Sebenarnya apa arti moderator presentasi? Apa bedanya antara profesi moderator dengan MC (master of Ceremony)? Meskipun nampak mirip dan sering diperlukan dalam memandu acara, namun ternyata keduanya berbeda loh. ~Komunikasi
Aprilia Dwi Lestari
Moderator presentasi ternyata memiliki arti yang tak sama dengan Master of Ceremony atau yang sering di sebut dengan MC. Meskipun kedua profesi tersebut bergelut pada tugas yang sama yaitu memandu sebuah acara.
Namun ternyata keduanya adalah profesi yang berbeda loh. Perbedaan keduanya terletak pada ranah tugas dan tanggung jawab acaranya.
Moderator lebih ke acara tugas gagasan dan forum. MC lebih ke acara umum.
Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa pengertian moderator? Pengertian MC? Persiapan dan skill pendukung?
Poin-poin menjadi MC? Hingga contoh teks moderator presentasi sekolah atau perkuliahan akan kamu temukan jawabannya di sini.
Arti dari Moderator
Arti moderator presentasi adalah seseorang yang tugasnya memoderasi dari memandu, mengatur, menengahi hingga mengawasi jalannya sebuah diskusi yang berlangsung.
Tujuan utamanya yaitu agar diskusi dalam forum tersebut bisa berjalan dengan kondusif.
Arti dan peran moderator dalam presentasi ternyata sangat penting. Bahkan menjadi orang penting kedua setelah narasumber atau pembicara dalam forum atau presentasi.
Pengaturan dari peran moderator ini akan sangat berperan terhadap lancar tidaknya presentasi.
Yaitu dari cara moderator mengatur waktu, acara utama presentasi, waktu tanya jawab hingga waktu membuat rangkuman atau penarikan kesimpulan diskusi.
Oleh karenanya, antara moderator dan presenter ini sebisa mungkin harus menjalin relasi komunikasi terlebih dahulu agar dapat merancang scenario presentasi yang baik.
Begitu pula saat pelaksanaan diskusi dan acara forum berlangsung, presenter dengan moderator menjadi sama-sama tim penyaji kepada audience. Moderator dapat turut memberikan tambahan ide diskusi atau masukan lainnya.
Meskipun demikian, moderator tetap harus sadar akan perannya hanya sebagai pihak kedua setelah presenter sebagai pemain utama.
Sehingga moderator pantang mengeluarkan pernyataan yang bertentanagn dengan presenter.
Begitulah sedikit gambaran dan arti dari moderator presentasi yang dapat kamu jadikan acuan saat harus praktik di lapangan menjadi moderator.
Pengertian MC
Tak hanya arti moderator presentasi, tentu kamu juga perlu tahu pengertian MC. MC sendiri yaitu singkatan dari master of ceremony.
Yang mana tugasnya untuk memandu dan memastikan keberlangsungan acara berjalan dengan baik.
MC juga dapat di artikan sebagai individu yang bekerja sebagai fasilitator serta menjadi tuan rumah dalam sebuah acara.
Secara umum, MC ini akan mengerjakan beberapa fungsi yang berkaitan dengan pekerjaan di belakang layar dengan para tamu.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat di simpulkan bahwa MC merupakan fasilitator atau penghubung anatara pemiliki acara dengan para tamu yang hadir.
Beberapa tugas MC lainnya yaitu
- Membuka dan menutup sebuah acara dengan sambutan yang menarik dan menghidupkan.
- Mengenalkan pembicara yang di undang serta tamu lainnya yang di hadirkan
- Menjaga keberlangsungan acara dan memastikan segala sesi berlangsung sesuai jadwal atau rundown yang di buat.
- Mengisi kekosongan waktu dengan hiburan ringan agar suasana tetap hidup dan interaktif.
- Menghubungkan antara sesi satu dengan sesi berikutnya dan mempersilahkan para pembicara atau audience melakukan sesuatu
- Menghadirkan energi positif dan menghidupkan semangat pada audiens.
Persiapan Penting Sebagai Moderator
Jika kamu di tunjuk sebagai moderator sebuah acara diskusi atau presentasi, tentu kamu perlu melakukan persiapan dengan matang bukan?
Nah berikut ini arti persiapan yang bisa kamu lalukan untuk menjadi moderator presentasi.
- Mempelajari materi dan pastikan menguasai tema tersebut
Seorang moderator harus menguasai topik yang akan di bahas dalam forum atau presentasi.
Sebab meskipun tidak bertugas menyampaikan matari, namun keberadaan moderator menjadi pengendali berlangsungnya diskusi.
Moderator memiliki tanggung jawab untuk memastikan jika pembahasan dan berbagai argument yang di sampaikan apakah masih relevan dengan topik bahasan.
Sehingga berpengatahuan luas dan menguasai materi di perlukan dalam hal ini
- Menyiapkan alat tulis dan alat pendukung lainnya
Persiapan penting berikutnya yaitu menyediakan alat tulis yang di gunakan saat acara berlangsung.
Moderator perlu menuliskan poin-poin penyampaian presenter, mencatat pertanyaan hingga membuat rangkuman atau kesimpulan diskusi.
Selain alat tulis, biasanya moderator juga perlu menyiapkan gawai guna membantu presenter atau menyampaikan informasi tambahan jika di perlukan dalam acara tersebut.
- Menyiapkan rundown atau susunan acara
Moderator perlu menyiapkan rundown dan rancangan susunan acara sebelum hari H. Hal ini agar saat berlangsungnya acara dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Termasuk dalam hal ini menyiapkan diksi yang akan di gunakan. Termasuk style humor untuk menghidupkan dan mencairkan suasana. Sehingga acara dapat berlangsung lebih hidup dan kaku.
Organisatoris lain juga baca ini: pidato singkat tentang pendidikan tiga paragraph saja
Skill yang Dibutuhkan Moderator
Setelah melakukan berbagai persiapan tersebut, dapat di simpulkan bahwa menjadi moderator memerlukan skill-skill penunjang yang akan mendukung pada performanya memandu acara.
Beberapa skill tersebut yaitu
- Skill komunikasi efektif
Sebagaimana arti moderator presentasi sendiri yaitu seseorang yang bertugas memimpin jalannya keberlangsungan presentasi.
Sehingga skill komunikasi yang efektif di perlukan dalam hal ini agar komunikasi bersama narasumber dan audience berjalan baik.
- Skill mengatur intonasi
Kemampuan mengatur intonasi juga tak kalah penting saat menjadi moderator.
Sebab suaranya yang tampil di depan, butuh untuk di dengar dan di tangkap baik oleh audience sehingga permainan intonasi yang tepat di butuhkan.
- Skill humor
Meskipun bukan acara hiburan, adakalanya forum serius akan terlalu tegang jika tidak di selingi dengan pencair suasana. Oleh karenanya skill humor perlu kamu miliki untuk menjadi moderator yang baik.
- Skill managemen waktu
Tak hanya itu, moderator juga perlu mengasah skill managemen waktunya. Sebab adakalanya di perlukan pembagian sesi dan harus tegas jika ada kemoloran waktu yang terjadi dalam forum.
- Skill adaptif
Kemampuan yang tak kalah penting berikutnya yaitu skill adaptif. Kemampuan untuk menyesuaikan situasi dan kondisi. Sebab adakalanya perubahan dadakan dari apa yang di rencanakan dalam forum terjadi.
Organisatoris lain juga baca ini: tips pembuka dan penutup sidang skripsi
Poin-poin Menjadi MC
Tak hanya persiapan untuk menjadi moderator yang perlu bekal matang, profesi MC pun juga tak kalah penting untuk turut mempersiapkan peran ini.
Berikut ini beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan jika di pilih menjadi MC.
- Percaya diri.
Seorang MC harus percaya diri saat perform di depan audient. Karena kegugupan MC akan turut mempengaruhi nilai acara yang di bawakannya.
- Skill komunikasi yang baik.
Harus terus mengasah skill komunikasinya agar mampu menyampaikan informasi denga jelas sehingga mudah di pahami audience.
- Managemen waktu yang baik.
Profesi ini mampu mengatur waktu sebab perlu membaca kondisi sekitar untuk menentukan kapan beranjak ke acara berikutnya.
- Bahasa Tubuh.
Seorang MC harus mempunyai Bahasa tubuh yang menarik dan positif. sehingga audience ikut nyaman dalam menyaksikan keberlangsungan acara yang dipandu MC.
- Pengetahuan dan Pengalaman yang luas.
Harus berpengetahuan yang luas dan banyak pengalaman agar penyampaian
- Peka terhadap lingkungan dan Kemampuan Improvisasi.
Seorang MC harus peka terhadap situasi dan kondisi acara. Apalagi jika momen butuh improvisasi dan perubahan acara dadakan, MC harus siap.
- Intonasi suara.
Seorang MC harus pandai mengatur intonasi suara menyuasaikan suasana acara yang berlangsung. Tentunya perlu intonasi yang interaktif agar acara tetap aktif dan hidup.
Organisatoris lain juga baca ini: berakhirnya masa prasejarah ditandai beberapa hal ini
Perbedaan MC dan Moderator
Setelah penjabaran pengertian MC dan Moderator tentu kamu jadi mulai paham bahwa keduanya merupakan profesi yang berbedakan?
Namun agar lebih jelas lagi, subbab kali ini akan memaparkan lebih mendetail terkait perbedaan keduanya.
MC biasanya di butuhkan pada acara-acara umum seperti pernikahan, ulang tahun, event olahraga, event promosi di mall dan lain sebagainya.
Moderator biasanya di butuhkan pada acara yang lebih spesifik seperti arti diskusi, presentasi hingga berbagai acara yang ada pemaparah dari narasumber tertentu.
Sedangkan jika di lihat dari ranah tugasnya, MC hanya bertugas membuka menutup acara seta mengelola acara agar lebih interaktif.
Sedangkan moderator tugasnya lebih kompleks yaitu perlu turut memahami akan tema yang di paparkan narasumber.
Biasanya MC sudah mendapatkan brief tentang scenario acara. Sehingga ia hanya perlu mengikuti alur acara tersebut hingga selesai.
Saat ada kendala dan hal lain yang kurang sesuai rencana, biasanya MC akan menjadi pengisi kekosongan tersebut sementara.
Sedangkan moderator, tak cukup hanya memandu acara melainkan perlunya menguasai topik yang di presentasikan oleh narasumber.
Agar dapat turut dapat menimpali, menyampaikan pertanyaan, menyarikan inti, hingga membuat kesimpulan.
Oleh karenanya, jika kamu di tunjuk sebagai moderator, hendaknya kamu mempersiapka diri jauh-jauh hari untuk mempelajari topik bahasan.
Karena dalam hal ini berwawasan luas akan menjadi konstributor berjalannya acara yang kamu pandu.
Contoh teks Moderator Presentasi di Sekolah / Perkuliahan
Selamat pagi semua hadirin. Kepada yang terhormat bapak (nama dosen) selaku dosen untuk mata kuliah ini. Dan juga kepada teman-teman mahasiswa sekalian. Semoga acara hari ini berjalan lancar hingga akhir presentasi nanti.
Topik yanga akan dibahas dan di sajikan ini yaitu tentang (tema presentasi) sebagaimana tugas yang diberikan dosen kita. Saya (sebut nama) selaku moderator akan memandu jalannya diskusi ini.
Sebelumnya, saya selaku moderator akan membacakan rangkaian acara pada siang ini yaitu, pembukaan, inti penyajian materi, sesi tanya jawab, penutup dan yang terakhir yaitu masukan dari dosen pembimbing.
Acara pertama yaitu pembukaan, mari kita mengawalinya dengan bacaan bissmillah bersama. Lalu selanjutnya yaitu kita lanjutkan inti acara dengan penyajian materi.
Oleh karenanya, saya beri kesempatan kepada penyaji mempresentasikan hasil diskusi.
Acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab. Berikut ketentuannya,
- Kesempatan tanya jawab ini akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama kami buka 3 pertanyaan. Dengan setiap pertanyaan memiliki dua kesempatan sanggahan.
- Durasi sesi tanya jawab ini akan berlangsung selaa 15 menit.
- Selama proses diskusi sedang berlangsung, diharapkan para audiens tetap tenang.
- Bagaimana Kakak-Kaka (kelompok presentasi), apakah sudah memahami pertanyaan yang diajukan dengan jelas?
- Saya persilahkan kepada kak (nama penyaji) untuk menyampaikan jawabannya.
- Bagaimana kak (nama penanya), apakah jawaban yang telah disampaikan sudah sesuai?
Saya akhiri diskusi kami siang ini. Terimakasih kepada semua hadirin atas partisipasinya. Mohon bapak dosen diperkenankan memberi masukan kepada kami. Terimakasih.
Demikian contoh moderator presentasi kuliah beserta arti yang dapat kamu jadikan referensi.
Sumber:
- Widyaiswara. Bapelkes NTB. dinkes.ntbprov.go.id
- Yoga dwi. 2020. UGM
- Universitas tarumanegara
- Fisipol ugm