Bahan makanan organik
Bahan makanan organik (Foto: klikdokter.com)

Bahan Makanan Organik: Alasan dan 5 Jenisnya

Diposting pada

Bahan makanan organik, salah satu alternatif dalam memenuhi nutrisi kebutuhan sehari-hari, banyak digandrungi oleh kebanyakan orang. Terdapat pembahasan mengenai pengertian hingga ke macam-macam bahan yang ada. Ayu Maesaroh, organisA51, – organisasi.co.id

Rasanya untuk nutrisi tubuh memang menjadi hal yang penting, bahkan di era seperti sekarang ini. Manusia dituntut untuk bisa menjaga sistem imunnya, dengan cara apapun.

Contoh yang paling konkret adalah, manusia harus bisa menjaga pola makan teratur, serta nutrisi yang cukup. Dan karena cukup itulah banyak orang yang kemudian membeli bahan makanan yang mungkin dirasa bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Tapi, tahukah kalian bahwa sebenarnya ada bahan makanan yang bisa menjadi pilihan kalian dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, bahkan kandungannya lebih tinggi jika kita bandingkan dengan bahan makanan lainnya.

Benar, bahan makanan organik yang sekarang banyak orang mencarinya. Mengingat era sekarang sudah begitu susah untuk mendapatkan bahan makanan tersebut.

Pun jika ada, harganya pasti lebih mahal ketimbang jika kita membeli sayuran ataupun buah-buahan di pasar, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pembahasannya.


Kenapa Bahan Organik itu Baik Buat Kesehatan?

Definisi bahan makanan organik
Keuntungan konsumsi bahan makanan organik (Foto: portalkudus.pikiran-rakyat.com)

Sejalan dengan pembahasan di atas, ada beberapa manfaat ataupun keuntungan yang bisa kita dapat jika nantinya dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi di era pandemi seperti sekarang ini. Yang mana kita sangat tahu, menjaga imun tubuh agar tetap sehat dan kuat, perlu adanya asupan makanan yang baik, serta bernutrisi tinggi.

Meskipun memang disaat yang bersamaan, mencari bahan makanan yang demikian sangatlah susah. Perlu adanya perjuangan agar mendapatkan pangan yang terbaik, agar keluarga dapat terjaga sistem kekebalan imunnya.

Sehingga bisa lebih siap dalam menghadapi virus atau bakteri yang bisa menyerang imun tubuh kapanpun dan dimanapun. Karena kembali pada pembahasan awal. Bahan-bahan organik mempunyai keuntungan tersendiri bagi mereka yang mengkonsumsinya.

Jadi, apa saja keuntungannya? Berikut ulasan selengkapnya.

Residu Penggunaan Pestisida Berkurang

Sesuai dengan konsepnya, bahan makanan yang organik memang pada dasarnya menggunakan bahan alami, cara-cara alami, serta sistem pembudidayaan yang alami juga.

Contoh konkretnya seperti memanfaatkan beberapa hewan pemakan hama, dan sebagainya.

Kandungan Antioksidan Tinggi

Antioksidan adalah salah satu hal yang amat penting bagi kesehatan tubuh manusia, terutama melindungi kulit manusia dari radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel kulit.

Organisatoris lain baca ini: Pertanian Organik: Pengertian, Kegunaan Dan Peluang

Dan beberapa penelitian yang ada, pun setuju bahwa makanan yang terbuat dari beberapa bahan organik, mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Kandungan Mikronutrien yang Tinggi

Kandungan seperti beberapa jenis vitamin dan mineral, adalah komponen yang sangat penting untuk melengkapi nutrisi tubuh manusia, bahkan meningkatkan kekebalan tubuh.

Contohnya seperti kandungan vitamin C, yang berperan sebagai alarm imun, untuk tetap siap siaga jika ada virus atau bakteri yang menyerang kekebalan imun tubuh.

Dan sesuai dengan penelitian yang ada, makanan organik mempunyai prosentase kandungan mikronutrien lebih tinggi, ketimbang jenis makanan lainnya.

Asam Lemak Omega – 3 yang Tinggi

Asam lemak omega – 3 begitu penting rasanya di era sekarang. Apalagi jika berbicara masalah tumbuh kembang anak, yang membutuhkan banyak nutrisi agar tumbuh kembangnya bisa berproses lebih optimal, termasuk dengan nutrisi asam lemak omega – 3.

Yang mana kita tahu, asam lemak tersebut sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang otak anak. Juga yang terpenting adalah melindungi jantung dari berbagai penyakit mematikan.

Contohnya seperti gagal jantung, serangan jantung, dan sebagainya.

Itulah beberapa manfaat yang baik untuk manusia, terutama dalam menjaga sistem imun mereka agar bisa lebih siap melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bahan makanan organik.


5 Jenis Makanan Organik Lengkap Penjelasan

Sejalan dengan hal tersebut, kemudian ada beberapa jenis makanan organik yang bisa menjadi menu makanan sehari-hari kita.

Yang mana terdapat beberapa jenis bahan makan, sehingga bisa kita pilah dan pilih, mana yang akan kita konsumsi setiap harinya. Berikut beberapa listnya:

Sayuran Organik

Sesuai dengan namanya, sayuran jenis organik sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama untuk memenuhi nutrisi dan juga menjaga kekebalan sistem imun.

Dalam konsepnya, sayuran tersebut adalah jenis yang tidak menggunakan pestisida buatan sama sekali, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap kualitas dari sayur.

Jenis-jenis sayur organik tersebut antara lain:

  • Bayam
  • Cabai
  • Caisim atau sawi
  • Kangkung, dan
  • Kailan


Buah Organik

Yang selanjutnya adalah buah organik. Buah jenis ini juga mempunyai konsep yang sama, dengan tidak menggunakan pestisida sebagai obat untuk mengembangkan dan menjadi nutrisi bagi tumbuhan buah-buahan tersebut.

Meski mahal seperti jenis bahan makanan organik lainnya, buah-buahan yang tertanam menggunakan konsep demikian, memberikan manfaat yang besar, terutama dalam menambah masa otot, menambah kekebalan imun tubuh satu tingkat lebih baik, dan sebagainya.

Jenis-jenis dari buah-buahan organik tersebut antara lain:

  • Stroberi
  • Apel
  • Anggur, dan
  • Beberapa jenis buah lainnya.

Daging Organik

Maksud dari daging organik, adalah yang berasal dari beberapa hewan ternak, yang sengaja tidak mendapatkan beberapa nutrisi yang mengandung bahan kimia.

Mengingat hal tersebut bertujuan untuk kualitas dari daging yang dihasilkan, bisa lebih enak, dan berkualitas tinggi. Biasanya para pembudidaya akan mencari alternatif untuk mengganti nutrisinya.

Seperti misalnya memberikan makanan yang berkualitas tinggi, dan nutrisi lainnya.


Ikan Organik

Selanjutnya ada ikan organik. Jenis ikan ini dibudidayakan, dengan menggunakan tempat tersendiri, kemudian diberi nutrisi yang alami setiap hari, dan lainnya.

Organisatoris lain baca ini: Jenis Fonetik dalam Ilmu Linguistik: Pembahasan dan 3 Pembagian

Ikan yang demikian, tidak boleh tercemar sama sekali dari segi air yang menjadi habitat mereka. Karena jika terkontaminasi bahan lain meski prosentasenya sedikit, akan tetap mempengaruhi rasa dan kualitas.

Makanya sangat penting bagi kita, untuk tetap mengkonsumsi ikan organik. Hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi kita, terutama dalam mendapatkan nutrisi yang lebih utuh.


Susu Organik

Kita sangat paham bagaimana pentingnya susu untuk kehidupan kita. Apalagi jika sudah berusia lanjut, perlu adanya penunjang nutrisi untuk beberapa otot yang ada di bagian tubuh manusia, dan sebagainya.

Terlebih jika kita rutin mengkonsumsi susu organik. Ada begitu banyak pakar yang sudah membuktikan, bahwa susu organik mempunyai kandungan omega 3 lebh banyak jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Contoh jenis susu demikian antara lain: susu kambing, susu sapi murni, dan sebagainya.

Cara Membedakan Bahan Makanan Organik dan Non Organik

Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk mengetahu jenis dari bahan makanan yang kita beli, entah di pasar, supermarket terdekat, atau lainnya.

Karena jika kita tidak begitu teliti dengan hal tersebut, beberapa bahan makanan yang non organik, bisa disangka sebagai bahan makanan yang bebas dari bahan kimia.

Jadi, bagaimana caranya? Berikut beberapa pembahasannya:

Warna Bahan Makanan

Yang pertama adalah dari segi warna makanan. Biasanya untuk warna dari bahan makanan tersebut, non organik lebih cerah ketimbang yang bebas dari bahan kimia.

Hal tersebut biasanya dilakukan untuk memberikan daya tarik tersendiri, dan mengklaim bahwa bahan makanan tersebut mereka bawa langsung dari para pihak produsen.

Tampilan Bahan Makanan

Biasanya untuk hal ini, ada beberapa bagian yang bisa dibilang “cacat” dalam tampilannya. Seperti misalnya beberapa jenis sayuran ada yang sudah bolong, berganti warna menjadi hitam, dan sebagainya.

Pun dengan jenis buah-buahan yang juga terdapat beberapa bintik hitam, seperti sudah di tumpuk beberapa hari. Sehingga terlihat sudah begitu pucat.

Tekstur Bahan Makanan

Selanjutnya dari segi tekstur. Untuk beberapa jenis organik, pastinya akan lebih fresh, juicy, dan juga mudah saat akan diolah menjadi masakan.

Contoh konkretnya adalah daging organik. Yang jelas akan memberikan rasa dan tekstur sama seperti yang sudah dijelaskan. Berbeda dengan jenis lainnya. Biasanya ada yang agak keras, dan sebagainya.

Walaupun tidak semuanya.

Cara Aman Memilih Bahan Pangan Organik

Produk organik (Foto: klikdokter.com)

Meski terbilang sedikit mudah untuk memilih, nyatanya sebagai konsumen harus benar-benar jeli dalam memilih bahan pangan organik, agar bisa mendapatkan nutrisi yang berkualitas.

Organisatoris lain baca ini: Pendekar Wanita Dalam Komunitas Pencak Silat, Judo, Taekwondo Dan Karatedo

Berikut beberapa caranya:

Pilih Bahan yang Ada Labelnya

Yang pertama adalah mengecek apakah sayuran yang dibeli, dibungkus dengab bungkusan khusus, kemudian adakah label yang tertera, dan lainnya.

Hal tersebut merujuk kepada pengolahan dari sayur tersebut, yang jika langsung mendapatkan kemasan serta label, bisa dibilang kualitasnya masih tinggi.

Komposisi Bahan yang Berlabel

Untuk lebih memahami dengan jelas, biasanya cara yang paling mudah adalah melihat dari komposisi satu wadah dari jenis sayuran tersebut.

Adakah komposisi bahan-bahan yang mengandung senyawa kimia, terutama untuk sayuran yang mungkin ada bahan atau zat buatan yang tertera, dan lainnya. Makanya sangat penting untuk kita mengenal beberapa bahan non organik ketika akan membeli bahan makanan.

Tampilan dari Bahan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, meski sudah berlabel namun tergantung juga pada tampilannya. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap komposisi nutrisi yang ada.

Atau untuk yang lebih aman cari di toko yang menyediakan sayuran atau bahan makanan yang fresh, dengan cara mereka menaruh bahan-bahan tersebut di suhu udara yang memang menjaga tingkat fresh dari bahan tersebut.

Sehingga kita bisa lebih aman ketika akan memilih, bahan makanan mana yang akan kalian jadikan sebagai menu untuk keluarga, dan sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai jenis bahan makanan organik. Dan bisa kita simpulkan bahwa pada dasarnya hal-hal yang organik, juga memiliki sisi baiknya.

Mereka mempunyai kandungan nutrisi yang bagus, terutama untuk kekebalan tubuh dari manusia. Juga membantu beberapa bagian tubuh lain seperti otot, yang kemudian bertambah masanya.

Namun, memang dalam memilihnya, harus mengerti terlebih dahulu standar organik itu yang seperti apa. Contoh standarnya adalah, tidak terkena bahan kimia.

Yang kadang membuat rasa bahan tersebut kadang agak berbeda. Tapi, itulah yang menjadi poin penting bagi kita.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. kelebihan makanan organik
  2. Jenis sayuran organik
  3. Buah organik
  4. Daging organik
  5. Ikan organik
  6. susu organik

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *