Manual acara adalah
Manual acara (Foto: unpad.ac.id)

Manual Acara Adalah: 3 Langkah dan Contoh Pembuatan

Diposting pada

Manual acara adalah suatu aspek yang perlu adanya perencanaan secara matang, dari berbagai anggota, agar semuanya dapat berjalan dengan lancar, sesuai dengan ekspektasi yang ada. Berikut beberapa pembahasan mengenai langkah, dan contoh pembuatan susunannya. Ayu Maesaroh, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Halo para organisator? Bagaimana hari ini? Semoga tetap diberikan semangat ya, untuk kamu yang mungkin sekarang sedang menghadiri berbagai acara.

Yang kerap kali muncul di saat waktu yang tidak tepat. Mau tidak mau, kita harus menghadiri acara tersebut, mengingat undangan sudah ada digenggaman.

Ada yang pernah mengalami hal demikian? Tapi, apakah kalian sering meneliti berbagai poin dalam acara? Terutama dalam manual acara, yang terkadang kita tidak pernah tahu dibelakang layar seperti apa.

Terlihatnya sangat sempurna, mulus, sesuai rencana. Tapi tidak di sangka, bahwa ekspektasi, tidak selamanya datang di waktu yang tepat, bahkan tidak pernah datang sama sekali.

Atau nama lainnya adalah manual acara / susunan acara. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pembahasan selengkapnya:

Apa Saja Kendala dalam Penyusunan Acara

Dalam aspek apapun, kadang manusia kerap kali mengalami beberapa kendala yang kemudian harus membutuhkan diskusi lebih, agar nantinya dapat sesuai dengan rencana awal.

Termasuk dengan penyusunan acara, yang membutuhkan beberapa pendapat serta ide, agar nantinya terancang sesuai dengan keinginan.

Tidak sedikit pula yang kemudian, rancangan tersebut tidak berjalan dengan baik seperti yang diekspektasikan. Entah dari poin penting susunan acara.

Kemudian dari sisi langkah pembuatannya, dan sebagainya. Jadi, jangan heran apabila dalam pembahasan sesi peraturan acara terutama dalam susunannya.

Ada berbagai variasi susunan guna mencegah terjadinya miskomunikasi antar anggota, serta beberapa prediksi yang dapat menghancurkan rencana awal.

Karena kita tidak pernah tahu bagaimana situasi nanti ketika acara yang menjadi rencana, berlangsung begitu saja. Bisa jadi kendala lain baik eksternal maupun internal, dapat berpengaruh terhadap kepastian dari semuanya.

Terlepas dari hal tersebut, agar meminimalisir, mari kita bedah satu per satu pembahasan mengenai tema ini, serta bisa menjadi pembelajaran untuk kita.

Manual Acara Menurut Para Ahli

Definisi manual acara adalah
Manual acara menurut para ahli (Foto: mamikos.com)

Atau yang terkenal dengan susunan acara / rundown acara, beberapa literatur mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sebuah susunan berbagai acara yang sistematis.

Guna memudahkan para anggota serta pembawa acara, mengerti bagaimana langkah-langkah dalam melaksanakannya.

Serta hal tersebut juga ada durasi, atau jatah waktu dari satu segmen acara tertentu, yang kemudian terganti dengan segmen acara lain.

Rundown acara biasanya sering dipakai untuk menyelenggarakan beberapa acara yang terbilang cukup besar. Mulai dari seminar, webinar, talkshow, maupun acara TV sekalipun.

Organisatoris lain baca ini: Master Of Ceremony: Pengertian Dan 4 Contoh Naskah

Yang kemudian setelah terancang dengan sistematis, para anggota dapat memahami bagaimana langkah selanjutnya, ketika satu segmen acara yang berlangsung, selesai.

Itulah mengapa, hal tersebut menjadi salah satu fungsi dari susunan acara/ rundown acara/ manual acara. Meski demikian.

Untuk membuatnya naskahnya, harus mengerti terlebih dahulu poin penting, agar tidak salah dalam membuat susunan acara tersebut.


Poin Penting dalam Pembuatan Manual Acara

Mengingat poin penting ini, sudah seperti aturan dalam menuliskan beberapa rangkaian acara yang akan berlangsung. Tidak boleh sembarang tulis.

Termasuk wajib mendapatkan persetujuan dari para anggota, ketika akan menuliskan beberapa rancangan acara yang baru saja terlontar dari pihak lain ketika sedang diskusi dalam sebuah forum.

Beberapa poin tersebut antara lain:

Konsep Acara

Poin yang pertama adalah konsep dari acara yang akan terselenggara. Yang mana meliputi ide-ide atau gagasan dari beberapa orang, serta tujuan terselenggaranya acara tersebut.

Atau yang sering dikenal dengan istilah brainstorming. Jika sudah menemukan gagasan, baru membuat kerangka dari konsep. Seperti pembukaan, isi sampai kepada penutup dari konsep acara tersebut.

Anggota dan Tugas

Selanjutnya mengenai anggota serta tugas mereka. Sebagai pemimpin, harus mengerti siapa saja yang mampu dan bisa melaksanakan beberapa tugas yang ada nantinya, ketika dalam perbincangan persiapan.

Mulai dari meruntutkan beberapa tugas yang kiranya harus ada dalam acara, sampai kepada siapa dan jobdesc apa yang harus mereka pegang. Jadi, tidak bisa dengan semena-mena. Perlu adanya peninjauan lebih lanjut.

Diskusi

Terlihat sepele, tetapi diskusi juga sangat penting untuk dijadikan dalam poin yang perlu adanya perhatian khusus. Terutama tentang update terbaru mengenai masalah acara yang akan tergelar.

Bisa jadi tempat acara yang ternyata sudah tersewa oleh orang lain, personel yang tiba-tiba berkurang dan harus mem-backup, dan lain sebagainya.

Anggaran

Adalah poin yang krusial, juga sangat penting. Tidak mungkin sebuah acara terselenggara dengan baik, megah, sesuai rencana.

Dibalik layar tidak ada pengorbanan orang-orang yang mencari dana, merancang anggaran agar sesuai dengan ekspektasi yang ada, juga managemen yang sangat bekerja keras, agar semua dapat terwujud.

Rencana, 2,3,4,5….

Maksudnya adalah, rencana dadakan serta rencana ke 2,3,4,5, dan sebagainya. Poin ini agar nantinya dapat mem-backup rencana sebelumnya.

Yang menjadi hal awal sebuah acara terselenggara dengan baik pada awal perjalanan, tetapi mengalami permasalahan di tengah atau akhirnya.

Yang membuat siapa saja harus bergerak, mencari jalan keluar secara spontan. Sialnya, belum tentu efektif dan tepat. Oleh karenanya kedua hal tersebut juga harus diperbincangkan.

Itulah beberapa poin penting yang perlu adanya persiapan ketika akan menyelenggarakan suatu acara, serta dapat menjadi referensi.


Langkah Pembuatan Manual Acara

Kemudian ada beberapa langkah dalam membuat susunan acara / rundown acara / manual acara yang baik dan juga sesuai.

Meski terlihatnya mudah, namun membuat hal tersebut perlu adanya pemikiran yang matang, agar saat eksekusi, terwujud, dan sempurna.

Apalabila tidak pun, kita sebagai panitia sudah merancang rencana cadangan, atau bahkan dadakan sekalipun. Namun perlu dicatat para personel dari panitia acara harus tetap ada, jangan sampai pergi meninggalkan acara yang belum selesai.

Jadi, begini langkah pembuatannya:

Tujuan dan Konsep

Pertama adalah tentukan konsep serta tujuan dari penyelenggaraan acara. Apa tujuan yang ingin tercapai ketika acara tersebut terselenggara dan selesai.

Kedua, konsep yang seperti apa sebagai pedoman pengeksekusian nantinya oleh para anggota. Semua harus rinci, transparan, tidak boleh ditutup-tutupi oleh siapapun.

Tema

Setelah itu barulah tentukan tema acara yang akan terlaksana. Tema juga harus sesuai dengan pembahasan sebelumnya.

Organisatoris lain baca ini: Susunan Acara Berbagai Kegiatan, Dan Pembukaan Oleh MC

Agar semua selaras, beriringan, juga lebih mudah dalam mendapatkan gambaran seperti apa nantinya saat acara tersebut akan dimulai.

Pembuatan

Ini merupakan langkah setelah ketiga poin tersebut sudah tersepakati oleh para anggota. Tidak boleh satu pihak, atau hanya dari pemimpin saja. Semua mempunyai hak untuk berpendapat serta bersepakat.

Pembuatan manual dari acara tersebut, strukturnya antara lain:

  1. Pembukaan
  2. Sambutan
  3. Inti acara
  4. Doa penutup dan penutup

Ingat, harus runtut, tidak boleh loncat dalam pembuatan rundown acara. Semoga dapat menjadi referensi.


Contoh Teks Manual Pembuatan Acara

Teks manual acara (Foto: sahabatnesia.com)

Selajan dengan hal tersebut, ada beberapa contoh dari teks manual acara, yang dapat menjadi referensi, sekaligus memberikan ide kepada kita.

Ketika bingung harus memulai dari mana, jika sudah mendapatkan mandat untuk merumuskannya. Untuk itu, berikut contoh teks dari susunan acara, mulai dari pembukaan sampai kepada urutannya.

Assalamualaikum.

Selamat malam para hadirin yang berbahagia, yang telah menyempatkan waktu untuk berada dalam acara “Malam doa untuk Kemerdekaan RI”

Tak lupa saya sebagai pebawa acara mengucapkan terimakasih juga kepada Bapak / Ibu selaku pejabat di tempat yang menjadi lokasi penyelenggaraaan acara.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah. Marilah kita panjatkan kepada-Nya rasa syukur karena telah memberikan nikmat sehat wal afiat kepada kita sebagai ummat muslim yang Insya Allah mendapatkan uluran tangan-Nya ketika hari akhir itu datang.

Sholawat serta salam juga wajib kita haturkan kepada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW. Nabi sekaligus Rosul yang selalu menyayangi ummat Islam.

Dengan bukti membawa kita dari zaman yang “kelam” ke zaman yang serba mudah, simpel, praktis, serta dapat dengan bebas mencari ilmu sesuka hati kita.

Dalam acara ini, saya sebagai pembawa acara, akan membacakan beberapa susunan acara yang sebentar lagi terlaksana.

1. Pembukaan

2. Sambutan-sambutan

3. Isi berupa pidato tentang kemerdekaan serta doa bersama

4. Doa penutup

5. Penutup

Demikian rangkaian acara yang akan terlaksana dalam acara ini, mohon maaf apabila ada salah kata. Untuk mengawali, marilah kita membaca “basmalah” bersama-sama, sebagai pembuka dari acara ini.

Itulah contoh secara formal mengenai teks dari rundown acara, beserta bagaimana pembawa acara dapat melatih diri untuk bisa membawakan acara sesuai dengan aturan yang ada.

Manfaat Susunan Acara

Adapun beberapa manfaat dari susunan acara yang terancang sedemikian rupa. Seperti yang pertama, adalah masalah mengenai penanggungjawab.

Yang mana penanggungjawab dapat berkoordinasi secara intens, yang mana agar nantinya acara dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Selanjutnya adalah mengenai mengatur beberapa panitia yang terlibat dalam beberapa tugas pelaksanaan acara. Mulai dari mengawasi persiapan, pelaksanaan, sampai kepada akhir dari segmen acara tersebut.

Terakhir, sebagai satu patokan. Yang mana acara tersebut dapat memberikan gambaran kepada para anggota serta panitia, mengenai langkah-langkah menjalankan acara sesuai dengan rencana awal.

Sehingga menggunakan rencanan dadakan apalagi ke dua, tiga, dan sebagainya. Dapat terminimalisir dengan baik.

Penutup

Dari beberapa pembahasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwasannya semua hal ada kendala masing-masing di berbagai aspek kehidupan.

Mulai dari yang direncanakan, bahkan yang tidak terencana sekalipun. Hingga kemudian manusia dituntut agar dapat sigap, kreatif, dan peka terhadap hal yang mungkin janggal.

Juga dapat memutuskan secara tepat, ketika harus menangani masalah yang tak terduga. Termasuk dengan acara, pada poin ini yakni masalah susunan acaranya.

Seseorang harus paham betul bagaimana caranya agar semuanya berjalan dengan baik. Tanpa adanya terlihat dari para audience.

Bagaimana membawa diri agar dapat memanagemen acara tersebut sesuai, dengan memperhatikan beberapa poin yang ada, kemudian konsep dari pembuatan susunannya seperti apa.

Sehingga kita paham, siapa yang harus dievaluasi, harus bertindak sebagai backup, dan lainnya. Sampai kepada akhir acara, pun demikian.

Semoga membantu mengenai manual dari acara, dan bisa menjadi referensi. Terimakasih.

Daftar Pustaka:

  1. pengertianmenurutparaahli.net
  2. materibelajar.co.id
  3. blog.livelife.indo.com
  4. nurfasta.com
  5. halokros.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *