Generasi baby boomer
Gen Baby Boomers (Foto: hipwee.com)

Kelebihan Generasi Baby Boomer Pada Zaman Modern

Diposting pada

Generasi baby boomer, adalah generasi zaman modern, yang memilikia andil penting juga dalam era digital seperti ini. Terdapat definisi, hingga pada kelebihannya. Jadi, bagaimana jelasnya?

Novianti Lavlia – Organisasi.co.id

Zaman Modern mulai pada awal tahun setelah 1500. kedatangan zaman ini berbarengan dengan jatuhnya Kekaisaran Romawi Timur, dan lahirnya Negara Amerika oleh Christopher Columbus. Kehadiran Zaman Modern juga ditandai dengan berkembangnya berbagai ilmu pengetahuan, seperti politik, teknologi, dan seni pada sekitar abad 19-20.

Dengan mulai lahirnya semua ilmu tersebut di dunia barat, dampaknya ikut mempengaruhi ke hampir setiap negara di dunia. Hal tersebut menyebabkan berbagai macam pendapat, baik pro dan kontra terhadap negara barat. 

Di tengah kancah maraknya pengaruh modernisasi tersebut, terdapat peperangan masal dan masalah pelik dunia lainnya. Hal tersebut diakibatkan sebagai dampak dari pertumbuhan pengaruh yang cepat. Selain itu, hal tersebut juga terjadi sebagai reaksi dunia, akan hilangnya kekuatan norma agama dan etika tradisional. 

Organisatoris lain baca ini: Perubahan Zaman: 3 Masa (Prasejarah, Sejarah, Milenial)

Waktu pun akhirnya berlalu, hingga setelah Perang Dunia II berakhir, masyarakat Amerika akhirnya menikmati kemakmuran yang baru saja mereka raih. Salah satu dari bentuk kemakmuran tersebut  menghasilkan “ledakan populasi bayi.” Akibatnya, anak-anak yang lahir dalam kurun waktu tersebut bernama Baby Boomers. 

Beberapa sejarawan mengatakan, fenomena baby boomer kemungkinan besar akibat oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah, banyaknya keluarga yang ingin memiliki keturunan, setelah tertunda selama Perang Dunia II. Dan pada akhir era 1940-an dan 1950-an, Generasi Baby Boomers pun akhirnya lahir ke dunia. 

Generasi Baby Boomer termasuk dalam bagian penting dari populasi dunia, terutama di negara maju. Hal Ini mewakili hampir 20% dari masyarakat Amerika.

Definisi Modernisasi Pada Zaman Modern

Pencetus era digital dari generasi baby boomer
Kehidupan era digital (Foto: idntimes.com)

Secara umum Zaman Modern dapat berarti sebagai saat ketika manusia mulai mengembangkan teknologi, dan dapat lebih bergantung kepada teknologi praktis. Hal tersebut berlaku dalam berbagai hal, dan keberadaannya berbarengan dengan pola pemikiran yang juga sudah mulai maju.

Selain itu, para ahli juga memiliki pendapatnya sendiri mengenai definisi dari modernisasi. Apa sajakah definisi berdasarkan pemikiran para ahli tersebut? Organisasi.co.id akan mengulasnya dengan lengkap sebagai berikut ini

Wilbert E Moore m

Menurutnya, Modernisasi merupakan transformasi total pra-modern dalam hal teknologi dan organisasi sosial terhadap pola ekonomi dan politik. Hal tersebut merupakan ciri yang ada pada semua negara barat yang sudah stabil.

JW School

Ahli ini mengatakan, Modernisasi adalah transformasi perubahan pada masyarakat dalam segala aspeknya. Teori modernisasi menggambarkan proses transformasi dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern atau sebelumnya.

Abdul Syam

Menurut pakar ini, Modernisasi adalah proses perpindahan dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju, dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Astrid S. Susanto

Menurut Astrid S. Susanto, Modernisasi adalah suatu proses pembangunan yang memberikan kesempatan ke suatu arah perubahan demi untuk kemajuan.

Ougburn dan Nimkoff

Modernisasi adalah usaha untuk mengarahkan masyarakat agar dapat memproyeksikan diri ke masa depan yang nyata, dan bukan khayalan semu.

Alex Thio

Menurut Alex Thio, Modernisasi adalah sebuah pola perubahan sosial dari masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri.

Harold Rosenberg

Modernisasi adalah kebiasaan baru yang mengacu pada urbanisasi, atau hingga sejauh mana dan bagaimana pudarnya karakter pedesaan suatu masyarakat berlangsung.

R. Soekmono

Menurut R. Soekmono, Modern adalah zaman yang karakternya terbentuk oleh pengaruh dari Eropa Barat

Diderot

Menurut Diderot, Modern adalah kehadiran manusia yang menaruh kepentingan di atas semua makhluk lainnya

Ahmad Baso

Modern adalah suatu fakta yang akan membawa pada hilangnya perbedaan dasar, antara ruang privat dan ruang publik keduanya.

Alvin Hadiwono

Menurut Alvin Hadiwono, Modern adalah era suatu puncak kebudayaan inderawi.

Permulaan Gen Baby Boomers

Awal mula gen baby boomers (Foto: kumparan.com)

Istilah Generasi Baby Boomer pertama kali berlaku sekitar tahun 1963-1964. Istilah ini muncul untuk menyebut mereka yang terlahir ketika akhir Perang Dunia II berakhir. Generasi ini juga merupakan salah satu generasi paling memiliki pengaruh, antara lain adalah gerakan “flower generation” yang mengecam perang Vietnam.

Baby Boomers adalah generasi pecinta kedamaian, dan juga memiliki ikatan sosial yang lebih baik dari generasi yang lahir setelahnya. Kemungkinannya, karena saat itu teknologi belum berkembang seperti sekarang. Karena itulah komunikasi yang berlaku lebih bersifat fisik, seperti surat dan kartu pos. Sesuatu yang mungkin tidak akan terpakai oleh milenial.

Organisatoris lain baca ini: Olahraga Dirgantara: 9 Peralatan, Induk Organisasi

Generasi Baby Boomer juga terkenal sebagai pencetus dari istilah “American Dream”, yaitu tentang impian orang Amerika untuk dapat memiliki pekerjaan tetap, tempat tinggal dan juga kendaraan setelah perang berakhir. Dalam perjuangannya mengejar impian itu, para Boomer akhirnya mencetuskan istilah “workaholic”.

Istilah yang sangat terkenal itu merupakan perwujudan sebuah kerja keras untuk mewujudkan impian mereka.


Definisi Gen Baby Boomers

Definisi gen baby boomers (Foto: rencanamu.id)

Jargon “Ok Boomer” populer oleh seorang politisi muda bernama Chlöe Swarbrick. Politisi yang berusia 25 tahun ini mendapatkan ejekan dari politisi lain saat dia berpidato di Parlemen New Zealand. Ketika itu Chlöe menjadi pembicara dalam mengetengahkan pidatonya, tentang isu pendidikan tinggi, kesehatan mental, pemberantasan narkoba, dan isu-isu lainnya.

Sebagai seorang yang lahir pada tahun 1994, Chlöe menjadi bagian dari generasi Y atau yang lebih terkenal sebagai generasi milenial. 

“Ok Boomers” tersebut terlontarkan oleh Chlöe sebagai balasan atas jargon “snowflakes”, yang biasa tersampaikan dari Generasi Boomers kepada generasi Z. Pengertian dari “snowflakes” tersebut merupakan jargon yang bersifat merendahkan, yang merujuk kepada orang yang sangat sensitif terhadap situasi tertentu. 

Ejekan dari Generasi Boomers dianggap sebagai suatu hinaan yang tertuju kepadanya, yang dianggap sebagai generasi yang haus perhatian.

Namun apakah sebenarnya definisi dari Generasi Baby Boomer itu sendiri? Organisasi.co.id , akan menjelaskannya terlebih dahulu, berdasarkan urutan lintas generasinya.

Berdasarkan urutannya, terkenal ada 6 generasi yang pernah melintas sejak memasuki era Perang Dunia ke II, hingga memasuki Zaman modern. Ke enam generasi tersebut adalah, 

  1. Generasi Tradisionalis (1922-1945)
  2. Baby Boomers (1946-1964)
  3. Gen X (1965-1980)
  4. Generasi Y Milenial (1981-1994)
  5. Generasi Z (1995-2010)
  6. Alpha (>2010)

Baby Boomers sendiri merupakan istilah bagi orang Amerika yang lahir pada tahun 1946 hingga 1964. Generasi ini sering terkenal sebagai generasi yang penuh dengan “hak istimewa”, karena perjuangan “American Dream” yang mereka cetuskan.

Banyak kemakmuran yang telah mereka raih selama era perjuangan tersebut, yang antara ain seperti pendidikan dan perumahan.

Generasi ini juga terkenal sebagai kelompok yang lebih kaya, lebih aktif dan lebih sehat secara fisik, ketimbang generasi sebelumnya. Baby Boomers juga merupakan generasi yang memiliki pemikiran, bahwa dunia akan membaik seiring berjalannya zaman.

Pencapaian mimpi dari kelompok pencetus “American Dreams” ini sudah mendapatkan apa yang menjadi harapan dalam kehidupan. Namun mereka juga sering mendapatkan kritikan karena konsumerismenya yang dianggap berlebihan.

