Tentang renang
Renang (Foto: orami.co.id)

Tentang Renang Dan Diving : Organisasi, 5 Penggiat

Diposting pada

Renang dan diving, adalah dua olahraga renang yang sangat digemari oleh banyak orang, hingga melahirkan beberapa atlet berprestasi, yang mengharumkan bangsa. Berikut pembahasan tentang federasi nasional dan internasional yang menaungi.

Ayu Maesaroh, – organisasi.co.id

Tentang olahraga yang berkaitan dengan air, sering menjadi hal yang banyak di perbincangkan pada berbagai kesempatan.

Terlebih dengan uforia penyambutan daripada olimpiade Tokyo, yang baru saja menjadi highlight dari warganegara Indonesia dari seluruh penjuru wilayah.

Entah masalah beberapa atlet yang memenangkan medali emas ataupun perunggu, di cabang olahraganya masing-masing.

Termasuk mengenai olahraga renang, diving, snorkeling, ataupun beberapa jenis olahraga air lainnya. Rasanya memang sudah waktunya, kita bangsa Indonesia, termasuk bangsa dari warganegara lainnya.

Mendapatkan kabar bagus mengenai hal apapun, bahkan tentang olimpiade sekalipun. Meski memang, tidak ada kaitannya dengan keadaan atau kondisi sekarang, yang mungkin terus-menerus kita rasakan.

Lewat berbagai perubahan peraturan mengenai PPKM yang berlaku di seluruh daerah di Indonesia, dan lainnya. Entah sampai kapan hal tersebut akan berakhir.

Sampai kapan semua akan kembali semula, dan harus menanggung berapa lama lagi, Indonesia dan dunia, terus dirundung pandemi yang benar-benar mematikan berbagai sektor kehidupan manusia.

Terlepas dari hal tersebut, ada baiknya kita mulai membahas salah satu olahraga, yang pasti bisa membuat diri sendiri, bisa lebih baik lagi, terutama dalam masalah mood. Ialah renang dan diving.

Berikut beberapa pembahasannya.

Pengertian Renang Secara Singkat

Secara umum, renang merupakan salah satu olahraga akuatik, yang mana terdapat beberapa gerakan, dengan tujuan untuk menyeimbangkan tubuh, bergerak secara mengapung dari satu arah ke arah lain.

Adapun literatur lain, yang mengatakan bahwa olahraga renang merupakan salah satu cabang akuatik. Yang mana sangat mengupayakan beberapa gerakan.

Organisatoris lain baca ini: Perlengkapan Renang: Pengertian Hingga 4 Jenis Bikini

Untuk bisa bergerak dari satu arah ke arah lainnya, secara mengapung. Entah dari gerakan kaki, tangan, ataupun lainnya.

Adapun pengertian olahraga renang menurut beberapa ahli, antara lain:

Menurut Mujahir

Beliau mengatakan bahwasannya olahraga renang, merupakan olahraga yang sangat menyehatkan. hal ini merujuk kepada berbagai gerakan dari olahraga tersebut.

Sehingga bermuara pada kekuatan otot bertambah, dan masa dari otot sendiri juga meningkat. Jadi, sangat baik ketika seseorang rutin melakukan renang 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Budiningsih

Beliau mengemukakan, bahwasannya olahraga tersebut, merupakan serangkaian gerakan, yang mana beberapa organ manusia yang bergerak, ialah kaki dan tangan mereka.

Hal tersebut bertujuan agar terapung dengan baik di air, serta menjaga keseimbangan tubuh di dalam air.

Abdoelah

Ia menjabarkan, bahwasanya hal tersebut merupakan jenis olahraga yang dapat terlaksana di beberapa jenis air. Entah air asin, air laut, air tawar, dan sebagainya.

Menurut Erlangga

Mengemukakan bahwa jenis olahraga tersebut, adalah kegiatan yang dapat menyenangkan hati, kemudian memberikan manfaat bagi otot manusia.

Serta menumbuhkan sikap pemberani terhadap suatu tantangan.

Jika kita simpulkan, maka olahraga tersebut, mrupakan jenis olahraga yang lebih bergantung kepada gerakan beberapa organ tubuh manusia.

Seperti tangan dan kaki, guna dapat terapung di permukaan air, serta bergerak dari satu arah ke arah lain. Selain itu, jenis ini juga mempunyai kebermanfaatan yang sangat pas untuk manusia.

Salah satunya adalah menambah masa otot, meningkatkan kesehatan tubuh, serta dapat menimbulkan sikap pemberani terhadap tantangan yang ada.

Nama Federasi Renang Nasional

Tentang renang
PRSI (Foto: m.facebook.com)

Sejalan dengan hal tersebut, adapun perkumpulan resmi untuk olahraga ini. Yang mana sampai sekarang masih berdiri, menjadi wadah bagi para perenang.


Serta atlet-atlet perenang profesional lainnya. Yang berproses untuk bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia ke kancah Internasional.

Ialah PRSI, atau kepanjangan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Organisasi ini lahir dan terbentuk pada tahun 1951.

Yang mana kantor pusat dari organisasi ini berada di Jakarta. Sebelum itu, organisasi ini belum genap bernama PRSI. Bahkan sebelum Indonesia merdeka. Sudah ada organisasi resmi yang menaungi para penggiat olahraga ini.

Hanya saja, pada waktu tersebut, olahraga ini terbatas, dan pada lingkup bangsawan saja yang dapat mempelajari olahraga ini.

Namun, saat penjajahan Jepang, mulailah sebuah revolusi, dan melahirkan beberapa club perenang besar di berbagai belahan daerah di Indonesia.

Yang pada akhirnya, pada tahun 1940-an, organisasi resmi dari perenang yakni NIZB atau kepanjangan dari Netherland Indische Zwembond, mempunyai anggota lebih dari 1200 anggota, yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Untuk organisasi PRSI ini, telah melaksanakan kongres pertama mereka pada tahun 1951, dengan ketuanya adalah Prof. dr. Poerwo Soedarmo.

Yang kemudian sekarang telah melaksanakan kongres ke-8 mereka di Bogor, dengan ketuanya adalah Sandiaga S. Uno. yang sekarang menjabat sebagai menteri kepariwisataan Indonesia.

Nama Persatuan Renang Internasional

FINA (Foto: worldaquaticsconvention.com)

Adapun organisasi yang sama bidang pergerakannya, namun berada pada cakupan wilayah yang berbeda. Organisasi ini juga sama.

Mereka berfokus pada satu aspek yang sama, ialah menjadi wadah bagi para penggiat olahraga tersebut, serta mengadakan beberapa kompetisi tingkat internasional.

Untuk mencari para atlet perenang berpotensial, yang sangat profesional, dan sebagainya. Ialah organisasi FINA atau kepanjangan dari Federation Internationale de Nation.

Organisasi ini ada dan terbentuk pada tahun 1908, tepatnya di London. Pada saat itu sedang berlangsungnya Olimpiade yang terselenggara di London.

Dalam pembentukannya, terdapat 8 Negara, yang menjadi penanggungjawab penuh atas keberlangsungan daripada organisasi ini.

Beberapa negara tersebut antara lain: Finlandia, Perancis, Jerman, Inggris, Swiss, dan yang terakhir adalah Hungaria. Untuk ketua dari organisasi ini, adalah seorang doktor yang berasal dari Uruguay.

Ialah Dr. Julio Maglione, yang menjabat dari tahun 2009, sampai dengan sekarang.

Tentang Renang Dan Hukumnya dalam Islam

Tapi, apa pandangan dari sisi agama mengenai hal ini, terutama agama Islam? Mengingat kita sangat paham bagaimana Islam mengatur segala kehidupan manusia di dunia ini, dalam segala aspek.

Terutama untuk ummat Muslim, yang kadang ada beberapa hal, membutuhkan telaah lebih dalam, agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman. Bahkan bisa jadi berbuntut menyalahkan orang lain, ketika sedang melaksanakan hal yang sedang kita telaah.

Termasuk dengan kegiatan dari berolahraga di dalam air sendiri, ialah berenang. Jika kita telaah lebih dalam, ada begitu banyak keuntungan yang kita dapatkan, ketika kita melaksanakan olahraga berenang tersebut.

Yang paling mudahnya adalah menambah masa otot kita. Karena lagi-lagi. Berenang adalah kegiatan, dimana gerakannya lebih bertumpu kepada pergerakan otot-otot yang dimiliki oleh manusia.

Entah di kaki, ataupun pada bagian tangan. Dengan maksud untuk memberikan keseimbangan pada tubuh. Dan ternyata, hal tersebut juga sangat disadari oleh agama Islam.

Yang mana ada sebuah riwayat hadist, yang mengatakan tentang hukum atau pandangan islam mengenai olahraga berenang ini.

Hal tersebut tercantum dalam HR. An-Nasa’i. Mengatakan bahwa Rosulullah memberikan beberapa hal menurut Beliau tidak bermanfaat atau sia-sia dari beberapa perkara kegiatan.

Seperti contohnya adalah bersenda gurau, bermain, yang mana hal tersebut tidak mengandung dzikir kepada Allah. Tapi Rosulullah mengecualikan 4 perkara, ialah bersenda guraunya antara suami dan istri.

Kemudian belajar memanah, serta mengajarkan untuk berenang. Dari Hadist tersebut, sudah tergambar dengan jelas, bagaimana renang tersebut sangat menguntungkan bagi manusia, terlebih untuk mereka yang melakukannya.

Diving Artinya

Yang selanjutnya adalah diving. Yang mana olahraga ini juga banyak peminatnya. Namun memang tidak sebanyak dari olahraga lain, yakni snorkeling.

Diving adalah olahraga selam, yang mana hanya teruntuk mereka yang ingin menjadi profesional selam. Mengingat ada beberapa syarat sebagai seorang penyelam profesional.

Salah satunya mereka harus lolos kualifikasi, menjadi seorang diving profesional. Kenapa? Hal tersebut merujuk kepada kedalaman air yang tidak biaasa.

Bahkan, bisa sampai lebih dari 500 meter kedalaman launt yang harus mereka selam. Dan dari kedalaman tersebut, sudah sangat fatal ketika kita tidak memiliki keterampilan menyelam, dalam hal ini ialah diving.

Nama Organisasi Diving Nasional dan Dunia

POSSI (Foto: facebook.com)

Sejalan dengan hal tersebut, para penggiat diving semakin banyak, hingga membuat berbagai pihak akhirnya berinsiatif untuk membentuk organisasi resmi, dalam bidang tersebut.

Ialah pada tahun 1960-an, mengenalkan teknik selam oleh para TNI – AL kala itu. Kemudian ada beberapa tokoh yang mengenalkan olahraga tersebut ke masyarakat luas, dan membuat organisasi resminya.

Ialah NDC, atau kepanjangannya ialah Nusantara Diving Club. Kemudian menyusul beberapa komunitas lainnya di bidang yang sama.

Ialah SDC atau Surabaya Diving Club. Hingga pada tahun 1970-an, kedua club tersebut akhirnya bersatu. Membentuk satu organisasi resmi, namun mencakup semua belahan daerah di Indonesia.

Ialah PEROPI atau singkatan dari Persatuan Olahraga Perairan Indonesia. Di masa yang sama, pada tahun yang tidak terlalu jauh.

Organisatoris lain baca ini: Kolam Renang, Ukuran dan Syarat

PEROPI pun akhirnya mengganti nama menjadi POSSI atau singkatan dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia. Yang kemudian menyusun beberapa peraturan, sebagai tindak lanjut dari keberlangsungan organisasi tersebut.

Kemudian untuk organisasi tingkat dunia, ada CMAS, atau kepanjangannya adalah Confederation Mondiale de Activite Subaquaties.

Organisasi ini adalah salah satu jenis yang memfokuskan untuk mencetak beberapa penyelam profesional. Mengingat organisasi ini, mempunyai wewenang untuk mengeluarkan sertifikat profesional sebagai penyelam.

Organisasi ini, berdiri pada tahun 1959, yang mana sebelumnya telah mengadakan konferensi dari para negara yang menjadi perwakilan federasi dari Negara masing-masing seperti Amerika, dan sebagainya.

Merumuskan untuk membahas tentang perumusan pembentukan organisasi ini.

Mengintip 5 Wanita Cantik Indonesia Yang Suka Diving

Dan sejalan dengan hal tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Yakni beberapa atlet, serta orang-orang yang akhirnya menunjukkan diri, bahwa mereka mempunyai potensi sebagai penyelam profesional.

Meski demikian, ada beberapa orang yang memang suka dengan olahraga diving atau menyelam, yang kemudian mereka mendalaminya, dan menjadikannya sebagai hobi mereka.

Beberapa orang tersebut antara lain:

Nikita Willy

Merupakan aktris cilik yang sudah mempunyai berbagai prestasi di bidang acting. Pun meski sekarang telah menikah. Kecintaannya pada olahraga selam terus menggelora.

Bahkan, tidak sungkan ada beberapa potretnya yang ada pada jejak media sosialnya, menggambarkan bagaimana Nikita Willy sangat menyukai hobi tersebut.

Pevita Pearce

Salah satu aktris yang dikenal dengan akting yang luar biasa, cantik, dan juga dikenal seksi di kalangan pria. Ternyata juga sangat menyukai olahraga diving tersebut.

Hal ini terlihat jelas dalam beberapa swafotonya ketika berada di kedalaman air tertentu, dan berpose, memberikan jejak di media sosial. Tentang kecintaannya pada alam Indonesia.

Nadine Chandrawinata

Salah satu aktris yang juga sering wara-wiri di beberapa program TV, dengan mengsung petualangan, dan juga pariwisata.

Karena hal tersebutlah, kecintaannya pada alam pun, semakin membara.

Chelsea Island

Selanjutnya adalah Chelsea Island, yang mana wajahnya sudah wara-wiri di berbagai film hits Indonesia. Namun, di balik hal tersebut.

Ternyata ia juga sangat senang untuk melakukan penyelaman, dan sebagainya.

Kirana Larasati

Yang terakhir ada Kirana Larasati, yang juga jatuh cinta dengan laut Labuan Bajo, ketika ia berlibur di sana. Dengan begitu menikmatinya.

Tidak segan ia menjepret dirinya sendiri, yang berada di bawah kedalaman tertentu. Serta berpose, menggambarkan bagaimana rasanya ia dapat menyelam di laut tersebut.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. Definisi berenang
  2. PRSI
  3. FINA
  4. Pandangan Islam tentang berenang
  5. Sejarah Diving
  6. POSSI
  7. CMAS
  8. Aktris penyuka diving

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *