Service View, Menguntungkan Atau Merugikan Situs?

Service View
Penggunaan Service (jasa) View, apakah aman?

Kemajuan teknologi sekarang, pelaku usaha dengan basis media sosial maupun website menggunakan Service View untuk peningkatan traffic, apakah menguntungkan?Ian, SEO – Organisasi.co.id

Persaingan bisnis yang terjadi sekarang. Sudah masuk dalam persaingan dunia maya. Kehadiran konsep yang pernah tercetus oleh anggota kongres Amerika Serikat. Mike Johnson, dengan paham Konservatif menjelaskan bahwa USA harus menang peperangan darat, laut, udara dan dunia maya.

Bacaan Lainnya

Sekaligus ini “peperangan terbuka” dengan teknologi yang semakin pesat sekarang ini. Bentuk usaha profit kemudian berkembang. Dan melakukan ekspansi dari sistem pembayaran langsung ke pembayaran otomotisasi. Dalam bentuk transfer.

Berupa pembayaran online, dengan sistem paypal, ATM, Mobile Banking dan sebagainya.

Selain itu, kehadiran media sosial yang perlahan menjauh dari social communty pada hakikatnya. Semua orang berlomba, membanting stir metode usaha dari kantoran menjadi bisnis rumahan.

Sehingga kantor terbaik tidak lagi dalam bentuk tata ruangan yang mewah dan berposisi strategis pada pinggir jalan raya. Namun bergeser ke alamat kantor dunia maya.

Sehingga fokus aktifitas mereka para pelaku usaha tersebut. Menciptakan banyak pengunjung, subscriber dan view (terlihat). Maka peran dari Algoritma mesin pencari sangat menentukan sebuah channel maupun website.

Maka artikel ini adalah membahas 2 hal yang terikat akhir-akhir ini, yakni:

  1. Organik media sosial dan situs,
  2. Pengaruh Service View

Bermula dari pertanyaan, apakah menggunakan jasaview menguntungkan untuk website, media sosial (youtube dan facebook)?

Maka untuk lebih awal kita bahas tentang “kunjungan organik” pada situs maupun media sosial. Untuk kita mengambil kesimpulan apakah menyewa bantuan view merupakan hal yang menguntungkan atau merugikan.

Organik Situs dan Media Sosial

Situs atau website, serta media sosial memiliki masing-masing URL (uniform Resource Locator).

Yang dalam bentuk postingan kita kenal dengan permalink. Format permalink adalah URL + alamat (judul) postingan.

Sebagai contoh yah, URL adalah: https://youtube.com. https://organisasi.co.id.

Sementara permalink adalah alamat postingan sebuah konten dengan menambahkan kode setelah URL.

Contoh permalink adalah https://organisasi.co.id/pengertian-jenis-dan-contoh-peluang-usaha-profit/. URL mendapatkan penambahan alamat postingan (perhatikan yang tercetak miring).

Untuk mempermudah bahasan ini, bahwa Permalink merupakan alamat sebuah postingan pada situs tertentu. Sebab seseorang membaca, melihat postingan atau tayangan apapun secara online, melalui permalink tersebut.

Tidak ada sejarahnya hingga kiamat, kita menonton atau membaca tanpa permalink.

Jadi ini hukum mutlak dunia keinternetan. Tidak ada tawar menawar. Seperti kamu menawar luka kekasihmu sebab ketahuan kamu ketemuan ma mantan. Reuni masa lalu kali gitu? Hehe.

Jika saja masih belum paham, maka ada kata yang berwarna hijau dari postingan ini. Klik sembarang saja salah satunya. Maka yang terjadi adalah kamu akan beralih ke postingan lain. Dan meninggalkan postingan yang kamu baca sekarang ini.

Kenapa demikian?

Karena klik kamu mengarah kepada permalink (alamat) yang berbeda. Sehingga dengan demikian akan tampil postingan sesuai dengan keinginan kamu.

Kunjungan Organik

Nah dengan memahami permalink dan URL. Maka selanjutnya akan kita bahas tentang organik dan non organik pada kunjungan sebuah website.

Pentingnya kunjungan organik
Pentingnya kunjungan organik pada wesbite

Pengertian Organik

Sering mendengar kata organik bukan?

Organik itu memiliki arti sesuatu yang bersifat hidup. Dulunya istilah ini hanya berlaku untuk pertanian, peternakan. Yang memiliki makna, proses untuk menciptakan tumbuhan dan hewan bertumbuh dengan pupuk secara natural (alamiah).

Seiring perkembangan pengetahuan, kata organik menjelma dengan sinonim “alamiah”. Sehingga sesuatu yang bersifat alami (tidak dibuat-buat) atau dengan sendirinya terjadi. Maka itu merupakan organik.

Termasuk pada dunia digital. Kunjungan terhadap permalink maupun url yang terjadi dengan sendirinya, tanpa rekayasa (buat-buatan) pemilik situs. Maka hal itu merupakan “kunjungan organik”.

Kunjungan organik sangat baik untuk kesehatan situs. Sama dengan makanan dari tumbuhan organik yang menyehatkan.

Adapun kunjungan organik ini adalah para pengunjung atau pembaca yang datang karena menemukan postingan situs pada mesin pencari.

Artinya lagi, pemilik situs atau website tidak mengintervensi para pembaca. Termasuk tidak membagikan link (tautan), baca permalink kepada mereka. Singkatnya tidak ada hubungan langsung antara manajemen situs dengan pembaca.

Kamu yang membaca konten ini adalah pengunjung organik kami, sebab kami tidak membagikan url lalu kamu menemukan kami. Sampai disini sudah paham kan?

Kunjungan Anorganik Dengan Jasaview

Jika mempertanyakan apa pengertian anorganik/nonorganik. Tentu sudah paham bahwa kata nonorganik (anorganik) antonim (lawan kata) daripada organik.

Atau anorganik merupakan hal yang tidak alamiah, atau merupakan rekayasa. Hasil campur tangan manusia maupun benda lainnya. Selain daripada segmentasi alam.

Salah satu cara mendapatkan kunjungan anorganik adalah dengan cara Search Engine Marketing:

  1. Membagikan postingan ke media sosial. Misalnya membagikan tautan ke whatsapp, facebook, youtube. Dengan harapan, setelah mereka membaca judul, meta deskripsi dan brand situs. Maka mereka akan mengklik postingan tersebut.
  2. Menyewa jasa pihak ketiga untuk melihat postingan tertentu, atau lazimnya kita sebut service (bantuan) view dari lembaga (wadah) maupun orang tertentu. Dengan menggunakan sistem robotik (baca, bot) mereka.

Mana Yang Terbaik Organik atau Anorganik?

Sebuah pertanyaan yang cerdas ketika membandingkan yang mana yang terbaik.

Sebenarnya penggunaan dan areanya “berbeda” dari kedua kata tersebut.

Begini. Jika kamu promosi maka search engine marketing dengan cara anorganik yang tepat.

Namun jika kamu mengharapkan adsense maka tentu organik yang terbaik.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing.

Menggunakan view anorganic service akan membuat postingan cepat memiliki viewer yang banyak dalam waktu singkat namun tidak akan bertahan lama.

Sebaliknya, metode organik, akan mendatangkan pengunjung dalam jangka waktu yang lama namun bisa bertahan (susah jatuh).

Sementara itu, yang alamiah tidak berbayar atau gratis. Pada lain sisi anorganik pasti membutuhkan biaya. Minimal pengorbanan waktu untuk membagi pada media sosial jika melakukan sendiri (tanpa pihak ketiga).

Meningkatkan Pengunjung Dengan Service View

Pasti ini berawal dari pertanyaan apakah bisa meningkatkan pengunjung dengan menggunakan jasa (service) pihak ketiga untuk melakukan view?

Maka jawabannya adalah bisa. Why not? Jika memiliki kemampuan (membayar jasa) mereka. Maka ibu bukan sesuatu yang terlarang secara hukum berdasarkan KUHP kan?.

Sebagaimana pada artikel Jasa View Youtube dan Blog sebelumnya. Membahas bagaimana kinerja beberapa platform untuk membantu peningkatan jumlah viewer.

Termasuk membahas bagaimana cara login pada ketiga website penyedia jasa tersebut.

Selanjutnya kita akan bahas mengenai keuntungan dan kerugian menggunakannya.

Keuntungan Menggunakan Service View

Apakah menggunakan layanan menonton atau membaca postingan menguntungkan? Jika iya, apasaja bentuk keuntungannya?

Berikut beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh dengan bergabung pada situs tersebut:

Dapat Uang Dari Jasa (service) View

Jasa View Penghasil Uang jika menonton tayangan mereka. Maksudnya menghasilkan rupiah dari membantu memview konten orang lain.

Banyak yang memanfaatkan situs seperti, jasaview.com, pasarsosial.com dan gosocial sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

Cara mendapatkan uang adalah dengan menonton atau membaca postingan dari beberapa stakeholder atau pemakai jasa mereka. Yang berasal dari website (situs), maupun promosi media sosial. Seperti youtube, facebook, instagram dan sebagainya.

Dengan bayaran bervariasi, dari 5 rupiah hingga 150 rupiah. 5 rupiah untuk 10 detik waktu menonton. Atau Rp150 setiap menonton 5 menit.

Mempermudah Promosi

Keuntungan berikutnya saat menggunakan jasa ini adalah pemilik usaha dimudahkan untuk melakukan promosi produk. Sebab banyak orang yang akan melihat postingan-postingan yang mereka masukkan.

Hemat Waktu

Sejalan dengan kemudahan promosi berbayar. Tentu ini akan menguntungkan kamu karena berhemat waktu. Urusan promosi biar mereka yang selesaikan. Sementara untuk waktu kamu bisa kamu fokuskan untuk membuat konten lain. Maupun melakukan promosi langsung dan sebagainya.

Atau mungkin lelah membuat konten, maka waktu kamu bisa kamu investasikan bersama keluarga, atau sekalian mengunjungi mantan. Gapapa.

Kerugian Menggunakan Service View

Tidak ada keuntungan mutlak pada dunia ini, sebab stiap keuntungan, akan menghasilkan kerugian pada sisi yang lain. Maka berikut kerugian menggunakan aplikasi Jasaview

Berikut beberapa kerugian yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan jasa pihak ketiga tersebut.

Pengunjung Belum Tentu Berminat

Jika menggunakan bantuan mereka untuk meningkatkan penjualan produk. Sehingga kamu merekomendasikan permalink tertentu. Maka prinsip ini keliru.

Sebab yang masuk menonton, bukanlah yang sedang mencari produk anda. Mungkin secara kebetulan mereka tertarik.

Sebab jika hanya untuk mencari produk tertentu. Tentu mereka para viewer lebih memilih menggunakan mesin pencari. Lebih simpel.

Kunjungan Tidak Alami

Master atau konsultan SEO selalu bermain dengan pertarungan kata kunci. Untuk mendatangkan pengunjung alami (organik).

Dengan menggunakan bantuan view dari orang lain atau pihak ketiga, maka hal ini membuat kunjungan adalah “rekayasa”.

Maksudnya, mereka yang masuk kedalam situs jasa (layanan) tersebut. Tidak untuk kepentingan melihat apa produk yang kamu jual. Maupun apa kegunaan dari konten kamu.

Sebab kepentingan mereka adalah menghitung detik. Dan selanjutnya mereka akan mengisi tabungan untuk mereka.

Sementara sisi kita, akan berbangga dengan jumlah kunjungan meningkat secara tajam.

Kondisi ini akan sangat mempengaruhi kredibiltas channel maupun situs.

Ingat teori makanan alami dengan pupuk secara alami. Dengan makanan menggunakan pupuk buatan.

Yang lebih sehat adalah buah-buahan yang tumbuh secara alami dan menyehatkan.

Semakin tidak alami, maka hal itu akan semakin kurang baik buat tubuh. Sekarang proyeksikan kata tidak alami tersebut kepada portal.

Apakah portal semakin sehat dengan kunjungan anorganik? Tentu kamu sudah bisa menjawabnya.

Meningkatnya Bounce Rate

Benar bahwa menggunakan bantuan mereka, akan meningkatkan kunjungan secara periodik. Apakah 10 detik, 30 detik atau 1 menit bahkan hingga 5 menit. Ini merupakan ketentuan robotik dari penyedia (tidak lebih tidak kurang). Teng. Pas.

Namun efek sampingnya adalah mesin pencari seperti google, bing maupun yahoo akan mencatat bahwa hal itu merupakan pentalan (bounce rate).

Maksudnya, pengunjung hanya datang selama 10 detik misalnya lalu pergi tanpa membaca postingan lainnya. Mesin pencari akan merekan hal itu dan menganggap postingan kamu tidan bermutu. Dan berakibat google menandai dalam algoritma “postingan kurang menarik”.

Pengaruh Jangka Panjang

Bisa jadi anda senang dengan kunjungan yang banyak. Kira-kira anda akan tepuk tangan dengan berkata, horee pengunjung kami meningkat tajam.

Namun itu hanyalah kesenangan semu.

Sebab hal itu terjadi karena perlakuan. Dan apabila kamu tidak memperlakukan, maka sebaliknya akan jeblok kembali. Untung baik jika kamu masih memiliki anggaran untuk kembali menyewa bantuan view tersebut.

Selain itu, dengan peningkatan bounce rate secara rata-rata dengan waktu yang sama. Maka adsesns tidak akan memasang iklan mereka. Sebab adsense berpikir pengunjung kamu sering pergi begitu saja (bounce rate tinggi).

Maka jangan heran ketika adsense kita hanya sekitar Rp100,- perklik atau bahkan lebih rendah. Atau jika itu channel youtube. Mengalami penurunan kunjungan dari biasanya sebelum menggunakan layanan jasa mereka.

Penurunan ini terjadi karena bot adsense, menganggap akan merugikan pengiklan (advertiser) mereka. Jika memasang pada situs yang kehilangan pembaca dalam bentuk pentalan.

Hasil Pemantauan Dan Evaluasi

Realitasnya, channel youtube yang menggunakan bantuan view. Telah merusak reputasi mereka di mata mesin pencari. Begitupun dengan website jualan yang kita lakukan.

Kami pengalaman menguji hal tersebut, dan seperti yang kami jelaskan, bahwa ada kelebihan dan juga terdapat kekurangan.

Namun beberapa evaluasi yang telah kami lakukan dengan memperhatikan website maupun channel youtube selama 3 bulan.

Kami menemukan data yang agak kontras.

  1. Kehilangan Pengunjung (traffic) Normal. Jika sebelumnya terdapat pengunjung 100.000 perbulan. Maka setelah bergabung terjadi penurunan hingga 25%. Yakni hanya tersisa, hanya sekira 60.000 hingga 75.000. Artinya tidak terjadi penambahan pasca menggunakan layanan tersebut.
  2. Penurunan adsense. Ini juga tidak kalah menariknya. Sebab adsens yang awalnya menarget iklan pada kanal atau site yang kita miliki. Kini berubah ke situs penyedia tersebut. Dan dengan demikian adsens akan menarik produknya dari website yang kita miliki. Dengan asumsi kita melakukan praktik gelap, baca: Black Hat SEO.
  3. Readaptable website dan Channel, “terjadi” semacam guncangan kunjungan pada website. Membuat algorithm mesin pencari “kaget”. Dan memandang kejadian itu tidak biasa atau semacam KLB (Kejadian Luar Biasa).
    Sehingga dengan demikian kinerja algorithma akan kembali melakukan evaluasi menyeluruh terhadap website. Tau kan bahwa raksasa robot mesin pencari. Selalu mendeteksi hal sekecil apapun yang terjadi pada website.

Penutup

Meski ada juga yang menjalankan dua sisi pada situs mereka. Yakni organik dan anorganik. Maksudya satu sisi optimasi SEO dan sisi lain menggunakan layanan jasa orang lain untuk melihat konten.

Namun sekali lagi, kembali kepada kebutuhan masing-masing. Jika kebutuhanmu untuk melakukan promosi “memancing google”. Maka ini bisa saja dengan catatan merupakan website yang masih sangat baru. Atau channel baru. Jika perlu hanya ada satu postingan awal.

Namun jangan terlena melakukan. Sebab jika tujuan kamu untuk meraih adsense. Maka adsense akan mempertimbangkan memasang adrvertising dengan menggunakan jasa pada situs kamu. Atau akan serta merta meninggalkan kamu begitu saja.

Meski belum terjadi, namun hati-hati kamu terkena banned atau terblokir oleh google. Sebab cara itu bukanlah cara white hat SEO.

Semoga Allah SWT memberikan kebaikan kepada kita semua dan keluarga, Amiin! Wassalam

Pos terkait