organisasi induk pendidik
pendidik (arkus.my.id)

Induk Organisasi Pendidik: Pengertian dan 11 Daftar

Diposting pada

Induk organisasi pendidik merupakan sebuah tempat untuk melindungi dan menyalurkan aspirasi para pendidik. Di Indonesia, terdapat beberapa organisasi khusus pendidik.

Tika, Profesi – organisasi.co.id

Pendidikan di Indonesia telah ada sejak jaman penjajahan. Namun untuk meencapai tujuannya, sangat perlu adanya campur tangan dari para pendidik demi mencetak generasi sukses.

Versi Youtube ada pada link berikut:

Itulah sebabnya terciptalah organisasi-organisasi khusus pendidik. Harapannya, pendidikan di Indonesia dapat mencapai hasil yang sesuai harapan.

Induk Organisasi Pendidik

Guru atau pendidik adalah golongan yang memiliki beragam sisi di dunia untuk membangun kecerdasan bangsa. Tidak semua orang mampu mengemban tugas sebagai pengajar.

Itulah sebabnya hanya sedikit yang mampu bertahan untuk menjalankan profesinya sebagai pendidik. Ketika mereka membutuhkan perlindungan maupun tempat untuk saling berdiskusi, maka organisasilah yang menaunginya.

Sebagai sebuah profesional, pendidik pun tidak berbeda dengan profesi lainnya yang kemudian membentuk organisasi-organisasi kecil.

Melalui organisasi tersebut, semakin mudahlah seseorang untuk saling bertemu dengan sesama rekan seprofesinya.


Pengertian Dan Bentuk Organisasi Pendidik

organisasi induk pendidik
contoh struktur organisasi pendidik (Kementrian Pendidikan da Kebudayaan)

Organisasi adalah susunan dari suatu kelompok yang teratur. Dengan adanya organisasi, visi misi suatu profesi akan mencapai targetnya dengan mudah dan baik.

Organisasi juga merupakan tempat berkumpulnya dua orang atau lebih dengan visi dan misi yang sama. Oleh sebab itulah, setiap bagian dalam organisasi telah memiliki pembagian tugas masing-masing.

Harapannya adalah mereka dapat secepatnya mencapai tujuan,

Lantas apa itu profesi? Profesi merupakan pekerjaan seseorang untuk mendapatkan upah atau hasil. Seseorang yang dikatakan profesional adalah ketika mereka telah mengambil keahlian dalam bidang tertentu.

Pendidik adalah salah satu contoh profesi. Orang-orang yang hendak menjadi pendidik harus memiliki kualifikasi tertentu dan tentu saja mendapat imbalan atas pekerjaannya.

Tidak hanya tingkat pendidikan tertentu, menjadi seorang pendidik juga harus memahami norma, kemahiran, hingga kecakapan.

Apa saja fungsi organisasi pendidik?

Pemersatu pendidik

Adanya organisasi pendidik adalah untuk menyatukan inspirasi para pendidik. Tidak hanya itu, sistem nilai sosial, ekonomi, dan politik juga sedikit tidak mempengaruhi kegiatan di organisasi. Akan tetapi, intinya adalah untuk wadah pemesatu semua jenjang pendidik.

Meningkatkan kemampuan profesional

Menjadi seorang pendidik tentu membutuhkan proses belajar yang berkesinambungan. Adanya pembaharuan terhadap ilmu pengetahuan memaksa pendidik untuk terus belajar.

Dalam PP 32 no 38 tahun 1992, organisasi pendidik adalah wadah untuk mengembangkan karier, martabat, dan kesejahteraan pendidik.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Profesi Kesehatan: Pengertian dan 13 Jenis


Daftar Induk Organisasi Pendidik Indonesia

organisasiinduk pendidik
kegiatan belajar mengajar (theconversatuin.com)

Di Indonesia, terdapat beberapa induk organisasi pendidik. Ketika di masa lalu kita mengenal hanya PPGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) saja, berbeda halnya dengan saat ini.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Berdiri pada 25 November 1945, organisasi ini berdiri tepat di hari ke 100 kemerdekaan Republik Indonesia. Mulanya, ia bernama PGHB (Persatuan Guru Hindia Belanda) di tahun 1912 dan berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Lambat laun, setelah berubah nama menjadi PGRI dengan anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, organisasi ini mampu meningkatkan taraf hidup para pendidik.

Ikatan Sarjaan Pendidikan Indonesia (ISPI)

Organisasi ini berdiri sekitar tahun 1960an. Mulanya anggotanya hanya berasal dari wilayah regional. Akhirnya setelah kongres di Jakarta sekitar tahun 1980 an, organisasi ini mampu mendapatkan sambutan dari seluruh sarjana pendidikan di Indonesia.

Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI)

Pendidik tidak hanya guru atau dosen di sebuah akademisi. Pendidik juga termasuk pembimbing baik itu di tempat bimbingan belajar maupun lainnya.

Oleh sebab itulah organisasi ini berdiri untuk menaungi para pembimbing di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk menopang keprofesian yang ada.

Tidak hanya itu, organisasi yang satu ini juga sebagai alat bantu masyarakat untuk mencari tenaga ahli di bidang teknis dan lain-lain.


Bahkan, pendidik profesional di suatu bidang tertentu rata-rata akan tergabung di sini.

Ikatan Guru Indonesia (IGI)

Organisasi yang khusus menaungi para guru di Indonesia ini disahkan pada 29 November 2009. Moto organisasi ini adalah “sharing and growing together”, diharapkan setiap guru mampu menjadi lokomotif di lembaga pendidikan.

Harapannya juga para guru menjadi pribadi yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada pihak-pihak tertentu.

Federasi Guru Independen Indonesia (FGII)

Sesuai dengan namanya, maka apa yang menjadi harapan dari para anggota adalah kebebasan. Para guru menginginkan pendidikan yang mengedukasi, bukan malah membodohi.

Di organisasi ini, berbagai latar pendidikan guru dapat bergabung. Artinya mereka merupakan organisasi yang bebas. Tujuannya hanya untuk menciptakan generasi yang cerdas.

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI)

Sebagai organisasi baru yang berdiri di tahun 2011, kehadiran FSGI seakan menjadi angin segar bagi para guru di Indonesia.

Ketika banyak isu yang mengatakan mengenai kesejahteraan guru yang terbengkalai, inilah peran dari FSGI. Tidak ada lagi guru yang tidak sejahtera. Semua berupaya menyejahterakannya.

Tak hanya itu, guru juga tidak boleh membedakan murid yang kaya dan yang miskin. Inilah edukasi-edukasi yang diterapkan dan ditanamkan dalam federasi ini.

Persatuan Guru Madrasah Indonesa

Peran madrasah di Indonesia masih jauh dari apa yang menjadi harapan. Jika disandingkan dengan guru sekolah, guru madrasah seolah terbelakang.

Mereka tidak berdaya dan tidak percaya diri. Oleh sebab itulah output dari madrasah perlu mendapat peningkatan. Adanya organisasi ini diharapkan mampu menaikkan taraf hidup guru madrasah.

Kita juga harus mengetahui adanya perbedan kultur dan lainnya di Indonesia menyebabkan madrasah belum mampu memberi sesuatu yang optimal.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Profesi Guru Dan Dosen, Dan Syarat Sertifikasi

PERGUNU (Persatuan Guru Nadhlatul Ulama)

PERGUNU berdiri sejak tahun 1952 sampai sekarang. Berpusat di Surabaya, organisasi ini lantas menggelar muktamar kedua dan melakukan perpidahan kantor pusat.

Pada Mukhtamar II PERGUNU Tahun 1962 PERGUNU berpindah kantor pusat ke Jakarta dengan mengusung konsep sebagai badan Otonom dari “ibu kandungnya” Nahdlatul Ulama lewat Aqidah Islam dan paham Ahlusunnah Wal jama’ah.

PERGUNU berhimpun dan bertekad menyatukan seluruh anggota untuk semangat kesatuan NKRI sebagai cita perjuangan bangsa dan Negara.

Visi misi organisasi ini tidak hanya pada bidang pendidikan namun juga pada keterlanjutan perjuangan pendiri NU yaitu KH. Hasyim Asyhari.

Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)

Berdiri di zaman reformasi pada 2 Mei 1998, asosiasi ini merupakan himpunan dari para dosen.

Mengusung Visi ADI sebagai organisasi Modern untuk meningkatkan profesionalisme dosen dalam menjalankan Tridarma perguruan tinggi, organisasi ini meningkatkan daya saing bangsa dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Forum Dosen Indonesia (FDI)

Nama lainnya adalah Indonesian Lecturer Forum (ILF). FDI (Forum Dosen Indonesia) resmi berdiri pada 24 Agustus 2013. Merupakan wadah bagi para dosen. Dalam menjalankan program:

  1. Kebijakan publik terkait pendidikan tinggi;
  2. Advokasi kelembagaan pendidikan tinggi;
  3. Penguatan dan pengembangan keprofesian dosen;
  4. Advokasi penyelesaian permasalahan profesionalisme dosen;
  5. Advokasi dana bantuan pengembangan pendidikan.

Perkumpulan Karier Dosen Indonesia (PERKADOSI)

Masih sangat baru, organisasi Perkadosi berdiri pada 31 Juli 2018, bertujuan untuk mengembangkan karier para dosen. Dalam hal peningkatan kualitas para pendidik.

Disamping itu, mereka menyelenggarakan berbagai kegiatan seminar dan pertemuan ilmiah untuk mengembangkan kemampuan para dosen tersebut.


Profil Dan Penjelasan Singkat Organisasi Pendidik Dunia Dibawah PBB

Dunia juga memiliki organisasi yang bernaung di bidang pendidikan dan berada di bawah pengawasan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Adapun organisasi tersebut adalah UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Berdiri pada tahun 1945, UNESCO memiliki tujuan untuk mendukung keamanan dan perdamaian dunia.

Caranya adalah dengan mempromosikan kerjasama antar negara lewat ilmu pengetahuan, budaya, dan pendidikan. Hal itu adalah upaya untuk meningkatkan rasa saling menghormati.

Sesuai dengan landasan peraturan hukum, keadilan, kebebasan hakiki dan HAM.

Anggota UNESCO adalah 191 negara dan bermarkas di Paris, Prancis. Adapun jumlah kantornya adalah 50 kantor wilayah dan beberapa institut serta lembaga di seluruh dunia.

Program utama adalah penyebarluasan melalui ilmu sosial, ilmu alam, pendidikan, informasi, serta komunikasi. Adapun proyek yang disponsori oleh UNESCO termasuk program teknis, baca tulis, pelatihan guru yang meliputi proyek sejarah regional, program ilmu internasional, budaya, dan promosi.

Tak hanya itum UNESCO juga menangani kerjasama persetujuan internasional untuk mengamankan warisan alam dan budaya.

UNESCO juga mencoba memelihara HAM dan memperbaiki perbedaan digital dunia.

Sejarah UNESCO

Menurut sejarah, UNESCO berdiri pada 16 November 1945. Hal itumerupakan hasil dari Konferensi PBB di London yang ada sejak 1 hingga 16 November 1945.

Sebanyak 44 negara turut hadir dalam konferensi itu. Akhirnya, di hari terakhir konferensi, konstitusi UNESCO Mendapat pendandatanganan persetujuan.

Dalam sejarah dunia internasional dan sejarah dunia, tentu ada perbedaan dalam hal ini. Pertama, pada hubungan internasional atau hubungan antar negara dan kedua mengacu pada gejala yang melewati batas-batas negara, kebudayaan, maupun kawasan.

Contohnya adalah perdagangan jarak jauh,migrasi massal, pertukaran teknologi lintas budaya, dan persebaran gagasan lintas negara dan bangsa.

Organisatoris lain baca ini: Mengenal Organisasi Sarjana Pendidikan

Kiprah UNESCO sendiri terpaut dalam persebaran gagasan lintas negara bangsa. Hubungannya adalah hubungan antar bangsa.

Dalam konstitusi INESCO 1946, gagasan perdamaian ada oleh gagasan tentang hubungan antar bangsa. Tidak hanya itu, kebudayaan dan pendidikan kemanusiaan, prinsip martabat, respek, dan kesetaraan terhadap sesama manusia,

serta solidaritas intelektyal dan moral menjadi indentifikasi beberapa aktivitas UNESCO.

Pendidikan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan ada di dalamnya. Ilmu pengetahuan adalah erat kaitannya dengan solidaritas intelektual dan moral.

Dari sinilah adanya peran penting para pakar oleh pendahulu UNESCO yaitu Komisi Internasional Kerjasama Intelektual yang ada di bawah naungan Liga Bangsa-Bangsa.

Liga Bangsa-Bangsa

Pada 14 Januari 1922, keputusan Council Liga Bangsa-Bangsa mengangkat Henri Bergson sebagai pimpinan pertama dari komisi Internasional.

Kegiatan utama yang dipersiapkan adalah mendirikan lembaga khusus yang menaungi kerjasama ilmu pengetahuan di tingkat internasional.

Lembaga tersebut adalah Institut Kerjasama Intelektual dan resmi beroperasi 16 Januari 1926. Setelah 14 tahun, terjadilah Perang Dunia Kedua.

Pekerjaan lembaga ini menjadi lebih luas yaitu di bidang pengetahuan sosial, ilmu pengetahuan alam, perpustakaan dan arsip, sinema, seni dan sastra, dan hak cipta serta properti keilmuan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *