12 Daftar Tanggal Penting Bulan Januari

Tanggal penting bulan Januari
Akhir Desember (Foto: cerdika.pikiran-rakyat.com)

Tanggal penting bulan Januari, mempunyai beberapa peringatan di setiap tanggal harinya. Ada peringatan yang sudah biasa kita dengar, ada juga yang masih asing. Berikut beberapa ulasannya. Ayu Maesaroh, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Ada begitu banyak tanggal penting di setiap tahun, pada tiap bulannya. Ada begitu banyak peristiwa yang menjadi catatan sejarah.

Bacaan Lainnya

Yang teramat membekas di relung hati rakyat Indonesia. Entah pada saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia serta keluar dari belenggu penjajah.

Dan rasanya mempertahankan jauh lebih berat pengorbanannya, dan jauh lebih sakit pengorbanannya. Mengingat rakyat Indonesia pada waktu itu, harus sepandai mungkin dalam memelihara kesejahteraan dan kedamaian negara.

Terlebih pada peristiwa seperti Trisakti, G 30 / S PKI, dan beberapa tragedi lainnya. Dimana pertumpahan darah terjadi dimana-mana, yang terjadi pada waktu itu bulan september.

Kali ini akan membahas tentang beberapa tanggal penting di bulan Januari. Mengingat ada begitu banyak hari-hari penting seperti gizi nasional. Kemudian kelahiran dari ormas NU atau singkatan dari Nahdlatul Ulama.

Dengan latar belakang yang menjadi alasan, kenapa perayaan tersebut harus ada. Serta tanggal penetapan pada hari tersebut.

Jadi, berikut beberapa ulasan selengkapnya:

Tahun Baru Masehi, Tanggal Penting Januari Awal

Yang pertama adalah perayaan tahun baru, yang bertepatan pada tanggal 1 Januari mendatang. Hal tersebut tercipta dengan alasan menyambut tahun baru, lembaran baru, dengan segala kemungkinan yang baru di hidup manusia.

Indonesia sendiri, mengikuti perhitungan perayaan tahun baru seperti pada umumnya di beberapa negara, yakni tanggal 1 Januari.

Biasanya ada beberapa tradisi dalam perayaan tersebut, seperti menyalakan kembang api, berkumpul dengan keluarga, sanak dan saudara, dan sebagainya, di malam tersebut.

World Day Peace

Tanggal penting di bulan Januari
Perdamaian dunia (Foto: kaj.or.id)

Adalah peringatan hari perdamaian dunia, yang biasanya terselenggara pada 1 Januari oleh Ummat Gereja di seluruh dunia.

Tujuan adanya hari tersebut, memang telah tercantum sebagai pendedikasian terhadap perdamaian dunia di agama Kristen. Peringatan ini sudah ada sebenarnya pada tahun 1967, namun baru terlaksana pada tahun 1968.

Organisatoris lain baca ini: HAM Sedunia: 16 Daftar Hari Penting Bulan Desember

Di tiap tahunnya, akan membahas tema yang berbeda-beda, sesuai dengan fokus yang ada. Seperti misalnya mengenai HAM, isu perempuan, tentang serikat buruh, dan sebagainya.

Lingkungan Hidup Sedunia

Selanjutnya adalah hari lingkungan hidup, yang diadakan pada tanggal 5 Januari nanti. Hari tersebut diadakan guna memberikan kesadaran bagi manusia yang ada di muka bumi.

Bahwasannya perlu adanya pemeliharaan lingkungan hidup yang lebih baik lagi. Serta menjadi satu tindakan dalam melindungi alam serta planet.

Penggagas dari tercetusnya hal tersebut, adalah organisasi PBB.

Departemen Agama Republik Indonesia

Selanjutnya adalah perayaan kelahiran dari Departemen Agama Republik Indonesia, yang tercetus pada 3 Januari mendatang.

Tujuan dari adanya pembentukan tersebut, adalah memenuhi kebutuhan masyarakat dari zaman penjajahan, akan beberapa urusan agama yang tergolong tidak mendapatkan pelayan baik kala itu. Sehingga Departemen Agama ini, bertanggungjawab atas pemenuhan tersebut.

Korps Wanita Angkatan Laut

Di 5 Januari nanti, juga akan menjadi salah satu perayaan Korps Wanita Angkatan Laut atau disingkat menjadi KOWAL. Angkatan laut wanita sampai detik ini masih menjadi kebutuhan yang primer.

Dan hal tersebut dulunya, menjadi satu alasan kenapa ada KOWAL, serta memunculkan para angkatan laut wanita dengan pangkat perwira, di tahun 1962.

Dari lahirnya KOWAL tersebut, juga mencuat satu nama, yang mana mempunyai peran penting dalam pembentukan KOWAL dalam tubuh angkatan laut Indonesia.

Ialah Komodor Yos Sudarso. Seorang Laksamana Madya, yang lahir pada tanggal 24 November tahun 1925, dan wafat pada tanggal 15 januari 1962.

Gerakan Satu Juta Pohon

Selanjutnya adalah gerakan satu juta pohon, yang akan terselenggara pada 10 Januari nanti. Dimana tujuan dari penanaman pohon tersebut.

Adalah agar manusia dan hewan terlindungi akan bencana alam, serta merawat habitat yang ada. Apalagi sekarang sudah era industri, yang sangat membutuhkan pohon, guna sebagi penyedia oksigen sehat, serta menyerap racun yang ada di udara, contohnya karbondioksida.

Tritura, Januari Dan Tanggal Peristiwa Penting Negara

10 Januari bukan hanya untuk merayakan hari gerakan satu juta pohon, namun juga peristiwa pada tahun 1965, yakni Gerakan Tritura yang tercetus, atas penolakan rakyat kepada Pemerintah.

Atas tragedi G 30 S/PKI yang menyebabkan pertumpahan darah. Adapun isi dari Tritura atau singkatan dari Tiga Tuntutan Rakyat kepada Presiden, yakni:

  1. Bubarkan PKI
  2. Harus merombak kabinet Dwikora, dan
  3. Turunkan harga

Peristiwa Laut dan Samudera (Hari Dharma Samudera)

Adapun lainnya yakni peringatan laut dan samudera (Hari Dharma Samudera) sebagai tanggal penting di bulan Januari.

Untuk mengenang kilas balik pertempuran antara TNI angkatan laut Indonesia, yang melawan Belanda di laut Aru Papua, dalam rangka pembebasan wilayah Papua yang masih menjadi kekuasaan Belanda.

Gizi Nasional

Kemudian pada 25 Januari nanti, menjadi perayaan hari gizi secara nasional. Dimana dalam rangka tersebut, bertujuan menyadarkan masyarakat.

Bahwa gizi yang baik akan melahirkan generasi muda bangsa, yang mempunyai proses pertumbuhan serta perkembangan yang optimal.

Apalagi di era pandemi seperti sekarang, dimana gizi yang baik menjadi modal utama dalam menjaga imun tubuh agar tidak mudah terjangkit virus penyakit, termasuk Covid-19.

Kusta Internasional

Kusta sedunia (Foto: id.depositophoto.com)

Selain itu, di tanggal 25 Januari juga akan memperingati hari Kusta secara Internasional. Kusta memang salah satu penyakit yang jarang kita dengar.

Penyakit ini adalah jenis penyakit yang tidak begitu menular. Mereka akan menular ke orang lain, lewat cairan yang keluar dari mulut penderita, atau pun lewat hidung.

Adapun beberapa gejala yang menjadi penanda seseorang terjangkit penyakit kusta, antara lain:

1. Kulit tiba-tiba lecet, dan hal tersebut berlangsung lama

2. Adanya bercak di kulit

3. Otot mulai melemah

4. Tiba-tiba kaki, tangan, dan alat gerak tubuh lainnya terasa mati rasa

5. Jika sudah sedikit parah, syaraf akan membesar di beberapa bagian seperti sikut dan lutut

6. Hidung merasa tersumbat, dan tiba-tiba mimisan

7. jari-jari tangan tiba-tiba melengkung, karena imbas dari kelumpuhan beberapa jaringan ototnya.

8. Terdapat bisul

9. Hal-hal sepeti cedera atau pun luka bakar, akan sulit untuk diketahui apa penyebabnya. Mengingat pasien sudah merasakan mati rasa karena kerusakan beberapa saraf, dan hal tersebut dapat memicu proses penyembuhan yang panjang.

Kepabean Internasional

Per tanggal 26 bulan Januari nanti, juga akan terselenggarakannya peringatan hari Kepabean Internasional. Dimana sebenarnya, tanggal tersebut tertafsirkan sebagai hari berdirinya WCO.

Atau singkatan dari World Costums Organization. Yang tercetus atas organisasi Bea Cukai di seluruh dunia, Tujuan daripada adanya hal tersebut, beragam sesuai dengan keadaan yang ada.

Misalnya di era pandemi sekarang, dimana tujuan dari WCO tersebut, bisa berusaha keluar dari krisis ekonomi yang semakin terpuruk dari hari ke harinya, dan sebagainya.

Kelahiran Nahdlatul Ulama (16 Rajab 1344 H)

Selanjutnya ialah pada 31 Januari nanti, menjadi hari lahirnya ormas NU atau singkatan dari Nahdlatul Ulama. Dimana NU menjadi satu organisasi yang juga ikut dalam perjuangan kemedekaan Indonesia.

Beberapa literatur mengatakan, bahwa teciptanya NU, karena dua alasan. Yang pertama adalah sebagai salah satu alternatif dalam mengeluarkan diri dari belenggu penjajah kala itu.

Yang selanjutnya adalah sebagai kelanjutan daripada kegiatan Walisongo, yakni para walinya Allah, dlam menyebarkan ajaran Agama Islam yang baik.

Itulah beberapa daftar hari-hari penting pada bulan Januari. Dimana ada begitu banyak makna pada setiap peringatannya, serta cara mengimplementasikan nilai-nilai dalam hidup.

Apalagi di era sekarang, begitu banyak kemajuan teknologi, yang memudahkan kita untuk mendapatkan beragam informasi, sebagai pembelajaran menumbuhkan nasionalisme kepada tanah air Indonesia.

Oleh karenanya dalam beragam peringatan hari apapun, tidak lantas dijadikan hanya peringatan semata, namun juga satu poin penting untuk menguatkan beberapa hal, yakni:

Implementasi Hari Penting Nasional

Ada beberapa implementasi yang dapat kamu lakukan dalam menghayati berbagai hari penting di bulan Januari. Antara lain:

Rasa Memiliki Tanah Air

Karena siapa lagi yang akan menjadi penerus bangsa, selain bangsa Indonesia sendiri, di generasi selanjutnya. Ada masa depan disana yang perlu mendapatkan arahan yang baik.

Agar nantinya, bisa berkembang, memajukan Indonesia, ke masa depan yang lebih cerah.

Lebih Perduli Terhadap Sesama

Dimana tidak ada yang namanya pembeda sikap, antara satu orang dengan orang lain karena mereka mempunyai “kekurangan”.

Seperti misalnya orang yang mengalami penyakit kusta. Bukan berarti kita harus menghindari mereka, karena diri mereka yang demikian.

Begitu juga dengan HIV/AIDS, bukan orangnya yang kita hindari, namun perilakunya, yang dapat menimbulkan terjadinya hal tersebut.

Menghormati Sesama

Yang mana lantas tidak harus menimbulkan beragam stigma negatif lagi terhadap perempuan atau nilai apapun yang sepertinya “diharuskan” untuk wanita, atau bahkan memperlakukan wanita dalam ketimpangan gender.

Organisatoris lain baca ini: November 2021: Peristiwa dan 25 Daftar Hari Penting

Hal tersebut merujuk kepada hari KOWAL, yang mana membuktikan bahwasannya, perempuan juga mempunyai peran penting dalam masalah kelautan. Tidak semuanya beberapa teknis dapat dilakukan oleh pria.

Semangat Memajukan Indonesia

Dimana sejarah, pada dasarnya menjadi satu refleksi kita akan generasi muda bangsa, untuk mengingat bagaimana para pahlawan Indonesia.

Berjuang menyerahkan nyawa, demi Indonesia dapat merdeka. Di era sekarang, menjadi perjuangan baru untuk para generasi muda.

Berjuang dalam memajukan negara, meningkatkan kesejahteraan bangsa, keadilan bangsa, atas asas Bhineka Tunggal Ika.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai tanggal penting di bulan Januari. Yang mungkin ada beberapa peringatan yang masih asing di telinga kita.

Seperti contohnya kusta, hari Departemen Agama Republik Indonesia, atau mungkin hari lingkungan hidup sedunia, yang baru dipahami pada artikel kali ini.

Yang mana mempunyai arti dan makna tersendiri, dari memperingati hal tersebut. Ada unsur empati dan simpati di dalamnya.

Serta memberikan semangat bagi mereka yang mungkin sekarang masih berjuang untuk bisa sembuh dari penyakit mereka.

Lalu, bagaimana persiapan kamu dalam menyambut hari penting di bulan Januari nanti? Sudah ada agenda dan rundown acara?

Atau masih bingung membuat list acaranya? Apalagi sekarang sudah mendekati Tahun baru. Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. tahun baru
  2. kemenag
  3. bulelengkab
  4. nationalgeographic
  5. lingkungan hidup
  6. bantulkab
  7. blitarkab
  8. stikessurabaya
  9. bc-ambon
  10. jabarnu
  11. perdamaiandunia

Pos terkait