Rahasia pertanian Bangkok
Pertanian di Thailand (Foto: majalahfk.ub.ac.id)

Rahasia Pertanian Bangkok: 7 Langkah Lebih Maju

Diposting pada

Rahasia pertanian Bangkok, merupakan salah satu negara yang sangat optimis untuk menjadikan mereka sebagai kitchen of the world. Dengan berbagai 7 langkah lebih maju dalam masalah sektor pertanian mereka. Berikut penjelasannya.

Ayu Maesaroh, organisA51 – organisasi.co.id

Baru-baru ini, beberapa negara di belahan dunia, tertarik dengan sistem pertanian yang ada di Thailand. Hal tersebut merujuk ke hasil dari sayuran atau buah-buahan yang mereka produksi.

Mulai dari rasa, tekstur, dan lainnya. Yang mana jika dibandingkan dengan yang lain, mempunyai perbedaan yang signifikan.

Hal tersebut juga yang pada akhirnya, membuat buah, sayur dan beberapa bahan pangan dari Thailand, mempunyai harga yang cukup mahal, ketimbang sayuran atau buah-buahan yang sering kita beli di pasar, dan sebagainya.

Tidak sedikit negara-negara tetangga, mulai mengulik dari sisi sistem pertanian di Negara yang terkenal dengan julukan “Negeri Gajah Putih” tersebut.

Termasuk dengan Indonesia yang juga turut mengulik sistem dari pertanian yang ada di sana. Pasalnya, dalam kenyataan, antara Indonesia dan Thailand sangat berbeda di bidang produksinya.

Indonesia yang terkenal dengan kaya akan kekayaan alam dan sejenisnya, masih berada di bawah Thailand untuk produksi serta kualitas dari hasil pertanian.

Jadi, apa saja ya yang membuat Thailand semakin menarik oleh banyak orang di belahan dunia dalam bidang pertaniannya? Berikut pembahasannya.


Bagaimana Rahasia Pertanian Bangkok Thailand?

Rahasia dari pertanian Bangkok
Rahasia para petani Thailand (Foto: infoagribisnis.com)

Perlu kita sadari, bahwasannya beberapa Negara di kawasan ASEAN, rata-rata mengembangkan sektor pertanian untuk memajukan kesejahteraan rakyatnya.

Termasuk dengan Indonesia, Jepang, serta Thailand, yang dari dulu sektor tersebut juga sudah dikembangkan. Tapi, kenapa ya sekarang Pertanian di Negara Thailand khususnya Bangkok menjadi perhatian banyak orang?

Ada beberapa rahasia yang perlu di highligt dalam mengupas pertanian Bangkok, Thailand tersebut. Ialah:

Hak untuk Para Pedagang

Yang pertama adalah hak dari para pedagang yang ada di Thailand. Mereka mempunyai wewenang sendiri untuk menentukan harga dari barang entah dalam bentuk sayuran, buah-buahan, dan lainnya.

Pun dengan hak lain seperti mendapatkan fasilitas penuh dari Pemerintah, juga diberikan sesuai. Seperti misalnya pupuk, beberapa peralatan seperti traktor dan sebagainya.

Organisatoris lain baca ini: Kepanjangan dari FIFA: Sejarah Organisasi, 6 Zona

Disuplai oleh Pemerintah secara keseluruhan. Dan peran dari Pemerintah juga hanya sebatas sebagai saprodi atau kepanjangan dari sarana produksi pertanian.

Pemerintah tidak ikut serta dalam menentukan harga dari barang yang mereka hasilkan dari sektor pertanian tersebut. Karena kembali lagi ke awal, hal tersebut merupakan hak dari petani-petani Thailand sendiri.

Pengembangan Sektor Pertanian yang Semakin Maju

Beberapa pakar ilmu juga sepakat dengan hal tersebut. Di Thailand, berbagai penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sektor pertanian, juga semakin maju dari hari ke hari.

Pasalnya disana, Pemerintah memberikan sokongan dana sebagai bentuk dukungannya pada sektor pertanian. Sehingga hal tersebut pula yang membedakan antara Thailand dengan Negara-negara ASEAN yang lain.

Kedua hal tersebutlah yang menjadi alasan terpenting kenapa beberapa barang yang dihasilkan dari sektor pertanian Thailand, bisa berkualitas tinggi dan maju.


Ciri Pertanian Bangkok

Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa ciri khas dari pertanian bangkok, yang juga menjadi highlight penting. Pemerintah bersama dengan sektor lainnya mempunyai cara tersendiri untuk memajukan pertanian.

Serius dalam Memajukan Sektor Pertanian

Yang mana artinya adalah, Pemerintah sangat memperhatikan bidang pertanian. Hal tersebut merujuk kepada beberapa inovasi yang Pemerintah galakan untuk memajukannya.

Seperti misalnya mengadakan program Agriculture 4.0 yang mengarah kepada bioteknologi. Serta memberikan mandat kepada pihak terkait untuk mensubsidi bahan berkualitas.

Mulai dari sektor karet, beras, dan mengkonversi berasi menjadi makanan kering, agar nantinya Negara Thailand tidak mengalami defisit pemasukan.

Membuat Program Generasi Pemuda Petani yang Go Global

Tak hanya itu, Thailand juga membuat beberapa program lain untuk bisa memajukan sektor pertanian. Dengan cara membuat program untuk para generasi petani di sana, dengan taraf go global.

Ialah program Young Smart Farmer. Program tersebut terlaksana dan dirancang oleh Pemerintah bersama dengan Departemen Penyuluhan Pertanian.

Organisatoris lain baca ini: Pertanian Organik: Pengertian, Kegunaan Dan Peluang

Departemen tersebut bertugas memberikan penyuluhan mengenai materi pertanian yang sedang digalakan, yang mana level dalam pemberiannya sampai kepada komunitas dari masing-masing daerah.

Pun untuk daerahnya mencakup hingga ke tingkat per desa. Sistemnya juga termauk real time, sehingga bisa di dapatkan secara langsung oleh para petani yang ada di sana.

Adapun beberapa kualifikasi untuk bisa mengikuti program tersebut. Antara lain:

  • Mempunyai pengetahuan yang cukup tentang bidang pertanian, dan
  • Bisa mentrasfer pengetahuan tersebut kepada beberapa petani yang lain
  • Mempunyai kemampuan dalam memanage jumlah produk serta pemasaran yang ada
  • Mempunyai lahan pertanian yang ramah lingkungan
  • Bisa memprediksi tentang hasil kualitas dari produk yang ada
  • Serta bangga menjadi seorang petani.
  • Berpengalaman di bidang pertanian selama 1 – 3 tahun
  • Batas usia agar bisa mengikutinya yakni antara 17 – 45 tahun.

Dan jika para peserta belum sepenuhnya memenuhi persyaratan tersebut, mereka dapat menjalankan program awal terlebih dahulu yang bernama farmer young center.

Bekerjasama dengan Menteri Lainnya

Pemerintah dalm programnya, juga bekerjasama dengan para pihak lain, seperti misalnya dengan para menteri, untuk memberikan fasilitas yang diperlukan oleh para petani.

Contoh paling nyata adalah masalah internet access, atau akses internet yang sudah bisa dijangkau sampai ke wilayah desa.

Yang mana bertujuan, agar para petani yang ada di Thailand, dapat memaksimalkan penghasilan mereka lewat internet.

Namun, untuk mewujudkan hal tersebut juga tidak serta-meerta bekerjasama dengan satu pihak menteri, yakni Ministry of Digital Economy and Society.

Menteri tersebut juga bekerjasama dengan Menteri Pendidikan agar bisa memberikan penyuluhan dalam pengenalan menggunakan internet agar bisa memaksimalkan penghasilan mereka.

Itulah beberapa pembahasan mengenai rahasia pertanian dari Negara Thailand, Bangkok, memajukan sektor pertaniannya.


Apakah Bangkok Menggunakan Sistem Organik?

Namun akan ada muncul pertanyaan, apakah sektor pertanian di Thailand, merupakan pertanian jenis sistem organik? Jika kita mundur kembali pada tahun 1990an.

Sektor pertanian di Thailand sudah berkembang sejak saat tersebut, pun dengan cara sistem organik. Kenapa? Karena dahulu sistem pertanian di Bangkok, Thailand, pernah mengalami kegagalan.

Dan akhirnya Pemerintah mendapatkan kudeta dari para warganegaranya. Mereka menganggap bahwa Pemerintah khususnya raja dari Negara tersebut, sudah gagal untuk memajukan Negara di bidang pertanian.

Karena hal tersebutlah, pada tahun tersebut Pemerintah kerajaan Bangkok, Thailand mulai mencari rahasia untuk bisa memajukan sektor pertanian.

Hingga kemudian, sistem organik tersebut digalakan. Dengan keadaan yang sama, Pemerintah pun bekerjasama dan mendapatkan dukungan dari beberapa pihak, seperti Lembaga Pemerintah Non Kementrian atau NGO, pengusaha, serta beberapa akademisi.

Yang kemudian lambat laun, hal tersebut menjadi modal untuk tekad Pemerintah kerajaan, menjadikan Negara Thailand sebagai kitchen of the world.


Jenis Pemupukan dan Media Tanam di Bangkok

Media pertanian di Bangkok (Foto: kabartani.com)

Sejalan dengan hal tersebut, rahasia pertanian di Bangkok, Thailand, juga merambah ke aspek media tanam serta jenis pemupukan yang ada sering dipakai.

Tujuannya sudah pasti, yakni memberikan hasil produksi pertanian lebih bagus dan optimal, dan juga memuaskan para konsumen dalam bertransaksi dengan mereka. Maka berikut penjelasannya.

Media Tanam

Untuk media tanam, Negara Thailand lebih suka menggunaka sistem organik. Yang mana mereka menggunakan media pot dengan memberikan lobang yang lebih dari 5 lubang.

Gunanya, agar bisa memberikan pengoptimalan terhadap pertumbuhan tanaman, terutama pada sisi akarnya. Kemudian media lain yang mereka gunakan adalah pupuk.

Organisatoris lain baca ini: WWF: Organisasi untuk Mahluk Liar dan 7 Program

Pupuk disini menggunakan pupuk MOS. Pupuk tersebut terbuat dari lumut yang terdapat di daerah lembab. Yang mana mereka dapat menyerap air dan nutrisi dari sekitarnya lebih cepat, ketimbang jenis lainnya.

Biasanya pupuk atau media demikian, sering ditemui di beberapa tanaman, seperti bunga, dan sebagainya.

Jenis Pupuk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mereka menggunakan pupuk jenis MOS, untuk bisa membuat tanaman tersebut dapat menyerap nutrisi lebih baik.

Disamping itu, mereka juga menggunakan suplemen nutrisi untuk tanaman mereka, agar bisa mendapatkan makanan yang lebih.

Seperti contohnya adalah jenis decasar. Adalah jenis nutrisi yang berbentuk seperti kristal-kristal kecil. Dengan bentuk bulat dan keras. Serta sistem mereka di tanah akan mengikis.

Sehingga secara bertahap, tanaman bisa menyerapnya juga bertahap. Jenis tersebut juga membantu para petani dalam menghemat pengeluaran untuk sektor demikian.

Mengingat jenis nutrisi tersebut dapat terserap secara bertahap, dan proses pengkristalannya pun tidak sebentar.


Contoh Foto-foto hasil Tani Bangkok

Oleh karenanya beberapa poin tersebut menjadi alasan penting kenapa berbagai negara di belahan dunia, melirik sistem pertanian dari Bangkok Thailand. Mulai dari rahasia pertanian mereka agar bisa menghasilkan yang lebih baik, dan sebagainya.

Pun dengan sistem koordinasi yang baik juga antara Pemerintah kerajaan, warga, dan beberapa pihak lainnya. Yang ikut bersinergi dalam memajukan pertanian di Thailand.

Padahal, jika dilihat dari segi lahan, lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Yang kita tahu, negara kita mendapat julukan sebagai “Negara Agraria”.

Namun, dari pencapaian tersebut, membuat pasang mata tertuju pada Negara Thailand. Mereka bisa membuktikan, dengan lahan yang demikian, mereka bisa menjadi produsen paling produktif dalam sektor pertanian.

Termasuk dengan rahasia pertanian Bangkok, yang selama ini mereka kembangkan. Berikut contoh hasil pertanian mereka, yang telah mendunia, bahkan sudah banyak negara lain yang mengapresiasi atas hal tersebut pada negara Thailand:

Hasil karet (Foto: finance.detik.com)
Hasil padi (Foto: faktadaerah.com)

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengena rahasia pertanian Bangkok. Dengan adanya beberapa poin tersebut, menjadikan pembelajaran bagi kita semua.

Bahwasannya semua kesuksesan yang diinginkan, perlu adanya kerjasama dan sinergitas antara satu pihak dengan pihak yang lain.

Juga harus mempunyai ide dan gagasan ataupun strategi, dalam mencapai tujuan yang sudah menjadi rancangan bersama.

Karena, jika sendiri-sendiri, mungkin akan terwujud dengan atas izin dari-Nya. Namun waktu yang dibutuhkan akan sangat lama, serta mengorbankan banyak tenaga, pikiran, dan juga mental diri kita sendiri.

Oleh karenanya, bersinergi dan bekerjasama, memang caara terbaik untuk mewujudkan sebuah tujuan.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. rahasia tani bangkok
  2. ciri pertanian
  3. model media tanam

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *