Kepanjangan dari FIFA
Logo FIFA (Foto: id.m.wikipedia.org)

Kepanjangan dari FIFA: Sejarah Organisasi, 6 Zona

Diposting pada

Kepanjangan dari fifa, adalah salah satu organisasi sepakbola terbesar di dunia. Dengan berbagai suguhan turnamen yang membuat siapa saja merasakan uforianya. Hingga kemudian terdapat beberapa pembahasan mengenai sejarah, dan turnamen bergengsinya. Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Persepak bolaan nasional maupun dunia, memang menjadi topik pembahasan yang tiada habisnya untuk di ulas. Bahkan, ada begitu banyak pemberitaan mengenai dunia sepak bola, dengan sekelumit permasalahan yang ada.

Namun, kita tidak bisa menolak bahwasannya hal yang menyangkut dengan topik sepak bola akan begitu krusial bagi siapapun, terutama Indonesia.

Dengan begitu banyak klub sepakbola yang ada, memperebutkan satu kemenangan di kancah nasional, untuk menjadi tiket ke kancah internasional.

Termasuk jika sudah menyentuh kata FIFA. Salah satu organisasi sepakbola terbesar dengan taraf internasional, yang kadang mengadakan berbagai laga sepakbola dunia.

Dengan memberikan berbagai benefit yang ada, terutama atas kebanggaan sebuah negara dan warganya kepada para pemain sepak bola.

Untuk lebih jelas mengenai FIFA, berikut ulasannya:


Sejarah Lahir Kepanjangan FIFA

Kepanjangan dari FIFA
Logo FIFA (Foto: id.m.wikipedia.org)

Perlu kita ketahui bahwa kepanjangan dari organisasi FIFA, adalah Federation Internationale de Football Asociation, yang mana bahasa tersebut berasal dari Prancis.

Awal mula sejarah dari organisasi FIFA ini, berawal dari pertandingan sepakbola yang diadakan pada tahun 1870-an, dengan taraf internasional.

Kala itu, pertandingan demikian, terselenggara atas naungan dari FA, yakni Asosiasi sepakbola yang berasal dari Inggris. Pertandingan tersebut menjadi pertandingan persahabatan antara Inggris dan Skotlandia.

Yang mana pertandingan tersebut berada di Gaslow. Dan sebelum pertandingan tersebut ada, kota London menjadi salah satu tempat untuk beroperasinya FA kala itu.

Karena adanya antusiasme dari para warga yang sangat terpikat dengan permainan ini, maka salah satu Jurnalis pada bodang olahraga yakni Robert Guerin dari Prancis, mencetuskan untuk adanya organisasi sepakbola Internasional.

Dan muncullah FIFA, atau kepanjangan dari Federation Internationale de Football Asociation. Pada saat itu, beliau menjabat sebagai sekretaris jenderal dari organisasi USFSA.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi PSSI, Struktur Peraturan Dan Fungsi

Yang kemudian pada tahun 1904, tepatnya pada tanggal 23 Mei, dengan tekad yang kuat, akhirnya Robert bersama dengan rekan kerjanya yakni Le Martin.

Mengumpulkan setidaknya ada 6 orang yang mewakili negara (selain Prancis) mereka, untuk mewujudkan dan menandatangani organisasi ini terbentuk.

Pada saat yang sama, FIFA pun menggelar Kongres pertamanya dengan menetapkan beberapa pengisian jabatan penting, agar organisasi tersebut berjalan dengan lebih baik lagi kedepannya.

Sampai detik ini, FIFA telah mempunyai jumlah anggota lebih dari 200 negara yang menyatakan untuk bergabung dengan FIFA.

Dan dari 200 lebih tersebut, organisasi ini membaginya ke dalam 6 konfederasi. Dengan mengadakan berbagai perlombaan sepakbola, entah untuk persiapan kompetisi tingkat dunia, dan sebagainya.


Tugas dan Wewenang FIFA

Sejalan dengan hal tersebut, adapun beberapa kewenangan atau tugas yang harus diemban dari FIFA tersebut. Mengingat FIFA mempunyai 6 wilayah federasi, yang juga harus diawasi pada beberapa aspeknya.

Sehingga penyelenggaraan berbagai kompetisi yang ada, dapat terlaksana dengan baik, tanpa meninggalkan konflik. Pun jika ada konflik, bisa didiskusikan dengan baik-baik, mencari tahu bagaimana titik tengahnya, dan sebagainya.

Oleh karenanya, tugas dan wewenang FIFA, adalah bertanggungjawab atas keterjangkauan dengan beberapa wilayah di seluruh dunia.

Tak hanya itu, FIFA dengan menggunakan sepakbola, menjadikan ajang kerjasama untuk mewujudkan tujuan dari FIFA tersebut. Serta mengawasi beberapa pertandingan yang dilakukan di beberapa negara.

Yang mana pertandingan tersebut bisa ikut berkontribusi dalam mewujudkan tujuan dari FIFA juga. Tugas dan wewenang yang kedua, adalah memerangi rasisme dalam sebuah kompetisi sepakbola.

Karena pada dasarnya sebuah keahlian dalam melakukan berbagai jurus sepakbola, menang atau kalah, bukan dilihat dari warna kulit, asal dari seseorang tersebut dan lainnya.

Itulah segelintir dari tugas dan wewenang dari FIFA, yang bisa menjadi referensi kalian.


Pembagian Zona dalam FIFA

Sejalan dengan pembahasan yang diatas, berawal dari kepanjangan organisasi FIFA, kemudian beralih kepada pembagian zona dari organisasi ini.

Yang kita tahu, organisasi tersebut mempunyai setidaknya ada 6 federasi, yang tergabung dari mereka. Beberapa wilayajh federasi dari FIFA, antara lain:

AFC (Wilayah Asia)

Atau singkatan dari Asian Footbal Confederation, adalah wilayah konfederasi FIFA yang berada pada wilayah Asia. Asosiasi ini berdiri pada tahun 1974, tepatnya pada tanggal 7 Mei, berada di Filipina.

Dengan kantor resmi yang sekarang ada di Kuala Lumpur Malaysia. Untuk jumlah anggotanya sekitar 47 dari beberapa negara yang ikut dalam wilayah Asia maupun Australia.

CAF (Afrika)

Selanjutnya adalah wilayah konfederasi dari FIFA yang berada di wilayah Afrika. Dengan kepanjangan nama yakni Confederation Africaine de Football.

Berdiri pada tahun 1957, dengan anggota saat ini berjumlah 58 negara yang termasuk wilayah Afrika. Kantor pusat resmi dari organisasi tersebut saat ini berada di Mesir, tepatnya di Kairo.

CONMEBOL (Amerika Selatan)

Merupakan salah satu organisasi konfederensi yang khusus untuk negara yang ada di Amerika Selatan. Kepanjangan dari organisasi yang ikut FIFA tersebut, adalah Confederacion Sudamericana de Futbol.

Asosiasi ini berdiri pada tahun 1916, tepatnya pada tanggal 9 Juli. Jumlah anggota dari Asosiasi ini sekitar ada 10 negara yang termasuk ke dalam Amerika Selatan. Dan kantor resminya berada di Paraguay.

CONCACAF (Amerika Utara, Tengah serta Karibia)

Terdiri dari wilayah atau negara yang termasuk ke dalam Amerika Utaran dan Tengah, serta Karibia. Kepanjangan dari asosiasi ini, adalah Confederation of North, Central American and Carebbean Association Foottball.

Terbentuk pada tahun 1961, tepatnya pada tanggal 18 September. sekitar ada 40-an lebih negara yang tergabung dalam asosiasi ini, yang termasuk dalam wilayah tersebut. Kantor pusat CONCACAF, berada di New York, Amerika Serikat.

OFC (Wilayah yang Tergabung dalam Area Laut Pasifik)

Merupakan salah satu wilayah konfederasi dari FIFA, yang memiliki kepanjangan Oceania Football Confederation. Wilayah konfederasi ini terbentuk untuk beberapa wilayah yang berdekatan dengan Laut Pasifik, termasuk Indonesia di wilayah Papua Nugini.

Konfederasi ini, berdiri pada tahun 1966, tepatnya pada tanggal 15 November. Kini anggota dari OFC, sekitar 16 negara yang termasuk wilayah tersebut. Kemudian untuk kantor resminya sendiri, berada di Selandia Baru, tepatnya di Aunckland.

UEFA (Bagian Eropa)

Atau singkatan dari Union European Football Asociation. Merupakan wilayah konfederasi terakhir dari FIFA, khusus untuk wilayah Eropa sana.

Organisatoris lain baca ini: Wasit Bola Wanita Terseksi Untuk Pemain Kelas Dunia

Berdiri pada tahun 1954, tepatnya pada tanggal 15 Juni. Sekarang anggota dari UEFA sudah lebih dari 50 lebih anggota, yang terdiri dari negara-negara di wilayah Eropa.

Untuk kantor resminya, berada di Swiss, tepatnya di Nyon.

Itulah beberapa wilayah konfederasi dari FIFA, yang dapat menjadi referensi kalian.


Jumlah Negara yang Bergabung dalam FIFA

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa FIFA merupakan organisasi resmi untuk sepakbola di taraf internasional.

Dengan inisiatif para ahli yang pada akhirnya menjadi pencetus, memberikan kontribusi besar bagi pergerakan dari organisasi ini.

Kemudian mereka berinisiatif untuk mengenalkan olahraga tersebut ke penjuru dunia, dengan mengadakan berbagai perlombaan sepak bola, pada tingkat internasional.

Dan pada akhirnya, membawa FIFA kepada masa depan yang lebih tinggi, dengan merujuk kepada anggota yang jumlahnya lebih dari 200 negara.

Hingga memutuskan untuk membagi mereka ke dalam beberapa wilayah konfederasi. Seperti konfederasi untuk wilayah Asia yang terdiri dari Indonesia, Singapur, Korea Selatan, Malaysia, dan sebagainya.

Kemudian untuk wilayah Afrika, yang terdiri dari negara Mesir, Somalia, Sudan, serta Afrika Selatan. Dan juga untuk wilayah Eropa, yang mana UEFA mempunyai kedudukan hampir sama dengan FIFA.

Hanya saja UEFA berada cakupan di wilayah Asia dan Afrika, juga wilayah Eropa sendiri. Tidak heran jika di pertandingan internasional pun, terdapat nama UEFA sebagai nama dari acara pertandngan sepakbola.

Memperebutkan piala UEFA, yang bisa menjadi tiket terbesar dapat ikut serta dalam Piala dunia.


Daftar Pertandingan Paling Bergengsi di Dunia

Piala dunia FIFA (Foto: infobintaro.com)

Sejalan dengan hal tersebut, pada akhirnya memunculkan berbagai pertandingan sepakbola paling bergengsi di seluruh dunia.

Uforia yang sangat kuat, mengiringi ajang piala tersebut. Bahkan tidak sedikit dari beberapa kalangan musisi ikut berpartisipasi dalam menyambut adanya ajang pertandingan tersebut.

Oleh karena itu, beberapa ajang piala pertandingan sepakbola paling bergengsi di dunia antara lain:

Turnamen Piala Dunia

Pertandingan paling begengsi bahkan mendapatkan sambutan hangat dari berbagai orang di seluruh penjuru dunia. Antusiasmenya sampai dengan detik ini jika pertandingan ini berlaga.

Kemudian orang-orang yang senantiasa menjadi penonton setia, membawa sanak dan saudara mereka untuk ikut bergabung, dan merasakan uforianya.

Semenjak tahun 1930 sampai dengan sekarang, hal tersebut masih ada, dan tak akan pernah terlekang oleh waktu.

Liga Champions

Turnamen yang sangat terkenal dengan glamor dan ledakan uforia masyarakat di seluruh dunia, ketika menyambut pertandingan ini.

Liga Champions telah pada pada tahun 2013. Yang mana pertandingan tersebut terkhusus untuk para klub yang lolos pada pertandingan piala dunia, serta Liga Eropa.

Piala Eropa

Yang menyukai Manchester City, Manchester United, hingga sampai dengan Liverpool, Chelsea dan sebagainya. Pertandingan ini menjadi turnamen yang tidak bisa tertunda-tunda.

Organisatoris lain baca ini: Sejarah Perkembangan Organisasi: 4 Syarat Dan Bentuk

Bahkan enggan mengalihkan channel TV ketika pertandingan tersebut terlaksana. Turnamen ini sudah ada sejak tahun 1960-an.

Penutup

Itulah sekilas dari pembahasan mengenai kepanjangan dari FIFA. Dengan adanya pembahasan tersebut, kita bisa lebih paham mengenai organisasi ini secara mendalam.

Bagaimana peran mereka, sejarah mereka, sampai dengan tugas dan wewenang yang FIFA berikan kepada para anggota yang ikut ke FIFA.

Kemudian kita bisa lebih mengerti tentang bebagai ajang turnamen bergengsi, Sehingga kita bisa lebih mengerti mengenai dunia persepakbolaan secara detail, dan hal lainnya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://www.gorilasport.com/news/sejarah-singkat-lahirnya-fifa-pada-21-mei-1904-di-paris
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Uni_Sepak_Bola_Eropa
  3. Hotman Bintang Parulian Aruan, skripsi, “Berlakunya Statuta Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) Dikaitkan dengan Kedaulatan Negara”, Studi Kasus Dualisme Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI)”, hal. 10.
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Konfederasi_Sepak_Bola_Asia
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Konfederasi_Sepak_Bola_Afrika
  6. https://id.wikipedia.org/wiki/Konfederasi_Sepak_Bola_Amerika_Selatan
  7. https://id.wikipedia.org/wiki/Konfederasi_Sepak_Bola_Amerika_Utara,_Tengah,_dan_Karibia
  8. https://id.wikipedia.org/wiki/Konfederasi_Sepak_Bola_Oseania
  9. https://www.liputan6.com/bola/read/2975285/5-turnamen-sepak-bola-paling-bergengsi-di-dunia