Cabang Atletik

Cabang Olahraga Atletik, Pengertian Dan Aturan

Diposting pada

Olahraga atletik merupakan sebuah cabang dalam olahraga yang dalam sejarah perjalanannya merupakan permaian tertua dunia.

Elsa Cordana, Olahraga – Organisasi.co.id

Pengertian Cabang Olahraga Atletik

Atletik merupakan salah satu cabang olah raga yang terdiri dari beberapa jenis olahraga fisik misalnya olahraga lempar, lari, jalan dan lompat. Pendapat lainnya mengatakan bahwa atletik merupakan olah raga fisik yang memiliki fasilitas lapangan dan lintasan dalam praktiknya seperti lompat tinggi, jalan, lempar lembing dan lari. Dari pengertian tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa atletik adalah segala jenis olahraga, permainan dan latihan yang menggunakan tenaga fisik manusia.

Cabang Olahraga Atletik
Cabang Olahraga Atletik
Sumber: https://today.line.me/id/v2/article/lXE61X

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Eddy Purnomo

Menurut Eddy Purnomo, pengertian dari cabangolah raga atletik yaitu kegiatan yang terdiri dari bermacam-macam gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, seperti lompat, lempar, jalan dan lari.

Mochammad Djumidar A Widya

Menurut Mochammad D.A.W., cabang olahraga atletik merupakan salah satu unsur pendidikan kesehatan dan jasmani. Atletik adalah keseluruhan komponen yang mengutamakan aktivitas jasmani dan adanya pembinaan hidup sehat serta perkembangan mental, sosial dan jasmani yang serasi, selaras dan seimbang.


Apakah Atlet berasal dari kata Atletik?

Jika dilihat secara etimologis, kata “atletik” berasal dari kata “Athlon” yang merupakan bahasa Yunani. Kata tersebut memiliki arti perlombaan atau kontes. Dari kata tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa atletik adalah perlombaan dari berbagai cabang olahraga tertentu seperti lari, jalan, lempar dan lompat.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) tahun 2005, atlet merupakan olahragawan yang sudah terlatih baik dari segi ketangkasan, kecepatan dan kekuatannya. Selain itu “atlet” berasal dari bahasa Yunani yaitu “Athlos” yang memiliki arti kontes. Atlet juga memiliki istilah lain yaitu “atlilete” yang merupakan orang terlatih untuk mengadu kekuatan demi mencapai prestasi atau penghargaan.


Cabang Olahraga Yang Termasuk Olahraga Atletik

Cabang Olahraga Atletik
Cabang Olahraga Atletik Lari
Sumber:https://review.bukalapak.com/sports/cabang-olahraga-atletik-109138

Tahukah kamu bahwa cabang olahraga atletik itu beragam? Banyak yang mengira bahwa cabang olahraga atletik hanya lari padahal masih banyak cabang olahraga atletik lainnya. Berikut ini cabang olahraga yang termasuk olahraga atletik

a. Jalan Cepat

Jalan cepat merupakan perlombaan berupa jalan kaki. Akan tetapi jalan kaki bukan berarti jalan kaki biasa, karena olahraga ini memiliki aturan tersendiri dan setiap peserta lomba harus menaati aturan-aturan tersebut. Jika kamu melihat sepintas, kamu akan melihat para peserta sedang berlari kecil.

b. Lari pendek

Lari pendek adalah cabang olahraga yang masuk ke dalam urutan kedua sebagai olahraga cabang atletik favorit. Orang yang mampu menangkan pertandingan 100 meter lari cepat akan mendapat julukan sebagai manusia tercepat di dunia.

c. Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah adalah cabang olah raga yang cukup populer dan memilikibanyak peminat. Teknik lari jarak menengah sedikit berbeda jika dibandingkan dengan jarak pendek karena jarak tempuh bertambah panjang dan cara lari yang digunakan juga berbeda. Selain itu atlet pada olahraga ini juga memiliki teknik bernafas yang berbeda.Pada perlombaan tersebut, atlet harus menempuh jarak 800 meter dan 1500 meter.

d. Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh cukup populer karena banyak event yang menyelenggarakan perlombaan ini. Pertandingan ini juga terkenal dengan nama maraton. Pemenang dari lari maraton adalah orang yang dapat menempuh lintasan dengan waktu paling singkat. Meskipun begitu, par atlet lari jarak jauh akan berlari dengan kecepatan yang rendah akan tetapi stabil supaya mereka dapat menyelesaikan lintasan dengan waktu yang singkat. Para atlet akan menempuh jarak 3 kilometer sampai 42 kilometer.

e. Lari rintangan

Beberapa orang akan menyebut olahraga tersebut dengan nama lari gawang. Lari rintangan dilakukan dengan cara berlari sambil berusaha melewati rintangan berupa gawang yang ditempatkan pada track lari. Lari gawang terbagi menjadi lari rintangan 100 meter untuk putri dan 110 meter untuk putra, dan 3000 meter halang rintang.

f. Lompat jauh

Nomor lompat pada cabang olahraga ini terbagi menjadi 2 jenis lompatan yaitu lompatan horizontal dan lompatan vertikal. Lompat jauh merupakan lompa horizontal. Pada lompat horizontal, orang harus memindahkan badan sejauh mungkin ke depan.

g. Lompat tinggi

Berbeda dengan olahraga basket, lompat tinggi tidak terlalu populer di Indonesia. Lompat tinggi merupakan kelompok nomor lompat yang termasuk lompat vertikal. Ketika orang berada pada pertandingan ini, dia harus memindahkan badan setinggi mungkin tanpa bantuan alat.

h. Lompat Galah

Lompat galah termask dalam lompat vertikal. Yang membedakan lompat tinggi dengan lompat galah adalah ada tidaknya alat yang membantu altlet. Pada lompat galah, orang akan menggunakan sebuah tiang atau galah untuk tumpuan melompat.

i. Lempar Lembing

Terdapat dua jenis lempar yaitu lempar linier dan lempar sirkuler. Lempar lembing masuk dalam kategori lempar linier. Pada lempar linier, sebelum melempar, alat yang dilempar harus berada pada garis lurus. Pada jenis olahraga ini, lembing memiliki panjang 2,5 meter. Sebelum melempar lembing, pemain harus mengambil persiapan dengan cara berlari pada sebuah area tertentu.


Jumlah Lintasan Dalam Cabang Lomba Olahraga Lari Atletik

a. Lari jarak pendek

Lari jarak pendek atau sprints memiliki panjang lintasan 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

b. Middle distance atau lari jarak menengah

Lari jarak ini memiliki panjang lintasan 800 meter dan 1500 meter.

c. Long distance atau larijarak jauh

Lari jarak jauh memiliki beberapa kategori yaitu untuk kategori steeplechase atau lari dengan berbagai rintangan sejauh 3000 meter, 500 meter, 10000 meter dan marathon sebanyak 42195 meter.

d. Lari gawang

Lari gawang memiliki panjang lintasan 100 meter untuk putri dan 110 meter untuk putra. Selain itu untuk putri dan putra lintasan lari ini adalah 400 meter.

e. Lari estafet atau relays

Lari estafet atau lari sambung merupakan lomba lari dengan peserta berupa regu. Alat Pada ajang perlombaan resmi, satu regu terdiri dari empat orang. Setiap regu harus melalu jarak 4×100 meter dan 4×400 meter.

Sejarah Singkat Permainan Cabang Atletik

Permainan atletik sudah ada sejak dahulu yaitu sejak peradaban Mesir. Sehingga diperkirakan bahwa cabang atletik sudah ada sejak 300 Sebelum Masehi. Selain itu, pada tahun 1829 SM, ada Tailteann Games di Festival Lugasad. Pada acara tersebut terdapat perlomban lapangan dan trek.

Olimpiade juga sudah lama diselenggarakan. Pada tahun 776 SM, sudah ada olimpiade kuno di Yunani sehingga selama 11 abad, terdapat pertandingan beberapa cabang olahraga atletik.

Meskipun sudah ada sejak lama, pertandingan atletik modern yang saat ini masih ada awalnya mulai berkembang di Inggris yaitu pada tahun 1154 M. Olahraga ini mengalami pasang surut sehingga perlombaan amatir terjadi pada tahun 1825. Pada dekade 1860-an, cabang olahraga atletik mulai terkenal. Hal tersebut juga terpengaruh oleh adanya Amateur Athelic Club (AAC) pada tahun 1866 dan kemudian AAC berubah menajdi Amateur Athletic Association (AAA).

Di Amerika, organisasi ini mulai terbentuk pada 1879 yang bernama National Association of Amateur Athletes of America (NAAAA). Selanjutnya mulai terbentuk organisasi serupa pada beberapa negara. Misalnya pada Stockhol, Swedia mendirikan International Amateur Athletic Federation (IAAF) pada tahun 1912.

IAAF memiliki tugas untuk menyelenggarakan perlombaan atletik di dunia serta melakukan standarisasi pencatatan waktu dan rekor dunia. Belanda juga memiliki orhanisasi atletik yaitu Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU) atau Perserikatan Atletik Hindia Belanda yang dibuat pada1917. Di Indonesia, organisasi ini bernama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Indoneisa juga memiliki banyak organisasi olah raga lainnya.



Nama Pemain legendaris Olahraga Atletik

Usain Bolt

Usain Bolt merupakan salah satu pemain legendaris olahraga atletik. Dia merupakkan pelari yang berasal dari Jamaika. Usain Bolt mampu memecahkan rekor dunia pada lari 100 meter dan 200 meter putra dengan catatan waktu 9,,58 detik dan 19,19 detik. Jam terbang pemain yang satu ini cukup banyak karena sudah berhasil memenangkan berbagai kejuaraan. Bahkan dia juga memecahkan rekor baru dalam eftafet bersama timnya yaitu mencatat waktu lari 37,10 detik.

Renaud Lavillenie

Nama Renaud Lavine cukup terkenal karena dia berhasil mengelahkan rekor selama 21 tahun. Dia berhasil mengalahkan rekor yang dibuat oleh seorang atlit dari Ukrania Sergei Bubka. Renaud Lavillenie berhasil melakukan lompat galah setinggi 6,16 meter.

Johannes Vetter

Johannes Vetter merupakan atlet dari Jerman yang berhasil menciptakan rekor dalam pertandingan lempar lembing. Dia berhasil mencatat rekor lempar lembing terjauh kedua di dunia selama jerah pertandingan lempar lembing. Dia berhasil melempar lembing sejauh 97,76 meter.


Pemain Atletik Terkenal Indonesia

Muhammad Zohri

Muhammad Zohri merupakan printer dari Indonesia yang berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Dia berhasil menang pada lomba 100 meter putra. Hal tersebut cukup melambungkan namanya karena dia berhasil membawa mendali emasi pertama bagi Indonesia karena sebelumnya Indonesia belum pernah menjurai pertandingan tersebut.

Menurut situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF), Muhammad Zohri berhasil menempati urutan finis pada posisi 8 dalam 32 tahun kejuaraan tersebut diselenggarakan.

Agus Prayoga

Agus Prayoga merupakan atlet maraton yang cukup terkenal di Indonesia. Dia berhasil menciptakan rekor baru pada pertandingan Gold Coast Marathon 2019. Selain itu, dia juga berhasil memecahkan rekor pada pertandingan Singapore Marathon 2009dengan catatan waktu 1:07:05.

Eko Wicaksono

Eko Wicksono merupakan atlet lompat galah yang berasal dari Lampung. Dia berhasil memperoleh beberapa prestasi Salah satunya adalah dia berhasil mendapatkan mendali pada Pekan Olahraga WILAYAH (Porwil) X Sumatra, Bengkulu. Dia berhasil melakukan lompatann setiggi 4,20 meter.

Abdul Hafiz

Abdul Hafiz merupakann atlet yang berasal dari Sumatra Utara. Dia berhasil meraih mendali emas pada cabang olahraga lempar lembing senior putra pada Kejuaraan Nasional atau Kerjunas Atletik U-18, U-20 dan Senior 2019. Hafiz mampu melempar lembing sejauh 68,74 meter sehingga mengalahkan atlet dari Papua yaitu Agustinus Abadi dengan lemparan sejauh 67,81 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *