Ukuran lapangan baseball dan softball
Permainan baseball (Foto: thecoversation.com)

Ukuran Lapangan Baseball Dan Softball

Diposting pada

Ukuran lapangan baseball, adalah salah satu permainan yang mendapatkan banyak perhatian dari berbagai hal. Terdapat pembahasan mengenai pengertian hingga peraturan dari permainan tersebut. Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Setiap hal yang ada di bumi ini, pasti mempunyai berbagai perbedaan dan persamaan. Entah pada prinsip, bentuk, serta implementasi dari hal tersebut di kehidupan sehari-hari kita.

Yang kemudian pada akhirnya kita keliru, mana yang seharusnya dikerjakan terlebih dahulu, atau mana yang akan menjadi minat dan keinginan seorang individu tersebut.

Hal tersebut juga berlaku kepada dua olahraga ini. Dimana dua olahraga tersebut sering menjadi dilema para semua orang, tentang mana yang harus mereka pilih, apa perbedaan dari keduanya, dan sebagainya.

Ialah baseball dan softball. Dua jenis olahraga yang banyak peminatnya, tapi tidak jarang dari kita menganggap keduanya sama.

Padahal dari segi ukuran lapangannya entah softball atau pun baseball, mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Juga dari beberapa aspek lainnya, yang membuat kedua jenis olahraga tersebut, tidak bisa disamakan.

Jadi, berikut ulasan selengkapnya.

Ukuran Lapangan Baseball dan Softball

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa kedua olahraga ini mempunyai perbedaan pada sisi tertentu. Terutama pada sisi ukuran lapangan.

Tapi, apa sebenarnya pengertian dari keduanya? Antara baseball dan softball, keduanya memiliki prinsip bermain yang sama.

Hal tersebut merujuk kepada prinsip bermain, yang mana terdapat dua regu di dalamnya. Regu yang pertama menjadi pelempar atau sering dikenal dengan nama pitcher, sedangkan yang lai dinamakan batter.

Tim pelempar akan berusaha sekuat tenaga untuk melempar bola dengan menggunakan tongkat bola yang sudah tersedia, kemudian anggota lain akan berlari, menuju ke home plate, tempat anggota yang pertama melempar bola.

Sedangkan untuk regu lainnya, mereka akan sekuat tenaga juga menangkap bola, dan melemparkan bola dan menyentuh anggota dari regu pitcher.

Organisatoris lain baca ini: Baseball dan Softball Amatir, Struktur Induk Olahraga Dan Aturan

Dengan tujuan akan membalikkan keadaan, serta mengumpulkan poin yang ada. Adapun beberapa pembahasan lainnya mengenai dua jenis olahraga ini.


Ukuran Lapangan Baseball

Ukuran lapangan permainan baseball
Contoh gambar lapangan baseball (Foto: kibrispdr.org)

Yang pertama adalah baseball. Seperti yang sudah kita singgung, bahwasannya permainan ini hampir sama dengan yang sebelumnya.

Memiliki dua regu tim, dengan posisi yang berbeda. Ada yang menjadi pitcher ada yang jadi batter. Dua regu tersebut saling melakukan berbagai strategi, untuk saling membalikkan keadaan antara satu sama lain.

Atau bahkan mempertahankan posisi aman mereka. Namun, sebuah permainan tidak akan lengkap jika tidak ada perlengkapan yang menjadi poin penting.

Salah satunya adalah lapangan permainan baseball, dan beberapa perlengkapan lainnya. Yang kemudian untuk membuat lapangan, membutuhkan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan standar. Berikut ulasannya:

Bentuk Lapangan

Meski hampir sama dengan permainan softball, nyatanya ukuran lapangan untuk permainan baseball lebih luas ketimbang yang sebelumnya.

Apalagi biasanya permainan ini diperuntukkan untuk pertandingan profesional. Mau tidak mau, bentuk dari lapangan harus seperti bujur sangkar, dengan salah satu bagian dalamnya ada yang berbentuk persegi sebagai home base, serta tempat pelemparan bola.

Ukuran Keseluruhan Lapangan

Dilansir dari bangayas.com, mengatakan bahwa ada beberapa persyaratan ukuran untuk lapangan permainan baseball, sesuai dengan peraturan yang ada. Antara lain:

  • Untuk ukuran lapangan secara keseluruhan (profesional) adalah sekitar 0,8 hektar. Sudah termasuk beberapa pembagian wilayah yang ada di dalam lapangan.
  • Setiap sisi daripada lapangan tersebut, harus berukuran 16 meter lebih.
  • Bagian jarak antara home base dengan tempat pelemparan, ukuran jaraknya harus 13 meter lebih.
  • Pitcher plate, berukuran 60 x 15 meter.
  • Antara home base dengan pitcher plate jaraknya sekitar 18 meter lebih
  • Belah ketupat yang diperuntukkan untuk base antar pemain, berjarak 20 meter lebih. Berlaku untuk base satu dengan yang lain.

Itulah beberapa bagian ukuran yang menjadi patokan permainan baseball khusus profesional


Aturan Permainan Baseball

Sejalan dengan hal tersebut, maka ada beberapa peraturan yang menjadi patokan permainan baseball selain dari sudut pandang ukuran lapangan.

Yang kemudian beberapa peraturan terebut harus dipatuhi oleh semua pemain, dan akan mendapatkan sanksi jika ada salah satu dari mereka melanggar peraturan tersebut.

Untuk jumlah babaknya sendiri, terdiri dari 9 babak yang terkenal dengan nama inning. Setiap babak, para pemain entah sebagai pemukul atua pelempar, harus berusaha sekuat tenaga untuk mengumpulkan skor.

Kemudian antara pelempar dengan penangkap harus saling berkomunikasi, terutama untuk bisa mendapatkan skor yang lebih baik.

Dengan cara menggunakan bahasa isyarat, seperti menggeleng, mengangguk, dan sebagainya. Jika seorang pemukul dapat memukul bola dengan baik, maka pemukul langsung ke base pertama, kemudian dilanjut dengan anggota yang lain.

Hal ini bisa mendapatkan poin bagi tim pemukul. Begitu juga dengan sebaliknya jika sang pemukul tidak bisa memukul lemparan bola, lalu ditangkap oleh anggota lain yang berada di posisi sebagai penangkap.

Maka poin tersebut untuk tim yang menangkap bola. Setiap babak, pemukul hanya mendapatkan kesempatan memukul sebanyak 3 kali.

Jika selama tiga kali tersebut tim pemukul gagal dalam tersebut, secara otomatis akan berganti regu, dan juga kehilangan beberapa poin dari mereka.

Kemudian untuk pemukul diharapkan untuk bisa memukul sekuat tenaga, dengan tujuan bisa ke base yang pertama dengan mulus.

Organisatoris lain baca ini: Caddy Golf Tercantik Untuk Pemain Berkelas di Lapangan

Dan ketika pemain pertama bisa mengitari base dengan mudah, secara otomatis wasit akan mengatakan’strike’ dengan catatan angka yang tim pemukul peroleh bisa lebih besar.

Untuk jumlah wasit dari permainan ini, bisa sekitar 4 sampai dengan 6 wasit, yang tersebar di beberapa bagian wilayah lapangan baseball.

Itulah segelintir pembahasan secara garis besar mengenai aturan dari permainan baseball tersebut.


Jumlah Pemain Baseball

Peraturan lain yang harus dipatuhi adalah jumah dari pemain di masing-masing regu. Terdiri dari 9 pemain, 4 s/d 6 wasit yang menjaga di beberapa wilayah permainan.

9 pemain yang mendapatkan giliran untuk menangkap, terdiri dari beberapa posisi. 1 pemain mendapatkan posisi sebagai penangkap. 1 pemain lagi mendapatkan posisi sebagai pelempar.

Lalu 4 pemain lain menjaga di wilayah di dalam garis lapangan guna melempar bola kepada lawan ketika mereka melewati arena yang akan ke base pertama dan seterusnya.

Untuk 3 pemain lainnya, menjaga di bagian luar dari arena. Sementara untuk tim pemukul, berbaris dan menunggu giliran memukul bola.

Pemukul pertama yang berhasil memukul bola, mereka akan dengan cepat ke base pertama. Jika ada pemain lain yang mendapat giliran memukul dan berhasil.

Maka pemain sebelumnya berlari ke base kedua, dan pemain sebelumnya akan berlari ke base pertama, begitu seterusnya.


Aturan dan Ukuran Lapangan Softball

Gambar lapangan softball (Foto: percepat.com)

Selanjutnya kepada softball, merupakan permainan yang juga hampir sama prinsipnya dengan permainan sebelumnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan dari kedua permainan ini.

Termasuk dengan ukuran dari lapangan softball. Terbilang sedikit lebih kecil, namun untuk beberapa konsep dari permainannya hampir sama. Berikut beberapa pembahasannya:

Ukuran Lapangan

Adapun ketentuan untuk bentuk dari lapangan, sesuai dengan peraturan yang ada. Antara lain:

  • Lapangan dari softball berbentuk bujur sangkar, dan hanya itu.
  • Panjang lapangan softball bisa sampai dengan 19 meter lebih.
  • Tempat untuk melempar bola ke pemukul, berjarak sekitar 50 x 15 meter
  • Antara home plate dengan pitcher, sekitar 13 meter lebih.
  • Jumlah marka terbagi menjadi 4, dan setiap marka berjarak 38 cm dengan berbentuk bujur sangkar.
  • Untuk pembuatan markanya sendiri, dianjurkan harus lebih tinggi sedikit dari tanahnya.
  • Bagian backstop berjarak sekitar 7 sampai dengan 9 meter lebih.

Selain peraturan ukuran lapangan softball dan baseball, adapun aturan dari permainan ini yang hampir sama dengan permainan yang sebelumnya.

Aturan Permainan

Untuk aturannya permainan, perlu diketahui bahwa terdapat 9 pemain dengan 3 sampai 4 wasit yang ada di sana. Jumlah pemain tersebut berlaku untuk pemain tamu yang mendapatkan mandat sebagai tim batter.

Dan untuk tuan rumah sebagai tim pitcher. Dalam permainan terdapat 7 ronde atau spinning, yang mana setiap regu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan poin atau yang sering dikenal dengan run.

Pemain atau regu yang tidak hadir dalam kurun waktu yang ditentukan. Secara otomatis mereka akan di diskualifikasi, atau mengalami kekalahan secara otomatis.

Dalam permainan, seorang pemukul harus bisa sekuat tenaga memukul bola, yang kemudian setelahnya, pemain tersebut berlari menuju base pertama, dan berlanjut pemain pemukul lain mendapatkan giliran untuk memukul.

Untuk pemain tim penangkap atau pitcher, salah satu anggota yang menjadi penangkap bola, juga berusaha menangkap bola setepat mungkin ketika anggota lain melempar bola.

Dan ketika berhasil memukul, anggota lain yang berada di tempat jaga, mencoba menangkap bola dan melemparkannya kepada tim lawan, dengan tujuan menyentuh bagian badan mereka, dan membalikkan keadaan.

Setiap regu mendapatkan 3 kali kesempatan untuk bisa mengumpulkan angka atau run dalam kurun waktu yang telah ditentukan.


Jumlah Pemain Softball

Selanjutnya adalah jumah pemain dari permainan softball. Yang mana hampir sama jumlahnya dengan sebelumnya. Terdiri dari 9 pemain dengan pembagian tugas yang masing-masing pula.

Pada tim pitcher, terdapat 1 pemain sebagai penangkap yang berada tepat di belakang anggota tim pemukul. 1 pemain lain mendapatkan tugas untuk melempar bola.

Selebihnya seperti 4 pemain lain mendapatkan tugas untuk menjaga wilayah permainan yang ada di dalam, dan 3 lainnya berada di luar wilayah.

Organisatoris lain baca ini: Sejarah Dan Induk Olahraga Dayung

Juga terdapat wasit berjumlah 3 s/d 4, bertugas mengawasi berjalannya permainan yang tersebar di beberapa wilayah.


Persamaan dan Perbedaan Softaball dan Baseball

Pemain baseball dan softball (Foto: bolasport.com)

Tapi apa persamaan dan perbedaan dari keduanya? Mengingat dalam beberapa pembahasan tadi rasanya ada begitu banyak persamaan dari kedua permainan tersebut.

Mulai dari persamaan jumlah anggota yakni ada 9 anggota. Kemudian dari aturan permainan yang ada, juga tenggat waktu untuk mengumpulkan angka atau run pada setiap masing-masing regu.

Namun, jika kita lebih jeli lagi, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya. Seperti misalnya durasi dari babak atau ronde, yang terkenal dengan nama inning. Untuk baseball terdapat 9 inning, sementara softball, terdapat 7 inning.

Kemudian yang paling mencolok lagi adalah dari segi ukuran lapangan antara baseball dan softball. Baseball lebih membutuhkan tempat lapangan yang lebih luas ketimbang yang sebelumnya.

Dan juga untuk permainan baseball, sering diperuntukkan untuk permainan secara profesional, yang terselenggara dalam sebuah pertandingan atau turnamen, dengan pemain yang handal.

Sementara softball, bisa dilakukan oleh profesional, namun orang awam juga bisa melakukannya.

Penutup

Itulah sekilas tentang pembahasan ukuran lapangan dari permainan baseball. Dari pembahasan tersebut, kita bisa lebih mengerti tentang seluk-beluknya, jika kita ingin berkecimpung dalam dua permainan tersebut.

Terlebih jika ingin menjadi seorang pemain baseball profesional, harus ada bekal yang lebih matang untuk bisa lolos dan mendapatkan jenjang karir di dunia tersebut.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://percepat.com/ukuran-lapangan-softball/#Ukuran_Lapangan_Softball
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Bisbol#Dasar_permainan
  3. https://bacaterus.com/perbedaan-softball-dan-baseball/
  4. https://teks.co.id/pengertian-baseball/
  5. https://www.gurupendidikan.co.id/softball/#Peraturan_Permainan_Softball