Organisasi IKATEMI dan IROPI merupakan dua hal yang penting bagi manusia
Tenaga medis (Foto: m.solopos.com)

Organisasi IKATEMI dan IROPIN: 2 Fokus Kerja

Diposting pada

Organisasi IKATEMI serta IROPIN, merupakan dua hal penting bagi manusia, terutama dalam bidang kesehatan. Terdapat fokus kerja, hingga nama induk, baik Nasional maupun Internasional. Jadi, begini jelasnya. Helena Brilianty, Profesi – Organisasi.co.id

Ada pepatah yang mengatakan , bahwa dalam jiwa yang sehat, terdapat  tubuh yang kuat juga. Sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan, tentunya kita wajib menjaga kesehatan badan, maupun kesehatan rohani.

Supaya masyarakat Indonesia  mendapat edukasi tentang kesehatan, serta terlayani dengan baik saat melakukan pengobatan, ada namanya organisasi IKATEMI dan juga IROPIN. IKATEMI adalah Ikatan Elektromedis Indonesia, sedangkan IROPIN adalah Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia.  Apa yang membedakan dua organisasi tersebut? Inilah dia informasinya.

Pengertian Organisasi IKATEMI

Logo IKATEMI (Foto: neliti.com)

IKATEMI atau singkatan dari Ikatan Eletromedis Indonesia, adalah sebuah organisasi profesi kesehatan Indonesia, yang menaungi para pekerja elektromedis di Indonesia. Organisasi ini ingin mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, dan juga adil dan makmur.

Selain mewujudkan masyarakat yang sehat, IKATEMI juga menjalin hubungan dengan beberapa mitra , atau dengan beberapa pihak. Tujuan menjalin hubungan dengan mitra adalah, agar bisa memajukan teknologi atau pengetahuan dalam bidang elektromedis.

Organisasi ini terbentuk juga memiliki tujuan, agar para elektromedis bisa bekerja secara profesional, dan kompetensi para elektromedis bisa meningkat mutu laayanannya. Oleh karenanya, ada sebuah Teknik Elektromedis di berbagai kota di Indonesia.

Sejarah Dari Organisasi IKATEMI

Pengerjaan mengenai eletromedikal (Foto: elektromedik-indonesia.blogspot.com)

Jika tadi sudah mengenal apa itu IKATEMI, tidak ada salahnya untuk mengenal sejarah dari organisasi ini.  IKATEMI atau Ikatan Elektromedis Indonesia, terbentuk di Jakarta pada tanggal 4 Desember 1983.

Dahulu IKATEMI adalah singkatan dari Ikatan Alumni Teknik Ekeltromedis Indonesia, namun seiring dengan berjalannya waktu, IKATEMI berubah nama menjadi Ikatan Elektromedis Indonesia.

Organisatoris lain baca ini: Mengenal IOPI, IOTI dan IAKMI: 3 Organisasi Idola Kesehatan

Seperti yang sudah anda ketahui, tujuan berdirinya IKATEMI adalah untuk  memberi edukasi, tentang kesehatan kepada masyarakat Indonesia.  Lewat sebuah alat alat elektro yang canggih, maka masyarakat bisa mengenal penyakit , serta bisa mengobati penyakit yang mereka rasakan.

Agar masyarakat bisa terlayani dengan baik kesehatannya, IKATEMI memiliki beberapa cabang, atau sebutannya adalah DPD.  DPD IKATEMI ada yang di Provinsi Jakarta, Provinsi Jawa Tengah, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu organisasi, tentu IKATEMI telah mengadakan beberapa kali musyawarah. Musyawarah ini bertujuan, untuk mengganti kepengurusan, atau membahas hal hal lainnya. Jakarta adalah kota sering dijadikan tempat, untuk menyelenggarakan musyawarah organisasi.

Fokus Kerja Dari IKATEMI

Elektromedis fokus kerja (Foto: elektromedik.blogspot.com)

Sebagai sebuah organisasi, tentunya ada tujuan dan fokus kerja. Fokus kerja tersebut harus ada, agar sebuah organisasi bisa bergerak, dan bisa bermanfaat bagi masyarakat.  Berikut ini adalah fokus kerja, dari organisasi ini:

1. Melakukan Pelayanan Kepada Masyarakat

Sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang kesehatan, tentunya IKATEMI harus memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat. Lewat alat alat elektromedis, masyarakat bisa mengetahui penyakit yang mereka rasakan. Mereka juga nantinya bisa berobat, jika sudah mengecek kesehatan lewat elektromedis.

Selain memberi pelayanan kepada masyarakat, IKATEMI juga menggunakan alat alat yang baik, untuk melakukan pengecekan kesehatan kepada masyarakat.  Alat alat elektromagnetik harus baik, agar masyarakat tidak salah dapat informasi tentang sebuah penyakit.

2.Menampung Aspirasi Para Anggotanya

Organisasi yang baik adalah, mau untuk mendengar aspirasi para anggotanya.  Organisasi IKATEMI tidak hanya memberi pelayanan kepada masyarakat, tapi juga menampung aspirasi anggotanya.  Aspirasi para anggota tertampung dalam organisasi, agar mereka betah berada dalam organisasi tersebut.

Syarat Untuk Menjadi Anggota IKATEMI

Syarat keanggotaan IKATEMI (Foto: gustinerz.com)

Organisasi tentu membutuhkan pembaharuan, untuk anggotanya atau kadernya.  IKATEMI akan membuka pendaftaran, bagi mereka yang ingin bergabung dalam organisasi ini. Berikut ini adalah syarat menjadi anggota IKATEMI:

Mempunyai Keahlian dalam Bidang Elektromedis

Sebagai salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang kesehatan, tentu setiap anggota harus punya pengalaman atau kemampuan di bidang elektromedis. Baik lulusan S1 Teknik Elektromedis atau dulu bekerja di bidang elektromedis, bisa menjadi anggota IKATEMI.

Melakukan Registrasi dan Membayar Biaya Registrasi

Jika anda sudah mencari tahu tentang IKATEMI ,anda bisa melakukan pendaftaran. Pendaftaran bisa langsung di kantor IKATEMI, dengan membawa berkas berkas kelengkapan.  Setelah berkas berkas tersebut sudah lengkap, baru anda membayar biaya registrasi.

Tanda Tangan Pakta Integritas

Kalau anda sudah menjadi anggota IKATEMI, anda wajib tanda tangan Pakta Integritas .  Pakta Integritas sangatlah perlu, agar para anggota IKATEMI mau melayani masyarakat. Anggota IKATEMI memberi pelayanan yang baik, agar masyarakat bisa menjadi sehat.

Pendidikan Dari IKATEMI Dan IROPI

Elektromedis pendidikan (Foto: tech-ourus.com)

Agar bisa menjadi tenaga elektomedis, ada namanya pendidikan menjadi tenaga elektromedis. Beberapa Sekolah Tinggi atau Kampus di Indonesia, menawarkan pendidikan untuk menjadi tenaga elektromedis.

Salah satu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan elektromedis adalah, Poltekkes Kemenkes Jakarta II.   Poltekkes Kemenkes Jakarta II terletak di Jalan Hang Tuah, dan kampus ini melayani program studi Tenaga Elektromedis.

Mahasiswa yang masuk ke Poltekkes Kemenkes Jakarta II , akan mempelajari banyak hal tentang elektromedis. Mereka akan mempelejari cara menggunakan CT Scan, alat X Ray, dan juga Mammography.

Organisatoris lain baca ini: Mengenal Organisasi HAKLI dan PORMIKI

Tidak hanya Poltekkes Kemenkes Jakarta II , yang menyelenggarakan program Teknik Elektromedis, tapi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga ada program Elektromedis. Sama seperti Poltekkes Kemenkes II Jakarta,  mahasiswa Teknik Elektromedis juga mempelajari menggunakan CT Scan, dan alat alat lainnya.

Mahasiswa yang sudah handal yang menggunakan alat elektromedis, biasanya mereka akan mendapat kesempatan untuk praktik di rumah sakit.  Pengalaman tersebut sangat berguna, jika mereka ingin bekerja di rumah sakit nantinya.

Alamat  dan Website IKATEMI

Jika anda ingin mengenal lebih jauh IKATEMI, anda bisa berkunjung ke kantornya. Kantor organisasi ini ada di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, Jalan Letjen S Parman Kav 87 Slipi Jakarta Barat. Atau jika anda ingin mengulik IKATEMI lewat website, anda bisa melihatnya di www.ikatemi.or.id.

Organisasi Dari IROPIN

Tes mata oleh ahli refradaksionis (Foto: alodokter.com)

Setelah mengenal IKATEMI, kini ada namanya organisasi IROPIN. Organisasi IROPIN atau Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia,  adalah organisasi yang menaungi refraksionis optisien atau yang berkaitan dengan kesehatan mata.

Para Refraksionis Optisien akan mengecek kesehatan mata para pasien, apakah mata mereka mengalami plus atau minus. Para Refraksionis Optisien biasanya akan membuatkan kontak lensa, bagi mereka yang mengalami mata plus atau minus.

Tidak hanya membuat kacamata bagi para pasien yang matanya plus atau minus, tapi Para Refraksionis Optisien juga memberi edukasi tentang kesehatan mata,  dan  pemakaian kacamata atau lensa yang benar.

Sejarah Terbentuknya Organisasi IROPIN

Teknik pemeriksaan mata zaman dulu (Foto: reviewofoptimetry.com)

Terbentuknya atau berdirinya sebuah organisasi, tidak terlepas dari sejarah.  Organisasi IROPIN dahulunya bernama IROOPIN ,atau Ikatan Refaksionis Optisien Ortoptis Indonesia, dan organisasi ini terbentuk pada tahun 1972.

Setelah melakukan musyawarah pada tahun 1988, maka organisasi IROOPIN berubah nama jadi IROPIN atau Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia. Nama IROPIN tersebut masih di pakai, sampai saat ini.

Setelah organisasi IROPIN terbentuk, maka terbentuk juga pengurus daerah organisasi IROPIN. Pengurus daerah organisasi IROPIN ada dari Pulau Sumatera,hingga Pulau Papua. Perwakilan organisasi IROPIN daerah akan mengedukasi , dan melakukan pengecekan kesehatan mata pada masyarakat daerah tersebut.

Organisasi IROPIN juga melakukan hubungan internasional, dan oleh karenanya, organisasi ini juga memiliki nama dalam Bahasa Inggris. Nama Bahasa Inggris organisasi IROPIN adalah, Association of Optometrists Indonesia.

Logo Organisasi IROPIN dan Maknanya

IROPIN logo (Foto: twitter.com)

Agar masyarakat mengenal sebuah organisasi, tentu harus ada gambar atau logo yang unik atau kreatif. Organisasi IROPIN juga punya logo, agar masyarakat bisa mengenal organisasi ini. Berikut ini adalah logo dan makna dari organisasi IROPIN:

1.Lingkaran Luar Warna Hitam:  Melambangkan Persatuan Anggota Organisasi

2.Lingkaran Cembung dan Cekung Warna Hitam: Melambangkan sebuah lensa koreksi

Organisatoris lain baca ini: Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC): Konsep Organisasi

3.Lingkaran Bulat Telur Warna Merah di Pusat dan Hijau di luarnya: Melambangkan sebuah kelainan pada refraksi

4.Garis Tegak Lurus Warna Putih: Melambangkan Emetropia (mata normal)

Syarat Menjadi Anggota Organisasi IROPIN

Syarat anggota IROPIN (Foto: sumselupdate.com)

Bagi anda yang suka dengan dunia optisi, tidak ada salahnya untuk menjadi anggota IROPIN . Anggota organisasi IROPIN terbagi jadi dua, yaitu Anggota Biasa dan Luar Biasa. Anggota Biasa adalah refraksionis optisien atau optiometris, sedangkan angggota luar biasa adalah orang yang terkait dengan bidang refraksi optisi dan optometri.

Syarat Anggota Biasa

1.Warga negara Indonesia

2.Mempunyai ijazah bidang Refraksionis Optisien atau Optometris

3.Melakukan permohonan tertulis lewat Pengurus daerah , dan nantinya Pengurus Daerah akan melaporkannya ke Pengurus Pusat

Syarat Anggota Luar Biasa

1.Mempunyai ijazah yang diakui Pemerintah Indonesia

2.Punya rekomendasi lembaga pendidikan, atau dari organisasi asalnya

3. Melakukan permohonan tertulis lewat Pengurus daerah , dan nantinya Pengurus Daerah akan melaporkannya ke Pengurus Pusat

4.Pengurus Pusat atau Daerah IROPIN  mengusulkan orang yang akan jadi anggota luar biasa, dan kemudian mereka mensahkan keanggotaan dari Anggota Luar Biasa, lewat Rapat Pleno Khusus.

Keuntungan Menjadi Anggota IROPIN

Melakukan tugas profesi sebagai refradaksionis (Foto: ui.ac.id)

Menjadi anggota sebuah organisasi, tentu memiliki sebuah keuntungan. Termasuk menjadi anggota organisasi IROPIN, tentunya memiliki sebuah keuntungan. Keuntungan jadi anggota organisasi IROPIN adalah, anda bisa melakukan tugas profesi sebagai optisi atau refraksi optisien.

Selain bisa menjalankan tugas profesi, anda bisa menyampaikan pendapat anda, saat organisasi ini melakukan musyawarah. Selain itu , anda bisa mengikuti segala kegiatan, yang biasa ada dalam organisasi IROPIN.

Pendidikan dan Peluang Kerja dalam Organisasi IROPIN

Pendidikan untuk organisasi IKATEMI dan IROPIN
Pendidikan refradaksionis (Foto: legawa.net)

Untuk menciptakan optisi yang handal, organisasi IROPIN mendirikan Refraksi Optisi Lembaga Pendidikan Optisien (ARO LEPRINDO).  Kampus ini memiliki kualitas yang bagus, dan mencetak banyak refraksionis optisien terbanyak di Indonesia.

Mahasiswa mempelajari banyak materi tentang kesehatan mata, dan cara untuk membuat kacamata atau lensa yang benar. Materi materi tersebut sangatlah berguna bagi mahasiswa, agar nantinya mereka bisa bekerja dengan baik sebagai refraksionis optisien.

Setelah para mahasiswa lulus, mereka nantinya bisa bekerja dalam bidang refraksionis optisien. Mereka bisa mendirikan optik sendiri, dan menjual kacamata untuk mereka yang matanya plus atau minus.  Bagi mereka yang ingin menggunakan kontak lensa, refraksionis optision juga bisa membuat lensa kontak yang sesuai, bagi para pelanggannya.

Selain membuka usaha menjual kontak lensa atau kacamata, refraksionis optisien juga bisa melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Mereka bisa melakukan penyuluhan kepada masyarakat, tentang kesehatan mata. Selain melakukan penyuluhan kesehatan mata, refraksionis optisien juga bisa melakukan penyuluhan manfaat kacamata dan lensa.

Menjadi refraksionis optisien, juga bisa menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil.  Refraksionis Optisien PNS ini berada dalam binaan Kementrian Kesehatan, dan tugasnya adalah melakukan layanan refraksi optisi di berbagai sarana kesehatan.

Itulah informasi mengenai organisasi IKATEMI , dan juga organisasi IROPIN.  IKATEMI akan memberi layanan dalam bidang elektromedis, sedangkan IROPIN memberi layanan pada kesehatan mata.