Legendaris bulu tangkis pemain dunia
Permainan bulutangkis (Foto: kotakpintar.com)

Legendaris Bulu Tangkis Dunia: Pengertian, 10 Atlet

Diposting pada

Legendaris bulu tangkis dunia, mereka adalah pahlawan bagi wilayah atau negara yang menjadi tempat mereka lahir dan besar di sana. Dengan mengharumkan bangsa, lewat cara mereka sendiri. Terdapat pembahasan mengenai berbagai atlet legenda mulai dari Indonesia, hingga dunia.Ayu Maesaroh- organisasi.co.id

Pada dasarnya cerita legenda akan mendapatkan tempat bagi mereka yang menjadi saksi bisu perjuangan dengan meraih apa yang menjadi harapan.

Melihat para pejuang yang berusaha mengharumkan nama bangsa ke kancah internasional dengan jalan yang mereka pilih. Berawal dari sebuah kegagalan, namun hal tersebut tidak menyurutkan mereka untuk terus berusaha dan berjuang.

Itulah yang mungkin dirasakan oleh beberapa atlet legendaris olahraga bulu tangkis dunia, yang sampai sekarang masih dikenang oleh banyak orang atas prestasi mereka dalam mengharumkan nama bangsa.

Dan seketika pada titik tertentu, para pejuang tersebut memilih untuk pensiun, dan memberikan kesempatan bagi para junior mereka, untuk melakukan hal yang sama, yakni mengharumkan nama bangsa.

Tapi, siapa saja legendaris bulutangkis tersebut? berikut pembahasan selengkapnya.

Legendaris Bulu Tangkis Dunia

Pemain legendaris bulu tangkis dunia
Pemain bulutangkis Indonesia (Foto: sport.bisnis.com)

Sebelum itu, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu tentang apa itu ‘bulutangkis’. Bagaimana sejarahnya, dan sebagainya.

Pada catatan sejarah, ada begitu banyak klaim yang mengatakan bahwa permainan bulutangkis berasal dari beberapa negara. Ada yang mengatakan dari India, Inggris, Yunani kuno, China, dan sebagainya.

Untuk versi Yunani kuno, pada 2000 tahun silam permainan ini eksis pada waktu itu. Dengan menggunakan peralatan main seperti kok dan raket versi zaman tersebut.

Ada juga dari versi di Tiongkok China, yang permainan ini sering terkenal dengan nama Jianzi. Dengan konsep permainan menggunakan kok, namun tidak menggunakan raket.

Alih-alih mencoba untuk mempertahankan kok agar tidak menyentuh tanah, mereka menggunakan kaki sebagai alat untuk mempertahankannya. Bisa dibilang seperti melakukan permainan bola takraw.

Berbeda dengan versi Inggris, yang mana menamai permainan tersebut ke dalam dua nama, yakni yang pertama adalah battledores dan shufftlecock.

Permainan tersebut juga menggunakan konsep yang sama, yakni dengan mempertahankan kok agar tidak jatuh ke tanah, menggunakan raket versi zamannya.

Hingga kemudian permainan tersebut menjadi populer di sana, dan anak-anak sering memainkan permainan tersebut. Tidak sampai pada cerita tersebut.

Para rakyat Inggris, membawa permainan tersebut ke beberapa negara jajahan mereka. Seperti misalnya di kawasan Jepang, Thailand, serta Republik Rakyat Tiongkok.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Dunia Bulutangkis, 9 Negara Pendiri

Dari hal tersebut, permainan bulutangkis versi zaman itu menjadi populer di beberapa kalangan anak-anak di sana.

Adalagi versi India. Pada waktu itu, mereka mengatakan olahraga bulutangkis pertama kali diadakan di India, dan tercipta oleh para tentara dari Britania.

Tepatnya di Pune, India, dan berlangsung pada abad ke – 19. Dari kejadian tersebut permainan ini semakin populer, dan banyak orang yang meminatinya.

Orang yang memainkan dan nama permainan tersebut, sama-sama diberi nama ‘Poona’.


Siapa Nama Pemain Bulu Tangkis Dunia Asal Indonesia?

Sejalan dengan hal tersebut, permainan bulutangkis menjadi banyak peminat dari berbagai belahan wilayah di dunia. Yang kemudian mereka membuat organisasi resmi, serta mengadakan permainan bulutangkis.

Baik di kancah internasional maupun nasional. termasuk dengan Indonesia. Yang juga tidak sedikit dari negara kita, mempunyai atlet-atlet bulutangkis dengan predikat sebagai pemain bulu tangkis legendaris dunia.

Berikut beberapa listnya:

  • Johan Wahjudi
  • Christian Hadinata
  • Hendra Setiawan
  • Lyliana Natsir
  • Mohammad Ahsan
  • Budy Hartono
  • Verawaty Fajrin
  • Susi Susanti
  • Nova Widianto
  • Ricky Subagja

Itulah beberapa list dari para legendaris pebulutangkis Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia lewat kegigihan mereka.


Profil Para Ledendaris Dunia Asal Indonesia

Mengenal seorang legendaris bukan hanya berasal dari sebuah ‘nama’. Yang tersemat dalam catatan sejarah, dan kemudian tertutup kembali.

Padahal di dalamnya terdapat berbagai cerita mengenai jatuh-bangun perjuangan mereka dalam memperlihatkan kekuatan skuat para atlet bulutangkis Indonesia ke ranah internasional.

Jadi, berikut kisah mereka:

Johan Wahjudi

Adalah legendaris atlet bulutangkis Indonesia yang mendunia, yang sampai detik ini masih tergambar bagaimana perjuangan beliau untuk Indonesia.

Lahir pada tahun 1953, tepatnya tanggal 10 Februari. Beliau menjadi wakil Indonesia untuk pertama kali di perlombaan piala dunia bulutangkis, yang terselenggara pada tahun 1977, tepatnya di Swiss.

Christian Hadinata

Juga seorang pebulutangkis legenda dari Indonesia, yang mengikuti jejak dari atlet sebelumnya. Beliau lahir pada tahun 1949, tepatnya pada tanggal 11 Desember. Sekarang usia beliau hampir lebih dari 70 tahun.

Prestasi beliau ketika masih menjadi seorang atlet, pernah mendapatkan 2 gelar juara sekaligus pada taraf dunia. Pertandingan tersebut tergelar di Jakarta pada tahun 1980-an.

Beliau langsung mendapatkan gelar dunia untuk ganda putra, serta ganda campuran.

Hendra Setiawan

Adalah salah satu pemain legendaris bulu tangkis dunia asal Indonesia selanjutnya, yang juga sudah memberikan banyak prestasi dalam sepak terjang karirnya sebagai atlet bulutangkis.

Ia lahir pada tahun 1984, tepatnya tanggal 25 Agustus. Sekarang sudah menginjak usia lebih dari 30-an tahun. Salah satu prestasi yang membanggakan darinya, adalah pernah memegang rekor sebagai atlet dari Indonesia yang telah meraih gelar dunia sebanyak 4 kali.

Pada tahun pertama di tahun 2007 untuk ganda putra Indonesia. Lalu selanjutnya pada tahun 2013, 2015, serta yang terakhir 2019, juga untuk ganda putra bersama dengan atlet lainnya.

Lyliana Natsir

Siapa yang tidak kenal dengan beliau? Atlet yang melambung tinggi namanya, saat bermain untuk ganda campuran, atas perwakilan Indonesia.

Beliau lahir pada tahun 1985, tepatnya pada tanggal 9 September. Sepak terjang Lyliana bersamaan ketika ia menjadi spesialis ganda campuran bersama dengan Tantowi Ahmad.

Atlet putra yang juga menjadi andalan Indonesia dalam meraih gelar perlombaan bersama dengannya. Setidaknya Lyliana sudah memegang gelar All England sebanyak 3 kali bersama dengan Tantowi Ahmad.

Yakni pada tahun 2012, 2013 serta yang terakhir adalah 2014.

Rudy Hartono

Rudy Hartono adalah salah satu atlet legendaris dari Indonesia juga, yang telah banyak menoreh berbagai prestasi di dnia bulutangkis.

Lahir pada tahun 1949, tepatnya pada tanggal 18 Agustus. Salah satu prestasi yang ia toreh untuk Indonesia, adalah menjadi pemegang gelar juara untuk All England pada tahun 1968 s/d 1974.

Susi Susanti

Juga merupakan senior dari dunia bulutangkis Indonesia. Prestasi darinya membuat siapa saja takjub pada beliau. Lahir pada tahun 1971, tepatnya tanggal 11 Februari di Tasikmalaya.

Setidaknya sederet prestasi seperti menjadi tunggal putri pertama yang pernah mendapatkan medali emas pada pertandingan Olimpiade Barcelona, tahun 1992.

Itulah beberapa profil dari para legendaris dunia asal Indonesia, yang telah berada di taraf bulu tangkis dunia.


Daftas Legendaris Bulutangkis Asal China dan Jepang

Adapun dari beberapa negara lain yang juga mempunyai atlet bulutangkis yang bertaraf internasional. Salah satunya adalah dari China dan Jepang.

Organisatoris lain baca ini: Federasi Badminton Asia: Pengertian, 5 Wilayah Bagian

Meski keduanya mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda, nyatanya kedua negara ini juga sangat disegani, terutama bagi para legendaris atlet bulutangkis yang mereka miliki.

Beberapa pebulutangkis tersebut antara lain:

  • Han Jiang
  • Yang Yang
  • Zhao Jianhua
  • Xia Xuanze
  • Lin Dan
  • Aya Ohori
  • dll

Itulah beberapa list para atlet legendaris asal China dan Jepang, yang juga mendapatkan sorotan banyak orang.


Pemain Bulutangkis Tercantik Dunia

Pemain bulutangkis tercantik dunia (Foto: bolasport.com)

Berlanjut dengan beberapa atlet bulutangkis dunia, yang mana mempunyai paras cantik, serta tidak mengherankan jika para kaum adam menamai mereka sebagai bidadari sempurna.

Mempunyai paras yang luar biasa cantik, serta berprestasi dalam bidang yang mereka geluti, yakni bulutangkis. Dan kemudian kecantikan mereka mengalahkan para legendaris bulu tangkis dunia yang ada.

Siapa sajakah mereka? Berikut beberapa ulasannya:

Gronya Somerville

Gronya adalah gadis keturunan China Australia, yang mana lahir pada tahun 1995, tepatnya pada tanggal 10 Mei. Ia menjadi salah satu atlet bulutangkis andalan Australia.

Sederet prestasi pernah ia raih dalam dunia bulutangkis. Salah satunya adalah memenangkan Olimpiade ‘Oceania Champions’ di tahun 2019.

Nitchaon Jindapol

Merupakan atlet bulutangkis andalan Thailand yang juga memiliki paras cantik. Lahir pada tahun 1991 tepatnya pada tanggal 31 Maret.

Nitchaon pernah mendapatkan gelar medali emas pada Asian Games di tahun 2011 yang terselenggarakan di Jakarta, serta tahun 2015 di Singapur.

Aya Ohori

Paras cantik nan imut, Aya Ohori menjadi salah satu atlet putri andalan asal Negara Jepang. Ia lahir pada tahun 1996, tepatnya pada tanggal 2 Oktober.

Ada begitu banyak torehan prestasi yang membuat dirinya menjadi andalah negara Jepang dalam berpartisipasi di ajang Olimpiade internasional maupun nasional.

Aya juga tertarik di dunia model.

Wang Lin

Wanita berparas cantik selanjutnya datang dari China, ialah Wang Lin. Ia lahir pada tahun 1989 tepatnya di tanggal 30 Maret.

Salah satu prestasi yang akhirnya menghantarkan ia menjadi andalan China, adalah ketika ia mengikuti Olimpiade Bulutangkis di Paris pada tahun 2010, dengan mendapatkan medali emas.

Bellaetrix Manuputty

Selanjutnya datang dari Indonesia. Wanita yang lahir pada tahun 1988 tepatnya pada tanggal 11 Oktober di Jakarta, juga meraih berbagai prestasi dalam dunia bulutangkis.

Salah satunya adalah memenangkan Olimpiade Sea Games yang terselenggara pada tahun 2013, di Myanmar.

Woon Khe Wei

Adalah salah satu atlet putri andalan Negara Jiran, Malaysia, yang juga memiliki paras cantik serta sederet prestasi yang pernah ia dapatkan.

Lahir pada tahun 1989 tepatnya pada tanggal 18 Maret, terkenal dengan berbagai prestasi entah pada taraf Asian Games, dan lainnya. Bahkan saking banyaknya, ia dijuluki sebagai ‘Bidadari Bulutangkis’.

Itulah sederet atlet bulutangkis wanita yang juga mendunia atas prestasi yang mereka torehkan.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan yang berkaitan dengan atlet legendaris bulu tangkis dunia, yang pernah menorehkan dirinya sebagai salah satu daftar sejarah yang pernah mengharumkan nama bangsa.

Organisatoris lain baca ini: 5 Kelas Bulu Tangkis: Struktur Organisasi Dan Jawara

Dari hal tersebut, kita bisa mengerti bagaimana sebuah perjuangan tidak akan menghianati hasil. Jika kalian ingin menjadi mereka, maka giat dan tekunlah dengan bidang yang kalian kuasai sekarang.

Pelajari, dan cari kesempatan-kesempatan untuk menorehkan bakat kalian di dalamnya. Tarik semua impian kalian secepat mungkin, dan wujudkan segera.

Jangan sampai menunggu, apalagi sampai hilang impian tersebut.

Sekian ulasan kali ini. semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. Bulu_tangkis
  2. Pemain Bulutangkis Tercantik
  3. Pebulu-tangkis-indonesia

4 komentar

  1. Untuk saat ini ada nama Melati Daeva yang berpasangan dengan Praven Jordan. Selain muda dia juga cantik sih dan kalau untuk gudang nya pemain cantik itu Thailand kayaknya memang sih.

  2. Pemain yang beberapa waktu lalu asal Myanmar yang bertanding di sea games melawan pemain Indonesia juga cantik tapi lupa namanya. Masih muda juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *