Pengertian sejarah senam irama
Definisi senam irama (Foto: posbaru.com)

Mengenal 7 Manfaat Senam Irama

Diposting pada

Sejarah senam irama, mengulas berbagai hal yang terkait dengan olahraga tersebut. Seperti terdapat beberapa pembahasan mengenai 3 ciri yang ada pada olahraga ini, termasuk dengan 7 manfaat yang bisa di dapat.

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator, bagaimana kabar kalian hari ini? Tetap produktif dan selalu menjaga kesehatan bukan? Atau ada yang sedang mengalami masalah tertentu?

Benar, kadang masalah selalu datang silih berganti, tanpa permisi bahkan pamit ketika permasalahan itu meninggalkan diri.

Yang kemudian kita frustasi, melampiaskan segala emosi di dalam diri. Hingga suatu ketika sang burung berkicau dan berkata. Sudah, sudahi saja. Tiada henti engkau menangis ketika engkau melanjutkan skenario ini, pergilah, dunia yang begitu cantik sedang menunggumu..

Begitu bukan? Meski berat, namun kita mau tidak mau harus memikirkan diri sendiri, bagaimana baiknya, serta mulai dari awal untuk menjaga kesehatan kita kembali.

Organisatoris lain baca ini: Sejarah Induk Organisasi Senam Indonesia Dan Dunia

Dan, bahkan dalam beragam jenis olahraga, ada yang bisa membuat kita lebih baik, dengan menggunakan irama sebagai media pengiringnya.

Apalagi jika bukan sejarah dari senam irama. Yang mana senam tersebut dapat membuat kita lebih nyaman dan membuat hati menjadi lebih baik ketimbang yang sebelumnya.

Untuk mendapatkan pandangan lebih luas tentang olahraga ini, beberapa pembahasan kali ini akan mengulas lebih dalam tentang olahraga tersebut. Antara lain:

Sejarah Senam Irama, Pengertian, Ciri dan Manfaat

Sejarah dari senam irama
Senam irama, ciri dan manfaatnya (Foto: hot.liputan6.com)

Dalam catatan sejarah, olahraga dengan menggunakan irama ini sudah ada sejak tahun 1700-an, dengan berbagai pencetus yang selalu mengutarakan tentang keberadaan rancangan tersebut sampai pada tahun 1900-an.

Jika dihitung, sekiranya ada lebih dari dua orang yang mengembangkan olahraga senam irama ini per tiap tahunnya. Yang kemudian pada era modern, dikembangkanlah oleh Peter Henry Ling.

Yang mana pada waktu itu masa abad ke 19, dengan menamakan beberapa gerakan senam iramanya ialah Swedia System.

Untuk pengertiannya sendiri, ada salah satu ahli yakni Imam Hidayat, yang mengatakan bahwa senam tersebut merupakan bentuk dari latihan tubuh, yang mana sudah di desain sedemikian rupa.

Dengan latihan yang sedemikian rupa secara sadar, serta tersusun rapih dan sistematis. Sehingga di dalamnya dapat tersematkan nilai spritual, juga dapat menjadi metode untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Selain itu, ciri dari senam irama ini, adalah memperhatikan hentakan, serta irama yang mengiringi berbagai gerakan yang ada. Oleh karena itu, berimbaslah kepada manfaat dari senam ini.

Yang mana salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan tulang manusia. Hal tersebut merujuk kepada beberapa gerakan senam irama, yang memang menumpukan beban ke salah satu bagian dari tubuh manusia.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan satu per satu:


Sejarah dan Pencetus Senam Irama

Senam irama ini awalnya mendapat gagasan dari seorang bernama Jean-Georges-Noverres, yang mana menggagaskan hal tersebut pada tahun 1720-an sampa dengan 1800-an awal.

Lalu kemudian berlanjut oleh Francois Delsarte, yang juga menggagaskan ide ini kembali pada tahun 1800-an awal sampai dengan 1870-an. Dan dilanjutkan lagi oleh Rudolf Bode pada tahun 1800-an sampai dengan tahun 1970-an.

Hingga pada akhirnya dalam sejarah tersebut, mereka bertiga dianggap sebagai orang terpenting dalam memunculkan ide daripada senam lantai tersebut.

Yang kemudian pada abad ke-19 seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, ada seorang ahli yang mulai mengembangkan ide tersebut.

Dan juga menciptakan gerakannya sendiri dengan nama Swedia Sytem. Ialah Peter Henry Ling. Pada awalnya ia mempromosikan beberapa gaya seperti gaya bebas, dan lainnya,

Yang kemudian ia rubah dengan nama ‘gymnastic estetic’. Mengingat disitu sudah menyematkan beberapa nilai seperti emosi, ekspresi diri, serta perasaan yang sedang dirasakan.

Organisatoris lain baca ini: Konsep Organisasi Olahraga, Sejak 4000 SM Dalam Skala Dunia

Lalu penamaan itu berumah menjadi ‘gymnastic ritmis’, dengan merujuk kepada seorang ahli pada tahun 1920-an, yang juga mengembangkan gagasan daripada Peter Henry ini.

Yang mana ia pun menyematkan beberapa gerakan dengan bantuan beberapa alat seperti pita, bola, tali, simpai, serta gada.


Hingga pada akhirnya dari hal tersebut, membawa senam irama menjadi salah satu cabang senam yang diperlombakan. Untuk pertama kalinya, senam irama ikut dilombakan di Rusia, tepatnya pada tahun 1940-an.


Pengertian Senam Irama oleh Beberapa Pakar

Adapun beberapa pengertian dari beberapa ahli, yang mana mempunyai pandangan berbeda dari sejarah senam irama. Berikut beberapa pendapat dari mereka.

Menurut Mahendra

Dalam buku beliau yang terbit pada tahun 2000, mengatakan bahwa senam irama, merupakan sebuah bentuk dari aktivitas, yang mana menitikberatkan pada pengembangan kemampuan gerak dari beberapa komponen fisik yang ada.

Pendapat Madijono

Mencantumkan pengertian senam irama dalam bukunya yang terbit pada tahun 2010, ‘senam irama’, adalah sebuah latihan jasmani yang mana dilakukan dengan cara teratur, sistematis juga terencana.

Hingga pada akhirnya berbagai gerakan tersebut memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh manusia.

Khadafi dan Sutrisno

Menurut keduanya, senam irama adalah sebuah latihan fisik yang terbentuk sedemikian rupa sistematis, yang mana hal tersebut digunakan sebagai salah satu jalan untuk menggapai tujuan yang ingin dicapai.

Margono

Mengatakan dalam bukunya yang terbit pada tahun 2009, adalah sebuah gerakan yang terancang dengan terencana, kemudian gerakan tersebut tersusun dengan sistematis.

Sehingga dapat mengembangkan pribadi serta membentuk pribadi yang harmonis sekaligus.

Maka dapat kita simpulkan bahwasannya senam irama, adalah sebuah gerakan yang tersusun sedemikian rupa, memperhatikan gerakan yang sistematis dan terencana.

Sehingga tubuh manusia mendapatkan tujuan yang ingin seseorang tersebut capai.


Ciri Senam Irama

Juga di dalam catatan sejarah, terdapat beberapa ciri dari senam irama ini, yang mana bisa kita identifikasikan bahwa gerakan tersebut merupakan golongan dari senam irama.

Yang pertama adalah gerakan yang sistematis. Hal tersebut merujuk kepada sebuah tempo gerakan, ritme dari lagu yang perlu seseorang tersebut hayati menggunakan kefokusan yang ekstra.

Kedua gerakan yang terencana. Kembali pada pembahasan sejarah, senam irama ini pada awalnya memang sudah terdapat sebuah gerakan yang terencana, bahkan sudah mempunyai nama tersendiri untuk satu gerakan.

Organisatoris lain baca ini: Panjat Tebing: Induk Olahraga Secara Nasional dan Dunia

Ketiga, memperhatikan ritme dan alunan lagu, yang mana hal tersebut merujuk kepada pembawaan daripada atlet senam irama, guna mendapatkan feel emosi yang ingin mereka salurkan kepada khalayak umum yang menontonnya.

Itulah segelintir daripada ciri senam irama yang bisa kita ketahui dengan jelas. Yang mana ada lebih banyak lagi ciri-cirinya, jika kita mengamati dengan sungguh-sungguh, juga secara lebih objektif.


Manfaat Senam Irama Bagi Tubuh

Terlepas dari pembahasan yang tadi, beragam olahraga apapun di dunia ini yang kita kenal dan kita pahami, pasti mempunyai faedah tersendiri bagi manusia, terutama dalam menjaga kebugaran jasmani serta rohani.

Hal ini juga berlaku kepada senam lantai, yang mempunyai banyak sekali manfaat atau faedah bagi manusia. Berikut listnya:

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat yang pertama ini sangat penting bagi manusia untuk mendapatkan tulang yang tetap kuat meski sudah memasuki usia yang tak lagi muda.

Apalagi pada usia tersebut sangat rentan terkena pengikisan lapisan tulang, sehingga menyebabkan aktivitas gerak manusia menjadi semakin berkurang.

Otot Menjadi Lebih Kuat

Hal tersebut merujuk kepada beberapa latihan senam irama yang menumpukan satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain.

Contohnya seperti balerina, yang mana dalam gerakan balet ada gerakan satu kaki terangkat ke atas, lalu dengan posisi yang sedikit jingjit, kaki lainnya menahan beban dari kaki yang terangkat tersebut.

Menjadi Metode Bakar Kalori

Mengingat berbagai gerakannya sudah terencana dengan begitu sistematis serta teratur, otomatis tidak bisa terpisahkan antara gerakan satu dengan yang lainnya.

Dengan begitu, proses daripada pembakaran kalori lebih mudah,

Mengurangi Stress

Yang terpenting adalah mengatasi stress. Hal ini merujuk kepada senam yang terancang dengan menggunakan berbagai irama yang mengiringinya.

Secara tidak langsung, hal tersebut menjadi healing tersendiri bagi orang yang melakukannya, termasuk mengurangi stress yang ia rasakan.

Mengidealkan Bentuk Fisik

Hal ini sangat penting dalam penampilan seseorang, apalagi dengan kaum hawa. Yang mana kadang kita sebagai kaum hawa serba salah dengan bentuk badan sendiri.

Yang mana tidak setiap orang bisa menerima apa yang kita miliki dalam tubuh kita, terutama pada bagian tubuh tertentu.

Nah dengan olahraga ini, kalian bisa mengatasi hal tersebut, dengan cara melakukan berbagai senam irama setiap pagi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lagi-lagi, menjaga jantung tetap sehat adalah PR besar bagi manusia. Yang mana dengan adanya jantung yang sehat, maka kita bisa melakukan berbagai hal sesuka kita.

Termasuk dengan pembiayaan daripada penyakit jantung ini. Yang bahkan masih tetap bisa kemungkinan kecil tidak tertolong nyawanya, jika terlambat dalam penanganan.

Menghindarkan Diri dari Cedera

Sebelum melakukan senam irama, pasti dalam tahap pertama adalah pemanasan terlebih dahulu. Dengan cara melenturkan beberapa otot yang masih kaku, dan sebagainya.

Yang kemudian gerakan tersebutlah, menjadi metode preventif tersendiri bagi seseorang untuk terhindar dari yang namanya cedera. Entah cedera ringan, hingga ke berat.

Induk Organisasi Senam Lantai Nasional dan Internasional

FIG logo (Foto: beritaku.id)

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa senam ini pertama kali dilombakan di rusia pada tahun 1940-an. Yang mana sebelum itu, terbentuklah organisasi federasi senam artistik tingkat internasional.

Ialah FIG atau singkatan dari Federation Internationale de Gymnastique. Federasi ini bertanggungjawab untuk mengurusi beberapa hal.

Seperti contohnya adalah menyusun berbagai ajang perlombaan senam artistik tingkat dunia atau internasional, dan hal tersebut harus terlaksana untuk semua cabang senam yang mendapatkan naungan dari FIG ini.

Untuk organisasi resmi senam lantai sendiri, ada PERSANI, atau singkatan dari Persatuan Senam Indonesia. Yang kemudian senam irama, berada di dalamnya.

PERSANI sendiri memiliki beberapa tugas, salah satunya adalah memfasilitasi para atletnya yang akan maju dalam berbagai ajang pertandingan tingkat Internasional, yang mana menjadi perwakilan dari Indonesia.

Juga mengadakan berbagai perlombaan senam pada tingkat Nasional.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai sejarah senam irama ini. Dari beberapa pembahasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwasannya senam irama adalah senam yang tersusun dengan sedemikian rupa.

Mempunyai ciri yang bisa kita identifikasikan sebagai salah satu gerakan senam irama, serta dari hal tersebut berimbas kepada kebermanfaatan senam lantai untuk tubuh manusia agar lebih baik lagi.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://www.bola.com
  2. https://hot.liputan6.com
  3. https://id.berita.yahoo.com
  4. https://www.bola.com
  5. https://www.coursehero.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *