Gerak Langkah Senam Irama: Definisi dan 2 Tipsnya

Gerak langkah senam irama
(Foto: penjasorkes.com)

Gerak langkah dasar senam irama dapat pesenam lakukan dengan menggunakan alat atau tanpa alat yaitu pita, bola, tali, simpai, dan gada. Jenis gerakan senam irama sederhana sehingga mudah untuk kita ikuti.Fifih Fauziah, Olahraga – organisasi.co.id

Berdasarkan namanya, dasar senam ritmik maupun senam irama merupakan gerak disesuaikan dengan langkah, nyanyian, irama musik, maupun hitungan.

Bacaan Lainnya

Unsur yang ada pada seni irama, yaitu keluwesan, ketepatan irama, serta kesinambungan gerakan. Rangkaian senam ritmik ini bisa kita lakukan dengan berlari, berjalan, loncat, melompat, putaran tangan, serta ayunan. 

Hingga senam irama libatkan semua tubuh agar dapat bergerak, misalnya kepala, togok, lengan, serta kaki. Senam irama ini bisa kita lakukan menggunakan alat, ataupun tanpa alat.

Misalnya alat yang seringkali kita gunakan untuk melakukan senam irama yaitu bola, tongkat, simpai, topi, serta pita.

Apabila ingin melakukan olahraga senam irama, harus mempelajari dahulu gerakan-gerakannya, gerakan kaki salah satunya, yang mana Anda harus memperhatikan setiap langkah-langkahnya. Apa saja nih gerakan senam irama tersebut, secara lengkap akan kami bahas pada artikel ini!

Senam Irama Adalah

Senam irama merupakan gerakan senam maupun gerakan bebas diiringi bersama musik maupun nyanyian berdasarkan irama. Yang memiliki induk organisasi untuk para pesenam.

Adapun unsur yang ada pada senam irama yaitu kesinambungan gerakan, ketepatan irama, dan keluwesan.

Rangkaian senamnya bisa kita lakukan dengan jalan, lompat, berlari, loncat, mengayunan, serta putaran tangan. 

Senam irama maupun disebut pula dengan senam ritmik yaitu gerakan senam dengan latihan bebas secara berirama serta irama musik.

Iini merupakan sebuah cabang senam secara artistik yang mana atlet maupun sekelompok atlet senam menampilkan gerak koreografernya terkenal yang bernuansa dasar balet, aerobik, serta langkah tari modern menggunakan atau tidak dengan alat bantu yaitu pita, bola, gada, tali, serta simpai.

Senam irama tersebut adalah senam yang pertandingkan secara olimpiade serta internasional. Sementara, senam aerobik adalah senam dilakukan hanya sekedar menjaga kebugaran serta kesehatan.

Tubuh yang mana senam tersebut sekelompok peserta untuk melakukan gerakan-gerakan senam yang dipandu pemandu senam.

Organisatoris lain baca ini: Sejarah Senam Lantai

Senam irama ini hanya untuk kaum perempuan. Tetapi akhirnya Jepang menciptakan senam irama untuk putra, meskipun hal demikian masih berlaku di Negara Jepang saja.

Senam tersebut memang kaum perempuan yang mendominasi, pertama-tama karena senam tersebut diciptakan di Eropa oleh berbagai pakar merupakan pakar pada bidang seni.

Perkembangannya, senam irama tersebut banyak adopsi gerak langkah balet, saat itu balet dasar identik hanya kaum perempuan yang melakukannya.

Hal demikian berlangsung turun temurun sampai senam irama tersebut pada awalnya bagi kaum perempuan saja, dan kini identik sekali sebagai aktivitas olahraga para perempuan yang sudah menjadi tradisi.

Sejarah Senam Irama

Awal mulanya senam irama ini gagasan tiga orang, yaitu Jean Georges 1727-1810, Delsarte Francois 1811-1871, serta Rudolf Bode 1881-1970.

Ketiganya mempercayai ekspresi gerakan dengan menggunakan tubuh bisa terciptanya keindahan rangkaian gerak langkah tertentu.

Lalu, Peter Henry mengembangkan gagasannya dari ketiganya pada abad 19, pada sebuah sistem latihan yaitu Swedsh sistem maupun Sistem Swedia, yang mana atlet tersebut mengekspresikan perasaannya serta emosi sendiri dari gerakan-gerakan tubuh. Lalu idenya Catharine Beecher 1837 ia kembangkan.

Sesudah itu menjadikan tidak sedikit pelopor mengenai tubuh, ekspresi tubuh, gerak langkah tubuh, irama dengan banyak jenis gaya serta menciptakan sistem gerakan senam artistik menggunakan alat yaitu bola, tali dan pita, sehingga membuat dasar senam itu sendiri terlihat seperti halnya senam tabler acrobat, kontemporer maupun tari.

Kompetisi senam tersebut mulai tahun 1940 bertempat di Negara Rusia. FIG lalu memasukan senam itu sebagai cabang senam pada tahun 1961.

Senam irama tersebut mulai adakan olimpiade saat 1984 Los Angles di kelas individu, pertandingan kelompoknya mulai tahun 1996 di olimpiade Atlanta.

Aturan dalam Senam Irama

Definisi gerak langkah senam irama
(Foto: peta-hd.com)

Para penggiat yang bergabung dalam wadah POSSI ini, memliki aturan senam yang terdiri atas beberapa jenis peraturan, antara lain:

Senam Irama Menggunakan Alat

Berdasarkan laju perkembangan dasar cabang olahraga, begitupun dengan cabang senam irama yang memiliki gerak dan langkah lebih modern lagi, dahulu terkenal dengan Rhtmic Gymnastic di masa sekarang yaitu senam irama.

Senam irama yang modern selain pertandingkan rangkaian dasar senam ini tanpa menggunakan alat tangan, 5 alat, gerak langkah baik perorangan ataupun beregu. Alat itu yaitu bola, tali, simpai, pita, serta gada.

Bola/balls

Ukuran bolanya tidak begitu besar dan tidak begitu kecil, paling penting bisa oleh jari-jari pegang serta bisa kuasai supaya tidak mudah untuk jatuh.

Bola tersebut terbuat dari plastik maupun karet. Cara mainkan bolanya yaitu lempar ke atas lalu tangkap lagi, boleh gelundungkan baik di tubuh pesenam itu sendiri maupun di lantai.

Tali/ropes

Alat ini ber bahan halus, tidak terdapat tempat pegangan secara khusus, panjangnya berdasarkan tinggi pesenam.

Cara ukurnya, tengah-tengah talinya injak oleh kaki pesenam kedua ujungnya pegang oleh tangah kiri serta kanannya, lalu ujung talinya pegang diletakan pada depan bahu.

Simpai/hoops

Terbuat dari plastik maupun kayu dari bahan lain. Berat simpai ini tidak boleh lebih 300 gr, memiliki warna bebas dan boleh putih, warna campuran, serta kuning. Tidak termasuk tongkat bagi kalangan dewasa garis tengah, 80-90cm diukur dari bagian dalam.

Pita/ribbons

Terbuat dari kain satin dan berbahan halus. Panjangnya yaitu 6m tidak termasuk tongkat/stick untuk pegangannya. Tongkat pegangannya dari kayu, bambu, maupun bahan lain. Panjang stiknya yaitu 50-60cm.

Gada/clubs

Terbuat dari bahan plastik maupun kayu, memiliki bentuk gada seperti botol. Panjangnya 40-50cm. berat gadanya 150gr. Latihan menggunakan gada yaitu mengayun, memukul, memutar, menangkap, serta melempar.

Prinsip Gerakan Senam Irama

Karena hanya bisa kaum perempuan yang melakukan senam yang satu ini, berikut beberapa prinsip gerakan senam irama.

Irama

Pada umumnya sudah banyak oleh mahasiswa senam irama ini dikenal di SMP seperti 2/3, 3/4., 4/4 serta sebagainya.

Kelentukan tubuh pada gerakan/flexibilitas

Prinsip kelentukan pada sebuah gerakan bisa Anda dapatkan karena latihan yang rajin dan tekun, sehingga memakan waktu lumayan lama.

Kontinuitas gerakan

Gerakan-gerakan langkah bisa Anda dapatkan dari rangkaian gerak senam yang sudah Anda susun pada bentuk dasar rangkaian irama yang siap untuk Anda tampilkan.

Perlu sekali adanya latihan dengan tekun demi tercipta keserasian gerakan irama yang harus pesenam kuasai dengan matang.

Komponen Kesegaran Jasmani Pada Senam

Kesegaran jasmani hakikatnya bukan sebuah keadaan berdiri sendiri, tetapi adalah perpaduan dari berbagai komponen.

Pemisahan maupun membeda-bedakan komponen satu sama lainnya mungkin perbincangkan teori. Karena selalu terdapat bagian yang tidak bisa terpisahkan. Berikut komponen dasar yang bisa Anda lakukan melalui aktivitas senam.

Kekuatan otot

Pada bahasa Inggrisnya yaitu Muscular Streengght yaitu komponen dasar paling penting untuk selesaikan tugas fisik yang perlukan pengerahan tenaga.

Organisatoris lain baca ini: Senam dan Keindahan Tubuh Wanita Sehat

Kekuatan yaitu kemampuan kerahkan tenaga untuk lawan tahanan. Otot-otot apabila kurang bekerja maupun kurang begitu terlatih menjadi lemah, kurang tenaga, dan kendor. Tetapi apabila kerjanya teratur serta berkesinambungan, maka ototnya menjadi lebih kuat.

Kelentukan

Kelentukan merupakan derajat kemampuan gerakan di banyak persendian maupun di beberapa persendian. Misalnya gerakan melipat sikut yag hanya kerja pada satu persendian yaitu sendi engsel.

Daya tahan

Daya tahan sebagai kemampuan jasmaniah untuk melakukan pekerjaan pada waktu lumayan panjang tanpa mengalami kelelahan secara berlebihan, daya tahan disini kemampuan menunda rasa lelah dengan menyertai kerja fisik.

Hal tersebut dengan praktis memiliki kemampuan kerja sistem peredaran darah serta pernafasan dari gerak langkah senam irama.

Relaksasi

Komponen yang satu ini sebetulnya memiliki sifat jasmaniah serta rohaniah. Secara istilah jasmaniah, relaksasi merupakan kemampuan untuk lepaskan ketegangan berlebihan di saraf otot. Ketegangan berlebihan di saraf serta otot bisa disembuhkan oleh olahraga.

Jenis Dan Gerak Senam Irama

(Foto: dosenpendidikan.co.id)

Terdapat beberapa alternative olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah, seperti jalan santai, senam irama, serta berenang. Senam irama ini terkenal dengan sebutan senam ritmik.

Senam ini adalah jenis senang diiringi irama lagu maupun musik. Gerak langkah tersebut yaitu latihan bebas dengan irama dasar.

Jenis senam tersebut banyak dikenal serta oleh pecinta senam diikuti dengan menggunakan pita, seperti halnya pada pertandingan olimpiade.

Tetapi, senam tersebut dapat menggunakan alat lainnya juga selain pita. Berikut aturan dasar senam irama.

Gerak Langkah Kaki Senam Irama

Irama Langkah biasa/looppas Senam Irama

Berdiri secara tegak, langkahkan kaki kirinya dengan kedua lengan tepat ada di samping tubuh. Langkahkan kaki kanan kemudian jatuhkan terhadap tumit. Lanjut melangkahnya dengan kaki yang kiri dengan bergantian.

Gerak Langkah rapat

Berdiri secara tegak, langkahkan kaki kanannya pada depan kaki kiri. Lalu langkahkan kaki kirinya ke depan kaki kanan, lanjutkan dengan kedua kaki yang rapat. Langkah kaki tersebut bisa Anda lakukan dengan hitungan satu kanan, 2 kiri, 3 rapat.

Langkah keseimbangan/ballanspans

Berdiri secara tegak, hitungan 1, langkahkan kaki yang kiri ke depan. Hitungan 2, kaki bagian kanannya menyusul langkah ke depan.

Langkah depan/galoppas

Lagkah tersebut berawal dari posisi badan tegak, aba-aba pertama kaki kirinya letakan pada depan kaki yang kanan. Lalu lakukan menyilang pada bagian belakang langkah iramanya 2/4. Lalu kaki kanan pada posisi tegak langkahkan ke depan.

Langkah silang/kruipas

Berawal dari sikap badan tegak dan berdiri, aba-aba pertama kaki bagian kiri letakan ke depan posisi menyilang, aba-aba kedua kaki bagian kanan langkahkan pada arah samping kanan.

Gerak Ayunan Tangan

Ayunan 1 lengan pada depan belakang

Peragakan serta amati aktivitas pembelajaran gerakan-gerakan ayunan 1 lengan pada belakang serta depan aktivitas gerakan yang berirama.

Gerakan ayunan 2 lengan depan dan belakang

Berdiri tegak, langkanlah kaki kiri, serta kedua lengannya lurus ke depan. Lalu kedua lengan ayunkan ke belakang samping, lalu ayunkan lagi ke depan, lalu ke belakang bagian samping kanan.

Gerak ayunan lengan silang serta rentang

Berdiri tegak, langkanlah kaki kirinya serta kedua lengannya direntangkan. Keduanya silangkan di depan dada, terentangkan setinggi bahu. Arahkan pandangan pada bahu kanan dengan bergantian.

Gerak ayunan lengkar lingkar pada atas kepala

Berdiri tegak, langkahkanlah kaki kiri, dengan kedua lengkap harus lurus kedepan. Kedua lengannya yang kanan lingkarkan ke sebuah lingkaran di kepala.

Gerak ayunan 1 lengan horizontal ke kanan dan kiri

Berdirilah tegak, kemudian langkahlan kaki kiri serta kedua lengannya direntangkan, lalu ayunkan ke kanan pada depan dada, ayunkan lagi ke kiri seperti semula, lalu terus ikuti seperti demikian berulang-ulang.

Gerak ayunan kedua lengan tarik ke dada serta dorong ke depan

Berdiri secara tegak, langkahkanlah kaki kiri, serta kedua lengannya lurus kedepan, kedua lengannya luruskan depan dada, tarik ke dada, lalu dorong ke depan.

Gerak ayunan 2 tangan sebahu

Berdiri secara tegak, langkah kaki kiri kearah samping serta kedua lengannya lurus ke samping kanan. Lalu ayunkan ke kiri, kedua lengannya ayunkan lagi ke kanan lalu ayun melingkar 1 lingkaran pada kiri atas kepala.

Gerak ayunan 1 lengan ke kaki

Berdiri tegak, ayunkan kaki kiri ke arah kiri kemudian kedua tangannya rentangkan, tangan kanan ayunkan menyentuh ujung kaki yang kiri serta badannya membungkuk. Lalu tangan kembali lagi ayun ke sikap yang semula.

Daftar Pustaka:

  1. Bobogrid.com
  2. Dosenpintar.com
  3. daya.id
  4. gurupendidikan.co.id

Pos terkait