Atlet Renang Tercantik: Federasi dan Ukuran Kolam

Berenang adalah salah satu contoh olahraga yang minim risiko. Melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh, cabang olahraga ini juga memiliki para atlet yang rupawan. Salah satunya adalah Jeong Da Rae yang merupakan atlet renang tercantik di dunia.

Tika, olahraga – organisasi.co.id

Bacaan Lainnya

Atlet Renang Tercantik: Federasi dan Ukuran Kolam

Berenang adalah sebuah kegiatan berpindah posisi di dalam air dengan menggunakan kekuatan kaki dan tangan. Sebagai salah stau cabang olahraga yang masuk dalam perlombaan dunia, berenang memiliki manfaat lainnya.

Jika jenis olahraga lain adalah untuk pertahanan diri, maka berenang lebih cenderung ke arah keselamatan dasar. Dengan berenang kita dapat menghindari risiko tenggelam dalam air.

Pada sebuah perlombaan, atlet yang mampu melalui lintasan dengan waktu tersepat menjadi pemenangnya. Tidak hanya itu, kerumitan gaya yang mereka lakukan juga mmepengaruhi poin.

Beberapa gaya berenang antara lain gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, hingga gaya kupu-kupu. Semua memiliki teknik masing-masing namun tetap berfokus pada kekuatan tangan dan kaki.

Dengan berenang, kita mendapatkan banyak manfaat, salah satunya adalah menguatkan paru-paru. Oleh sebab itu, berenang juga menjadi terpai bagi penderita asma.

Organisatoris lainnya baca: Kolam Renang, Ukuran dan Syarat

Peralatan berenang

Dengan menggunakan perlengkapan yang tepat, maka kegiatan berenang tidak akan menguras energi terlalu dalam. Adapun perlengkapan tersebut antara lain:

a. Baju renang

Ini merupakan elemen penting dalam perlengkapan berenang. Baju renang memang memiliki desain yang lentur dan ringan.

Harapannya adalah agar kita dapat menggerakkan tubuh dengan leluasa. Baju ini juga tidak menyerap air terlalu banyak karena hal itu akan membuat tubuh semakin berat dan suhu tubuh semakin turun.

Pastikan juga baju tersebut nyaman dan tidak longgar. Ini akan menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari rasa tidak nyaman.

b. Kacamata renang

Kebutuhan akan kacamata renang sangat penting bagi perenang di kolam renang. Kandungan klorin di kolam dapat merusak mata dan membuat mata perih.

Kita perlu melihat kondisi di dalam air. Oleh sebba itu, pilihlah kacamata yang pas dan tidak longgar.

c. Penutup kepala

Menggunakan penutup kepala sama halnya dengan menggunakan kacamata renang. keduanya berfungsi melindungi tubuh dari paparan klorin. Selain itu dengan rambut terurai atau basah, maka akan menambah berat tubuh di dalam air.

d. Pelampung

Jenis pelampung bermacam-macam. Bagi perenang pemula, jaket pelampung atau justru papan pelampung menjadi pilihan tepat. Keduanya mampu melatih kekuatan kaki untuk menggerakkan badan di dalam air.

Ukuran kolam renang

ukuran kolam renang (hellosehat.com)

Berenang adalah jenis olahraga yang harus kita lakuakn di sebuah kolam khusus. Kita tidak dapat berenang secara asal di danau, terutama jika belum mahir berenang.

Kolam renang memiliki standar ukurannya masing-masing. Berdasarkan standar internasional, panjang kolam renang antara lain 50 m. Sedangkan lebarnya adalah 25 m. Adapun kedalaman kolam antara 1 hingga 6 meter. Lintasan pertama adalah 1 m dan berlanjut ke 6 m.

Kita menghitungnya melalui dinding kolam renang yang berisi balok.

Berbeda dengan ukuran kolam renang pribadi. Ukuran normal adalah 3×7 m. Kedalaman di bagian dangkal adalah 60 cm. Sedangkan di bagian terdalam adalah 2.5 m.

Sebelum membuat kolam renang, kita harus mengetahui beberapa hal penting terkait peletakan dan juga manfaatnya. Identifikasi bentuk dan ukurannya telebih dahulu apakah hendak oval, persegi panjang, dan lainnya.

Manfaatnya tidak hanya untuk berolahraga, namun juga untuk tempat berkumpul seluruh anggota keluarga.

– Kolam renang rumahan

Sebelum membuat kolam renan di rumah, kita perlu mengecek kesediaan lahan. Pertimbangkan juga jumlah orang yang akan menggunakannya. Standar kolam rennag pribadi adalah 3×7 m, namun di lahan yang lebih luas dapat berukuran 4×10 m.

Ukuran ini termasuk juga 5×12 m ideal untuk kolam renang di luar ruangan. Bagi kita yang memiliki ruang terbatas, kita dapat merancangnya dalam bentuk lain seperti persegi, setengah lingkaran, maupun lingkaran.

Untuk pengguna sendirian dapat membuat dengan gaya lap pool dengan ukuran 2×8 m.

– Kolam renang untuk anak-anak

Bagi anak-anak, ukuran kolam renang mereka tentulah lebih kecil. Biasanya tersedia dalam bentuk kolam karet dan cocok bagi anak maupun bayi yang belum dapat berenang.

Ukurannya bervariasi dan yang terkecil adlaah 80 x 120 cm. Ukuran sedang mencapai 1,5 m x 2 m. Yang terpenting adalah kedalamannnya. Untuk bayi biasanya hanya 30 cm.

Kolam ini tidak hanya untuk olahraga namun lebih cenderung untuk berendam maupun bermain. Saat ini telah banyak pilihan kolam renang anak. Namun jika ingin membuatkan yang permanen, sebaiknya dengan kedalaman yang sesuai.

Tidak hanya itu, akan lebih baik juga untuk membuat dua jenis kolam renang berbeda dan sedikit berjauhan dengan kolam renang dewasa. Khawatirnya adalah ketika tidak ada pengawasan, anak akan langsung beranjak ke kolam renang dewasa.

Bahkan kita juga dapat menambahkan mainan dan lainnya agar kolam renang menjadi lebih mengasyikkan. Hendaknya untuk kolam renang anak tidak mengandung klorin. Sebisa mungkin kita membuat kulit mereka tetap sehat.

– Kolam renang untuk publik atau umum

Karena penggunanya adalah banyak orang, maka ukurannya juga harus lebih besar. Ukuran lebar minimal 5 m dengan panjang 25 m. Kedalamannya juga lebih bervariasi mulai dari 1 hingga 4 m.

Biasanya terdapat lebih dari satu jenis kolam yang terbagi untuk dewasa dan anak-anak. Tidak hanya itu, kolam renang juga dapat berada di posisi teduh atau di dalam ruangan.

– Kolam renang standar nasional

Tipe B dengan ukuran 50 m x 21 m dengan kedalaman 1,3 m hingga 3 m. Berisi 8 lintasan dengan suhu 25-28 derajat Celsius.

– Kolam renang standar internasional

Ukuran kolam renang tipe A adalah 50 m x 26 m dengan kedalaman 3 m dan jumlah lintasan 10. Adapun suhu dalam kolam juga berkisar 25 hingga 28 derajat Celcius.


Daftar Atlet Renang Tercantik Dari:

Kejuaraan renang (olenas.id)

Bak model, ternyata para atlet renang ini juga memiliki paras menawan. Siapa sajakah perwakialn mereka dari masing-masing benua?

a. Asia

Nama Jeong Da Rae yang berasal dari Korea Selatan memang sudah terkenal sejak debutnya di tahun 2008. kala itu di usianya yang ke 27 ia berhasil memperoleh medali emas.

Tidak hanya cantik, namun wanita ini juga memiliki julukan dewi air. Sebagai seorang atlet renang asal negeri girlband, tidak sedikit yang menyebut ia cocok untuk menjadi salah atu anggota girlband.

Bahkan di ajang Sea Games tahun 2010, jeong Da Rae juga memperoleh emas.

b. Eropa

Britania Raya memiliki seorang atlet renang dengan tampilan sporty dan menawan bernama keri-anne Payne. Lahir di Afrika Selatan, wanita ini mengikuti banyak perlombaan renang di Inggris dan mengharumkan nama negara tersebut.

Pada Olimpiade Beijing 2008, wanita ini mneyumbangkan medali emas untuk negaranya. Setelah di tahun 2012 memberi kekecewaan bagi negaranya, ia undur diri di tahun 2017.

Kendati demikian namanya tetao menjadi yang terbaik di negeri Britania Raya.

c. Afrika

Atlet renang Kathinka Hosszu mewakili Afrika Selatan saat ini tengah tampil di Olimpiade Tokyo. Ia adalah salah satu atlet renang Afrika Selatan yang tetap menawan di usianya yang ke 30 ini.

d. Australia

Ariarne Titmus mampu memabnggakan Australia di Olimpiade Tokyo 2021. Ia meraih medali emas di gaya bebas 200 m putri dan 400 m putri. Keberhasilannya ini sekaligus menyisihkan juara bertahan asal Amerika Serikat.

Walaupun baru satu kali mengikuti olimpiade, namun kini namanya telah mendunia.


Federasi Perenang Dunia

Setiap olahraga tentu memiliki organisasi induk yang menaunginya. Demikian halnya dengan olahraga renang. Fédération Internationale de Natation, disingkat FINA merupakan federasi renang internasional.

Komite Olimpiade Internasional bahkan telah mengakui adanya federasi ini. Tugasnya adalah untuk menaungi atlet hingga membuat peraturan terkait kompetisi olahraga renang dan sejenisnya.

Selain rennag, FINA juga menaungi polo air, selam, renang indah, dan renang perairan terbuka. berdiri di London pada tahun 1908, kini organisasi ini telah memiliki banyak anggota yaitu 194 anggota.

Kejuaraan yang diatur oleh FINA adalah kolam dengan panjang lintasan 50 m. Apapun jenis perlombaannya antara lain polo air, selam, dan lainnya, semuanya menggunakan lintasan ini.

Di Indonesia, persatuan renang seluruh indonesia (PRSI) berdiri tanggal 21 Maret 1951 di Jakarta. Sama halnya dengan FINA, organisasi ini yang mengadakan pertandingan, membuat aturan, hingga menentukan mkualifikasi atlet dan persiapannya menuju tingkat internasional.

Dengan adanya PRSI, para klub renang di segala daerah dapat mengirimkan atlet-atlet terbaik mereka untuk mendapat kesempatan melaju ke kancah internasional.

Selain itu terkait persiapan atlet hingga kesejahteraannya, semua akan melalui keputusan PRSI. Tentunya organisasi ini memiliki banyak sub organisasi dan struktur yang siap menangani bidang-bidang tertentu.

Struktur Organisasi

Setiap pertemuan reguler yang bernama Kongres, para anggota akan bertemu. Kongres tersebut terdiri atas Kongres umum dan Kongres teknis. Pada kongres umum, akan terdapat keputusan mengenai berbagai permasalahan yang terjadi di FINA.

Sedangkan dalam Kongres Teknis, semua masalah teknis yang berkaitan dengan kejuaraan rennag menjadi topik yang perlu pembahasan. Pemegang kekuasaan tertinggi adalah Kongres Umum.

Biro FINA memiliki anggota 22 dewan perwakilan yang mana mereka akan bersidang untuk memilih pejabat eksekutif. FINA juga memiliki bermacam-macam komisi dan komite.

Contohnya adalah komisi kedokteran olahraga, komisi teknis renang, serta panel antidoping.

tentu mereka memiliki tugas masing-masing. Yang terpenting adalah memastikan atlet menaati aturan dan tentunya aturan yang berlaku tidak menudutkan salah satu pihak.

Setiap anggota FINA akan menjadi salah satu angota asosiasi rennag regional.

terdapat 9 negara yang ikut serta untuk membangun induk organisasi renang (FINA). Mereka adalah Belgia, Swedia, Hongaria, Prancis, jerman, Finlandia, Denmark, dan Britania raya.

Para anggota ini akhirnya juga berkecimpung dalam perlombaan lintasan pendek yaitu 25m. Kejuaraan ini berlangsung selama 2 tahun sekali atau di tahun genap saja.

Organisatoris lainnnya baca: Induk Organisasi Pendidik: Pengertian dan 11 Daftar

Daftar Pustaka

  1. 6 Perlengkapan Renang yang Diperlukan Agar Olahraga Jadi Lebih Maksimal
  2. 6 Ukuran Kolam Renang Ideal dan Faktor Penting dalam Pembuatannya

Pos terkait