh, dalam menegakkan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Beliau menjadi satu-satunya perdana menteri Indonesia, pada tahun 1966.

Konvensi CITES Penolakan Perdagangan Satwa Liar

Satwa liar yang semakin langka dari tahun ke tahun, membuat para organisasi dunia kemudian membuat sebuah perjanjian, serta penetapan hari peringatannya.

Ialah perjanjian “Konvensi Penolakan Perdagangan Satwa Liar” atau perjanjian CITES, yang digagasi oleh World Conversation Union (IUCN).

Tujuan daripada perjanjian tersebut, adalah melindungi satwa liar dari perdagangan internasional, baik secara legal atau pun ilegal.

Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad)

Hari berikutnya yakni pada tanggal vakansi bulan Maret tanggal 6, menjadi peringatan hari Kostrad. Kostrad sendiri lahir pada tanggal tersebut tahun 1961.

Dengan mengemban amanah menjalankan perjanjian TRIKORA, yang mempunyai tiga poin, antara lain:

  1. Menggagalkan pembentukan negara Papua di Irian Barat
  2. Mengibarkan bendera merah putih di Irian Barat
  3. Serta mempersiapkan mobilisasi umum

Perempuan Internasional

Perempuan memang menjadi satu topik pembicaraan yang tidak pernah ada habisnya. Begitu juga dengan hari mereka, yang tepat pada tanggal 8 Maret di tiap tahun.

Alasan momen tersebut, adalah menyoroti bagaimana sebenarnya dalam kehidupan seharo-hari, perempuan juga mempunyai hak atas dirinya, keinginannya, serta apa yang menjadi masa depannya.

Pun dengan hak-hak di lingkungan sosial, hingga dalam lingkup pekerjaan. Mengingat segala macam hal seperti diskriminatif, seksisme, ketimpangan gender, masih terasa hingga era digital seperti sekarang, oleh kaum wanita perempuan,

Hari Musik Nasional

Berdasarkan Kepres No 10 tahun 2013 pada saat itu masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Memutuskan per tanggal 9 Maret tiap tahun, menjadi peringatan hari musik nasional.

Dimana selain menghormati komposer W.R Supratman yang telah menciptakan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Juga memaknai, bahwasannya musik merupakan sebuah ekspresi budaya yang bentuknya universal.

Persatuan Artis Film Nasional

Hari PARFI (Foto: parfi.or.id)

Mencuat nama-nama seperti H. Usma Ismail, Djamaludin Malik, serta terakhir Suryo Somarto. Adalah orang-orang dibalik terbentuknya PARFI, di tahun 1956.

Tekad mereka bertiga, adalah memajukan perfilm-an Indonesia, setelah sekian lama vakum karena para penjajah Jepang masuk ke Indonesia. Untuk Vakansi pada bulan Maret, ialah tanggal 10 Maret di tiap tahun.

Supersemar (Surat Pemerintah Sebelas Maret)

Tanggal 11 Maret, menjadi satu momentum penting, dimana Soeharto waktu itu masih menjadi Mayjen, mendapatkan mandat dari Presiden Soekarno.

Untuk menstabilkan keadaan keamanan Indonesia. Namun, banyak yang berspekulasi, keaslian daripada surat tersebut masih abu-abu sampai detik ini.

Ada yang mengatakan bahwa itu merupakan suatu pengambil alihan kekuasaan dan akhirnya Presiden Soekarno dan jajarannya, mendapat todongan pistol daripada pengikut Soeharto, dan sebagainya.

Hak Konsumen Sedunia

Kata pepatah, konsumen adalah raja, dimana seorang raja harus dilayani dengan baik, serta mendapatkan kualitas produk yang baik pula.

Tapi bukan hal tersebut yang menjadi penetapan hari konsumen sedunia, yang bertepatan pada tanggal 15 Maret mendatang.

Melainkan pada pembentukan UU perlindungan konsumen sedunia, sebagai wujud menyadarkan kepada masyarakat, akan pentingnya memberikan hak-hak konsumen mereka.

Beberapa poin UU tersebut antara lain:

  1. Mendapatkan kenyamanan serta keamanan dalam mengkonsumsi produk atau jasa
  2. Mendapatkan informasi yang jujur, serta jelas akan produk atau jasa yang mereka pakai. Serta hak berpendapat atas produk atau jasa yang mereka pakai, entah berupa keluh kesah, dan sebagainya.
  3. Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan hingga penyelesaian tentang sengketa terhadap produk atau jasa sesuai dengan peraturan yang ada.

Kelahiran Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)

Tekad dan spirit memang menjadi satu pondasi kuat, untuk seseorang atau kelompok, berkumpul, bersinergi menjadi satu, untuk mewujudkan cita-cita yang sama.

Itulah kenapa, pada tanggal 17 Maret menjadi hari kelahiran dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), yang mana mereka mempunyai tekad bersatu atas dari berbagai latar belakang organisasi perawat yang ada.

Agar dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat, dalam masalah kesehatan. Serta mengikiskan adanya kesenjangan di masyarakat, dalam pemberian pelayanan.

Dongeng Internasional

World Storytelling Day, merupakan hari dongeng bertaraf internasional, dengan tanggal vakansi di 20 Maret tiap tahunnya.

Peringatan tersebut sebagai satu solusi untuk meningkatkan minat baca generasi bangsa, meningkatkan daya imajinasi, percaya diri dalam menyampaikan isi dongeng, serta kreatifitas yang secara tidak sadar diasah, dan sebagainya.

Kehutanan Sedunia

Di hari selanjutnya, dunia juga akan memperingati hari hutan, setiap tanggal 21 Maret tiap tahun. Mengingat di era sekarang, hutan hampir terancam keadaannya.

Bahkan tidak sedikit beberapa orang yang masih menjadi “oknum tak bertanggungjawab”. Menebang hutan tanpa menggunakan teknik tebang pilih.

Itu juga yang menjadi kesadaran bagi warganegara di dunia, akan pentingnya hutan, yang mempunyai beragam manfaat bagi kehidupan manusia. Dan sudah sewajarnya, jika kita dari sekarang, belajar melindungi hutan.

Meteorologi Dunia

Per tanggal 23 Maret, jugan menjadi peringatan hari meteorologi dunia di tiap tahunnya. Melansir dari beberapa literatur yang ada.

Tanggal tersebut juga bertepatan pembentukan Badan Meteorologi Dunia, dibawah naungan dari organisasi PBB. Peringatan itu, bertujuan menjurus kepada penyadaran kepada warganegara di seluruh dunia.

Akan perubahan iklim, cuaca, dan sejenisnya, secara ekstrem belakangan ini. Bahkan beberapa fenomena yang tidak pernah terjadi dalam beberapa tahun, terjadi seketika di era sekarang.

Hari Sindrom Down

Setiap orang mempunyai tempat istimewa tersendiri, mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan, karena pada dasarnya, mereka adalah manusia yang utuh, dengan fitrah masing-masing dari Tuhan.

Begitu juga dengan orang-nrang down syndrom, mereka juga mempunyai hal itu. Tetapi terkadang, tidak sedikit orang yang menyadari, bahwa mereka, juga sama dengan manusia pada umumnya, mempunyai hak yang harus dipertahankan.

Oleh karenanya, tiap tahun vakansi pada tanggal 21 Maret, dunia memperingati hari down syndrom, sebagai satu sarana kepada masyarakat secara luas, kesadaran akan down syndrom.

Kelahiran Teater Boneka

Peringatan teater boneka di era sekarang memang belum sepopuler dengan beberapa perayaan pefilm-an, teater biasa, dan sebagainya.

Momentum ini terselenggara oleh seluruh dunia, setiap tanggal 21 Maret tiap tahun. di Indonesia sendiri teater boneka sudah mulai mendapatkan perhatian.

Ketika kemudian tayangan TV “si unyil” dengan kawan-kawan, muncul dengan membawakan karakter yang positif, memberikan beragam informasi tentang keilmuwan atau keahlian tertentu, dan sebagainya.

Penghapusan Diskriminasi Rasial Sedunia

Hari penghapusan diskriminasi rasial (Foto: dp3a.semarangkota.go.id)

Tak hanya itu, duna juga memperingati hari “Penghapusan Diskriminasi Rasial” per tanggal 21 Maret. Dengan tujuan untuk menghapus adanya tindakan mengarah rasisme kepada seseorang.

Entah dilihat dari warna kulit, atau pun sejenisnya. Karena sudah bukan saatnya era sekarang budaya mengkotak-kotakkan orang atas ras, suku, dan agama, tetap menjamur dan subur.

Setiap orang mempunyai keunikan masing-masing, mempunyai definisi cantik, tampan, berwibawa masing-masing. Jadi, tidak bisa menyamaratakan antara satu dengan lainnya.

Hari Hening Internasional

Vakansi 21 Maret juga menjadi peringatan hari Hening secara internasional. Momentum tersebut tercetuskan oleh UNFCC.

Sebagai salah satu cara untuk mengurangi emisi yang ada di udara, akibat kendaraan bermotor atau pun mobil, dimana sebagai penyumbang emisi terbesar di dunia.

Setiap tanggal tersebut, diharapkan selama 4 jam, pengguna mematikan atau tidak menggunakan kendaraan motor atau mobil, serta barang-barang elektronik lainnya.

Puisi Sedunia

Dalam sejarah dunia, tercatat dengan jelas peringatan hari puisi tingkat internasional per tanggal 21 Maret tiap tahun. Hal tersebut bersamaan juga dengan kelahiran penayir pertama dunia yakni Damaskus Nizar Qabbani.

Adanya perayaan tersebut, ditunjukkan sebagai suatu dukungan atas keberagaman bahasa, lewat sebuah puisi. Serta mendukung kreatifitas pemikiran manusia.

Air Internasional

Water Day, merupakan ide atau gagasa yang sebenarnya sudah ada sejak bulan Desember tahun 1992, di Brasil. Yang kemudian direspon oleh Majelis PBB.

Dengan memutuskan mulai setiap tanggal 22 Maret tahun 1993 dan tahun-tahun berikutnya. Menjadi peringatan hari air sedunia.

Tujuannya adalah menyadarkan masyarakat dunia, akan pentingnya air bersih, bagi kehidupan yang berkelanjutan.

Kelahiran Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

GMNI adalah ide atau gagasan yang awalnya terbentuk oleh para pemimpin organisasi tingkat Mahasiswa, dengan tekad untuk menyatukan para mahasiswa ke dalam satu tujuan nasionalis, untuk Indonesia.

Hingga pada akhirnya tanggal 23 Maret tiap tahun, menjadi peringatan kelahiran GMNI. Dalam prosesnya, mencuat nama-nama penting seperti S.H. Hadiprabowo, Wahyu Widodo, Subagio Masruki, dan terakhir Sri Sumantri.

Tubercolusis Internasional

Selanjutnya adalah memperingati hari Tbc atau Tubercolusis Internasional, yang bertepatan pada tanggal 24 Maret tiap tahun.

Hal ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat dunia, untuk sadar dan lebih aware akan diri sendiri, agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Apalagi di Indonesia, yang mana melansir dari beberapa literatur yang ada. Penyakit TBC, masih berada pada kategori epidemi.

Peringatan Bandung Lautan Api

Seperti yang sudah kita singgung pada awal pembahasan, Indonesia juga memperingati Bandung Lautan Api di tiap tanggal 24 Maret.

Hal tersebut sebagai sarana perenungan, aware, serta meningkatkan rasa nasionalisme terhadap negara Indonesia. Mengingat ada begitu banyak perjuangan dalam peristiwa tersebut.

Yang menyebabkan Kota Bandung terbakar seperti lautan api.

Teater Internasional

Jika sebelumnya ada teater boneka yang diperingati secara internasional pada tanggal 21 Maret. Hari Teater sedunia sendiri, berjarak hanya 6 hari, yakni pada tanggal 27 Maret tiap tahun.

Pencetus dari momentum itu, adalah organisasi ITI, singkatan dari International Teater Institute, yang merupakan organisasi bawah naungan UNESCO.

Women International Club Day (WIC)

Women International Day Club, adalah salah satu peringatan hari untuk para wanita di seluruh dunia, yang berdiri sejak tahun 1950.

Dimana sebagai sarana penyadaran kepada wanita Indonesia dan dunia, bahwasannya wanita punya andil dalam sejarah perjuangan kemerdekaan suatu negara, terkhusus Indonesia.

Yang mana dalam beberapa catatan sejarah mengenai peran wanita, masih minim.

Filateli Indonesia

Filateli Indonesia (Foto: isyf.or.id)

Jika kamu adalah pecinta prangko zaman dulu, mungkin kamu sudah tidak asing dengan peringatan hari filateli Indonesia ini.

Yang mana tercetus pada tanggal 29 Maret tiap tahun. Hal tersebut sebagai sarana merefleksi diri, bagaimana zaman dulu, sangat susah untuk berbagi kabar antara satu orang dengan orang lain, yang jaraknya sangat jauh.

Kelahiran Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia

Indonesia bukan hanya memperingati GMNI saja, melainkan kelahiran Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, juga dirayakan.

Organisatoris lain baca ini: Libur vakansi bulan Januari-Juli

Tepatnya pada tanggal 29 Maret tiap tahun. Gagasan ini sudah ada sejak 1998 di Malang. Dengan latar belakang atas keprihatina krisis yang terjadi pada tahun 1998 di Indonesia.

Hari Film Indonesia

Yang terakhir adalah hari Film Indonesia, yang tepat pada tanggal 30 Maret sebagai perayaan tiap tahun. Ide ini mencuat dengan hadirnya para nama-nama penting seperti Usmar Ismail dan Alm B.J Habibie, sebagai Presiden pada waktu itu.

Peringatan tersebut juga tertuang dalam Keppres No 25 Tahun 1999. Tujuan adanya momentum itu, sebagai pemantik para insan perfilm-an, untuk terus berkarya, dan mengangkat film-film Indonesia ke kancah yang lebih luas lagi.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai daftar vakansi bulan Maret, dengan tujuan masing-masing, pengadaan momentum tersebut.

Sekian pembahasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. pari.or.id
  2. wikipedia
  3. labcito
  4. nasionalokezone
  5. malahayati
  6. kostrad
  7. jabarbnn
  8. ditsmpkemendikbud
  9. parfi
  10. supersemar
  11. komunitaskonsumen
  12. ppnijatim
  13. malangkota
  14. kehutanan
  15. haridownsyndrom
  16. teater boneka
  17. semarangkota
  18. heningsedunia
  19. voi
  20. hari air sedunia
  21. bmkg
  22. GMNI
  23. kemkes
  24. bandung lautan api
  25. pojokseni
  26. WIC
  27. hari filateli
  28. KAMMI
  29. harifilmnasional

Pos terkait