Bentuk Peninggalan Gen Baby Boomers

Peninggalan gen baby boomers (Foto: goodhousekeeping.com)

Beberapa bentuk peninggalan para Generasi Baby Boomer ini memang cukup banyak dan tidak terhitung jumlahnya. Beberapa diantaranya bahkan sempat merubah dunia. Apa sajakah itu? Organisasi.co.id, akan memberikan ulasan lengkapnya, seperti di bawah ini.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi IKATEMI dan IROPIN: 2 Fokus Kerja

  • Baby Boomer sudah mengubah dunia, dengan caranya mengakhiri perang, hingga mengubah gaya ideologi politik di dunia. 
  • Membantu membawa perubahan dalam nilai-nilai sosial dan budaya baru di dunia
  • Memiliki andil dalam membebaskan perempuan dalam belenggu, hak-hak sipil, bahkan kebebasan seksual pada tahun 1960-an.
  • Pencetus untuk mengikuti nilai-nilai demokrasi dan egalitarisme atau kesamaan hak.
  • Memberikan keuntungan persamaan hak bagi wanita dan orang Afrika-Amerika.
  • Melahirkan para elit dunia lewat jalur pendidikan 

Kelebihan Kekurangan Gen Baby Boomers

Kelebihan dan kekurangan dari generasi baby boomer
Kelebihan gen baby boomer (Foto: orami.co.id)

Baby Boomer memang sudah banyak memiliki jasa sejak generasi ini terbentuk pada tahun 60-an. Namun bukan berarti mereka adalah orang-orang yang sempurna. Sama seperti manusia lainnya, mereka juga punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. KIta lihat ulasannya berikut ini.

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari Gen Baby Boomers, antara lain:

  • Generasi Baby Boomers terkenal sebagai generasi pekerja keras yang idealis. 
  • Mereka terkenal enal sangat mandiri dan tidak bergantung pada keluarga. 
  • Memiliki etos kerja yang kuat, serta dedikasi tinggi kepada pekerjaan.
  • Terkenal ulet, dan berorientasi pada pencapaian, dan sukses adalah moto.
  • Di balik sifat mereka yang suka bekerja keras, mereka memiliki tujuan mulia,yaitu membahagiakan keluarga, terutama anak

Organisatoris lain baca ini: Olahraga Dirgantara: 9 Peralatan, Induk Organisasi

  • Pendidikan yang tinggi sangat penting untuk mereka, dan pemikiran ini akan menurun ke anak-anaknya.
  • Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, mandiri, dan optimis dengan pencapaian yang mereka telah raih.
  • Para Boomer lebih berkomitmen pada peran mereka ketimbang generasi lain 
  • Baby boomer dianggap sebagai pemain tim yang baik, 
  • Para profesional di generasi ini dianggap sebagai mentor yang sangat baik, terutama bagi kolega dan para juniornya.

Kekurangan

Untuk beberapa kekurangannya, antara lain:

  • Dianggap kurang dapat beradaptasi
  • Tidak menyukai perubahan
  • Mereka mendapat julukan sebagai “generasi gila kerja”
  • Tidak menyukai kritikan, tetapi lebih suka mengkritik generasi setelahnya, karena menganggap mereka kurang memiliki etika kerja dan komitmen terhadap pekerjaannya.
  • Dianggap sebagai generasi yang suka menggurui.
  • Generasi ini lebih menyukai struktur dan disiplin.
  • Baby Boomers terkenal sangat kompetitif. Intinya, mereka akan selalu membutuhkan pengakuan dan penghargaan untuk membuatnya termotivasi mendapatkan pencapaian yang lebih.
  • Baby boomer juga dianggap sebagai generasi yang paling tidak memahami teknologi dari semua generasi. 

Kelebihan dan kekurangan Baby Boomer ini dilihat dari sudut pandang seorang ahli, dan juga 4 generasi yang lahir setelahnya. Kelima generasi tersebut memang memiliki perbedaan watak yang sangat berbeda antara satu dengan lainnya. 

Jadi jangan heran, kalau banyak terjadi perbedaan pendapat antara semua generasi ini. Terutama, jika mereka berada pada satu lingkungan kerja yang sama.

Penutup

Suatu generasi merupakan pencerminan dari keadaan atau situasi, di mana setiap individu di dalamnya mempunyai pengalaman hidupnya masing-masing. Pengalaman setiap generasi pun akan membuat mereka melihat dunia dari kacamata yang berbeda. Dan pastinya, perbedaan itulah yang menjadikan mereka sebagai pribadi-pribadi yang unik di dunia ini. 

Benang merah dari lintas generasi ini adalah, perbedaan itu tidak selalu buruk, karena bisa juga menjadi indah. Tergantung bagaimana cara setiap pribadi menyikapinya. Satu hal lagi, tidak perlu ada penghinaan semacam “boomers” atau “snowflakes”! Karena perbedaan itu, sah saja hukumnya.

Demikianlah ulasan dari Organisasi.co.id kali ini, yang membahas tentang Zaman Modern Generasi Baby Boomers secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Kami undur diri dulu, dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam artikel ini. Terima Kasih.

Daftar Pustaka:

  1. https://en.wikipedia.org
  2. https://www.sehatq.com
  3. http://www.myorangehr.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *