Jenis perlengkapan renang
Olahraga renang (Foto: honestdocs.id)

Perlengkapan Renang: Pengertian Hingga 4 Jenis Bikini

Diposting pada

Perlengkapan renang, adalah hal yang perlu ada ketika kita akan melakukan olahraga tersebut, termasuk dengan beberapa pakaian renangnya, seperti 4 jenis bikini yang bisa menjadi referensi kita. Lalu bagaimana pengertian dari olahraga tersebut?

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator, bagaimana keadaan kalian sekarang ini? Semoga tetap diberikan kesehatan, dan kebugaran untuk bisa menjalani berbagai aktifitas hari ini.

Karena, siapa lagi yang bisa menjaga kesehatan kita, kalau bukan diri sendiri. Bahkan, di dunia ini ada begitu banyak jenis olahraga yang bisa kalian pakai, sebagai salah satu kegiatan di pagi hari.

Untuk bisa terus meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh manusia. Jenisnya tersebut ada yoga, lari, bersepeda, hingga melakukan renang.

Dan bicara masalah renang, dalam artikel kali ini akan mengulas mengenai hal tersebut. Mulai dari perlengkapan, hingga jenisnya, untuk bisa menjadi rekomendasi kalian.


Jenis Perlengkapan Renang

Jenis perlengkapan renang
Jenis dan fungsi perlengkapan renang (Foto: mandorkolam.com)

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, renang mempunyai berbagai perlengkapan yang bisa kalian pakai. Dengan ketentuan jenis perlengkapan tersebut nyaman saat kalian pakai.

Hal ini bertujuan agar badan kita bisa lebih mudah saat bergerak, menyusuri berbagai medan air yang ada. Untuk kisaran harga, biasanya pada perkiraan 100 s/d 200 ribu untuk satu perlengkapannya.

Cukup murah dan terlindungi bukan? Agar kalian bisa mendapatkannya, kalian bisa pergi ke berbagai e-commers, ataupun beberapa toko perlengkapan renang yang dekat dengan tempat tinggal kalian.

Maka, beberapa perlengkapannya antara lain:

Baju dan Celana Renang

Perlengkapan yang pertama ini sangat penting ketika akan berenang. Hal ini merujuk kepada individu yang ingin mengeksplor gaya renang lebih banyak.

Sehingga ketika melakukan gaya tersebut, bisa lebih mudah dan membuat gaya bisa lebih sempurna.

Kacamata Renang

Untuk hal ini, biasanya opsional sesuai dengan kehendak masing-masing. Ada yang menggunakan kacamata renang saat melakukan kegiatan tersebut.

Namun ada juga yang tidak. Tapi, fungsi daripada kacamata renang ini, adalah membuat seseorang bisa melihat dengan mudah tentang bagian dasar dari kolam renang, serta dapat melihat patokan mana yang harus mereka capai ketika latihan renang.

Pelampung

Ada 3 jenis pelampung yang sering dipakai, ialah pelampung kecil yang biasanya dipakai oleh anak-anak, lalu pelampung berukuran sedang, serta pelampung berukuran besar.

Biasanya pelampung ini digunakan ketika seseorang hanya ingin duduk santai di kolam menggunakan pelampung. Menikmati suasana yang ada, dan sebagainya.

Topi Renang

Topi renang ini berbeda dengan topi pada umumnya. Yang mana kegunaan dari topi ini, adalah untuk melindungi rambut kalian agar tidak terlalu basah.

Organisatoris lain baca ini: 7 Perenang Cantik Dunia, Jawara Yang Menawan

Karena terkadang ketika rambut kita ikut basah, seketika kepala kita akan terasa lebih berat, dan tidak jarang meninggalkan bau.

Pull Buoys

Adalah salah satu alat yang biasanya dipakai untuk beberapa pemula, yang ingin belajar dari nol masalah olahraga renang, terutama tekniknya.

Perlengkapan ini menitikberatkan pada pelatihan gaya tubuh bagian atas, terutama dalam melatih tangan agar melakukan gaya renang bisa lebih optimal.

Kaki Katak

Kaki katak sendiri memang sudah tidak asing bagi kita. Perlengkapan ini sangat bermanfaat untuk menambah tenaga bagian kaki dalam melakukan berbagai gaya renang.

Seperti misalnya tendangan, kayuh, dan sebagainya, yang mana semua gaya-gaya renang tersebut bertumpu kepada bagian kaki.

Itulah beberapa jenis perlengkapan renang yang bisa menjadi referensi kalian.


Bikini Renang, Pengertian dan Bentuk

Jenis bikini renang (Foto: tokopedia.com)

Tapi ada salah satu perlengkapan dari olahraga tersebut, yang mana sering menjadi sorotan banyak orang. Yang kadang juga mengundang kontroversi, bagi siapa saja yang ada sedikit di benak mereka yang kurang nyaman dengan penampilan mereka.

Ya, ialah bikini. Pakaian yang sebenarnya sangat lazim dan memang lebih fokus untuk area tempat pantai. Gunanya adalah melindungi area intim terutama wanita yang memang menggunakan pakaian ini.

Baik area intim bagian atas dan bawah. Sehingga mereka lebih nyaman dalam melakukan berbagai gaya renang sesuai dengan kemampuan mereka.


Dan karena bikini ini hanya melindungi area intim wanita yakni bagian atas dan bawah. Maka munculllah berbagai jenis bikini yang bisa menjadi rekomendasi kalian. Jenis tersebut antara lain:

Bandeau

Adalah jenis bikini dengan model tanpa tali pengait untuk bagian pundaknya. Mirip dengan strapless untuk bagian dadanya. Sehingga lebih nyaman ketika digunakan.

Microkini

Seperti namanya, jenis model bikini ini memang berbentuk mikro, dan benar-benar hanya melindungi area intim wanita saja. Entah pada bagian atas dan juga bawahnya.

Tidak heran jika seorang wanita menggunakan microkini tersebut, akan terlihat lebih seksi!

Halter

Adalah model bikini dengan pengait untuk bagian pundak agak lebih lebar, serta sangat menutup hampir keseluruhan dari payudara wanita.

Kenapa dinamakan dengan Halter? karena motif dari jenis bikini tersebut berbeda-beda. Dan biasanya yang memakai halter, mereka akan merasa tampil lebih beda.

Tankini

Tankini adalah jenis bikini yang dikombinasikan atara tanktop dengan bikini. Biasanya untuk bagian atas, menggunakan tank top, serta menutupi hingga ke payudara bagian bawah.

Jenis ini sangat cocok untuk kalian yang ingin tampil seksi, namun tidak terlalu mendefinisikan bahwa kalian memang sedang tampil seksi.

Itulah beberapa jenis bikini yang bisa menjadi referensi kalian untuk kegiatan olahraga renang.


Jenis Pelampung Anak

Pelampung anak (Foto: alodokter.com)

Adapun jenis perlengkapan lain yang biasanya bisa kita pakai saat berenang. Khususnya untuk sang buah hati, yang kadang penasaran bagaimana rasanya berenang di air, dengan respon sensasi yang mereka rasakan.

Ialah pelampung anak, yang mana fungsi dari perlengkapan ini, adalah membuat anak agar tetap mengapung di permukaan, sehingga resiko tenggelam bisa lebih terminimalisir.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Renang, Federasi Nasional Dan Dunia

Terkecuali memang para orang tua yang sudah mulai pelan-pelan mengajarkan anak mereka untuk lepas pelampung ketika akan melakukan olahraga renang tersebut.

Jadi, beberapa jenis pelampung anak antara lain:

Neck Ring

Adalah pelampung anak yang dipakai di bagian leher mereka. Biasanya pelampung ini khusus untuk anak berusia 6 bulan sampai dengan 2 tahun.

Area renangnya pun tidak boleh sembarangan, harus aman dan sesuai dengan kemampuan dari sang anak. Bisa menggunakan kolam renang yang dari plastik, ataupun sejenisnya.

Swim Trainer

Adalah jenis pelampung yang berbentuk bulat, dengan tambahan tali yang berada pada bagian tengah pelampung. Hal tersebut berfungsi sebagai penopang tubuh bayi, untuk bisa berlatih renang dengan aman.

Untuk kisaran umur, swim trainer ini bisa kalian gunakan untuk sang buah hati yang berusia 6 s/d 24 bulan, dengan area kolam renang yang cukup besar. Namun jangan terlalu dalam juga ya.

Pelampung Jaket

Jenis ini biasanya dipakai untuk mengenalkan pertama kali kepada anak tentang berbagai gaya renang yang bisa mereka lakukan.

Namun memang untuk melakukannya, sang anak butuh tenaga ekstra, mengingat saat menggunakan pelampung jaket ini, antara tubuh bagian atas dengan kaki, lumayan sulit ketika akan bergerak.

Pelampung Lengan

Seperti namanya, pelampung ini memang meitiberatkan hanya bagian lengan sikecil saja. Oleh karenanya para orang tua harus memastikan terlebih dahulu mengenai keahlian dari sang anak.

Minimal mereka bisa menyeimbangkan sebagian dari tubuh mereka dalam air. Jenis pelampung lengan, biasanya direkomendasikan untuk anak sekitar umur 4 s/d 5 tahun.

Itulah jenis-jenis pelampung anak, yang bisa menjadi rekomendasi kalian.


Pakaian Renang Muslimah

Perlengkapan renang muslimah
Pakaian renang muslimah (Foto: bp-guide.id)

Dan terkadang di dunia ini, banyak sekali manusia yang mempunyai kesamaan ketertarikan suatu hal. Dengan metode yang sama, hanya medianya saja yang berbeda.

Hal itu juga dirasakan oleh para wanita muslimah, yang juga merasakan ada ketertarikan dengan olahraga renang, sehingga mereka ingin mempelajarinya.

Dan dengan alasan itulah, muncullah berbagai model baju renang khusus muslimah, yang bisa mereka pakai, sekaligus nyaman. Beberapa jenis tersebut antara lain:

Rok Mini plus Legging

jenis ini mengkombinasikan antara model pakaian atas, lalu di bagian bawah seperti rok yang menutupi area bokong. Lalu ditambah dengan legging untuk menutup tubuh bagian bawah, seperti kaki, paha, dan sebagainya.

Tunik plus Legging

Adapun jenis lainnya, yakni tunik plus legging. Jenis ini bisa menutupi tubuh bagian atas hingga area bokong ke bawah, plus legging.

Juga sangat direkomendasikan untuk kalian yang tidak ingin membentuk lekuk tubuh, sehingga meski tampil menutup pun, tetap seksi!

Jenis Jumpsuit

Jenis ini modelnya lurusan. Maksudnya adalah antara atasan dan bawahan menyambung menjadi satu. Sehingga dalam melakukan beberapa gerakan gaya renang, bisa lebih mudah.

Itulah beberapa jenis pakaian renang muslimah, yang dapat menjadi rekomendasi kalian.


Jilbab Renang

Namun, jika mengenai masalah perlengkapan muslimah entah dalam berolahraga ataupun lainnya, pasti tidak akan terlepas dari yang namanya jilbab.

Dan kita sangat paham, bahwa jilbab berfungsi sebagai penutup kepala, sehingga bagian tubuh wanita yang termasuk aurat, dapat terlindungi dengan baik.

Nah, karena ini adalah olahraga renang yang dilakukan para muslimah, sangat wajib untuk memakai jilbab agar menutupi bagian kepala mereka.

Organisatoris lain baca ini: Wadah Para Perenang, Sejarah Induk Organisasi Dengan Atlit Tercantik

Namun, disarankan untuk memakai jilbab yang dapat memberikan kenyamanan bagi kalian saat akan melaksanakan kegiatan olahraga renang tersebut.

Jadi, beberapa jenis jilbab renang antara lain:

Muzlima Sportwear

Bentuk dari jenis ini, pada bagian kepala ke bawah, aga sedikit longgar. Sehingga kadang memakai jenis ini akan agak berat ketika kita sudah berada pada permukaan air, terutama pada bagian kepala kita.

Jenis Ninja

Biasanya jenis ini lebih banyak dipakai. Hal tersebut merujuk kepada model dari jenis ninja ini yang ketat, dan sangat nyaman ketika mereka pakai untuk melakukan berbagai gaya renang yang ada.

Juga tidak terlalu meninggalkan rasa berat ketika kita keluar dari area kolam.

Itulah beberapa jenis dari model hijab yang dapat kalian pakai ketika akan melakukan olahraga tersebut.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai perlengkapan renang. Dari beberapa pembahasan tersebut, kita bisa lebih terbuka mengani bermacam perlengkapan berenang yang dapat kita pakai.

Juga memberikan kita wawasan tentang berbagai jenis rekomendasi model baju renang, terutama kaum wanita dan muslimah, yang ingin mempelajari lebih dalam tentang renang tersebut.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Pakaian_renang
  2. https://my-best.id/136078
  3. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/7/2020/21177/simak-deretan-jenis-swimwear-yang-wajib-kamu-ketahui
  4. https://my-best.id/136222
  5. https://wolipop.detik.com/sale-and-shop/d-3818062/7-hijab-instan-yang-bisa-dipakai-untuk-olahraga-lari-sampai-renang
  6. https://www.decathlon.co.id/in/content/41-peralatan-penting-saat-olahraga-renang
  7. https://www.ibudanbalita.com/artikel/mengenal-jenis-pelampung-sesuai-perkembangan-balita

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *