Sejarah dari olahraga senam lantai
Jenis senam lantai (Foto: olahragapedia.com)

Sejarah Senam Lantai, Manfaat Dan Jenis

Diposting pada

Sejarah senam lantai, merupakan salah satu jenis olahraga yang mempunyai berbagai macam manfaat bagi manusia. Terdapat pembahasan mengenai manfaat sampai dengan jenis dari olahraga ini.

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai, kembali dengan tulisan yang terus konsisten memberikan wawasan luas untuk kamu. Menjadikan generasi muda Indonesia yang tidak mudah kegabah terhadap suatu hal.

Cepat dalam mengambil sikap, dan sebagainya. Karena, Indonesia sekarang begitu abu-abu, dan sangat ambigu. Penguasa sekarang sedang berbangga dengan kepunyaan ‘senjata’ mereka berupa kekuasaan.

Dan rakyatnya sedang menggema, menggunakan senjata bernama ‘orasi, gaungan kebenaran’. Sungguh, peperangan sengit antar penguasa dan rakyatnya, yang entah kapan berakhir.

Bahkan dari sejarah Indonesia pun, perjuangan yang berujung ‘pertumpahan’ berlangsung hingga menjelma menjadi tragedi. Catatan kelam, yang bahkan siapa saja enggan menilik apalagi melirik.

Itulah sejarah, mempunyai catatan masing-masing, yang mana dengan sejarah kita mengetahui betapa kejam, hingga pada aspek kebermanfaatan dari sejarah tersebut.

Seperti pembahasan artikel sekarang ini, yang mana akan mengulas lebih dalam tentang senam lantai. Mulai dari asal-usul, manfaat, sampai dengan jenis dari senam lantai ini.

Sejarah Senam Lantai, Manfaat dan Tujuan

Sejarah senam lantai dan tujuannya
Contoh senam lantai (Foto: blibli.com)

Dalam catatan sejarah, senam lantai merupakan salah satu senam yang pada abad ke-20, telah berada pada tingkat kepopulerannya, sehingga banyak orang yang menyukai olahraga ini.

Meski demikian, tidak tahu pasti awal dari kemunculan olahraga ini, terutama pada tahun tepatnya kemunculan dari olahraga tersebut.

Namun seperti yang dilansir dari detik.com, olahraga ini ada dan mucul sejak 2700 SM. Kala itu yang dulu memperkenalkan adalah para biara Cina.

Mereka menggunakan senam lantai tersebut sebagai pengobatan serta ilmu bela diri. Hal ini merujuk kepada catatan sejarah yang berupa kitab. Kitab tersebut memberikan gambaran yang hampir sama dengan gerakan senam lantai seperti sekarang ini.

Namun ada juga dari beberapa literatur lain mengatakan bahwa senam lantai ini berasal dari India. Yang mana dari dulu, India sudah terkenal dengan pengobatan mereka yang hampir sama tekniknya dengan senam lantai serta yoga.

Hal ini merujuk pada teknik pernafasan yang mereka kenalkan untuk pengobatan alternatif. Begitu juga dengan Mesir, yang mana mempunyai banyak sekali bangunan piramida, yang tidak lepas dari sejarah olahraga terebut.

Dan memang Mesir sendiri, sudah terkenal dengan olahraga senam lantai, termasuk dengan olahraga yoganya. Beberapa statement itulah yang membuat olahraga senam lantai pada abad ke-20, mulai populer.

Olahraga ini sendiri mempunyai beberapa manfaat juga, yang mana secara garis besarnya adalah menguatkan beberapa otot-otot tertentu di tubuh manusia.

terutama pada bagian belakang yang memang rentan akan resiko cedera, dan sebagainya. Dan karena ini adalah olahraga, pastinya kekebalan sistem imun manusia juga akan meningkat.

Juga sejarah senam lantai mempunyai beberapa tujuan. Meski demikian hal ini bergantung kepada tujuan dari orang yang melakukan olahraga senam lantai.

Ada yang ingin mengecilkan beberapa bagian tubuh mereka seperti di bagian perut, paha, dan sebagainya. Atau yang ingin membuat masa otot lebih lama, sehingga terhindar dari osteoporosis.


Apa Itu Senam Lantai?

Tapi, apa sebenarnya senam lantai tersebut? Jika kita lihat dari berbagai gerakan serta tumpuan dari olahraga senam lantai ini.

Kebanyakan dari senam ini lebih fokus kepada gerakan yang dilakukan dengan posisi terlentang. Dengan media adalah lantai, yang mana menjadi tempat untuk melakukan gerakan.

Organisatoris lain baca ini: Pengertian Induk Organisasi Olahraga: Manfaat Dan Tujuan

Ada gerakan yang mengangkat kaki ke atas, dan sebagainya. Beberapa literatur juga mengatakan bahwa senam ini, merupakan senam yang di dominasi oleh gerakan di lantai, atau tumpuan tempatnya adalah lantai.

Adapun beberapa pendapat mengenai senam lantai menurut beberapa ahli, antara lain:

Soekarno Muryati

Dalam buku beliau yang terbit pada tahun 2014, mengatakan bahwa senam lantai adalah sebuah kegiatan yang berupa latihan ataupun gerakan, yang mana dilakukan di atas lantai, dengan menggunakan permadani ataupun sejenisnya, untuk alat ataupun alasnya.

Agus Margono

Menurut beliau sendiri dalam buku beliau yang terbit tahun 2009, mengatakan bahwa senam lantai merupakan senam yang gerakannya dilakukan pada matras.

Yang mana gerakannya berupa mengguling, melompat, meloncat, dan beberapa gerakan lain yang menumpu kepada tangan dan kaki. Dengan tujuan untuk mempertahankan sikap seimbang saat melakukan gerakan.


Aip Syarifuddin dan Muhadin

Dalam buku mereka yang terbit pada tahun 1991, mengatakan bahwa senam lantai adalah senam yang dilakukan di atas permadani, yang mana permadani tersebut sebagai media untuk melakukan gerakan.

Unsur dari gerakannya sendiri ada melompat, mengguling berputar, serta beberapa gerakan lain yang bertumpuan pada kaki dan tangan, agar nantinya sikap seimbang tetap dipertahankan saat melakukan gerakan.

Itulah beberapa pendapat mengenai senam lantai ini.


Manfaat Senam Lantai

Selaras dengan beberapa pembahasan tadi, adapun beberapa manfaat dari sejarah senam lantai ini. Dan hal tersebut juga yang menjadi alasan beberapa orang menyukai senam lantai ini.

Maka, berikut beberapa manfaat yang ada dari senam lantai:

Fleksiblitas Tubuh Meningkat

Nah inilah manfaat senam lantai yang pertama, flekasibilitas. Dalam gerakan dari senam lantai, secara garis besar memang menitikberatkan pada kelenturan tubuh, serta keseimbangan dari tubu juga sangat diperhatikan.

Otomatis dengan demikian, kelenturan daripada tubuh akan meningkat dengan sendirinya.

Kekuatan dari Tulang

Tulang tubuh manusia lambat laun akan mulai berkurang fungsinya dengan baik, seiring dengan bertambahnya umur manusia.

Maka tidak heran jika pada akhirnya, berujung pada osteoporosis, atau mengalami pengikisan dari tulang tubuh manusia. Hal tersebutlah yang membuat manusia perlu untuk melakukan berbagai olahraga yang ada.

Membakar Kalori Lebih Mudah

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, senam lantai ini dapat menjadi alternatif kita untuk mengecilkan bagian perut yang dirasa mengganggu penampilan kalian.

Tak hanya itu, senam lantai ini, dipercaya dapat membakar kalori dengan mudah, mengingat gerakan yang dimiliki cukup mudah, namun tumpuan daripada gerakan yang ada, sangat besar pengaruhnya dalam membakar kalori tubuh.

Meningkatkan Kedisplinan Diri

Manfaat senam lantai berikutnya. Dispilin diri. Entah olahraga jenis apapun, semua membutuhkan konsistensi dari orang tersebut yang ingin menjadikan tubuh mereka sehat, serta terwujud semua target yang mereka canangkan.

Begitu juga dengan sejarah dari olahraga senam lantai ini. Yang mana membutuhkan konsistensi dari kita, agar nantinya hasil yang diinginkan bisa tercapai.

Mengurangi Depresi

Senam lantai merupakan senam yang sangat membutuhkan kefokusan dari kita. Terutama beberapa gerakan yang sedikit sulit, yang memang membutuhkan tenaga serta pikiran kita.

Oleh karenanya olahraga ini sering direkomendasikan oleh kebanyakan orang untuk mengurangi depresi, sehingga akan berimbas kepada kesehatan yang semakin meningkat.

Itulah beberapa manfaat dari senam lantai yang bisa menjadi rekomendasi serta referensi kalian.


Jenis-jenis Senam Lantai

Adapun beberapa jenis-jenis senam lantai, yang mana banyak orang, sering menggunakan gerakan atau jenis senam ini. Beberapa jenis senam lantai tersebut antara lain:

Sikap Lilin

Jenis senam lantai yang pertama adalah sikap lilin. Yang mana sikap ini bertumpu pada tubuh bagian bokong serta tangan, yang mana titik untuk mempertahankan sikap lilin tersebut.

Caranya adalah dengan mengangkat kedua kaki sejajar ke atas seperti lilin, lalu antara bagian bokong dengan kedua tangan menjadi tumpuan utamanya.

Sikap Guling

Sikap guling ini ada dua macam, yakni forward Roll dan Backward Roll. Untuk pemula biasanya menggunakan cara berguling ke depan atau forward roll ini.

Organisatoris lain baca ini: Caddy Golf Tercantik Untuk Pemain Berkelas di Lapangan

Untuk sikap awalnya adalah berjongkok terlebih dahulu, lalu taruh kedua telapa tangan di depan badan namun tidak terlalu jauh, serta kepala yang melihat ke bawah. Jika sudah, angkat bokong ke depan untuk sampai berada sikap awal.

Untuk backward roll juga hampir sama gerakannya, namun untuk sikap awalnya terbalik, yang mana tangan kalian diletakkan di samping, tepat pada bawah telinga.

Sikap Handstand

Hampir sama dengan sikap lilin sebelumnya, hanya saja tumpuan dari sikap ini seutuhnya pada tangan kalian. Posisi kalian harus benar-benar seimbang, yang mana dengan demikian kalian akan bisa melakukan sikap ini.

Kayang

Sikap kayang ini lebih menitikberatkan pada kelenturan tubuh. Yang mana untuk sikap awalnya kalian harus berdiri dengan melihat ke depan.

Lalu kalian berusaha melenturkan tubuh ke belakang dengan posisi badan yang tetap sama. Setelah itu, tumpu dengan kedua telapak tangan agar keseimbangan tetap konsisten.

Loncat Harimau

Loncat harimau ini hampir seperti forward roll yang sebelumnya. Namun sikap awal dari olahraga ini adalah meloncat, setelah itu sikap setelahnya adalah forward roll ini.

Itulah beberapa jenis dari senam lantai yang bisa kalian coba di rumah. Namun untuk kalian yang baru pemula, disarankan melakukan hal tersebut dengan ahlinya. Agar kalian terhindar dari cedera, entah ringan atau berat.

Induk Organisasi Senam Lantai Indonesia

Logo PERSANI (Foto: beritaku.id)

Dalam catatan sejarah, senam lantai sudah ikut dalam kategori senam gimnastik, yang mana hal tersebut secara otomatis membuat jenis senam ini memiliki induk organisasi.

Sedangkan Indonesia sendiri, olahraga dengan kategori gimnastik, berada pada organisasi PERSANI, atau singkatan dari Persatuan Senam Indonesia.

Maka, senam jenis ini pun dimasukkan dalam organisasi tersebut.

Organisasi ini mempunyai beberapa tujuan, antara lain:

  • Membina para atlet, utamanya adalah atlet senam lantai
  • Membuat sebuah anggaran belanja, yang mana hal tersebut bertujuan memajukan organisasi, termasuk beberapa cabang olahraga senam, seperti senam lantai, dan sebagainya.
  • Menyediakan beberapa fasilitas kepada para atlet
  • Mengadakan pelatihan fisik kepada atlet
  • Menjadi pembimbing dan pembina ketika para atlet mengikuti kompetisi cabang olahraga senam, baik senam lantai ataupun lainnya.
  • Mengirimkan para atlet untuk berkompetisi dalam taraf internasional pada cabang olharga jenis senam, entah senam lantai, dan sebagainya.


Foto Kegiatan Senam Lantai

Meski demikian, dalam berlatih pun harus ada beberapa contoh ataupun demo, yang mana berbentuk foto ataupun video.

Mengingat kita berada dalam masa pandemi. Menuntut untuk kita semua tetap beraktifitas di rumah. Dan jika harus keluar rumah pun, harus melaksanakan protokol kesehatan, yang mana melindungi kita dari virus tersebut.

Maka, berikut beberapa foto senam lantainya:

Kayang (Foto: sehatq.com)
Sikap lilin (Foto: hipwee.com)
Sejarah jenis senam lantai
Handstand (Foto: hops.id)

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai sejarah olahraga senam lantai. Yang mana kita bisa lebih paham mengenai senam lantai ini.

Juga kita nantinya tidak akan terlalu kegabah dalam mencoba beberapa gerakan yang ada, dan mempelajarinya. Mulai dari sejarah, jenis, sampai dengan tujuan dari senam lantai.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5536763/senam-lantai-sejarah-manfaat-dan-langkah-langkah-gerakannya-secara-detail
  2. https://www.orami.co.id/magazine/senam-lantai/
  3. https://www.materiolahraga.com/2018/05/senam-lantai.html
  4. https://www.bola.com/ragam/read/4310602/7-manfaat-senam-lantai-baik-untuk-fisik-dan-mental
  5. https://www.selamatpagi.id/pengertian-senam-lantai/#Induk_Organisasi_Senam_Lantai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *