Induk Olahraga Ski Air, yang merupakan wadah bagi generasi Indonesia dalam memajukan olahraga tersebut
Olahraga ski air (foto: pixabay.com)

Induk Olahraga Ski Air: 4 Peralatan dan Teknik

Diposting pada

Induk Olahraga Ski Air, merupakan salah satu olahraga yang banyak masyarakat menggandrunginya. Terdapat Sejarah yang bisa kita ulik, sampai dengan teknik.

Oleh Tika- Organisasi.co.id

Melakukan olahraga di darat sudah biasa namun akan lebih menantang jika melakukan olahraga di air. Tekanan air akan menambah massa gerak sehingga membutuhkan tenaga lebih dalam melakukannya.  Olahraga seperti ski merupakan sebuah aktivitas fisik dengan melibatkan individu ataupun Induk.

Olahraga air terdiri dari renang, polo air, scuba diving. Kemudian surfing, arum jeram, snorkeling, dan ski air. Ski air merupakan olahraga dengan menggunakan papan selancar. Sebuah kapal akan menarik pemain ski air menggunakan tali yang panjang.

Tujuan dari olahraga ski air adalah melatih keseimbangan, membentuk massa otot, hingga menghilangkan stress. Olahraga ini juga membutuhkan ketelitian dan teknik komunikasi yang baik antara atlet, pemantau, dan penggerak kapal motor.

Sejarah Ski Air

Sejarah olahraga ski air (Foto: mildspot.com)

Ski air merupakan sebuah inovasi dari olahraga Ski salju. Pada saat musim dingin orang-orang Eropa akan melakukan Ski salju sejak tahun 1920. Mereka menggunakan papan dari kayu berukuran panjang 2 m dan lebar 30 cm. Olahraga Ski salju lambat laun menyebar ke negara-negara Eropa lainnya dan Amerika Serikat. Setelah perang dunia 2 Ski salju merambah ke negara Asia dan berubah menjadi ski air. Serdadu-serdadu sekutu membawa olahraga ini ke Indonesia. 

Berbeda halnya dengan ski salju ski air merupakan olahraga yang semula menggunakan dua papan ski dan tali jemuran. Ralph Samuelson memperkenalkannya tahun 1922 lalu meminta pengesahan Induk untuk olahraga ski air pada tahun 1966 melalui American Water Ski Association.

Samuelson merupakan pembalap ski air pertama. Iya telah mencoba beberapa kali eksperimen dengan bersandar ke belakang menggunakan papan ski di atas air. Saudaranya yang bernama Ben menariknya dengan kecepatan 20 mil per jam.

Organisatoris lain baca ini: Sejarah Dan Induk Olahraga Dayung

Samuelson terus mencoba untuk Melakukan lompatan ski dan akhirnya ia berhasil pada tanggal 8 Juli 1925. Percobaannya tidak berhenti sampai di situ karena ia kemudian mencoba untuk menggunakan perahu terbang perang dunia I.

Kecepatan pada saat itu adalah 80 mil per jam dengan peralatan tongkat Barrel untuk ski. Di Indonesia, prajurit TNI Andi Mattalatta mengembangkan ski air pertama kali. Ski air masuk dalam olimpiade pada tahun 1972. Di Indonesia, ski air mendapatkan dukungan penuh dari TNI Angkatan Laut.

Peralatan dan Perlengkapan Serta Aturan Ski Air

Peralatan ski yang harus ada (Foto: wallhere.com)

Ski air membutuhkan beberapa peralatan penting antara lain tali penarik beserta pegangannya, papan ski, pelampung, perahu motor penarik, dan sarung tangan. Pemain Ski juga dapat menggunakan sepatu dan helm sebagai tambahan alat pengaman.

  • Perahu motor dalam olahraga ski air harus perahu yang memiliki kualitas baik. Pertamax merupakan jenis bahan bakar dari perahu tersebut. Slalom, trick maupun wideboard menggunakan perahu yang berbeda-beda sesuai dengan kelasnya masing-masing. Mekanik akan menangani secara khusus mengenai pemeliharaan perahu motor.
  • Tali penarik beserta pegangannya bukan sembarangan tali. Mereka merupakan tali khusus produksi Persatuan Ski Air dunia. Walaupun ukurannya kecil namun tali tersebut sangat kuat untuk menarik. Bahan tali tersebut adalah 100% PE dengan diameter 10 mm x panjang 23 meter. Pegangan berbentuk setengah lingkaran. Penggunaan keduanya adalah bersamaan.
  • Sarung tangan untuk ski air tidak boleh licin dan terbuat dari bahan yang kuat.umumnya bersifat tahan air.
  • Papan ski memiliki ukuran 134,2 cm x 42 cm dengan berat kurang lebih 10 kg. Bahan pembuatnya adalah kayu namun untuk teknik pembuatan, warna, dan motif tergantung masing-masing individu.

Alat Olahraga Ski Lainnya

  • Sepatu ski air merupakan sepatu multiguna. Sepatu tersebut memiliki sifat anti selip, hingga melindungi kaki dari goresan, air dingin, maupun luka. Atlet dapat menggunakan sepatu tersebut untuk berjalan di sekitar pantai.
  • Helm pada olahraga ski air merupakan helm yang sama pada olahraga kayak  jet ski, selancar, maupun kano. Bahan helm adalah PC + EPS sehingga tahan terhadap benturan. Helm memiliki bobot yang ringan sehingga pemain ski tidak merasa terbebani. 

Organisatoris lain baca ini: Induk Olahraga Sepatu Roda, Sejarah, Peralatan

  • Pelampung pada ski air terbuat dari Neoprene. Berenang maupun bermain kano juga dapat menggunakan pelampung tersebut.

Semua perlengakapan tersebut memiliki standar keamanan. Jika hendak membeli peralatan ski air sebaiknya memperhatikan label yang tertera pada produk.

Peraturan dalam permainan ski air mengedepankan keselamatan. Peraturan yang utama adalah atlet harus dalam keadaan sehat. Mereka juga harus menggunakan pelampung yang pas pada tubuh sehingga tidak merosot jika terjatuh dalam air.

Cek papan ski milik anda. Penggunaaan papan ski sesuai dengan berat badan seseorang. Jangan salah menggunakan papan ski milik orang lain.  Melakukan ski air harus mengetahui isyarat atau teknik berkomunikasi dengan pengemudi kapal sehingga ketika terjadi masalah keduanya dapat menyelesaikan dengan baik dan segera. Tidak hanya dengan supir kapal motor, atlet juga harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada pemantau.

Teknik Olahraga Ski Air

Untuk pemain ski air pemula mereka dapat menggunakan tubing sebagai pengatur keseimbangan. Perahu motor dengan kecepatan tertentu akan menarik atlet ski air kemudian mereka akan bergerak lurus ke depan dan melaju sambil melakukan gerakan zigzag.

Atlet ski air juga harus dapat melewati 6 buah pelampung berbentuk bola. Rangkaian tersebut merupakan teknik permainan slalom. Enam buah pelampung itu menyerupai balon. Penilaian berdasarkan kecepatan dalam melewati pelampung-pelampung tersebut dan tanpa jatuh.

Dalam permainan trick riding, perahu motor akan menarik atlet ski air sesuai dengan permintaan atlet. Perahu motor tersebut akan menarik lurus ke depan dan atlet harus melakukan gerakan-gerakan tertentu atau berputar-putar. Mereka juga dapat melakukan loncatan maupun gerakan bebas lainnya yang nantinya dapat memberikan kesan baik pada juri.

Penilaian dari Teknik Ski Air

Penilaian berdasarkan tingkat kesulitan gerakan. Untuk atlet pemula, mereka umumnya menggunakan dua papan ski air sedangkan atlet mahir menggunakan satu papan ski. Juri akan memberikan waktu bagi atlet untuk melakukan rangakaian gerakan indah.

Pada nomor jumping, perahu motor akan menarik atlet ski air dengan kecepatan tertentu kemudian atlet akan bergeser ke arah kiri sambil naik ke atas jembatan loncat. kemudian ia akan meloncat Sejauh Mungkin. Dalam hal ini atlet harus menjaga keseimbangan. Mereka harus dapat menjejakkan air dengan sempurna tanpa berhenti dari tarikan perahu motor.

Mereka dinyatakan gagal apabila jatuh ke air dan terlepas dari tali penarik saat meloncat. Jauhnya loncatan menjadi satu-satunya penentu besarnya nilai. Jadi ketika atlet jatuh sebelum melakukan loncatan maka mereka menjadi gugur.

Organisatoris lain baca ini: Baseball dan Softball Amatir, Struktur Induk Olahraga Dan Aturan

Untuk memulai ski air pertama adalah dari air yang dalam. Atlet Ski akan berjongkok di dalam air. Saat mereka sudah siap Maka supir dari perahu motor akan mempercepat laju perahu untuk menarik atlet dari dalam air. Tidak hanya pengemudi motor air dan atlet yang terlibat dalam olahraga ski air namun juga pengintai atau pengamat.

Ia memiliki tugas untuk menonton atlet dan memberikan informasi kepada pengemudi kapal motor apabila pemain terjatuh. Mereka menggunakan sinyal tangan untuk saling berkomunikasi. Kecepatan perahu motor bervariasi mulai dari 22 km per jam hingga 58 km per jam. untuk Ki tanpa alas kaki kecepatan mencapai 190 km per jam dan untuk Ki slalom air kecepatannya mencapai 72 km per jam. Panjang tali juga berbeda-beda tergantung dari tingkat keterampilan atlet ski.


Induk Olahraga Ski Air Seluruh Indonesia beserta struktur organisasi

Induk olahraga ski air Indonesia
Induk olahraga ski air Indonesia (Foto: iwwfed-ea.org)

Adapun Induk olahraga ski air di seluruh Indonesia memiliki nama PSAWI. Ketua umum dalam organisasi ini adalah Panglima Armada RI Kawasan Barat yaitu Laksamana Muda Didit Herdiawan. Dalam pemungutan suara ia mendapat delapan suara. Calon lainnya adalah Fajar Sampurno dengan dua suara sementara enam suara tidak memberikan suara. Total seluruh pengurus adalah berjumlah enam belas orang.

Semula, nama persatuan ini adalah PB PSASI yaitu Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia namun kemudian beralih nama induk menjadi PB PSAWI mengingat adanya wake board pada satuan olahraga ini. Ketua III PB PSASI adalah Djamhuron Purwanto Wibowo. Hasil ini merupakan periode kepemimpian 2012-2016. Ketua selanjutnya adalah Denny Boestami dengan masa bakti 2016 hingga 2020.

Urutan ketua umum PB PSWI antara lain: Mayjen TNI Andi Mattalata, Laksamana TNI R Kasenda, Laksamana Muda TNI Prasodjo Mahdi, Laksamana Muda TNI Soeratmin, Laksamana Muda TNI Wagiman, Laksamana Madya TNI Moedjito, Laksamana Madya TNI Didit Heryadi, dan Laksamana TNI Agus Suhartono. Hal ini membuktikan jika ski air merupakan olahraga yang mendapat dukungan penuh dari TNI AL.

Urutan pengurus Induk olahraga termasuk ski air, ialah KONI sebagai penanggung jawab, Ketua Umum, wakil ketua umum, pengurus cabang setiap propinsi yang terdiri dari keua cabang, wakil ketua cabang, pelatih, dan atlet.

Induk Olahraga Ski Air Internasional Dan Struktur Organisasi

Induk organisasi ski air internasional (Foto: iwwf.sport)

Dalam skala dunia, Induk olahraga ski air di dunia adalah IWWF ( International Waterski and Wakeboard Federation). Organisasi ini berdiri pada tahun 1946 dengan presiden bernama Jose Antonio Perez Priego. Memiliki kantor pusat di Jenewa, Swiss,organisasi ini mengatur semua olahraga air yang ditarik.

Memiliki kurang lebih sebanyak 90 anggota organisasi dari seluruh dunia hingga menjadi anggota dari ARISF (Association of IOC Recognised International Sports Federation), dan merupakan satu dari tujuh olahraga dalam turnamen olahraga dunia.

Organisatoris lain baca ini: 17 Kelas Tinju Amatir, Induk Olahraga Indonesia Dan Dunia

Induk IWWF memiliki peran untuk mempromosikan olahraga ski air, mengembangkan aturan teknis terkait olahraga air, mengatur program pelatihan dan pendidikan bagi disiplin ilmu olahraga air, menyiapkan narasumber bagi atlet maupun federasi dalam hal kaitannya dengan pebelajaran.

IWWF juga mempresentasikan atlet jika dibutuhkan. Organisasi ini akan mengatur perlombaan olahraga air ganda di seluruh dunia.

Susunan induk olahraga ski air, IWWF adalah:

  • Mr. Jose Antonio Perez Priego sebagai presiden
  • Mrs. Gillian Hill Miller sebagai sekretaris umum
  • Mr. Paul Fong sebagai direktur eksekutif
  • Mr. Peter Frei sebagai pembantu umum
  • Mr. Kuno Ritschard sebagai Presiden Emeritus

Mereka semua membawahi federasi setiap benua. Pemimpin federasi setiap benua antara lain:

  • Mr. Louis Polome sebagai presiden benua Afrika.
  • Mr. Thomas Lin sebagai presiden benua Asia.
  • Mr. Patrice Martin sebagai presiden benua Eropa.
  • Mr. Ed Donald sebagai presiden Oceania.
  • Mrs. Maria Isabel Mancheno sebagai presiden Pan Am.

Mereka masih memiliki tanggung jawab terhadap beberapa olahraga lainnya dengan masing-masing penanggung jawab. Urusan atlet pun emiliki pengurus masing-masing. Mr. Aliaksandr Isayeu dan Mr, Ryan Dodd merupakan representatif para atlet. Keduanya mengurus mengenai kesejahteraan atlet dan pencarian atlet berbakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *