pengertian tanah podsolik

Pengertian Tanah Podsolik: 6 Daftar Persebaran Wilayah

Diposting pada

Kita kerap mempelajari kegunaan tanah yang subur dan menyuburkan tanaman. Padahal macam-macam tanah sangat banyak. Salah satunya adalah Tanah Podsolik. Berikut kita akan membahas mengenai pengertian Tanah podsolik.Tika, OrganisA51 – organisasi.co.id

Tanah Podsol

Berbagai jenis tanah terdapat di Indonesia. Jika kita ingin mengklasifikasikannya, maka cara termudah adalah dengan membaginya menjadi dua kategori besar yaitu subur dan tidak subur. Dari berbagai jenis tanah tersebut, tanah subur terdiri dari tanah Aluvial, tanah humus, dan tanah Andosol.

Sedangkan tanah tidak subur adalah tanah gambut, tanah Podsolik, dan tanah laterit. Pengertian tanah Podsolik akan kita kupas dalam artikel ini. Memiliki warna merah kekuningan, sebenarnya tanah ini merupakan mineral tua yang terbentuk karena curah hujan yang tinggi.

Bahkan suhu pada tanah ini juga terbilang sangat rendah. Dari warna tampilan yang nampak dari tanah tersebut, kita dapat menetukan tingkat kesuburan tanah Podsolik yaitu sangat rendah. Hal ini karena adanya pencucian pada tanah tesebut yang berasal dari besi dan aluminium yang teroksidasi.

Maksud dari pencucian tersebut adalah melalui curah hujan dan berlaku di daerah yang beriklim subtropis dan juga tropis seperti beberapa daerah di Indonesia.

Melihat karakteristik tanah yang seperti ini, banyak orang yang mengira tidak ada manfaat yang bisa kita ambil dari kondisi tanah seperti ini. Faktanya, hal-hal yang nampak tidak baik pun masih memiliki sisi baik. Demikian halnya dengan tanah Podsolik yang ternyata juga menyimpan beberapa manfaat.


Tekstur Tanah Podsol

Tekstur tanah podsolik (The Moon Doggies)

Dari pengertian tanah Podsolik, kita dapat melihat bagaimana tanah yang becek karena curah hujan yang tinggi kemudian mendapatkan sinar matahari. Tanah tersebut memiliki tekstur yang sedikit kasar dengan bongkahan-bongkahan di dalamnya.

Tidak sedikit juga bagian dari tanah Podsolik yang berpasir. Pada dasarnya sekalipun tanah ini memiliki suhu yang rendah dan berkali-kali basah akibat air hujan, karakteristiknya justru cepat kering. Inilah sebabnya warnanya bukan menjadi merah pekat namun merah kekuningan.

Jika kita pernah menyaksikan ampas kopi yang mengering, maka seperti itulah kurang lebihnya tekstur tanah Podsolik. Ia cenderung akan menempel pada tangan ketika kita memegangnya dan juga terasa lembab.

Ada bagian yang bernama liat pada tanah ini yang sama sekali tidak mampu menyerap air. Namun justru hal itu membuatnya lembek dan mudah dibentuk. Tidak heran jika banyak orang kreatif yang menjadikannya suatu benda dengan nilia yang lebih tinggi.

Organisatoris lain baca ini: Sejarah Shorinji vs Muay Thai: 3 Hal yang Berbeda


Kegunaan Tanah Podsol

Walaupun dari sisi pengertian tanah Podsolik kita dapat menilainya tidak subur, namun para petani masih memanfaatkannya untuk lahan pertanian.

Minimnya lahan bertani menyebabkan para petani memutar otak untuk dapat memanfaatkan lahan nganggur seperti halnya yang terjadi pada lahan dengan karakter tanah tidak subur ini.

Tentunya kita tidak bisa serta merta langsung menggunakannya untuk lahan pertanian. Semua harus kita mulai dengan perbaikan. Ibarat hendak menjual rumah tua, maka kita perlu melakukan perbaikan di sana sini dan memolesnya agar nampak indah dan nyaman dihuni.

Sama halnya dengan tanah podsolik yang harus kita poles sebelum membudidayakannya. Kita perlu memperbaiki apa yang rusak. Salah satunya adalah dengan memperbaiki struktur tanah tersebut melalui pemberian pupuk.

Dengan demikian setelah beberapa waktu kita dapat menggunakannya utuk perkebunan sawit maupun karet. Bahkan tidak sedikit juga makhluk hidup yang tinggal di area maupun di dalam tanah ini. Dengan demikian kegunaannya menjadi lebih luas dari yang kita bayangkan.

Selain sebagai habitat dan pertanian, tanah yang pada dasarnya sangat mudah dibentuk ini dapat menjadi karya seni tak ternilai dan juga menjadi bahan dasar pembuatan perkakas yang berbahan dasar tanah atau kita sebut gerabah.

Mungkin saja di masa yang akan mendatang dengan semakin meningkatnya ilmu pengetahuan, maka kegunaan dari tanah ini akan semakin meningkat.


Kekurangan dan Kelebihan Tanah Podsol

Pengertian tanah Podsolik tidak hanya sebatas warna merah kekuningannya saja. Namun juga mencakup kelebihan dan kekurangan dari tanah berpasir ini. Walaupun ia bukan tanah yang cocok untuk pertanian, namun saat ini teknologi dan ilmu pengetahuan mampu merombaknya menjadi sebuah lahan yang cocok bagi tanaman.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari tanah podsolik:

Kelebihan tanah podsolik

Jenis tanaman yang dapat hidup di atas tanah Podsolik yang telah melalui proses perbaikan unsur hara adalah pohon karet, pohon kelapa, jambu mete, hingga kelapa sawit.

Karakteristik tanaman-tanaman tersebut adalah memiliki akar yang hanya berada di permukaan. Mengingat unsur hara pada tanah ini tidak sampai ke lapisan dalam tanah, maka penanaman tanaman dengan akar permukaan sangat cocok.

Inilah salah satu kelebihan tanah Podsolik. Selain itu karena mudah untuk kita bentuk berdasarkan teksturnya, tidak sedikit orang yang memanfaatkannya menjadi karya seni. Berbagai jenis patung dan jenis-jenis dekorasi lainnya menjadi produk akhir dari tanah Podsolik.

Tanah merupakan pijakan makhluk hidup sekaligus tempat tinggal mereka. Sekalipun tanah tersebut hanya mengandung sedikit unsur hara, masih banyak makhluk hidup yang membutuhkannya sebagai tempat mereka menopang hidup.

Lebih daripada itu semua, ternyata nilai ekonomis tanah Podsolik tidak perlu kita ragukan. Beberapa barang industri yaitu keramik, batu bata, hingga genting, semuanya adalah berbahan dasar tanah ini. Tanah Podsolik ternyata jauh lebih mahal dari sisi ekonomi daripada tanah subur.

Jika kita bandingkan satu kilogram tanah subur dengan satu kilo tanah podsolik yang telah terbentuk, tentu saja harganya menjadi jauh berbeda.

Jangan salah juga ketika jenis tanah ini mampu mendapatkan perbaikan struktur dengan baik maka tentu saja kelebihannya menjadi semakin banyak. Hal itu akan menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup di sekitarnya termasuk menjadi habitat yang baik bagi makhluk hidup.

Kekurangan tanah podsolik

Setelah mendapatkan penjabaran mengenai kelebihan tanah podsolik, kita juga perlu mengetahui kekurangan yang ada pada tanah Podsolik.

Tanah ini tidak memiliki kemampuan yang optimal untuk menyimpan unsur hara. Jadi setiap tanah pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menyimpan unsur hara yang mana jika semakin tinggi kemampuan mereka maka tanah tersebut semakin subur.

Akan tetapi untuk tanah podsolik, ia tidak mampu menyimpan banyak unsur hara sehingga masuk dalam kategori tanah tidak subur.

Bahkan dari tingkat kejenuhan basa, tanah podsolik juga memiliki tingkat kejenuhan yang rendah. Kandungan mineralnya yang rendah seperti Ca, Mg, dan K justru tergolongh sangat rendah sehingga tanah ini sangat kurang cocok untuk tanaman dengan satu musim.

Selain mineral dan kandungan basa, kandungan air pada tanah podsolik juga sangat rendah. Memang tanah ini masih memiliki kandungan air, akan tetapi kadarnya sangat rendah. Itulah sebabnya tanah ini sering nampak kering. Hal itu karena daya serap lempung di dalamnya cenderung menolak masuknya air.

Untuk kandungan organik pun sama. Tanah Podsolik tidak memiliki kandungan bahan organik yang mumpuni hingga ke dalam tanah. Kandungan tersebut hanya sebatas di permukan tanah sehingga benar-benar tidak cocok untuk tanaman yang bersifat musiman.

Organisatois lain baca ini: Kata Modern Memiliki Arti: Definisi dan 3 Contoh


Cara Pengolahan Tanah Podsol

Dari pengertian tanah podsolik, kita seolah telah berpikir mengenai apa yang perlu kita upayakan untuk mengolahnya. Memang secara fisik dan kimia, jenis tanah ini termasuk dalam kategori tidak subur. Makin sulitnya mendapatkan lahan, akhirnya mau tidak mau kita harus berupaya memperbaiki tanah ini hingga cocok menjadi lahan.

Sebab itulah para petani akan berusaha keras untuk mencari cara agar tanah ini bisa menjadi lahan pertanian. Langkah pertama adalah dengan memberikan pupuk organik sehingga struktur tanah menjadi lebih baik. Kita dapat menggunakan kascing (pupuk bekas cacing), pupuk kandang, hingga pupuk kompos.

Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang optimal, kita dapat memaksimalkan pemberian pupuk kompos. Bahan lain yang bisa kita gunakan adalah materi hewani, membuat tutupan hijau, memanfaatkan lamun, hingga menggunakan serabut. Bahkan abu gergaji pun dapat kita gunakan.

Pertanian organik merupakan salah satu teknologi yang dapat kita gunakan yang mana tidak ada unsur kimia di dalamnya. Jadi secara biologis nutrisi di dalam tanah dapat terpenuhi. Kita juga dapat menambahkan pupuk organik dengan konsentrasi yang rendah agar keseimbangan nutrisi dan kualitas tanah semakin meningkat.

Melalui pertanian organik, maka erosi tanah dapat tercegah dengan sangat baik. Namun perlu kita ingat bahwa tanah podsol merupakan tanah yang sekalipun telah melalui banyak perbaikan, nutrisinya tetap tidak sesempurna tanah subur.

Untuk menanam tanaman pun hanya terbatas pada tanaman non musiman dan memiliki akar yang tidak sampai menyusup ke dalam tanah.


Daftar Persebaran Wilayah Tanah Podsol

persebaran tanah podzolik (gurugeografi.id)

Indonesia adalah negara kepulauan dengan beragam sumber daya alam. Bahkan terdapat banyak gunung berapi aktif di negara kita. Sebab itulah, jenis tanahnya pun berbeda-beda. Wilayah pegunungan yang terhampar di berbagai pulau di Indonesia menyebabkan maraknya tanah merah kekuningan ini. Adapun wilayah tersebut adalah:

  • Kalimantan
  • Jawa terutama Jawa Barat
  • Papua
  • Sumatera
  • Maluku
  • Nusa Tenggara

Ke enam wilayah inilah yang memanfaatkan penggunaan tanah podsol untuk perkebunan yakni untuk kelapa sawit, jambu mete, kelapa, dan karet.

Ke depannya dengan adanya aktivitas gunung berapi dan lain-lain yang mempengaruhi apa yang terjadi di Indonesia, maka tidak menutup kemungkinan penyebaran tanah ini akan semakin meluas atau justru semakin menyempit.

Penutup

Pengertian tanah podsolik adalah tanah yang berwarna merah kekuningan dengan minimnya kandungan hara. Jenis tanah ini cenderung lekas kering karena bagian liatnya tidak dapat menyerap air.

Nutrisi yang terkandung hanya sebatas di permukaan tanah saja sehingga sangat cocok bagi tanaman yang akarnya hanya berada di permukaan.

Sekalipun demikian, tanah ini juga kaya akan manfaat ekonomis seperti sebagai bahan dasar kerajinan tanah liat hingga kesenian lainnya. Saat ini telah banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki struktur tanah podsol sehingga dapat menjadi lahan pertanian.

Semoga artikel ini memberikan manfaat terutama untuk perkembangan pengetahuan dan teknologi di masa mendatang.

Daftar Pustaka

Tanah Podsolik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *