Sejarah Federasi Badminton Asia
Olahraga badminton (Foto: sayaajarkan.com)

Federasi Badminton Asia: Pengertian, 5 Wilayah Bagian

Diposting pada

Federasi Badminton Asia, wadah olahraga tingkat asia, yang menjadi naungan para atlet Asia untuk bisa mengembangkan diri mereka lebih baik. Hingga terdapat pembahasan mengenai 5 wilayah yang ikut dalam federasi ini.

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai, kembali dengan tulisan yang selalu berusaha membuat kamu terus menambah wawasan. Karena dengan wawasan yang selalu bertambah, kita tidak semena-mena dalam membuat statemement, apalagi sampai statement itu dibuat status.

Teknologi yang begitu mudahnya, serta sentuhan jempol terhadap tombol yang juga sangat gampang, membuat siapa saja dapat berekspresi mengenai statement mereka sendiri.

Yang mana disayangkannya adalah, statement itu belum tentu benar. Tidak tahu yang sebenarnya bagaimana, asal-usul dari pendapat mereka itu bagaimana.

Hanya karena kemudahan tersebut, seharusnya kita sebagai manusia harus lebih hati-hati, benar bukan? Maka sebuah pendapat yang ditarik dari sejarah serta asal-usul tersebutlah yang menjadikan kita lebih bijak dalam menanggapinya.

Mengerti bagaimana mekanisme sebuah statement itu muncul, dan memang harus digaungkan. Namun berbicara tentang sejarah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai sejarah dari Federasi Badminton Asia.

Jadi, berikut pembahasannya.

Federasi Badminton Asia

Sejarah federasi badminton asia
Badminton Asia logo (Foto: indosport.com)

Organisasi merupakan salah satu wadah bagi beberapa orang, yang mana mereka memiliki kesukaan yang sama, pemikiran yang sama, dan pola pandang yang sama terhadap sebuah fenomena.

Dan yang paling penting adalah, mereka mempunyai tujuan, yang mana tujuan tersebut menjadi patokan mereka dan mewujudkannya secara bersama-sama.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Federasi Badminton Asia. Yang mana mereka berdiri sebagai salah satu wadah bagi para atlet-atlet badminton yang ada di Asia.

Yang juga mempunyai tujuan, ialah sebagai patokan daripada kompetisi badminton tingkat Asia. Federasi Badminton Asia atau yang disingkat dengan BAC ini, terbentuk pada tahun 1959.

Bertempatan di Kuala Lumpur Malaysia, di bawah naungan dari Federasi Badminton Tingkat Dunia, atau singkatan dari BWF.

Sampai detik ini, untuk keanggotaan dari organisasi tersebut, sekitar lebih dari 30 negara yang bergabung di dalamnya.

Itulah sekilas dari pembahasan mengenai Organisasi Badminton tingkat Asia, yang mana bisa menjadi referensi kalian.


Berapa Jumlah Wilayah Federasi Badminton Asia ?

Member Badminton tingkat dunia (Foto: id.wikipedia.org)

Tapi, secara spesifik, ada berapa sih jumlah negara yang ikut Federasi ini? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwasannya Federasi ini mempunyai anggota lebih dari 30 negara.

Yang mana mereka terbagi atas 5 kelompok member asosiasi, sesuai dengan tempat ataupun wilayah dari negara yang tergabung ke dalam wilayah Asia.

Beberapa kelompok tersebut antara lain:

Kelompok Asia Barat

Kelompok Asia Barat adalah beberapa Negara yang mana terdominasi oleh negara-negara dengan warganya yang memeluk agama Islam.

Contoh beberapa negaranya seperti : Arab Saudi, Syria, Palestine, Iraq, Iran, dan sebagainya. Adapun beberapa negara lain juga yang ikut ke dalam anggota Asia Barat, ialah: Lebanon, Bahrain, Quait, Qatar, dan sebagainya.

Kelompok Asia Timur

Di kelompok ini, terdapat beberapa negara yang mana mereka sudah termasuk ke dalam kelompok negara maju. Baik dari sistem perekonomian, kemajuan teknologi, dan sebagainya.

Organisatoris lain baca ini: 5 Kelas Bulu Tangkis: Struktur Organisasi Dan Jawara

Beberapa negara tersebut antara lain: China, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan sebagainya. Dan beberapa negara lainnya adalah: Korea Utara, Taiwan, Macau China, Mongolia, dan sebagainya.

Kelompok Asia Selatan

Untuk kelompok Asia Selatan, beberapa anggotanya antara lain seperti India, Afghanistan, Maldives, Nepal, dan lainnya.

Beberapa negara ini juga ikut dalam kelompok Asia Selatan, ialah: Bangladesh, Bhutan, Sri Lanka, dan sebagainya.

Kelompok Asia Tenggara

Salah satu negara yang tergabung dalam kelompok ini, adalah Indonesia. Yang mana terkenal sebagai negara agraria, negara dengan pohon terbanyak di dunia, dan sebagainya.

Ada juga beberapa negara Asia Tenggara lain, seperti: Malaysia, Myanmar, Vietnam, Cambodia, Thailand, Brunei, Laos, Singapore, serta beberapa negara Asia Tenggara lainnya.


Kelompok Asia Pusat/ Tengah

Beberapa negara yang termasuk ke dalam kelompok Asia Tengah dalam organisasi ini antara lain: Kazakhstan, Turkmenistan,Uzbekistan, Tajikistan, dan sebagainya.

Itulah beberapa kekompok dari organisasi Federasi Badminton Asia, yang bisa menjadi referensi kalian.


Nama Federasi Badminton Masing-Masing Negara

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Federasi Bulu Tangkis / Badminton tingkat Asia ini, mendapatkan naungan dari Federasi Badminton tingkah Dunia.

Yang mana kita tahu, federasi tingkat dunia ini sudah ada sejak tahun Federasi ini ada dan terbentuk di 1934. Kala itu organisasi ini memiliki anggota sebanyak 9 Negara.

Terdiri dari Belanda, Prancis, Denmark, Selandia Baru, Wales, Irlandia, serta Skotlandia. Federasi ini pun menjadi wadah dan mulai menjalankan berbagai tujuan mereka.

Hingga pada akhirnya organisasi tersebut mempunyai anggota lebih dari 100 Negara yang ikut dalam federasi tersebut, yang kemudian membuat nama federasi berubah.

Yang awalnya adalah IBF atau International Badminton Federation, kemudian berganti menjadi nama BWF atau singkatan dari Badminton World Federation.

Hingga pada akhirnya organisasi beranak pinak, menjadi beberapa bagian federasi, yang mana setiap wilayah federasi tersebut menjadi wadah bagi beberapa negara bagian yang menjadi naungan mereka.

Beberapa nama federasi di berbagai negara antara lain:

Federasi Badminton Tingkat Asia

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, federasi ini, menaungi beberapa negara yang termasuk ke dalam negara Asia.

Terbentuk pada tahun 1959, dan sekarang mempunyai anggota lebih dari 30 Negara yang tersebar di wilayah Asia. Untuk kantor resminya berada di Kuala Lumpur, Malaysia.

Federasi Badminton Amerika

Selanjutnya adalah Federasi Bulu Tangkis / Badminton Pan Am, atau berada lingkup di Amerika Serikat. Organisasi ini sudah ada pada tahun 1995.

Mereka memiliki anggota sekitar lebih dari 20 Negara di dalamnya. Untuk kantor pusatnya sendiri berada di Peru, Lima.

Federasi Badminton Tingkat Afrika

Merupakan federasi yang bernama Badminton Conferedence Afrika. Bermula pada tahun 1978, dengan jumlah anggota sebanyak lebih dari 30 Negara.

Kantor pusat untuk federasi ini, berada di Quaratre Bornes, Mauritis, dengan Presiden organisasi adalah Larry Keys.

Badminton Oceanica

Adalah federasi badminton yang baru-baru ini terbentuk. Untuk kepastian dari tahun pembuatannya sendiri belum pasti.

Untuk jumlah keanggotannya, federasi ini mempunyai jumlah anggota sebanyak 8 Negara. Dengan kantor pusat berada di Williamstown Victoria, Australian. Dan presidennya adalah Robert Bryan.

Itulah beberapa 5 wilayah federasi yang termasuk ke dalam federasi badminton tingkat dunia. Semoga menjadi referensi kalian.


Peringkat Badminton Asia

Sebuah organisasi, di dalamnya akan menghasilkan berbagai jebolan kebanggaan mereka, dengan berbagai prestasi yang mereka raih.

Berbagai negara dari belahan dunia pun uforia menggaungkan kemenangan atas apa yang mereka raih dalam bidang yang sudah menjadi kesenangan diri pribadi.

Organisatoris lain baca ini: 7 Perenang Cantik Dunia, Jawara Yang Menawan

Bahkan tercatat dalam sejarah, sebagai pahlawan dari organisasi hingga negara, mengharumkan nama bangsa mereka. Dengan secercah senyum kemeangan yang tertulis di sana.

Jadi, inilah beberapa peringkat negara yang tergabung dalam peringkat kemenangan kompetisi atau kejuaraan tingkat asia, antara lain:

Kompetisi Individu

Dalam kompetisi ini terbagi atas dua jenis, yakni kompetisi individu putra dan putri. Yang mana tumpuan daripada kompetisi ini.

Adalah penguasaan mengenai teknik badminton untuk mengalahkan lawan, Yang mana jumlah dari perwakilan federasi ataupun negara, adalah satu orang.

Pada tahun 2019 kemarin, ialah negara Jepang yang mana memegang kemenangan atas kompetisi tingkat Asia. Untuk atlet dari mereka, adalah Kento Momota sebagai tunggal putra, sedangkan Akane Yamaguchi, sebagai tunggal putri.

Kompetisi Ganda

Ganda sendiri terdiri dari 3 jenis, yakni ganda campuran, ganda putri, lalu ganda putra. Jumlah dari perwakilan antar negara adalah dua orang.

Dengan penilaian mengenai kerjasama untuk meraih kemenangan menggunakan cara cetal skor. Pada tahun 2019, ganda putra, diraih oleh negara Jepang, sedangkan untuk ganda putri, dimenangkan oleh tim dari China.

Untuk ganda campuran juga demikian pada tahun 2019, yang mana China memenangkan beberapa kompetisi badminton mereka dengan para atlet mereka.

Itulah beberapa peringkat kompetisi dari federasi asia, yang mana bisa menjadi referensi kalian.

Berita Mengenai Kompetisi Badminton 2021

Kompetisi All England (Foto: badminton.skor.id)

Dan bicara mengenai kompetisi, pada saat akan melaksanakan sebuah kompetisi, pasti ada sebuah kejadian yang tidak mengenakkan, yang mana membuat salah satu pihak tersebut harus mengalah.

Seperti yang Indonesia alami pada masa covid seperti ini. Pada tahun ini, Indonesia telah mendapatkan penolakan untuk ikut dalam kompetisi All England, yang merupakan kompetisi tertua di bidang olahraga bulutangkis dunia.

Dikarenakan masih dalam keadaan reaktif dan hasilnya baru sampai ke tangan pihak dari penyelenggara All England, pun akhirnya Indonesia tidak diperbolehkan untuk ikut kompetisi atau tanding.

Dari hal tersebutlah, kekecewaan mulai menyeruak, bahkan pihak federasi China kala itu juga ikut berempati dengan adanya keputusan demikian.

Dilansir dari indosport.com, Federasi dari China sendiri memang dari awal, tidak menurunkan perwakilan untuk bisa mengikuti kompetisi All England.

Dengan pertimbangan adanya masa pandemi yang semakin parah di Negara tersebut. Kemudian berbagai komentar pun mengisi dari berbagai postingan akun instagram dari All England.

Hingga pada akhirnya akun tersebut terhapus oleh pihak dari Instagram, atas reaksi dari perbuatan dari mereka.

Manfaat Olahraga Badminton

Terlepas dari hal tersebut, apakah ada manfaat dari kita bermain badminton, bahkan sampai pada tahap serius? Karena kita percaya bukan, bahwa apapun kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

Pasti mempunyai kebermanfaatan bagi orang yang melaksanakannya, meski hanya sepersekian persen. Begitu juga dengan melakukan kegiatan badminton.

Yang di dalamnya mempunyai manfaat yang sangat penting bagi seseorang. Manfaat tersebut antara lain:

Peningkatan Kebugaran Fisik

Yang mana badminton dipercaya dapat membakar kalori sekitar lebih dari 400 kalori per jam. Sehingga kita bisa menghitung berapa kalori yang terbakar di dalam tubuh ketika kita melakukan badminton selama beberapa jam.

Mengurangi Stress

Olahraga ini juga dipercaya dapat memudahkan manusia untuk tidur malam yang berkualitas. Sehingga sangat kecil kemungkinannya untuk merasakan stress. Hal tersebut merujuk pada perasaan nyaman ketika bermain badminton ini.

Mengencangkan Otot

Olahraga ini juga dapat mengencangkan beberapa bagian otot manusia, seperti bokong, betis, paha, dan lainnya. Mengingat olahraga ini membutuhkan tenaga yang cukup banyak, sehingga hampir seluruh anggota tubuh ikut bergerak.

Itulah sedikit manfaat dari olahraga badminton, yang mana sebenarnya manfaatnya masih sangat banyak.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai Federasi Organisasi Badminton Asia. Dari pembahasan tersebut, kita semakin paham mengani apa saja yang berkaitan dengan Federasi tersebut.

Termasuk dengan beberapa federasi lain, yang mana mendapat penaungan Federasi Badminton tingkat Dunia. Juga berbagai peringkat dari berbagai kompetisi tingkat Asia, serta pemegang kemenangan kompetisi tersebut.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://id.wikipedia.org
  2. https://www.badmintonasia.org
  3. http://p2k.stiehidayatullah.ac.id
  4. https://www.suara.com
  5. https://id.wikipedia.org
  6. https://www.indosport.com
  7. https://www.halodoc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *