Kebaikan Malam Lailatul Qadar 2024 : Muslim Wajib Baca

kegiatan malam lailatul qadar 2024
Sumber: dompetdhuafa.com

Allah memberikan malam lailatul qadar 2024 sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut jika kamu hitung maka sama dengan delapan puluh tiga tahun. Waktu yang bahkan bisa melebihi jatah usia kehidupan jaman sekarang. Tika Yanti – Konsep Organisasi

Alasan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Sebutan malam yang keistimewaannya melebihi seribu bulan bukanlah tanpa alasan. Allah menurunkan Al Qur’an di malam itu bersama ribuan malaikat.

Bacaan Lainnya

Kesejahteraan pun turun bersamanya mulai Maghrib hingga Subuh. Bahkan ada pula hadist yang menyebutkan jika Lailatul Qodr merupakan hari pencatatan takdir tahunan.

Jadi mengapa malam lailatul qadr terutamanya malam lilatul qadar 2024 menjadi sangat istimewa adalah karena antusiasme masyarakat juga untuk merasakan momentum turunnya Al-Qur’an.

Tidak sedikit juga yang kini telah meramaikan masjid dengan i’tikaf dan tarawih yang mana biasanya di malam-malam pertengahan sudah sepi peminat.

Seandainya saja kamu menjadi salah satu yang mendapatkannya pasti kamu akan merasa sangat bersyukur.

Itu karena Allah akan membantu menyelesaikan semua urusanmu. Jadi ini saatnya mencurahkan hati sepenuhnya pada Sang Pemberi Nyawa.

Padahal jika mendapatkan malam seribu bulan tersebut kamu akan menjadi orang yang paling beruntung. Seperti apa kira-kira tanda kamu mendapatkannya?

Tanda Mendapatkan Lailatul Qadar

Tanda mendapatkan malam lailatul qadar 2024
Sumber: rumahzakat.com

Perlu kamu ingat bahwa letak waktu persisnya Lailatul Qadar ini adalah rahasia Allah. Intinya adalah kamu harus tetap totalitas dalam melakukan kebaikan kapanpun

Memang ada yang menyebutkan Lailatul Qadar jatuh di malam-malam ganjil di bulan Ramadhan. Tidak sedikit pula yang menyebut di malam 21.

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, pada malam 21 masyarakat akan berdoa bersama dan membagikan sedekah. Tapi siapa yang menjamin jika itu benar?

Masih ada lagi makna di balik kerahasiaan waktu pastinya malam penuh berkah itu. Ini mengajarkan umat muslim untuk ikhlas. Jika tidak dapat ya sudah. Bukankah paling penting ketika kamu sudah mencoba dan berusaha penuh totalitas?

Dalam surat Al Qadrr ayat 1-3 Allah telah menjelaskan bahwa saat Lailatul Qadar datang, Allah dan Jibril akan menyelesaikan semua urusanmu. Dengan demikian, para ahli pun merangkum ciri-ciri orang yang mendapatkan malam ini:

1. Langit pada malam hari nampak lebih terang

Jika biasanya langit akan tampak gelap, di malam keberkahan ini justru langit tampak terang Belum ada informasi lebih jelas bagaimana jika musim hujan tiba.

2. Merasakan adanya malaikat

Memang kita berada di frekuensi yang berbeda dengan malaikat. Akan tetapi tentunya kamu dapat merasakan ada yang berbeda di sebelahmu bukan? Namun bagi orang-orang yang tidak peka mungkin memang tidak akan bisa merasakannya

3. Mengamati banyak makhluk hidup yang bersujud

Dalam buku Sukses Berburu Malam Lailatul Qadar dijelaskan jika seseorang yang mendapat keberuntungan memperoleh Lailatul Qadar adalah mereka yang dapat melihat banyak makhluk hidup bersujud.

Tentu saja ini bukan patokan yang menentukan apalagi di malam Lailatul Qadar 2024 dimana lebih banyak orang mengamati gadgetnya daripada memandang sekitar.

4. Doa-doanya terkabul

Tanpa disadari mungkin kamu pernah membatin, “Ya Allah, aku butuh duit untuk hari Raya besok. Aku ingin bertemu keluargaku di kampung.” Lalu tiba-tiba ada yang membiayai tiketmu untuk mudik.

Atau pernah membatin semoga urusan besok dilancarkan. Benar saja semua urusanmu berjalan sangat lancar.

5. Mendapatkan mimpi

Ini adalah mimpi yang bukan sembarang mimpi. Bukan pula bertemu idola namun mimpi ini diriwayatkan menghadirkan cahaya.

Pengalaman mimpi tersebut tentunya akan membimbingmu menuju ketaatan spiritual yang mendalam. Jika setelah mimpi kamu masih malas-malasan saja, artinya mimpi itu hanya bunga tidur.

6. Merasa selalu ingin memperbaiki diri

Inilah poinnya. Ketika kamu selalu merasa ingin dekat dengan Allah, kemungkinan besarr kamu mendapatkan malam penuh keajaiban itu. Jadi bukan hanya urusan saja yang terasa ringan.

Allah juga membimbingmu ke arah yang lebih baik. Melalu Lailatul Qadar kamu akan mendapatkan petunjuk. Jadi coba tanyakan dirimu apakah kamu mengalami rasa ini?

Berusaha istiqomah dalam ibadahnya bahkan menjalankan juga ibadah yang sunnah tentu menjadi satu ciri awal bahwa kamulah yang mendapat keberruntungan itu.

7. Tadabbur Al Qur’an

Bagi yang mendapat malam ini akan muncul di hatinya rasa ingin mempelajari makna demi makna dalam Al-Qur’an.

Bukan hanya sekedar membaca, namun ia akan mencari tahu arti dan maknanya serta mendalaminya dalam kehidupan sehari-hari.

Itu dia tujuh ciri-ciri mendapatkan malam Lailatul Qadar di 2024. Kini saatnya kamu mencari tau cara mendapatkannya.    

Bukan berarti kamu harus mengalami semua momen tersebut. Mendapati salah satunya saja bisa jadi kamu telah memperoleh Lailatul Qadar.

Anjuran Kegiatan di Malam Lailatul Qadar

kegiatan malam lailatul qadar 2024
Sumber: dompetdhuafa.com

Jangan lupakan bahwa siapapun yang mendapatkan malam ini menjadi rahasia Allah. Waktunya pun menjadi salah satu rahasia Allah. Jadi yang bisa kamu lakukan adalah tetap istiqomah beribadah.

Namun ada beberapa ibadah yang sesuai dengan anjuran Rasulullah yaitu:

1. Berdiam diri di masjid (I’tikaf)

Pada surat Al A;laq ayat 1-5 Allah menyebutkan bahwa di malam Lailatul Qadar Allah dan malaikat Jibril turun ke bumi menyelesaikan urusanmu.

Dalam sebuah hadist riwayat Bukhori menyebutkan bahwa Lailatul Qadar muncul di sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Di hari-hari tersebut umat muslim sebaiknya memperbanyak berdiam diri di masjid (I’tikaf). Tujuannya tentu untuk menghidupkan masjid-masjid.

Di masjid juga sebaiknya mengisi waktu dengan kegiatan positif seperti berdzikir, mengaji, hingga mengerjakan sholat malam. Bukan hanya sekedar menumpang tidur.

2. Bermuhasabah

Orang yang paling mulia di dunia ini adalah orang yang mengaku salah dan masih banyak dosa. Bukan orang-orang yang sombong dan merasa dirinya paling suci, paling beriman, dan paling alim.

Jika menghendaki malam Lailatul Qadar 2024 hendaknya kamu merendahkan diri di hadapan Allah dan mengintrospeksi kesalahan yang pernah dilakukan serta memohon ampun.

3. Memperbanyak dzikir

Dzikir adalah bentuk mengingat Allah. Ia juga merupakan cerminan dari permohonan ampun. Dengan memperbanyak dzikir harapannya Allah memberi pengampunan atas dosa-dosa.

Dengan demikian diri kamu akan menjadi lebih bersih sehingga berpotensi mendapatkan kerahmatan Lailatul Qadar. Ingatlah bahwa di dalam hati yang bersih akan terdapat banyak kebaikan yang menghampiri. Tentu saja ini berkaitan dengan energi positif yang masuk.

4. Perbanyak doa

Kenapa harus memperbanyak doa? Karena dari doa inilah Allah bisa mengetahui keluh kesah dan keinginanmu.

Perlu juga kamu ketahui bahwa terkabulnya doa bukan selalu ditandai dengan tercapainya apa yang kamu inginkan. Namun bisa jadi karena Allah menjauhkannya darimu karena keinginanmu bisa membawa kepada keburukan.

Permasalahan doa ini tidak seharusnya karena ingin mendapatkan Lailatul Qadar. Namanya saja manusia pasti selalu ada masalah dalam hidupnya. Tidak ada salahnya jika kamu terus berdoa meminta penyelesaian.

Bahkan jauh sebelum bulan Ramadhan tentunya doa ini menjadi salah satu hal wajib.

5. Membaca Al Qur’an

Satu huruf mendapat satu pahala yang mana di bulan Ramadhan Allah lipatkan menjadi sepuluh. Melalui membaca Al Qur’an kamu dapat menggali lebih banyak ladang pahala.

Al Qur’an juga bukan hanya sekedar dibaca namun juga diresapi maknana. Dari sanalah nantinya kamu akan mendapatkan petunjuk-petunjuk yang menerangi hidupmu.

Jadi kesempatan untuk mendapatkan malam seribu bulan akan semakin lebar. Bagaimana dengan mereka yang terbujur sakit?

Lima poin di atas memang dianjurkan untuk mendapatkan malam Lailtul Qadar 2024. Namun jangan berkecil hati. Ingat bahwa yang mendapatkannya selalu menjadi rahasia Allah.

Bagi wanita yang sedang haid, ibu rumah tangga yang sibuk mengurus keluarga, para pekerja yang tetap harus bekerja demi menafkahi keluarganya bukan berarti tidak berkesempatan mendapatkan malam ini.

Bahkan yang sakit pun tetap berpotensi. Setiap manusia memiliki tanggungan dan masalahnya masing-masing. Kamu hanya perlu berupaya semaksimal mungkin.

Bagi yang sakit bisa tetap berdziki dan berdoa. Bagi yang bekerja juga tetap bisa menyambi dengan berdzikir. Semua telah memiliki porsinya masing-masing dan Allah tentu sudah menyiapkan hadiahnya masing-masing.

Organisatoris lain baca ini: Kegiatan Baik di Sepuluh Hari Kedua Ramadhan

Aturan shalat lailatul qadar

Dalam kitab nasiha Durratun Nashin fil Wa’zhi wal Irsyad menyebutkan bahwa sholat Lllailatul Qadar adalah sunnah dan memiliki banyak manfaat.

Sholat ini berjumlah mulai dua rakaat hingga dua belas rakaat. Adapun tata caranya adalah:

  • Niat

    Bacaan niat bergantung dari jumlah rakaat sholat yang hendak kamu lakukan. Dua rakaat berart Rok’ataini. Empat rakaat berarti ar ba’a roka’atin, dan seterusnya.

    Aturannya mirip dengan sholat Tarawih. Jika ingin sholat dua belas rakaat maka kamu boleh memilih dua rakaat salam atau empat rakaat salam hingga sejumlah dua belas rakaat.
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat Al ikhlas sebanyak 7 kali
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud lalu sujud kembali
  • Rakaat kedua membaca Al fatihah
  • Membaca surat Al Ikhlas sebanyak tujuh kali
  • Gerakan sholat seperti biasa dilanjut dengan tahiyat akhir
  • Salam
  • Membaca istighfar 70x

Membaca istighfar sebanyak itu tentunya menjadi salah satu upaya penggugur dosa. Ketika kamu ingin doamu lekas terkabul sebaiknya kurangi dulu dosa-dosamu. Bukankah begitu pesan dari para ulama?

Jika ada bacaan dzikir lain yang ingin kamu lafalkan juga sangat baik. Mengingat Allah dan memuji-Nya tentu akan memberi rasa lapang di hati.

Organisatoris lain baca ini: Tiga Fase Bulan Ramadhan: Tingkatan dan Hakikatnya

Adapun pelaksanaanya yaitu setelah sholat tarawih hingga menjelang subuh. Walaupun demikian memang ada waktu-waktu tertentu yang mustajab seperti sepertiga malam.

Jadi jika kamu ingin melakukannya sebaiknya memang berbarengan dengan sholat Tahajud dan Taubat. Pastinya akan lebih afdol.

Lalu apa manfaatnya? Selain dapat mengurangi dosa, sholat lailatul Qadar ini juga dapat mengurangi dosa kedua orang tua. Bahkan Allah juga akan membangunkan istana di surga. Tentu akan sangat merugi jika kalian melewati nya.

Namun jangan lupa untuk tetap istiqomah dalam kebaikan. Jangan pernah merasa sombong bahwa setelah sholat malam Lailatul Qadar 2024 maka pasti mendapat surga.

Sumber:

  1. umsu.ac.id
  2. detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *