Induk Olahraga Tenis Dunia Dan Nasional
Maria Saravova, Petenis Dunia Yang Kini Pensiun (Foto: Bola Sport)

Olahraga Tenis, 2 Jenis Persamaan Dan Perbedaan

Diposting pada

Mengenal Olahraga Tenis Sebagai Sebuah cabang olahraga pertandingan untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh. Bagaimana sejarah, aturan permainannya?

Helena Brilianty, Struktur – Organisasi.co.id

Melakukan kegiatan olahraga, adalah kegiatan yang bisa menyehatkan badan kita.

Ada berbagai macam jenis olahraga, yang tentunya bisa untuk membuat badan anda sehat dan bugar.

Petenis Dunia
Juara Dalam Lapangan Tenis (Foto:Suara.com)

Salah  satu olahraga yang bisa anda lakukan adalah Tenis,  dan olahraga ini sangat mudah untuk anda lakukan.

Tenis  sendiri bisa dilakukan oleh anak anak, maupun oleh orang dewasa. 

Peralatan peralatan  untuk melakukan tenis juga sangat simple, yaitu bola dan juga raket. Anda bisa memainkan tenis secara individu, maupun secara group atau berdua dengan teman anda.

Permainan tenis tidak hanya menyehatkan badan , tapi juga membuat pikiran kita menjadi senang dan tenang. 

Pikiran dan stress kita akan menjadi hilang , dengan melakukan permainan tenis ini.

Organisatoris Lain Baca Ini: Dunia Olahraga Sepak Takraw Skala Internasional dan Nasional

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Tenis

Tenis merupakan sebuah permainan atau olahraga, yang menggunakan bola dan juga raket.

Permainan tenis juga mengandalkan tangan, sehingga kita bisa memasukan bola tersebut ke net lawan.

Tujuan dari permainan tenis adalah, kita memasukan bola ke net lawan. Setelah kita memasukan bola ke net lawan, maka nantinya kita akan mendapat poin. 

Bola Tenis
Bola Tenis (Foto:Detik)

Selain untuk melakukan pertandingan , tenis meja juga untuk memperat kekeluargaan. Anda bisa bermain tenis bersama teman atau keluarga, sambil bersantai santai  di lapangan atau ruangan.

Permainan Tenis terbagi jadi dua, yakni Tenis Lapangan dan Tenis Meja. Walaupun terlihat serupa, namun media untuk melakukan kedua tenis ini berbeda.

Tenis Meja menggunakan meja, sedangkan tenis lapangan tempanya adalah lapangan terbuka.

Organisatoris Lain Baca Ini: Jenis Organisasi: Bidang, 8 Komposisi Dan Tujuan

Sejarah Dari Permainan Tenis

Tenis sendiri terbagi menjadi dua, yaitu tenis meja dan juga tenis lapangan.

Kali ini kita akan membahas, sejarah dari tenis meja dan tenis lapangan. Permainan Tenis Meja sudah ada sejak abad ke 19, dan tenis meja berasal dari negara Inggris.  Dengan demikian pertanyaan bahwa jenis meja berasal dari negara apa? Maka jawabannya adalah Inggris, meski pada dasarnya terdapat beberapa perubahan perkembangan.

Tenis meja pada saat itu ada tiga julukan yaitu pingpong, gossima, dan whifhoff.

Skor Tenis

Julukan ping pong sangat terkenal hingga saat ini, dan ping pong juga menjadi salah satu merk dagang sebuah persahaan. 

Bola ping pong ini menjadi merk dagang perusahaan Inggris J Jaques& Son Ltd.

Tenis Meja juga mengalami perubahan, yakni pada saat tahun 1901.  Perubahan tersebut sudah ada, pada saat bola tenis masuk ke Amerika Serikat. 

Inisiator yang membuat permainan tenis jadi variatif adalah James W Gibb, dan ia adalah seorang pecinta permainan tenis.

Untuk tenis lapangan, tenis lapangan ini sudah ada sejak abad ke 11. Tenis meja sendiri berasal dari negara Perancis, dan dahulu ada permainan menyerupai tenis, bernama Jeu De Paume.

Permainan ini kemudian berkembang, hingga ke negara Italia dan Inggris. Kemudian pada abad ke 13, banyak bangsawan yang menyukai permainan tenis lapangan ini.

Karena tenis meja sudah mulai terkenal, maka banyak eksperimen bahan bahan lapangan tenis.


Banyak lapangan untuk tenis lapangan yang terbuat dari tanah liat atau clay court , dan semen atau hard court.

Seiring perkembangan waktu, tenis lapangan semakin terkenal di berbagai negara. 

Banyak sekali pertandingan atau olimpiade tingkat internasional , yang mempertandingkan permainan tenis lapangan ini.

Organisatoris lain baca ini: Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional

Perbedaan Antara Tenis Meja dan Juga Tenis Lapangan

Walau namanya sama sama tenis, namun ada perbedaan antara tenis meja dan tenis lapangan. Tenis Meja bisa anda lakukan dalam ruangan atau indoor, sedangkan tenis lapangan bisa anda lakukan pada sebuah lapangan.  

Tenis Meja
Tenis Meja

Selain tempatnya , tempat untuk melakukan tenis meja juga berbeda. Tempat untuk melakukan tenis meja adalah meja tenis, dengan bahan dan warna yang sesuai standar.  Untuk tenis lapangan, tempatnya bisa lapangan yang berumput atau lapangan yang bersih.

Selain tempatnya yang berbeda, ukuran alat untuk melakukan tenis pun juga berbeda. Misalnya pada tenis meja, berat bola dan raketnya pun cukup ringan.  Sedangkan untuk tenis lapangan, raket dan bola memiliki berat yang tidak ringan.

Pakaian atau kostum untuk tenis meja dan tenis lapangan, juga berbeda. Pakaian atau kostum untuk melakukan tenis meja bisa santai, sedangkan pakaian untuk tenis lapangan harus menggunakan kaos polo.  Topi juga tidak boleh ketinggalan, agar anda tidak langsung kena matahari saat melakukan tenis lapangan.

Organisatoris lain baca ini: 7 Teknik Olahraga Gulat Amatir, Dan Induk Nasional & Dunia

Teknik Melakukan Tenis Meja  dan Tenis Lapangan

Jika anda ingin ahli dalam bidang tenis, tentu ada tenknik teknik yang wajib anda kuasai. Baik tenis meja maupun tenis lapangan, ada teknik teknik yang harus anda kuasai.  Inilah teknik teknik tenis meja atau lapangan, yang wajib untuk anda kuasai:

1.Teknik Untuk Melakukan Tenis Meja

Tenis Meja ada beberapa teknik ,yang harus anda kuasai.  Teknik pertama yang anda harus kuasai adalah , teknik Memegang Bet Tenis.  Memegang Bet Tenis ada  dua teknik yaitu Shakehand Grip, dan juga Penhold Grip.

Untuk Shakehand Grip, anda harus memegang bet seperti menjabat tangan seseorang. Shakehandi ini sangatlah populer, oleh atlet atlet yang ada di negara Barat. Untuk Penhold Grip, gaya ini seperti memegang pena.  Penhold Grip ini terkenal di negara negara Asia, karena hanya menggunakan satu bet.

Selain teknik memegang Bet Tenis ada juga teknik Stance (Siap Siaga), Teknik Footwork (gerakan kaki), dan teknik Pukulan. Teknik teknik tersebut wajib anda untuk kuasai, agar anda bisa memasukan bola ke net lawan, dan anda bisa memenangkan pertandingan tenis meja.

2. Teknik Untuk Melakukan Tenis Lapangan

Mungkin anda tidak hanya menyukai tenis meja, tapi juga menyukai tenis lapangan.  Tenis lapangan ini biasa dilakuakan dalam sebuah lapangan besar, dan anda bisa bermain secara tunggal maupun group. 

Teknik teknik yang wajib anda kuasai untuk melakukan tenis lapangan adalah, melakukan servis dan melakukan pukulan. Untuk servis dalam permainan tenis lapangan, sikap anda harus condong ke depan dan berdiri dengan kaki yang terbuka.  

Selain sikap condong dan kaki  yang terbuka, pandangan anda harus ke net. Dengan memandang ke arah net, anda akan jadi fokus bermain tenis lapangan. Anda akan jadi fokus, untuk memberi serangan kepada lawan anda.

Untuk melakukan teknik pukulan, ada beberapa pukulan yang bisa anda gunakan. Pukulan yang bisa anda gunakan untuk melakukan lawanan adalah Forehand Drive, Backhand Drive, dan pukulan melambung (lob). Teknik teknik tersebut harus anda kuasai, jika anda ingin memenangkan pertandingan tenis lapangan.

Alat Untuk Melakukan Tenis Meja dan Tenis Lapangan

Jika ingin melakukan tenis meja dan tenis lapangan, tentu ada alat alat untuk melakukan kegiatan tersebut. Alat alat tersebut ada, untuk menunjang permainan tenis meja dan tenis lapangan. Apa saja alat alat untuk melakukan tenis meja dan tenis lapangan? Berikut adalah informasinya.

Alat Untuk Melakukan Tenis Meja

Untuk melakukan tenis meja, ada beberapa alat yang harus ada. Alat alat tersebut seperti Raket, Bola, Meja, dan Net (Pembatas). Untuk raketnya, raket tenis meja harus terbuat dari bahan kayu dan juga karet. Dengan menggunakan bahan kayu dan karet, maka pantulan bola tenis meja tidak akan menjadi lambat. 

Untuk meja pada tenis meja, bahannya harus terbuat dari kayu. Kayu tersebut harus memiliki kualitas yang bagus, dan permukaannya harus rata.  Panjang Meja Untuk Tenis Meja adalah 2,74 m , dan lebarnya adalah 1,52 m. Tebal Mejanya 3 cm, Tinggi Meja dari lantai 76 cm, dan tinggi netnya adalah 15,25 cm.

Bola untuk melakukan tenis meja berbahan seloid, dan biasanya berwarna putih atau oranye. Berat untuk bola tenis meja adalah 2 gram, dan lingkarannya adalah 11,60 mm. Net juga sangat perlu, untuk melakukan tenis meja. Panjang Net tenis meja adalah 1,83 m, dan tinggi jaringnya adalah 15,25 cm.

Alat Untuk Melakukan Tenis Lapangan

Walaupun namanya sama sama tenis, namun alat tenis meja dan tenis lapangan berbeda. Jika tenis meja menggunakan meja, tenis lapangan menggunakan lapangan untuk bertanding.  Panjang lapangan untuk tenis lapangan adalah 23,77 m, dan lebarnya adalah 8,23 m.

Alat alat seperti raket , bola, dan net tidak ketinggalan , saat ingin melakukan tenis lapangan. Raket untuk tenis lapangan punya berat 12-15 ons, sedangkan untuk anak anak berat raketnya adalah 1,5 ons.

Bola untuk melakukan tenis lapangan punya berat sebesar  56-58 gram, dan garis tengahnya punya ukuran sebesar 63,5 – 66,67 mm.  Net atau pembatas untuk tenis lapangan terbuat dari anyaman tali nilon, dan tinggi net untuk tenis lapangan adalah 910 mm dari tanah.

Federasi Olahraga Tenis Internasional dan Indonesia

Sebagai salah satu permainan atau olahraga favorit, tentu tenis punya Federasi atau Organisasi yang menaunginya.

Induk Organisasi Olahraga Tenis Dunia

Dalam skala internasional, tennis memiliki organisasi dalam skala secara dunia atau internasional.

Adapun Federasi atau induk organisasi tenis dalam skala internasional adalah, International Tennis Federation (ITF) .

Logo Induk Organisasi Tenis DUnia
Logo Induk Organisasi Tenis Dunia (Foto: Logo Vektor)

ITF berlokasi di Kota London, dan organisasi ini telah menyelenggarakan pertandingan tenis. Salah satu pertandingan tenis yang diselenggarakan ITF adalah Man World Tour, dan Woman World Tour.  Pertandingan lainnya adalah Senior dan Junior World Tour, Beach Tennis World Tour, dan Uniqlo Wheelchair Tennis Tour.

Dari pertandingan pertandingan tersebut, terciptalah pemain tenis yang handal . Untuk Man World Tour ada Hugo Gaston , dan ia berasal dari negara Perancis.  Ia telah mengumpulkan 1143, dari berbagai macam pertandingan. 

Selain menghasilkan atlet atlet berbakai, ITF juga membuat sebuah inovasi. Inovasi tersebut adalah, adanya permainan game tenis. Permainan tenis tersebut bernama Player Analysis Technology, dan permainan ini akan membuat anda bermain tenis.

Induk Organisasi Tennis Nasional

Dalam skala Indonesia juga memiliki banyak peminat bola tenis, dan ada induk organisasi yang menaungi permainan tenis ini.

Nama induk organisasi yang menaungi permainan tenis adalah Persatuan Lawan Tenis Indonesia atau PELTI.

PELTI yang terletak di Senayan ini selalu mencari bakat bakat baru,  lewat program Ayo Tenis. Program Ayo Tenis ini untuk membina generasi muda, agar mereka tambah mahir dalam permainan tenis.

Logo Pelti
Logo Pelti (Foto: Ayotenis)

Jika mereka sudah handal, maka mereka bisa untuk mengikuti berbagai pertandingan nasional. 

Salah satu pertandingan yang bisa mereka ikuti adalah PON (Pekan Olahraga Nasional), dan lewat pertandingan, maka seorang anak akan terlihat kemampuannya.

Demikianlah informasi mengenai permainan tenis, dan juga organisasi yang menaungi permainan atau olahraga tennis. 

Jika anda ingin menyegarkan tubuh anda, tenis adalah hal yang bisa anda lakukan.

Refrensi:

Yuksinau.id
Pelti.or.id
Iftennis.com
Pelajaran.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *