Prinsip pertanian organik
(Foto: pertanian-aderahayuirawan.blogspot.com)

Prinsip Pertanian Organik Yang Mudah Dengan 6 Model

Diposting pada

Prinsip pertanian organik merupakan prinsip budidaya berorientasi terhadap pemanfaatan bahan alami atau lokal tanpa harus menggunakan bahan kimia sintesis. Dengan 5 model prinsip ini masyarakat lebih mudah memahami akan pentingnya pertanian organik terhadap kesehatan manusia dan bumi.

Fauziyah, organisA51 – organisasi.co.id

Pertanian organik merupakan sistem produk tani terpadu serta holistik, mengoptimalkan produktivitas kesehatan agro ekosistem dengan alami, menghasilkan serat, pangan secara cukup, berkelanjutan, serta  kualitasnya tinggi.

Terdapat dua hal terkait pemahaman mengenai pertanian organik yaitu secara arti sempit dan luas, yaitu :

  • Pertanian organik secara sempit, merupakan pertanian bebas dari bahan kimia.
  • Pertanian organik secara luas, merupakan sistem produksi tani yang andalkan bahan alami serta membatasi bahan kimia. Yaitu berupa pestisida, zat pengatur tumbuh, herbisida, serta aditif pakan).

Prinsip Alami Pertanian Organik

Prinsip jenis pertanian secara organik tidak hanya sekedar kejar produksi semata, tidak hanya tujuan untuk mendapat keuntungan finansial.

Namun diharapkan pada kehidupan pelakunya terdapat perilaku alami untuk jalin hubungan yang seralas bersama lingkungan sekitar.

Di Negara kita, istilah pertanian organik, alami, berkelanjutan, selaras alam, seringkali ditemui pada  berbagai media.

Adakah perbedaan mengenai istilah-istilah tersebut? Sebetulnya istlah tersebut tidak memiliki perbedaan. Apalagi dengan prinsip alami ini, kita bisa berfokus terhadap :

  • Membangun kemandirian para petani tanpa tergantung terhadap industri penghasil, pestisida, bibit, benih serta pengatur pasar.
  • Orientasi budidaya tidak pada produk agar dapat dijual maupun eksport menggunakan harga tinggi daripada produk kimia.
  • Hasilkan pangan sehat.
  • Memperbaiki ekosistem.
  • Menggunakan input tani lokal, yang tingkatkan kemandirian para petani.
  • Memperbaki pranata sosial.
  • Praktik petani lebih bersetara gender.

Konsep tersebut sebetulnya mempunyai kesamaan tujuan untuk melestarikan serta kualitas baik untuk produk tani, kesuburan lahan atau tanah, udara, air, serta petani/manusia sendiri.

Karena makanan ataupun minuman yang dihasilkan tidak berbahaya untuk kesehatan manusia serta lingkungan.

Prinsip jenis pertanian secara organik ini baru hanya dipahami sekedar pada penggantian pupuk anorganik menjadi organik, serta kesuksesan aktivitas pertanian dapat diukur terhadap tingkat produksinya. 

Realisasi tersulit untuk terapkan konsep alami ini, bagaimana petani paham serta menyadari akan pemakaian pupuk serta pestisida kimia, yang mana residunya dapat membahayakan sendiri, keluarga, lingkunan serta konsumen.

Diharapkan petani memahami seperti apakah ekosistem alami yang dapat melestarikan dengan menjaga serta meningkatkan kualitas suatu produk tanah.

Karena apa nih yang di hadapi para petani ini merupakan jasad hidup serta memiliki kehidupan sendiri, baik tumbuhan/tanaman, hewan ataupun jasad renik lainnya, misalnya jamur, mikroorganisme serta lainnya yang hidup dengan simbiosis atau saling menguntungkan serta membutuhkan.

Terdapat pula peran unsur alam misalnya udara, matahari, air yang turut menciptakan keseimbangan alam.

Organisatoris lain baca ini: Pertanian Organik: Pondasi Masa Depan Negeri


Prinsip Kesehatan

Definisi prinsip pertanian organik
(Foto: pertanian-aderahayuirawan.blogspot.com)

Kini masyarakat mulai menyadari terhadap kesehatan pangan, prinsip pertanian secara alami atau organik hadir di Negara kita, yang mana bukanlah prinsip budidaya baru.

Nenek moyang dahulu sudah memiliki pengalaman akan prkatek sistem tani organik yang manfaatkan bahan-bahan alami.

Merekapun melakukan semuanya berdasarkan pengalaman serta informasi dari para petani lainnya.

Pertanian organik ini dijabarkan untuk sistem produksi melindungi kesehatan tanah, manusia serta ekosistem.

Sistem dengan basis ekologi, siklus, serta biodiversitas dalam kondisi mampu beradaptasi bersama kondisi lokal, daripada input efek negative pada lingkungan.

Prinsip

Prinsip jenis pertanian secara organik yang fokus terhadap kesehatan berkonsentrasi pada :

  • Lahan penggunaanya bebas dari bahan agrokimia berasal dari pupuk serta pestisida.
  • Menghindari dari penggunaan bibit/benih hasil rekayasa gen. Lebih baik menggunakan benih berasal dari pertanian organik.
  • Menghindari dari pupuk kimia serta zat pengatur tumbuhnya tumbuhan.
  • Menghindari pestisida kimia. Pengendalian penyakit, hama serta gulma yang dilakukan dengan manual, agen hayati, biopestisida, dan ritasi tanaman.
  • Hindari hormone tumbuh dari zat aditif sintetil terhadap pakan ternak serta tidak langsung terhadap pupuk asli atau kandang.
  • Penanganan setelah panen serta pengawetan pangan dengan cara yang alami.

Teknik Pengolahan

Tehnik pengolahan pertanian secara organik yang memperhatikan prinsip kesehatan, sebagai berikut :

  • Rotasi tanaman, agar dapat menekan serangan penyakit serta hama, dan memberikan kesempatan terhadap tanah agar dapat sediakan unsur hara untuk pertumbuhan dengan baik serta perkembangbiakan.
  • Pemanfaatan residu tanaman, yang mana memiliki manfaat baik jika ditangani secara baik pula berdasarkan karakeristiknya.
  • Penggunaan pupuk alami, pupuk hijau, tanaman lagme, limbah organik dari lahan atau kebun.
  • Pengolahan mekanis serta pemanfaatan batuan mineral.
  • Perlindungan tanaman biologis.

Sistem tani pertama kali memiliki produksi rendah ketika baru konversi dari tani konvensinal pada sistem ini, lalu meningkat hingga produksi tertentu.

Semenjak beberapa tahun belakang ini, permintaan a produk bahan organik di Negara kita cenderung begitu meningkat.

Rupanya promosi ini lumayan gencar dari produsen organik serta banyaknya persepsi terbetuk pada masyarakat, bahwa bahan organik sangat lebih aman terhadap kesehatan, daripada konvensional untuk mendorong meningkatkan permintaan.


Prinsip Ekologi

Prinsip Ekologi pada pertanian secara organik merupakan proses ekologi yang kendalikan sistem produksi tani. Terhadap ekologi tani, prinsip ekologi ini menuju ekosistem tani.


Istilah yang satu ini seringkali kita artikan meskipun tidak begitu tepat, sebagai sains, praktik serta gerakan pada bidang ilmu, dipelajari pada ekologi pertanian yang mana tidak terkait terhadap sebuah metode tani melainkan mengenai ekosistem pertanian.

Strategi ekologi pertanian

Ahli ekologi pertanian sama sekali tidak menentang teknologi pada sistem pertanian, tetapi menilai kapan dan bagaimana apabila teknologi bisa berfungsi seiring kekayaan hidup, keberagaman sosial serta manusia.

Ekologi tani ini tawarkan pola sesuai dengan lokasi. Untuk mempelajari ekosistem tani hingga ekologi pertanian tersebut, tidak terdapat rumus universal bisa kita jalankan pada setiap bentuk ekosistem.

Ekologi pertanian ini tidak berasaskan praktik tani tertenu. Ilmu ini mempelajari sifat dasar ekosistem pertanian.

Ekologi pertanian ini memperlajari sifat dasar interdisipliner, penggunaan ilmu alam agar dapat mempelajari elemen ekosistem tani misalnya sifat tanah serta interaksi tanaman serta hewah, ilmu sosial agar dapat memahami efek praktis terhadap masyarakat, gerakan perekonomian agar dapat membangun metode produk terbaru maupun faktor budaya menentukan praktik budi dayanya.

Pendekatan ekologi pertanian

Prinsip ekologi  pertanian secara organik mendefinisikannya sesuai dengan lokasi geografis yang terkait.

Di belahan bumi ini salah satunya, ekologi memiliki peran politik yang memiliki tujuan agar dapat memenuhi kesetaraan sosial serta ekonomi terhadap pelaku tani secara tradisional serta masyarakat pribumi.

Eropa serta Amerika Utara menjauhkan unsur politik tersebut serta lebih mengarah terhadap pendekatan ilmiah bersama sedikit unsur sosial.

Pendekatan basis ekologi ini, yang mana ekologi pertanian alanisis ekosistem tani dari segi dinamika populasi dengan spesies tertentu hubungannya bersama iklim, biogekimia, serta genetika populasi.

Ekologi pada pertanian secara inklusif ini memandang ekologi tani sebagai bagian dari salah satu pertanian, yang mana ekologi secara aman serta pertanian adalah salah satu bagian utama dari ekologi.

Mempelajari organisme pada hal interaksinya bersama lingkungan alam, hingga ekologi tani menjadi dasar paling utama pada ilmu pemanfaatan lahan yang mana manusia kelola kekuasaan pada organisme lingkungan dapat terencana secara baik.


Prinsip Pemberdayaan

Pertanian secara organik harus bangun hubugnan yang bisa menjamin pemberdayaan terkait lingkungan serta kesempatan untuk hidup bersama.

Pemberdayaan ini meliputi kesetaraan, pengelolaan dunia bersama, saling menghormati baik antar manusia maupun hubungannya bersama makhluk hidup lainnya.

Prinsip pemberdayaan pertanian secara organik yang satu ini tekankan bahwa siapapun yang terlibat bersama pertanian secara alami harus bangun hubungan secara manusiawi.

Agar dapat memastikan pemberdayaan untuk berbagai pihak pada semua tingkatan misalnya, pekerja, petani, penyaluran, pemrosesasn, perdagangan serta konsumen.

Pertanian secara organik ini harus kita kelola dengan hati-hati serta penuh, dengan tanggung jawab agar dapat melindungi kesejahteraan, kesehatan setiap generasi kini, dan yang akan datang.

Pertanian organik adalah sebuah sistem hidup ataupun eksternal.

Pelaku pertanian secara organik mendorong peningkatan efisiensi serta produktifitas, namun tidak boleh membahayakan kesejahteraan serta kesehatan.

Pemberdayaan pertanian secara organik memiliki pengaruh positif serta signifikan pada kinerja usaha. Yang mana usaha ini berdsarkan faktor individu juga lingkungan.

Organisatoris lain baca ini: Rahasia Pertanian Bangkok: 7 Langkah Lebih Maju

Indikator mendominasi yaitu pemberdayaan masyarakat untuk terus berusaha dengan berinovasi dan memperluas jaringan yang merefleksasikan pertanian sehingga mempunyai perencanaan dalam jangka panjang.

Kita butuhkan dukungan pemerintahan terkait kebijakan maupun aturan yang sediakan lokasi secara khusus bagi pertanian.

Hingga pertanian ini tidak terkontaminasi dengan pertanian konvensional.

Pertanian organik pun membutuhkan dukungan promosi, kelembagaan, pemasaran memadai juga tepat sasaran berdasarkan kebutuhan para petani alami.


Prinsip Kreatifisme

Kewirausahakan pada sektor pertanian adalah isu paling panting di Negara kita. Yang mana tantangan pertumbuhan ekonomi merupakan kemiskinan serta pengangguran.

Kewirausahaan pada sektor pertanian ini bisa juga menciptakan serta sediakan produk yang memiliki nilai inovasi baru, mewujudkan lingkungan lebih kreatif, mandiri ataupun mampu kembangkan usaha pertanian pada arah bisnis.

Kemampuan para petani agar dapat mempunyai kapasitas wirausahatani merupakan Prinsip kretifisme pertanian secara organik pada tingkat kewirausahaan.

Wirausahatani berkualitas tinggi diiringi oleh kesadaran terhadap peningkatan kreatifitisme berdasarkan bidang usahanya.

Sekarang ini inovasi menghadapkan pengembangan tani kreatif, mengacu terhadap 3 pilar, yaitu :

  • Memanfaatkan SDA secara optimal.
  • Menggunakan kemajuan teknologi ramah lingkungan yang mengarah terhadap produk hijau.
  • Memperhatikan pertanggung jawaban sosial pada pengembangan masyarakat.

Prinsip Kreativitas

Prinsip kreativitas pertanian termasuk pada pilar pembangunan yang berkelanjutan.

Usaha pertanian ini mempunyai hubungan bersama kewirausahaan dari aktivitas usaha tani pada proses siklus produksi, tehnik usaha, pengolahan, serta pemasaran.

Siklus tersebut sangat memerlukan keterampilan kewirausahaan, nantinya dapat meningkatkan usahanya.

Petani harus terapkan keterampilan kewirausahaan pada setiap aktivitas usaha pertanian secara organik berdasarkan standar tani organik.

Prinsip organik sebagai acuan aktivitas usaha tani serta memudahkan petani agar dapat identifikasikan kreatifitisme kewirausahaan apapun menjadi kebutuhan dalam pengelolaan pertanian secara organik.

Kreatifitisme kerjasama bersama jaringan, serta keterampilan strategi ada pada kategori tinggi. Semua kreativitas kewirausahaan yang menjadi kepemilikan petani alami ada pada kategori kreativitas tingkat tinggi.

Kinerja usaha tani organik terdiri dari kreativitas usaha tani ada pada kategori sedang, keuntungan serta penjualan usaha tani termasuk pada kategori menguntungkan.

Kreativitas kewirausahaan memiliki pengaruh positif serta signifikan pada kinerja usaha, tergantung dengan keterampilan serta faktor individu dan faktor lingkungan.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggunakan pupuk organik, yang mana akan melindungi kesehata tanam, menyelamatkan bumi, dan manusia sendiri.

Semoga kita semua selalu sehat, bumi membaik dan semakin subur.

Daftar Pustaka

  1. Betty Natalie Fitriatin, dkk. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN SISTEM PERTANIAN ORGANIK DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Vol. 8, No. 2
  2. Produsen pangan sehat
  3. Pokok pertanian alami
  4. Prinsip pertanian organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *