persatuan perenang dunia
Berenang di Kolam renang (klikdokter.com)

Persatuan Perenang Dunia: Dalam Skala Nasional Dan Internasional

Diposting pada

Berenang adalah sebuah olahraga sekaligus mekanisme pertahanan diri. Dengan sahnya olahraga ini menjadi salah satu cabang yang masuk dalam olimpiade, maka terciptalah persatuan perenang dunia. Tujuannya adalah untuk melindungi para atlet hingga hal-hal lainnya terkait kompetisi renang.

Tika, Olahraga – organisasi.co.id

Mengenal Persatuan Perenang Dunia Dengan Prestasi Gemilang

Berenang adalah sebuah olahraga yang menyenangkan. Tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, berenang juga menjadi salah satu cara menyelamatkan hidup. Tidak sedikit sekolah-sekolah yang memasukkan olahraga ini ke dalam mata pelajaran olahraga wajib mereka.

Bahkan sejak masih anak-anak, orangtua jaman modern mulai meatih anak-anak mereka untuk berenang. Hal ini karena terbukti berenang memiliki banyak manfaat baik dari segi keselamatan hidup hingga kesehatan.

Latihan demi latihan dari waktu ke waktu akhirnya menciptakan para atlet renang yang berprestasi. Siapa sajakah mereka?

Organisatoris baca: Membuat Struktur Organisasi Excel dan Word: 8 Cara

a. Michael Phelps (Mendirikan yayasan setipe persatuan perenang dunia)

Salah satu atlet renang terbaik dunia adalah Michael Fred Phelps. Beliau lahir di Amerika Serikat pada 30 Juni 1985. Ia tercatat sebagai perenang tersukses karena berhasil mengalahkan Mark Spitz.

Phelps menjadi perenang legenda sekalipun ia telah pensiun. Ia telah mendapatkan 23 medali emas dari total 28 medali. Bentangan tangannya seolah lebih panjang dari tubuhnya.

b. Ian Thorpe

Berasal dari Australia, ian Thorpe lahir pada 13 Oktober 1982. Sekalipun telah pensiun, prestasi-prestasinya tidak akan terlupakan. Pada usia 14 tahun ia berhasil menjadi perenang termuda yang mewakili Australia.

Julukannya adalah Thorpedo karena teknik gaya bebasnya yang aduhai. Ia mendapatkan dua medali emas di Kejuaraan Renang Dunia pada tahun 1988 untuk 400 m gaya bebas putra serta estafet.

Setahun kemudian ia mendapat 3 medali emas dan mencapai puncak kesuksesan pada salah satu ajang di Jepang dengan menyabet 6 medali emas.

c. Katie Ledecky

Memulai karier saat berusia 15 tahun pada olimpiade London, Katie mendapatkan medali emas di ajang gaya bebas 800 m puteri.

Ia berhasil menjadi juara dunia sebanyak 14 kali dan lima diantaranya memperoleh emas. Tidak heran jika ia menjadi salah satu perenang wanita terbaik.

d. Ryan Lochte

Sama seperti Katie yang berasal dari Amerika, ia merupakan salah satu saingan Michael Phelps. rekor dunianya adalah pada ajang 4×200 m gaya bebas yang membuatnya mendapat SwinSwam’s Swammy Award dan World Swimmer of the Year Award.

Ryan Lochte mengoleksi 90 medali selama berkarir.

e. Rebbeca Soni

Masih sama berkebangsaan Amerika, Rebecca Soni juga telah pensiun dari dunia renang dengan sepsialisasinya pada gaya dada, Ia adalah manntan rekor dunia untuk gaya dada 200 m.

Kemampuannya untuk menempuh jarak tersebut dapat ia lakukan dalam waktu kurang dari 2 menit.

Sejarah Persatuan Perenang Jepang

Persatuan perenang dunia terbentuk untuk melindungi para atlet dan juga menjaga aturan-aturan mengenai kompetisi renang.

Dari persatuan itu, terbentuklah cabang-cabang yang berada di seluruh negara di dunia. Di Jepang, pada tahun 1603 terbentuklah organisasi renang pertama. Pada masa pemerintahan kaisar Go-Yozei beliau memerintahkan semua murid sekolah di Jepang harus dapat berenang.

Sejarah Renang Indonesia

Persatuan perenang dunia membawa alur tersendiri bagi olahraga renang di Indonesia. Ia berkembang pesat seiring dengan munculnya perkumpulan renang Bandungsche Zwembond atau Perserikatan Renang Bandung.

Kala itu, di tahun 1917, organisasi tersebut memulai terbentuknya West Java Zwembond di tahun 1918 serta Oost Java Zwembond di tahun 1927.

Seelah terbentuk di Jawa Barat dan Jawa Timur, akhirnya muncullah PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) oleh Poerwo Soedarmo pada 21 Maret 1951. Tujuannya adalah untuk menaungi para atlet dan organisasi-organisasi di bawahnya.

Terdapat pula pelatihan bagi para atlet dan wasit serta juri untuk menghasilkan kompetisi yang berkualitas.

Cabang Renang

Kolam Renang
Syarat kolam renang anak (datawisata.com)

Olahraga renang ternyata menampilkan berbagai variasi dalam bentuk gaya. Adapun cabang olahraga renang yang masuk dalam perlombaan setingkat olimpiade antara lain:

a. Gaya Bebas


Terdiri atas gaya bebas jarak 50 m, 100 m, dan 200m. Terdapat pula gaya bebas jarak 400 m dan 800 m. Yang terjauh adalah gaya bebas jarak 1500m.

b. Breaststroke ( Gaya Dada)

Mencakup gaya dada 100 m dan 200 m.

c. Bacstroke (Gaya Punggung)

Termasuk di dalamnya adalah gaya punggung 100 m dan 200 m.

d. Gaya Kupu-Kupu

Pada gaya ini terdapat dua jarak seperti 100 m dan 200 m.

e. Ganti perorangan (campuran)

Terdiri dari gaya ganti estafet yang mana merupakan kombinasi dari empat gaya renang. perenang akan mulai dengan gaya kupu-kupu lalu punggung, dada, dan bebas.

Jarak yang dilombakan antaralain 200 m dan 400 m. Untuk gaya ganti estafet, maka perenang akan mulai dengan gaya punggung, lanjut ke gaya dada, kupu-kupu, barulah gaya bebas.

Untuk estafet, jarak yang masuk dalam pertandingan adalah 100 m dan 400 m.

Organisatoris baca: Kolam Renang, Ukuran dan Syarat

Ukuran Kolam Renang Sesuai Persatuan Perenang Dunia

persatuan perenang dunia
Ukuran kolam renang (kolambali.com)

Berenang menjadi olahraga sejuta umat, Mulai dari bayi yang sedang berlatih berenang maupun para orang tua yang belum dapat berenang boleh menggunakan kolam renang yang aman,

Selain untuk berenang, kolam renang juga menjadi wahana permainan air.

– Kolam renang bayi

Standar kolam renang untuk bayi dan balita bervariasi. Tidak hanya dari segi kedalaman, namun untuk masalah bentuk pun juga beragam.

Pada kolam berukuran persegi panjang, ukurannya adalah 166 x 100 x 25 cm. ada pula bentuk lingkaran dengan kedalaman 60 cm hingga 80 cm.

– Pribadi

Khusus kolam renang pribadi, ukuran yang nyaman dan ideal adalah 7 x 3 m. kedalannyannya bervariasi mulai dari 60 cm di bagian dangkal dan 2,5 m pada bagian dalam.

Sulit menentukan kolam renang ideal karena semua tergantung pada luas lahan dan jumlah orang yang akan menggunakan kolam renang tersebut.

Ukuran kolam renang pribadi di luar ruangan umumnya lebih luas dari di dalam ruangan. Sebab itulah kolam renang dalam ruangan kerap bernama tipe minimalis.

Jadi sebelum membuatnya, seseorang harus mengetahui lahan mereka yang terbatas. Sebab itu bentuk kolam renangh tersebut juga beragam mulai dari seperempat lingkaran hingga panjang maksimal 3 m.

Bukan masalah untuk seseorang dengan bebas menentukan bentuk dan ukuran kolam. Bisa juga membuat kolam bentuk L untuk di belakang rumah.

– Kolam renang umum

ukuran kolam rennag untuk umum tentu lebih besar dari kolam renang pribadi. Akan tetapi terdapat ukuran muinimal yang harus terpenuhi karena terkait dengan jumlah pengguna.

Minimal lebar adalah 5 m dan panjang 25 m. namun tidak sedikit pula kolam renang umum yang kita temukan lebih panjang dan lebih lebar dari itu. pada bagian paling dangkal berukuran 1 m dalamnya dan yang paling dalam mencapai 4 m.

– Perlombaan

Untuk perlombaan, sebuah kolam renang harus sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku. jadi di manapun kita menemukannya, ukurannya akan sama demi menjunjung sportivitas.

Persatuan perenang dunia menetapkan standarisasi kolam yang perlu mendapat perhatian dan menyesuaikan jenis perlombaan.

Cabang yang biasa masuk perlombaan adalah nomor 50 m dan 100 m. Ini menjadi panjang lintasan yang perlu unutk mendapat perhatian.

1. Ukuran Kolam Renang Standar Nasional

Adapun ukuran kolam renang standar nasional mengacu pada Permenpora nomo 0636 tahun 2014 yaitu kolam rennag tipe B. Panjang kolam adalah 50 m dan lebar 25 m. Adapun total luas kolam adalah 1250 m2.

Kedalaman minimum 2 m dengan lebr lintasan kolam 2,5 m. Adapun jumlah lintasan kolam adalah 8 dengan temperatur air dalam kolam 25 hingga 28 derajat Celcius.

2. Ukuran Kolam Renang standar Internasional / Olimpiade Atas kesepakatan persatuan perenang Dunia

Kolam renang standar internasional adalah tipe A. Sekalipun boleh menggunakan kolam dengan panjang 25 m namun tetap saja perlombaan mengacu pada 50 m ataupun 100 m.

Atlet akan berenang bolak balik di sepanjang kolam sesuai dengan nomor perlombaan. Adapun panjang dan lebar kolam adalah 50 m x 25 m. Luas kolam keseluruhan 1250 m2 dengan kedalaman minimum 2 m. Suhu air di dalam kolam 25 hingga 28 derajat Celcius. Lebar lintasan kolam 2,5 m dengan total lintasan sebanyak 8.

Tips Sebelum Berenang

Kolam renang
Tips berenang di kolam renang (liputan6.com)

menghadapi temperatur yang berbeda antara darat dan air, ada baiknya memperhatikan hal-hal ini sebelum berenang.

a. Melakukan pemanasan

Ada baiknya kita melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum berenang. Hal ini akan mengurangi risiko cidera ataupun kram saat berada di dalam air.

Adapun pemanasan ringan yang mudah dilakukan adalah memutar lengan dengan cara merentangkannya sejajar bahu dan memutar secara bersamaan, serta loncat atau berlari di tempat,

Bisa juga dengan membuka kedua kaki sejajar sambil merentangkan dua lengan ke samping ataumelakukan push up Bungkukkan tubuh dan ayunkan tangan kanan kiri hingga menyentuh lutut kanan dan kiri.

Regangkan setiap bagian tubuh selama 10 hingga 15 detik dan ulangi sebanyak tiga kali.

b. Pemanasan di air

Fungsi pemanasan dalam air adalah untuk membentuk fleksibilitas tubuh. Caranya dengan u berenang secara ringan selama lima menit atau mendayungkan kaki.

c. Pendinginan

Tujuan dari pendinginan adalah untuk mengontrol detak jantung supaya kembali normal. Lamanya pendinginan tergantung berapa berat rutinitas tiap individu. Caranya adalah dengan menghadap dinding kolam sambil tangan berpegangan pada tepi atau melakukan renang ringan.

Lalu lipat kedua kaki hingga lutut sejajar dada. Telapak kaki menempel pada dinding. Pertahankan posisi ini lalu hentakkan hingga tubuh terdorong lurus dan ulangi beberapa kali.

Kita bisa juga melakukan peregangan di bawah air hangat saat mandi. Lakukan selama 30 hingga 40 detik dengan air hangat sambil membilas tubuh.

Sebaiknya kita berhati-hati dengan kandungan kaporit yang terlalu banyak atau dengan tidak sengaja memnelannya dalam jumlah banyak.

Daftar Pustaka

  1. Mengenal Sejarah Renang di Dunia dan Indonesia
  2. 10 Nama Atlet Renang Terbaik Dunia dari Australia dan Eropa
  3. Nomor-nomor Lomba pada Cabang Olahraga Renang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *