Buah Maja
Buah maja (Foto: KlikDokter.com)

Buah Maja: Hubungan dengan 1 Kecamatan di Majalengka

Diposting pada

Buah maja memiliki hubungan erat dengan sejarah Indonesia. Kaya akan nutrisi dan vitamin yang dapat kita dapat dari batang, daun, akar dan buahnya. Bahkan bisa dimanfaatkan dari organik yang dibuat hingga dijuluki 1 nama kecamatan memiliki ciri khas buah tersebut yang hanya ada di Majalengka.Fauziyah, organisA51 – organisasi.co.id

Setiap manusia memiliki kebutuhan nutrisi penting untuk ketahanan dan kesehatan tubuh. Nutrisi dapat kita dapat dari buah yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Untuk menanam tumbuhanpun bisa menggunakan POC pupuk dari buah itu sendiri.

Hai Moms pasti cukup asing nih dengan salah satu buah yang namanya Maja. Jangankan tentang manfaat, pasti bentuk serta rasa buahnyapun tidak begitu familiar.

Jangan bingung nih seperti apa buah tersebut dan apa saja nih manfaat dari buahnya, segera simak ulasannya sampai selesai.

Buah  ini memiliki rasa yang manis dan memiliki aroma pada pohon Maja (Aegle Marmelos) yang tumbuh alami.

Buah tersebut berasal dari India serta Asia Tenggara. Biasa dimakan selagi segar, dikeringkan maupun untuk jus.

Ekstrak daun, biji serta buahnya hasilkan efek kesehatan begitu mengesankan. Tetapi, produk buah tersebut bisa jadi berbahaya untuk dosisnya lebih tinggi, terutama bagi populasi tertentu.


Kandungan Dalam Buah Maja

Maja ini merupakan salah satu yang tidak umum, informasi kandungannya sekarang ini tidak dari USDA. Tetapi, berdasarkan penelitian IOSR Journal of Environmental Science, Toxicology and Food Technology.

Buah yang satu ini memiliki kandungan air, serta, gula, lemak, protein, kalium, kalsium, fosfor. Zat besi serta vitamin misalnya vitamin A, B, C dan riboflavin.

Organisatoris lain baca ini: Pertanian Organik: Pondasi Masa Depan Negeri

Terdapat pula data terbaru oleh Departemen Hortikultura Universitas Purdue bagi 100 gr buah ini dari Universitas Purdue, diantaranya :

  • Lemak 0,2-0,4 gr
  • Karbohidrat 28-32 gr
  • Protein 1,8-2,6 gr
  • Karbohidrat, buah yang satu ini memiliki kandungan Karbohidrat, kisaran 30 gr setiap 100 gr di bagian buah yang bisa dimakan. Selain kandungan karbohidrat, bobotnya berasal dari air kisaran 55-62 %.
  • Lemak, kandungan lemak pada buah ini minim, bahkan kurang ½ gr setiap 100 gr nya.
  • Protein, buah yang satu ini rendah protein, dari 100 gr, ada antara 1,8 serta 2,6 gr protein.

Mineral serta vitamin, buah ini mempunyai kandungan vitamin c, beta karoten serta berbagai vitamin B. inipun ada beberapa kalsium, kalium, tembaga, magnesium, seng, serta besi.


Manfaat Buah Maja

Manfaat Buah maja
(Foto: Shopee.com)

Buah ini selalu saja berhubungan dengan sejarah Negara kita Indonesia tercinta. Begitu banyaknya yang akan kita nikmati manfaat dari buah yang popular di Negara kita.

Padahal, buah yang satu ini sangat mudah kita tanam, namun banyak kalangan yang memilih mengkonsumsi jenis tersebut untuk memenuhi nutrisi tubuh. antara lain manfaatnya yaitu :

Baik Bagi Hati

Mempunyai beta karoten sangat baik bagi hati, selain itu, hati ini mempunyai tiamin adalah nutrisi dan vitamin sangat penting.

Maka, memakan buah ini setiap harinya dapat membantu singkirkan permasalahan liver serta fungsinya menjadi baik lagi.

Bagus Bagi Ginjal

Nutrisi paling penting yang terdapat pada buah ini dapat membuat ginjal ini tetap sehat. Tentunya dapat membuat ginjalnya tetap terdetoksifikasi dengan alami.

Jadi, konsumsi buah tersebut sangat baik bagi sistem pencernaan. Minum satu gelas jus buah mentah bisa bantu menyelesaikan permasalahan kesehatan tubuh.

Menjauhi Sambelit

Tahukah kapan sembelit terjadi pada tubuh kita? Ketika tubuh tersebut kekurangan vitamin C. kekurangan vitamin C ini dapat membuat sistem imun lemah. Jadi, selain sambelit, dapat membuat lebih dari banyaknya persfektif lain.

Makan yang manis-manis seperti buah ini setiap harinya menjadi alternative bisa memberikan tidak sedikit manfaat kesehatan serta dapat mencegah konstipasi.

Bagus Bagi Pencernaan

Buah yang satu ini mempunyai efek bagus sekali bagi pencernaan. Ia memberikan kelegaan dari diare, sambelit, sakit perut serta lainnya.

Selain itu, buah ini mempunyai sifat anti alergi serta anti bakteri. Secara keseluruhan buah yang satu ini dapat membantu banyak untuk kesehatan tubuh.

Baik Bagi Pernapasan

Mempunyai kemampuan agar dapat atasi pernapasan, bahkan mempunyai sifat anti alergi serta anti bakteri sehingga dapat membuat tetap jauh dari infeksi-infeksi paru.

Dapat secara mudah cegah lendir untuk tutupi saluran pernafasan. Maka itu, Anda bisa dapatkan sistem pernafasan lebih baik lagi.

Obat Diabetes

Kandungan alam yang ada pada buah, ampuh untuk turunkan kadar gula darahnya terhadap penderita diabetes.

Buah ini sangat terkenal pada seluruh dunia, tetapi nama internasionalnya sangat popular dengan nama bael fruit atau wood apple.

Selain kandungan banyak jenisnya, seperti vitamin, karbohidrat, protein serta lemak. Maka inipun kaya akan steroid, alkkaloida, marmelosina, kumarin serta minyak alami.

Menyembuhkan Darah Tinggi

Daun buah ternyata sangat ampuh agar dapat usir darah tinggi. Mudah serta praktis sekali caranya, hanya dengan siapkan lembaran daun maja lalu hancurkan.

Berikutnya, campurkanlah bersama madu kemudian buatlah dengan cara di jus. Lalu minum setiap pagi. Dengan demikian, darah tingginya dapat teratasi secara baik serta tidak mempunyai efek samping.

Tingkatkan Konsentrasi

Buah inipun memiliki khasiat agar dapat tingkatkan konsentrasi. Apabila Anda ingin konsentrasi maka sebaiknya konsumsi buah tersebut ini sangat bermanfaat.

Caranya yaitu menyediakan buah matang kemudian campurkan bersama mentega tawar dan gula pasir. Kemudian konsumsi sekali sehari agar bisa mendapat khasiatnya.

Semua bagian pohon tersebut dimulai batang, akar, daun sampai buahnya semenjak ribuan tahun telah menjadi ramuan tradisional di Negara India.

Baik Bagi Kulit

Untuk para perempuan yang mendamba-dambakan kulit cantik, cerah, sehat dan indah. Bisa nih kapan-kapan membuktikan khasiat dari buah yang satu ini.

Meskipun memiliki rasa yang pahit namun maja ini memiliki kandungan vitamin yang mana memiliki peran penting untuk setiap pembentukan kolagen.

Kolagen tersebut memiliki manfaat untuk melindungi elastisitas kulit serta membuat kulitnya selalu bersinar serta lembut.

Pasti nih, siapapun apabila telah membaca manfaat buah ini pasti ingin langsung mencoba dikonsumsi.


Cara Membuat POC dari Buah Maja

(Foto: bibitbunga.com)

Memilih maja sebagai bahan utama untuk membuat POC pupuk karena memiliki kandungan nitrogen paling tinggi sehingga baik bagi pertumbuhan tanaman.

Pupuk ini dapat menyediakan hara untuk tanaman dari kemampuannya agar dapat mengurai organik. Langsung saja nih penjelasan terkait dengan cara membuat POC dari maja, :

Alat dan Bahan :

  • Buah maja
  • Pisau
  • Botol plastik
  • Blender
  • Air beras kental ataupun air kelapa muda yang segar

Langkah Membuat :

Agar dapat menjadikan buah ini sebagai pupuk dengan menggunakan bebagai alat bahan, perlu langkah yang harus terlaksanadiantaranya :

Mengolah Maja

Sebelum proses pengolahan dengan bahan yang lain, buah ini harus kita beri perlakukan secara khusus. Faktor harus dipertimbangkan untuk memilih buah agar dijadikan sebagai pupuk, yaitu keutuhan, bentuk serta penampakan.

Dianjurkan agar dapat memilih buah yang memiliki bentuk bulat, kulitnya hijau terang, licin, halus, serta mengkilap.

Saat tersentuh, bagian tempurung terasa keras. Lalu apabila buahnya terlihat matang serta tidak cacat. Maka buah ini sudah siap menjadi pupuk.

Kematangannya memproses fermentasi karena maja ini memiliki kandungan gula. Sesudah memperoleh maja yang bagus, pertama ialah cuci sampai bersih.

Lalu angin-anginkan hingga kering. Segera proses tidak libatkan sinar matahari  dengan langsung karena dapat membuat proses oksidasinya cepat.

Menggunakan pisau, bisa membelah buahnya yang telah kering menjadi dua. Langkah yang satu ini perlu kesabaran besar karena permukaan kulitnya licin dan strukturnya keras.

Daging buahnya harus kita ambil menggunakan tangannya langsung ataupun sendok. Hasilnya yaitu daging buah berbentuk hancur ini dapat kita masukkan pada botol plastic.

Pengolahan Bahan Organik Lainnya

Sesudah botolnya terisi buah, tambahkan air beras ataupun air kelapa yang telah tersaring. Pencampurannya terus menerus hingga botolnya tersisa 1/3 volume.

Apabila isi botol hingga penuh, proses fermentasi bakan pupuknya hasilkan gas sehingga membuat botol meledak.

Pada dasarnya pembuangan gasnya perlu cara pembuatannya termasuk cara pembuatan pupuk cair dari maja ini memiliki kualitas tinggi.

Proses Fermentasi

Penyimpanan calon pupuk, harus tertutup oleh botol sampai tidak mudah untuk terkontaminasi ataupun hama dari luar botolnya.

Tetapi gas harus keluar dengan rutin tepatnya setiap hari untuk membuka tutup botol sebentar saja kemudian menutupnya rapat-rapat.

Selain itu, langkah yang satu ini dapat meminimalisir kerusakan dindingnya serta tutup botol. Proses fermentasi sebaiknya terlaksana 10 sampai 21 hari.

Lama waktunya hampir sama dengan cara nanam bunga matahari termudah untuk pemula. Nanti pupuk organik tersebut hasilnya berupa cairan memiliki warna hitam.


Penjelasan Singkat Nama Kecamatan Maja di Majalengka

(Foto: INFOMJLK.com)

Nyai rambut kasih untuk warga Majalengka seringkali berkaitan bersama sejarah berdirinya daerah itu. Ratu Ayu Panvidagan, nama aslinya Nyai Rambut Kasih.

Ia merupakan ratu Majalengka cantik dan rupawan. Ratu seringkali uraikan rambut panjang dalam kesehariannya.

Berdasarkan cerita, kecantikannya tidak ada bandingannya di jamannya. Selain cantik, iapun mempunyai kesaktian luar biasa, hingga tidak seorangpun mampu menatap kemolekan wajahnya.

Kerajaan pemerintahannya memiliki nama Nyai Rambut Kasih. Kerajaan Nyai Rambut Kasih  tersebut sangat popular  yaitu buah sehingga dapat sembuhkan banyak penyakit, nama buah tersebut yaitu memiliki nama Maja.

Nyai Kasihpun adalah sosok ratu yang memerintah negerinya penuh cinta, damai, aman serta mensejahterakan kehidupan rakyat dengan ketulusan.

Organisatoris lain baca ini: Bakteri Fotosintetis: Pengertian, 5 Jenis Hingga Manfaat

Rambut Kasih ini keturunan Siliwangi, Raja Pajajaran terpopuler di tatar sunda. Nyai tersebut memiliki saudara yaitu Rarasantang, Walangsungsang dan Kiansantang.

Berdasarkan cerita rakyat, asal mula Rambut Kasih ini hadir ke Majalengka bermula akan temui saudaranya di Talaga (nama daerah di Majalengka).

Saudaranya, Raden Munding dengan istrinya Ratu Mayang dimana waktu itu memerintah di Talaga Manggung.

Pada perbatasan Majalengka ini tepatnya di daerah Talaga, Nyai Rambut ini mendengar apabila saudaranya telah masuk Islam. Hingga ia urungkan niatnya untuk temui saudaranya.

Awal Mula Cerita

Di Cirebon sedang dilanda menderita penyakit yang tidak terdapat satupun obat yang bisa menyembuhkan rakyatnya, Sunan Gunung Djati berusaha agar dapat mengobati rakyatnya. Tetapi hasilnya nihil.

Lalu sunan Gunung Djati berdoa kepada Allah supaya dapat temukan obatnya. Lalu beliau mendapat petunjuk bahwa obatnya itu berupa buah dan pohon maja yang ada di kerajaan Nyai Rambut Kasih.

Kemudian kanjeng Sunan perintahkan Pangeran Muhammad dengan istirinya yaitu Siti Armilah dan prajuritnya agar menemui penguasa kerajaan Nyai Rambut Kasih, yaitu Nyai Rambut Kasih.

Di kerajaan Nyai Rambut Kasih saat itu mayoritas beragama Hindu yang mana Pangeran Muhammad memerintah untuk sebarkan Agama Islam.

Pangeran Muhammad dengan istrinya mendapat respon yang positif dari masyarakat Nyai Rambut Kasih. Hal demikian ditandai banyaknya rakyat memeluk Islam.

Namun, Sang Ratu marah saat mengetahui banyak yang memeluk Islam, pada akhirnya Ratu bertemu dengan Pangeran Muhammad dan langsung terpana akan ketampanannya.

Pangeran Muhammad datang menghadap pada sang Ratu, ia mengutarakan maksud meminta buah dan pohon maja kemudian mengajak untuk memeluk Islam.

Tetapi, permintaannya untuk memeluk Islam ditolah, sedang buah majanya diberikan dengan syarat Pangeran harus menikahinya.

Buah tersebut muncul di daerah yang kini bernamadengan Kecamatan Maja. Sehingga sampai kini, di Majalengka terdapat daerah yang bernama daerah Maja.

Karena pada awalnya Maja tersebut langka dan hanya ada di daerah Maja. Dan penamaan Majalengkapun awalnya karena buah Majanya langka atau tidak ada dan hanya ada di tempat tersebut. Sehingga munculah nama Kabupaten Majalengka.

Pangeran Muhammad menyanggupi, asal Sang Ratu memeluk Islam. Tetapi, Ratu menolaknya, sampai akhirnya keduanya bertempur.

Ketika pertempuran terjadi, Ratu Rambut Kasih ini terdesak hampir kalah.  Karena tidak rela buah dan pohon Maja yang dijadikan sebagai simbol kerajaan ini, Sang Ratu menghilangkan diri bersama buah Majanya.

Daftar Pustaka

  1. Manfaat buah maja dari Majalengka
  2. Definisi Maja
  3. Kisah maja dari Majalengka
  4. Cara membuat pupuk
  5. Manfaat
  6. Maja untuk usir penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *