Bakteri asam laktat
Definisi bakteri asam laktat (Foto: facebook.com)

Bakteri Asam Laktat: 6 Cara Pengembangbiakan

Diposting pada

Bakteri asam laktat, merupakan salah satu jenis bakteri yang mempunyai peran penting bagi kesehatan di beberapa faktor dan bidang. Terdapat beberapa pembahasan mengenai kegunaan, serta cara perkembangbiakan mereka. Berikut ulasannya.Ayu Maesaroh, organisA51 – organisasi.co.id

Apa yang sering kita dengan mengenai “bakteri asam laktat”? Mungkin yang ada di benak dan fikiran kita, adalah beberapa makanan olahan yang memang membutuhkan bakteri tersebut.

Sehingga nantinya akan meningkatkan imun tubuh kita, serta memperbaiki beberapa organ dalam yang ada pada tubuh manusia, seperti usus, dan sebagainya.

Karena mereka tujuannya adalah demikian dalam tubuh manusia, maka bisa kita katakan bahwa bakteri tersebut termasuk ke dalam bakteri baik, yang dapat menguntungkan manusia.

Namun pada beberapa sisi lain, bakteri tersebut juga sangat penting dan menguntungkan untuk beberapa aspek. Seperti misalnya pertanian, peternakan, dan beberapa aspek lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pembahasan tentang bakteri tersebut:


Pengertian dan Istilah Pada Bakteri Asam Laktat

Jenis asam laktat jika dalam beberapa aspek seperti pangan, mereka adalah jenis yang memang difermentasikan, melalui beberapa tahap yang ada.

Dengan tujuan agar mereka berubah menjadi bakteri baik, yang kemudian berperan agar bisa memerangi bakteri jahat yang ada dalam tubuh manusia.

Pun dengan di beberapa aspek lainnya, yang mana mereka juga mengganggu perkembangbiakan dari bakteri jahat yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman jika dalam pertanian, dan juga kesehatan dari hewan dalam aspek peternakan.

Tapi, apa sebenarnya asam laktat tersebut? Jika dalam bidang pertanian, mereka adalah hasil dari fermentasi bakteri lactobacillus, yang ada dalam kandungan EM 4.

Organisatoris lain baca ini: Bakteri Fotosintetis: Pengertian, 5 Jenis Hingga Manfaat

Yang mana EM 4 tersebut sangat berguna untuk percepatan proses fermentasi dari beberapa jenis pupuk, entah dari pupuk organik padat, dan juga pupuk organik cair.

Adapun beberapa pengertian menurut para ahli. Yang mana mereka mempunyai pendapat masing-masing dengan sudut pandang tersendiri, antara lain:

Salminen dan Wright

Keduanya sepakat mengatakan bahwa “asam laktat” adalah jenis bacterial yang terbentuk dari adanya fermentasi beberapa bahan yang mengandung karbohidrat.

Fermentasi tersebut berlangsung dengan jarak waktu tertentu, yang kemudian jenis bakteri tersebut mereka pakai di beberapa bidang, entah pangan, pertanian, peternakan, dan sebagainya.

Hardiningsih, dkk

Dalam bukunya yang terbit pada tahun 2006, mengatakan bahwa jenis asam laktat, adalah bacterial yang tidak mempunyai sifat patogen.

Yang kemudian hal tersebut menjadi alasan, kenapa bakteri jenis tersebut dapat dipakai di beberapa aspek bidang, terutama di aspek pangan.

Mengingat bidang tersebut sangat erat kaitannya dengan kelangsungan kesehatan dari organ dalam manusia yang ada. Terutama dari usus, yang memang mempunyai fungsi penting dalam pengolahan makanan yang masuk ke tubuh.

Bentuk Bakteri Asam Laktat

Definisi bakteri asam laktat
Jenis bakteri asam laktat (Foto: news.unair.ac.id)

Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa bentuk dari jenis bakteri asal laktat, yang mana banyak digunakan di berbagai bidang oleh manusia.

Mengingat jenis bakteri tersebut adalah bakteri baik. Yang mana sangat memerangi bakteri jahat yang ada pada tumbuhan, hewan, serta manusia.

Beberapa bentuk dari asam laktat antara lain:

Lactobacillus Achidophilus

Mereka adalah jenis bakteri asam laktat, dengan jenis probiotik atau jenis bakteri baik, yang biasanya bekerja pada pencernaan terpenting manusia.

Jenis tersebut biasanya akan bekerja sebagai penyeimbangan antara jumlah bakteri baik, dan memerangi beberapa bakteri jahat yang mengganggu kesehatan pencernaan manusia.

Asam Laktat Berjenis Plantarum

Yang kedua adalah jenis plantarum. Bakteri tersebut dapat dimanfaatkan ke berbagai aspek. Biasanya aspek yang sering menjadi fokus dari penggunaan plantarum adalah dari aspek pangan.

Organisatoris lain baca ini: Monarki: 7 Pengertian dan Negara yang Berganti Sistem

Seperti misalnya dari susu fermentasi yang terdapat kandungan demikian, dengan tujuan untuk melindungi pencernaan manusia. Selain itu juga sangat bermanfaat di dunia perikanan, serta peternakan.

Jenis Gasseri

Adalah asam laktat yang mempunyai peran penting dalam memberikan jalan bagi para kaum wanita. Kenapa? Mereka adalah jenis probiotik baik, yang terproduksi dengan peran untuk bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Serta yang paling terpenting adalah kesehatan daripada alat kelamin wanita. Hal tersebut sudah dibuktikan pada penelitian yang termuat dalam Btritish Journal of Nutrition, yang terlaksana pada tahun 2013.

Lactobacillus Reuteri

Adalah jenis asam laktat, yang juga berguna dalam menyehatkan beberapa organ dalam manusia. Seperti contohnya dalam melindungi pencernaan si kecil, agar terhindar dari serangan penyakit permasalahan organ pencernaan.

Entah diare, dan sejenisnya. Pun dengan beberapa orang dewasa lain seperti wanita, yang mana hal tersebut juga sangat membantu mereka dalam menjaga kesehatan alat kelamin mereka.

Itulah dari beberapa jenis bakteri asam laktat, yang mana sebenarnya masih banyak lagi beberapa jenisnya.

Kategori Lactis

Asam laktat yang satu ini, biasanya sering kita jumpai di beberapa produk makanan seperti susu mentega, keju dan sebagainya.

Mereka awalnya sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang manusia alami pada zaman dahulu. Kemudian dengan berbagai hal yang ada.

jenis lactis lebih sering digunakan dalam aspek pangan, yakni pada produk susu mentega, serta keju yang kerap kali kita jumpai di beberapa toko, supermarket, dan sebagainya.

Bakteri Rhamnosus

Bentuk lainnya adalah pada jenis rhamnosus. Bakteri tersebut dapat dipercaya bisa menjaga kesehatan dari pencernaan si kecil.

Mengingat si kecil suka sekali penasaran dengan makanan apa yang ada di hadapan mereka. Eksperimen dan eksplor menjadi dua senjata, agar mereka mau dan mencoba untuk memecahkan rasa penasaran tersebut.


Kegunaan Asam Laktat Bagi Tumbuhan

Kegunaan asam laktat bagi tumbuhan (Foto: portaljember.pikiran-rakyat.com)

Tapi, apa kegunaannya sendiri bagi aspek lain? Seperti misalnya tumbuhan. Bukankah asam laktat juga terkandung dalam salah satu produk pupuk alami, yang sering menjadi nutrisi pada tumbuhan?

Perlu diperhatikan kembali, bahwasannya asam laktat, adalah salah satu zat yang mana menjadi hasil dari pengubahan antara zat lactosa dan juga gula, yang dilakukan oleh zat lactobacillus tersebut.

Keduanya mempunyai peran yang sangat penting bagi tumbuhan. Untuk asam laktat, mereka mempunyai tugas penting dalam memastikan pertumbuhan tanaman dapat berlangsung tanpa adanya hambatan.

Makanya mereka bertugas untuk mengganggu pertumbuhan dari bakteri jahat, yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman yang kita tanam di media organik.

Jadi, itulah kenapa ada begitu banyak orang yang aktif dalam pembudidayaan tanaman organik, selalu merekomendasikan untuk melibatkan EM 4 dalam proses pembuatan pupuk. Entah bentuk cair ataupun padat.


Kegunaan Bakteri Asam Laktat

Adapun secara umum kegunaan dari bakteri jenis ini. Salah satunya adalah menjadi bakteri baik, yang bisa membantu manusia dalam menjaga pencernaan tubuh mereka, terutama usus.

Tidak heran jika sekarang, sudah ada begitu banyak produk dari hasil fermentasi zat lactobacillus, yang kemudian menjadi asam laktat, gunanya adalah melindungi kesehatan pencernaan.

Pun juga di beberapa aspek lain seperti peternakan. Yang mana dalam aspek tersebut, juga menjaga sistem pencernaan dari hewan ternak.

Sehingga hewan ternak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, dan kesehatannya terjaga.


Cara Lengkap dan Singkat Pengembangbiakan Bakteri Asam Laktat

Pengembangbiakan asam laktat (Foto: nationalgeographic.grid.id)

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan bakteri dengan jenis asam laktat yang berkualitas? Dan juga bisakah kita membuat asam laktat itu sendiri?

Jawabannya bisa, dan ada caranya. Mendapatkan jenis asam laktat untuk tumbuhan organik, ada beberapa langkah untuk bisa mewujudkannya.

Organisatoris lain baca ini: Pertanian Organik: Pengertian, Kegunaan Dan Peluang

Namun sebelum itu ada beberapa persiapan sebelum menuju ke proses pembuatan asam laktat tersebut. Yakni dengan mempersiapkan bahan serta alat yang nantinya akan terpakai.

Bahan:

Untuk bahannya sendiri ada beberapa, antara lain:

  • Air beras yang sudah di diamkan pada wadah tertentu selama 3 – 4 hari. Perlu diperhatikan, untuk mencuci beras jangan menggunakan air dari PDAM. Mengingat kandungan dari air dari sumber tersebut, dapat mematikan mikroorganisme yang ada.
  • Susu murni jenis apapun. Bisa jenis susu murni yang dibeli di supermarket, dan sejenisnya. Yang penting susu yang terbeli tidak ada rasa sama sekali.

Alat:

Selain itu, ada alat yang juga perlu dipersiapkan dalam pembuatan atau mendapatkan bakteri jenis tersebut, antara lain:

  • Wadah untuk menampung fermentasi dari bahan yang sudah ada
  • Alat untuk mengambil hasil dari fermentasi tersebut.

Cara Pembuatan:

Setelah keduanya sudah siap, maka ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, untuk bisa mendapatkan asam laktat yang sesuai dengan kriteria sebelumnya. Berikut beberapa cara mendapatkannya:

  • Perlu diperhatikan terlebih dahulu, bahwasannya perbandingan antara susu murni dengan air beras, sebesar 1:10. 1 untuk takaran dari air beras, sedangkan 10 untuk takaran dari susu murni.
  • Setelah itu, tuang terlebih dahulu susu murni pada wadah yang nantinya akan menjadi tempat fermentasi.
  • Lalu barulah masukkan air beras ke dalam wadah berisi susu murni, dengan perbandingan demikian.
  • Jika sudah, tidak usah diaduk, cukup langsung di tutup dengan rapat. Hal ini agar nantinya bahan tersebut tidak terkontaminasi bahan lain ataupun hewan lain. Seperti semut, atau jenis bakteri lain, masuk ke wadah fermentasi.
  • Tunggu sampai dengan 1 hingga 2 hari.
  • Hasil dari fermentasi tersebut, berbentuk seperti yogurt, namun masih agak lembek. Itu tandanya dapat dipakai untuk menjadi bahan dari EM 4 jika secara mandiri, dan sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai bakteri asam laktat. Dari beberapa pembahasan tersebut, kita bisa tarik kesimpulan, bahwasannya mereka adalah jenis bakteri baik.

Yang mana bisa kita manfaatkan untuk berbagai bidang, sesuai dengan kebutuhan yang ada. Namun, perlu diperhatikan dalam mendapatkannya, perlu ada beberapa langkah.

Nantinya langkah tersebut harus benar-benar terimplementasikan dengan baik, supaya mendapatkan hasil dari fermentasi tersebut lebih baik.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. Definisi asam laktat
  2. Jenis bahan yang ada asam laktat
  3. Netty Kusumawati, “Peran Bakteri Asam Laktat dalam Menghambat Listeria monocytogenes pada Bahan Pangan”, Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi, vol 1, no 1, 2000, hal. 14.
  4. Pipin Suciati, dkk, “Aktivitas Enzimatis Isolat bakteri Asam Laktat dari Saluran Pencernaan Kepiting Bakau (Scylla spp.) Sebagai Kandidat Probiotik” Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, ISSN: 2085-5842, hal. 95