Definisi pertanian organik
Pertanian organik (Foto: edura.id)

Pertanian Organik: Pondasi Masa Depan Negeri

Diposting pada

Pertanian organik, salah satu alternatif di era sekarang, menjelma menjadi pemecah masalah dalam keadaan genting seperti sekarang. Lalu, bagaimana pondasi tersebut di masa depan negeri kita?

Statuto Disposita, organisA51 – organisasi.co.id

Indonesia adalah salah satu negara agraris karena sebagian besar masyarakat Indonesia pada umumnya adalah petani.

Negara dengan luas daratannya hampir mendekati 2 juta meter persegi, sepertiga lebih dari seluruh wilayah Indonesia, sebagian besar wilayah daratan negeri ini adalah lahan persawahan.

Negara Indonesia termasuk negara yang kaya akan sumber daya alam. Namun karena semakin sempitnya lahan pertanian kekurangan dan kemampuan sumber daya manusia negara ini justru menjadi negara pengimpor beras dan kebutuhan pangan lainnya.

Sebagian besar lahan-lahan pertanian di Indonesia sudah beralih fungsi menjadi lahan industri. Dari tahun ke tahun pertanian semakin termarjinalkan dan petani semakin terpinggirkan.

Produksi bahan pangan dalam negeri juga semakin menurun dan impor malah semakin menjadi-jadi.

Petani yang dengan segala keterbatasannya terus saja dijejali dengan obat-obatan kimia untuk tanamannya perawatan tanaman.

Dengan obat-obatan kimia yang semakin mahal sangat berbanding terbalik dengan harga hasil panen yang sangat tidak manusiawi. Hal inilah yang seharusnya menjadi keprihatinan kita.

Indonesia dan Para Petani

Pertanian organik
Para petani Indonesia (Foto: beritagar.id)

Indonesia harus kembali mengambil fokus terhadap pengembangan pertanian. Karena saat ini kita menghadapi begitu banyak masalah di dunia pangan dan pertanian.

Yang menjadi masalah besar yang pertama adalah petani yang miskin atau petani yang tidak sejahtera.

Petani dengan kepemilikan lahan yang sempit yang terbatas sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Produktivitas yang rendah akses modal yang terbatas dan bahkan hampir nyaris tidak ada akses modal, dan juga akses pasar yang tidak terbuka dan seterusnya menyebabkan semburan impor pangan ke Indonesia ini menjadi luar biasa.

Hal tersebut akan semakin memiskinkan petani karena produk-produk petani-petani kita Indonesia justru kalah dengan produk impor. Ini yang menjadi keprihatinan kita yang  akhirnya kita semakin miskin.

Organisatoris lain baca ini: Pertanian Organik: Pengertian, Kegunaan Dan Peluang

Masalah besar yang kedua adalah lingkungan yang rusak. Mengapa produktivitas pertanian kita semakin sedikit atau semakin menurun itu karena lingkungan kita rusak.

Tanah kita rusak, ekosistem kita rusak, mengapa bisa demikian? Karena ada perusakan yaitu penggunaan zat-zat kimia yang berbahaya yang berlebihan bagi lingkungan.

Masalah yang ketiga adalah tersedianya pangan yang tidak sehat. Jadi saat ini kita tahu begitu banyak penyakit yang diderita oleh masyarakat bahkan penyakit- penyakit mematikan seperti kanker, diabetes, dan seterusnya penyakit- penyakit berbahaya.

Dan semua itu terjadi karena pangan yang tidak sehat dan pangan yang beracun yaitu pangan pangan yang mengandung kimia

Untuk itu agar untuk mengatasi pangan yang tidak sehat maka kita membutuhkan pangan organik. Bahan makan organik yang tumbuh dari alam dan tidak mendapat pupuk secara kimiawi inilah pertanian organik.

Pangan Organik dan Kepentingannya untuk Masyarakat Indonesia

Pangan organik adalah upaya untuk menyediakan pangan sehat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia.

Ketahanan pangan Indonesia harus bertahan memiliki kedaulatan pangan sendiri tidak tergantung dari impor pangan dari luar negeri tetapi kita harus meningkatkan produktivitas sekitar di Indonesia dengan pangan yang sehat.

Dengan demikian pertanian organik akan memberikan manfaatnya yaitu pertama menyejahterakan petani karena kita ingin meningkatkan produktivitas kita.

Yang kedua adalah menjaga lingkungan agar lingkungan tetap terjaga. Semua sehat tumbuh subur dan seterusnya.

Ketiga adalah menyediakan pangan yang sehat dan berkualitas. Itulah mengapa kita harus meningkatkan  dunia pertanian agar pertanian kita dapat mengorganisir petani- petani muda sehingga kita pada saatnya nanti bisa berdaulat memiliki kedaulatan pangan dari tanah negeri kita sendiri.

Manfaat Bertani Organik

Tani organik (Foto: alamtani.com)

Pertanian organik ini mempunyai banyak sekali manfaat. Dari mulai kualitas kesehatan yang akan membaik.

Dengan pertanian demikian akan menghasilkan makanan yang aman, bergizi dan akan meningkatkan kualitas kesehatan pada masyarakat.


Juga menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi para petani, karena terhindar dari paparan bahan kimia yang di gunakan dalan produksi pertanian.

Organisatoris lain baca ini: Legendaris Bulu Tangkis Dunia: Pengertian, 10 Atlet

Pengelolaan limbah pada pertanian ini juga mengurangi jumlah limbah kimia. Pupuk dari bahan organik yang berlaku dalam bertani organik ini juga memberikan sumber nutrisi yang lebih terhadap hasil dari pertanian itu sendiri.

Kualitas udara dan kualitas air juga tentunya akan meningkat. Juga tentunya akan sangat menghemat energi.

Pertanian tersebut sebenarnya berbicara tiga hal yang pertama adalah lingkungan kemasyarakatan di pedesaan.

Anggapan Masyarakat tentang Profesi “Petani”

Di Indonesia ini dunia pertanian masih dianggap sebagai profesi yang kurang menyenangkan untuk digeluti. Juga bukan profesi yang menjanjikan untuk masa depan kaum muda di pedesaan. Hal tersebut tersebab tanah-tanah pertanian di Indonesia sering mengalami kegagalan panen sehingga timbul masalah ekonomi di pedesaan.

Banyak dari kaum muda berubah status mereka, dari status tuan tanah mereka menjadi karyawan di kota. Tanah terjual dan anak-anak muda di desa di Indonesia berangkat ke kota urbanisasi tanpa keahlian.

Mereka juga harus bersaing dengan orang-orang kota. Padahal sesungguhnya profesi pertanian yang benar secara organik itu bisa membawa mereka akan mudah mendapatkan masa depannya di desa.

Yang mana mereka berada, asalkan tahu caranya bertani yang benar, tahu  cara mendapatkan uang dengan cara berkebun, menanam sayur-sayuran maka tidak ada yang perlu kecemasan.

Dan kalau para kaum muda tersebut mengetahui dan menguasai konsepnya juga metodenya dengan baik dan benar maka mereka bisa memutuskan bahwa mereka dapat tinggal di desa.

Tidak perlu ada TKI ke luar negeri, tidak perlu ada TKW tidak perlu ada anak-anak yang merindukan ibunya di rumah. Hal itu bisa terjawab dari pertanian organik di desa.

Sekarang kita dapat menyadari bahwa pertanian adalah sesuatu yang sangat mulia untuk dilakukan dengan cara yang benar yaitu organik. Ingat kita juga harus memperhatikan bahwa pertanian yang baik itu membutuhkan daya dukung hutan yang baik pula.

Kita butuh sumber mata air, kita juga butuh lahan kita aman dari longsor. Jadi jangan menebang hutan karena hutan mempunyai daya dukung yang sangat penting untuk kehidupan masyarakat di bawahnya. Seperti yang kita ketahui bahwa organik berbicara tentang tanah.

Tanah yang subur akan membuat para petani senang. Akan tetapi, petani kebanyakan melupakan satu hal yaitu perlindungan tanaman.  

Tanah yang subur mengandung unsur hara yang banyak .Maka tanaman akan tumbuh secara optimal akan subur dan ini juga merupakan hal yang menarik perhatian serangga perhatian hama.

Tanaman dan Kesejahteraan Masyarakat

Tanaman yang subur akan membuat para hama berduyun-duyun datang untuk ikut memakan hasil panen kita.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk melindungi tanaman kita. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menanami seluruh kebun organik dengan bunga bunga warna-warni.

Seperti  bunga kenikir, bunga matahari, bunga mawar, apapun itu tanamlah bunga-bunga warna-warni di sekeliling kebun.

Hal ini fungsinya adalah untuk menarik perhatian serangga yang lain. Bagaimana cara mengendalikan serangga yaitu dengan cara menghadirkan serangga juga.

Karena akan ada banyak serangga hadir dan merupakan musuh alami serangga yang ada. Misalkan ketika bunga warna-warni banyak maka lebah akan datang.

Lebah tentunya akan  membantu penyerbukan bunga bunga tanaman. Lebah juga membantu mengusir hama hama yang merugikan dan lebah dalam jumlah besar bisa kita manfaatkan untuk kita ternakkan sehingga kita menghasilkan lebah madu.

Sehingga petani juga bisa menjaga kesehatannya melalui madu yang ada di dalam kebunnya.

Jenis Tanaman Organik

Ada dua jenis tanaman yang perlu kita hadirkan di dalam kebun kita yaitu tanaman penarik serangga atau yang terkenal dengan nama atraktan.

Misalnya bunga warna-warni sehingga dapat menarik serangga untuk datang dan ada juga bunga atau tanaman-tanaman tanaman pengusir contohnya sereh sereh.

Tanaman sereh mulai tertanam sampai dengan dia dipanen daunnya akan utuh karena aroma sereh tidak menarik untuk serangga. Sama halnya dengan tanaman fender dan rosemary juga pinus cengkeh.

Tanaman- tanaman seperti itu mengeluarkan getah karbolik yang kalau tertiup angin, serangga tidak suka menciumnya. Itu fungsi tanaman penolak serangga.

Organisatoris lain baca ini: Ukuran Lapangan Baseball Dan Softball

Jika ingin bertani organik lakukan 2 hal bahwa tanah tanamlah bunga-bunga warna-warni dan jangan pernah melakukan pertanian monokultur.

Hubunga Bertani Organik dan Ekosistem Tanaman

Ekosistem tanah (Foto: baznas.go.id)

Pertanian organik juga merupakan pertanian yang memanfaatkan ekosistem yang ada. Juga untuk menyelaraskan organisme-organisme di dalam lahan pertanian.

Menjaga keselarasan organisme di dalam lahan pertanian sangat penting untuk dilakukan. Konsepnya adalah kita menanam itu sesuai kebutuhan.

Sementara kebutuhan kita itu tidak pangan saja, tapi kita sadar disekitar kita itu ada belalang, ada ulat tapi mereka selalu makan sesuai dengan porsinya. Nah kita juga harus menjaga ruang lingkup ini agar tetap selaras.

Selain itu berbicara mengenai limbah organik yang dapat digunakan sebagai pupuk pada pertanian organik juga sangat penting.

Disini tentunya juga akan menggerakan roda pereekonomian pada sebuah desa. Karena sektor pertanian juga tentunya akan meningkat.

Manfaat Limbah Organik

Manfaat limbah organik sendiri selain pupuk ada banyak. Seperti menghasilkan energi penerangan, pengganti gas lpg dan lain sebagianya.

Selain itu pupuk organik juga akan menghasilkan tanaman- tanaman organik yang aman dan sehat untuk dikonsumsi manusia dalam jangka panjang.

Di dalam Alquran Allah subhanahu wa ta’ala berfirman telah nyata kerusakan di muka bumi di lautan yang disebabkan karena ulah tangan manusia.

Kita lihat bagaimana kerusakan alam pertanian kita begitu parah dari berbagai aspek tidak hanya kerusakan lingkungan tetapi juga yang nyata sekali adalah kerusakan tanah akibat penggunaan bahan-bahan kimiawi.

Pupuk-pupuk kimiawi dan bahan bahan insektisida yang berbahan berbahaya.

Penutup

Akhirnya tingkat produktivitas pertanian pun menurun dan akhirnya anak cucu kita nanti akan ditinggali alam yang sudah sangat rusak akibat kesalahan kita. Maka tidak ada kata lain kecuali kita kembali ke alam.

Kembali kepada penataan pertanian tanah dan cara pengolahannya benar sehingga dapat menghindari kerusakan kerusakan yang semakin parah akibat modernisasi yang kebablasan ini.

Sudah saatnya negeri ini tidak lagi menutup mata, menutup pikiran, dan harus berbuat sesuatu perubahan yang besar khusunya untuk dunia pertanian. Dengan meningkatkan dunia pertanian tentunya akan menggerakan sektor- sektor perekonomian di Indonesia. Dan menjadikan Indonesia negara yang semakin maju dimasa yang akan datang.

Daftar Pustaka

  1. Pertanian untuk kemajuan bangsa
  2. Yakin dengan bertani organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *