sejarah muay thai

Sejarah Muay Thai VS Taekwondo

Diposting pada

Seni bela diri kini semakin menjamur. Tidak hanya bela diri asli Indonesia, namun juga dari mancanegara menjadi incaran pria dan wanita muda saat ini. Sejarah Muay Thai membuatnya menarik perhatian masyarakat Indonesia. Demikian pula dengan Taekwondo yang gerakannya sering muncul dalam drama Korea.

Tika, olahraga – organisasi.co.id

Sejarah Muay Thai VS Taekwondo

Mendengar istilah Muay Thai mungin masih terasa asing di telinga kita. Beberapa artis tanah air nampak gemar akan seni bela diri ini. Berbeda halnya dengan Taekwondo yang lebih dulu populer seiring maraknya drama Korea.

Sebenarnya bagaimana sejarah keduanya muncul?

Sejarah Permainan Muay Thai Dunia

muay thai (sehatq.com)

Kehilangan senjata saat pertempuran membuat negeri Siam harus memikirkan cara untuk membela negaranya dan mempertahankan hidup.

Kerajaan Thai akhirnya mengadopsi “Muay Boran” yang merupakan sebuah teknik tinju kuno untuk menyelamatkan harga diri mereka.

Ada pula pendapat yang menyebutkan jika seni bela diri ini berasal dari Krabi Kratong yang merupakan ilmu bela diri dengan senjata.

Muay Thai memiliki beberapa teknik yang terkenal dengan delapan tungkai. Mereka adalah tendangan, serangan lutut, siku, dan pukulan yang menggunakan delapan titik kontak atau tungkai. Pada sejarahnya, ilmu bela diri ini muncul pada tahun 2000 an yang mana saat itu terjadi berbagai konflik dan peperangan.

Sejarah Muay Thai mencatat bahwa mulanya ia memang menjadi sebuah ilmu bela diri dalam pertempuran. Akan tetapi lambat laun menjadi olahraga antar dua orang. Seiring berkembangnya waktu, ia kemudian menjadi sebuah pertunjukan dalam festival lokal di Thailand.

Festival-festival yang berlokasi di kuil biasanya akan menyajikan Muay Thai yang berfungsi sebagai hiburan bagi raja-raja Thailand. Mereka yang menjadi petarung akan menggunakan tali rami di sekitar lengan dan tangan. Dengan terhiburnya para raja, semua penghuni kerajaan makin tertarik dengan Muay Thai.

Muay Luang akhirnya berkembang di dalam kerajaan sebagai teknik bela diri Muay Thai yang khusus ada di kerajaan. Pada masa Kerajaan Ayutthaya, terbentuklah satu pengawal kerajaan yang memakai Muay Thai sebagai teknik perlindungan terhadap raja dan negara. Grom Nak Muay adalah sebutan bagi mereka yang artinya adalah petarung Muay.

Hal ini terus berlanjut hingga masa pemerntahan Raja Rama V hingga raja Rama VII.

Organisatoris baca: Prinsip Birokrasi Berdasarkan Teori Weber: 6 Jenis

Sejarah Muay Thai di Negara Eropa

Dalam masa seratus tahun terakhir, Muay Thai mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bermula saat Perang Dunia II yang mana tentara Thailand banyak yang pergi keluar negeri untuk bertarung.

Mereka tetap menggunakan teknik Muay Thai dan kerap berlatih di kamp peristirahatan mereka. Di sana tidak hanya ada tentara Thailand namun juga tentara dari Eropa dan Amerika.

Mereka pun melihat gerakan tersebut dan tertarik untuk mempelajarinya. Dari sinilah Muay Thai masuk dan menjadi bagian dari dunia olahraga.

Setelah perang Dunia II berakhir, masuklah seni bela diri ini ke dalam pertandingan olahraga dengan lima ronde dengan masing-masing tiga menit. Pembagian kelasnya berdasarkan pada kelas ringan, sedang, dan berat.

Untuk itu pemerintah Thailand membangun sebuah stadion di Ibukota Thailand yaitu Bangkok. Stadion itu yang menjadi sasi perkembangan Muay Thai. Hingga akhirnya kini olahraga ini telah menjadi ciri khas Thailand.

Induk Dan Lambang Organisasi Muay Thai

induk organisasi(kamusdata.com)

Setiap olahraga memiliki induk organisasi yang menaunginya. Khusus olahraga Muat Thai, IFMA International Federation of Muaythai Amateur) menjadi organisasi induknya. Berdiri di Bangkok, Thailand pada tahun 1993, IFMA memiliki 128 negara anggota. Pusat kantornya ada di Bangkok, Thailand.

Adapun susunan organisasi ini adalah terdiri dari IFMA Executive Board yang memuat H.E. General Pichitr Kullavanijaya sebagai Honorary president, Dr. Sakchye Tapsuwan sebagai president, Mr. Stephan Fox sebagai sekretaris umum, dan Mr. Kajorn Prowsri sebagai treasurer.

Terdapat pula sembilan orang vice president dan 22 anggota komite eksekutif. Tercatat pula 13 komisi IFMA yang mana wakil dari Indonesia adalah Abigeil Pamei.

Organisatoris baca : Penggemburan Tanah: 2 Jenis Pupuk Dan Cara Mengolah

Manfaat Muay Thai

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sama halnya dengan Muay Thai. Adapun manfaat olahraga ini antara lain:

a. Membentuk tubuh ideal

Muay Thai bukanlah olahraga ringan. Ketika kita melakukannya, maka kita menjadi berkeringat dan artinya kalori yang terbakar cukup banyak. Tubuh ideal akan tercipta dengan sendirinya.


berlatih Muay Thai akan mendorong terciptanya tubuh yang ideal dan meningkatkan ketahanan fisik.

b. Mengasah mental menjadi lebih kuat

Ilmu bela diri yang ekstrim nampak pada Muay Thai. Ia merupakan olahraga yang membutuhkan tenaga. Para pelaku akan menajdi lebih tahan banting dan percaya diri.

c. Menurunkan tingkat stress

Gerakan dalam Muay Thai membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Dengan demikian akan membuat kita menjadi lupa dengan masalah yang ada. Pada akhirnya kita dapat menjadi lebih sehat dan santai dalam berpikir.

d. Kulit menjadi lebih bercahaya

Adanya keringat yang muncul akan membuat racun hempas dari tubuh. Kulit pun menjadi bercahaya. dan lebih sehat.

e. Meningkatkan sistem imun tubuh

gerakan-gerakan yang ada dalam Muay Thai akan memberi banyak manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan sistem imun.

Sejarah Dan Teknik Dasar Taekwondo

taekwondo (yuksinau.id)

Berasal dari Korea, Taekwondo adalah olahraga seni bela diri modern yang berasal dari kata Tae yaitu kaki dan Kwon yaitu tangan.

Artinya adalah kaki berfungsi untuk menghancurkan musuh dengan tendangan dan tangan untuk mendisiplinkan diri. Berdasarkan sejarah, olahraga ini telah ada di tahun 37 M. Tepatnya di masa dinasti Koogoryo.

Kala itu, Taekwondo memiliki sebutan berbeda-beda. Contohnya Taeyon, Subak, dan taekkyon. Sejak itulah teknik bela diri ini dipakai oleh para ksatria pada masa kerajaan Shila, Chosun Kuno, dan dinasti Koryo.

Saat Korea merdeka di tahun 1945, negara ini mengembangkan Taekwondo dan akhirnya kini ia menjadi salah satu olahraga yang masuk dalam Olimpiade empat tahunan.

Tanggal 28 mei tahun 1973, terbentuklah organisasi WTF (World Taekwondo Federation). Organisasi ini bermarkas di Kukkiwon, Korea Selatan dengan Kim Un Yong sebagai presiden utama. Anggota WTF hingga saat ini berjumlah 186 negara.

Pada tahun 1974, olahraga in imasuk ke Indonesia yang dipimpin oleh Prof. Kim Ha. Beliau adalah Ketua asosiasi Korea di Indonesia. Ia menjadi penasihat INTIDO (Institut Taekwondo Indonesia) yang akhirnya membawa beliau mengikuti sidang umum II WTF.

Beliau pula yang memperjuangka INTIDO supaya dapat menjadi nggota WTF. Namun terdapat persyaratan seperti INTIDO yang harus berubah nama menjadi Federasi Taekwondo Indonesia. Saat itu pula Marsekal Muda Sugiri menjdi ketua umumnya.

Akhirnya pada 17 Juni 1976, FTI menjadi anggota WF dengan sah atas pnandatanganan presiden WTF Kim Un Yong.

Demi mematangkan olahraga ini di Indonesia, tahun 1976 Indonesia mendatangkan pelatih asal Korea Selatan. Tujuannya juga untuk meningkatkan mutu dan prestasi seni bela diri ini.

Taekwondo di Indonesia berkembang kembali menjadi PTI dan FTI. PTI adalah persatuan Taekwondo Indonesia dengan ketuanya adalah Leo Lapulisa.

Teknik Taekwondo

Dalam seni bela diri taekwndo, terdapat beberapa teknik dasar yang perlu kita keahui jika ingin mendalami olahraga ini. Tiga teknik tersebut antara lain:

a. Kyukpa

Adalah teknik pemecahan benda keras. Ia adalah latihan teknik yang menggunakan objek ataupun sasaran benda mati. Tujuannyaadalah untuk mengukur ketepatan dan kemampuan tekniknya. Objek sasarannya adalah batu bata, kayu, hingga genting.

Caranya adalah dengan memanfaatkan pukulan, tusukan jari tanga, tendangan, hingga sabetan.

b. Kyorugi

Merupakan sebuah pertarungan latihan dengan mengaplikasikan poomse. Dua orang yang sedang bertarung akan saling mempraktekkan teknik tersebut sebagai upaya mempertahankan diri.

c. Poomse

Ini adalah rangkaian jurus yang juga merupakan rangkaian teknik gerakan dasar. Contohnya adala pertahanan diri, serangan, dan lainnya untuk melawan lawan yang tidak nyata. Caranya adalah dengan mengikuti diagam tertentu.

Diagram ini berdasarkan filosofi timur yang berisi cara pandang bangsa Korea dan semangat.

Penampilan Atlit Tekwondo atau Muay Thai

Dalam penampilannya, kedua olahraga ini kerap kita temukan tekniknya dalam Mixed Martial Arts (MMA). Namun tentunya bagi atlet yang bersangkutan, tidaklah mudah untuk mempelajarinya.

Taekwondo tidak boleh menahan lawan dengan tangan. mereka juga tidak boleh mendorong atau memegang kerah baju lawan. Hal ini akan memaksa atlet untuk menetralisir serangan dengan berbagai teknik bela dri.

Walaupun demikian, baik Muay Thai maupun Taekwondo akan mampu menghasilkan sebuah gerakan yang proporsional yang mana perlindungan tangan dan kaki menjadi sinergi satu sama lain.

Ada pula gerakan Stand Up dan ground yang sering muncul dalam pertarungan MMA. Teknik ground adalah sebuah teknik dalam posisi terlentang maupun tengkurap. Bisa dengan memukuli lawan secara beruntun maupun mengunci kepala lawan dengan tangan mapun kaki.

Sementara Stand Up adalah bertarung dengan tangan kosong yaitu saat atlet dalam posisi berdiri. Adapun tekniknya adalah dengan menyikut, menendang, hingga meninju kepala lawan.

Jika atlet memiliki dasar bertinju, maka mereka akan bertarung dengan teknik berdiri. Namun apabila mereka terjun dengan judo maka mereka akan lebih banyak menggunakan teknik ground.

teknik lainnya adalah grappling yang memindahkan posisi untuk mencari keuntungan fisik seperti menarik lawan sampaiu jatuh atau mengunci mereka dalam posisi berdiri dengan cara memeluk. Ada pula teknik lainnya untuk melepaskan diri dari kuncian lawan.

Penutup

Baik taekwondo maupun Muay Thai memiliki teknik tersendiri untuk menyerang dan bertahan. Keduanya memang berasal dari negara yang berbeda namun di Indonesia, keduanya memiliki nilai lebih di hati pecinta olahraga tersebut.

Bahkan saat ini banyak public figure yang menggeluti kedua olahraga tersebut. Baik Muay Thai maupun taekwondo juga menjadi olahraga yang masuk dalam olimpiade dan digelar secara rutin. Indonesia memiliki para atlet terbaik mereka untuk maju ke kancah internasional.

Dalam pengaplikasiannya, baik Muay Thai maupun Taekwondo memiliki pakaian pertandingan masing-masing. Bahkan tingkatan-tingkatan mereka pun terbagi menajdi beberapa level yang ditandai dengan warna pada sabuk dan sebagainya.

Dengan demikian keduanya menjadi lebih berkembang dari waktu ke waktu dengan banyak peminat.

Daftar Pustaka

  1. Sejarah Muay Thai di Dunia
  2. Taekwondo
  3. Tak Sembarang Petarung Bisa Terjun ke MMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *