Ranie Palma Induk Olahraga Basket
Ranie Palma salah satu pemain Basket dalam Induk Organisasi Nasional (Foto: Istimewa)

Induk Olahraga Basket Dunia Dan Nasional

Diposting pada

Induk Olahraga bola basket merupakan sebuah cabang olahraga yang memiliki peminat banyak orang. Dalam perkembangannya, olahraga ini kini menjadi sebuah cabang olahraga yang menyebar hingga ke desa-desa.I & W Organon, Organisasi.co.id

Perbasi yang tidak lain merupakan singkatan dari Persatuan Bola Basket Indonesia adalah merupakan sebuah lembaga induk organisasi bola basket tanah air.

Selain organisasi induk olahraga bola basket nasional maka secara internasional juga ada lembaga berlaku dunia adalah organisasi bernama FIBA.

Nah sebelum membahas tentang perkembangan olahraga ini pada semua negara maka sebaiknya kita membahas tentang perkebangannya pada tanah air, sebagai sebuah “ibu kandung” Organisasi Dan Sejarah Berdiri Perbasi.

Perbasi, Induk Olahraga Basket Nasional

Hanya perbasi (Persatuan Bola Basket Indonesia) sebagai Induk Organisai Bola Basket pada negara Indonesia.
Pada organisasi Perbasi ini berkumpul beberapa pemain bola basket yang segar dan cantik menawan, seperti Olivia Claudia Hadinata, Maria Selena, ataupun dalam kelas dunia terdapat pemain sekelas Orsolia Toth dari Hungaria, maupun Katie Lou Samuelson dari Amerika Serikat.

Pemain Basket Nasional
Savira Aliva, salah satu pemain Basket Nasional

Dengan kecantikan yang bagai bidadari pada lapangan hijau dengan gaya memantul bola kelantai tersebut. Gerakannya yang sangat indah untuk menembus pertahanan lawan. Menjadikannya sebagai pemain-pemain yang berkelas.

Namun bagaimanakah sejarah daripada, Perbasi atau Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada Negara ini?
Sebagaimana Perbasi resmi berdiri, tepat pada tanggal 23 Oktober tahun 1951.

Sebelumnya orang lebih familiar dengan olahraga Volley Ball, ketika dibandingkan dengan Bola Basket ini.

Ketika hendak melakukan kegiatan Olimpiade Indonesia, dengan pendirian sebuah Komisi atau Komite bernama Komite Olahraga Indonesia dengan singkatan KOI. Tony W. dan Win L, melalui sekretaris panitia KOI, agar keduanya mendirikan cabang olahraga Basket.

Maka selanjutnya kedua pencetus berdirinay olahraga ini mewujudkannya tepat pada 23 Oktober 1951 tersebut.

Dan saat itu pula menjadikan Tony W. sebagai ketua pertama Perbasi dan selanjutnya Win L. sebagai sekretaris. Awalnya bernama persatuan basket ball Seluruh Indonesia (Perbasi).

Kemudian berubah menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Pergantian nama ini terjadi pada tahun 1955.

Dalam hierarki kepengurusan, organisasi ini terdiri dari: Pengurus cabang (pengcab) pada level kabupaten/kota, pengurus daerah (pengda) yang setingkat provinsi. Serta pada tingkat nasional kita kenal dengan nama Pengurus Besar (PB) perbasi.

Sederet nama yang pernah menduduki tahta ketua PB Perbasi, yakni Sutyoso mantan gubernur DKI, serta Noviantika Nasuition, pengusaha muda yang mengambil posisi kursi Nomor 01 PB Perbasi.

Dan PB perbasi dalam tingkat pengurus cabang (Pengcab), memiliki sifat terbuka kepada perkumpulan-perkumpulan untuk menghimpun berbagai organisasi maupun perkumpulan. Sepanjang memenuhi beberapa standar dan syarat.

Persyaratan Perkumpulan Basket

Dalam hal menangani perkumpulan pebasket tanah air, maka perbasi membuat berbagai aturan untuk mengikat mereka, berupa Persyaratan untuk perkumpulan yang masuk dalam wadah Perbasi. Tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga Perbasi pasal 6 dan pasal 7 yaitu sebagai berikut:

  1. Perkumpulan atau tim olahraga membuat surat untuk mengajukan permohonan secara tertulis agar menjadi anggota pada pengurus kabupaten atau kota Perbasi.
  2. Membuat surat pernyataan untuk tunduk pada Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), serta segara peraturan lain yang berlaku pada Perbasi.
  3. Melengkapan segala bentuk persyaratan, yaitu :
    a. Membuat bagan ataupun Struktur organisasi dengan rincian daftar pengurus.
    b. Menyusun Daftar pemain dengan personil ataupun pemain yang ada pada club tersebut.
    c. Berbagai bentuk Peraturan perkumpulan haruslah sejalan dengan aturan Perbasi
  4. Menyebutkan Domisili perkumpulan, dengan surat keterangan dari pemerintah setempat, minimal setingkat lurah/desa.
  5. Dalam hal tertentu, bilamana anggota melakukan sebuah kesalahan atau pelanggaran dengan aturan Perbasi maka segala bentuk keanggotaannya batal.
  6. Dengan pemberhentikannya sebagai anggota Perbasi, maka secara otomatis kehilangan pula hak dan kewajibannya.
  7. Meski status telah diberhentikan. Maka dalam waktu tertentu bisa kembali bergabung pada perbasi, bilamana telah memenuhi persyaratan dari awal.
  8. Adapun pemberhentian sebagaimana tersebut dalam ayat sebelumnya, akan tertuang dalam keputusan oleh Pengurus Besar dan Pengurus Cabang Perbasi.

“Ibu Kandung” Bola Basket Dunia

Apa nama organisasi Basket Ball Dunia?
Maka jawaban yang terbaik atas pertanyaan ini adalah FIBA singkatan dari Federation Internationale de Basketball.

Dengan markas pada Jenewa, Swiss. Ketika itu Tahun 1932 memasuki bulan Enam pada tanggal 18 Juni bernama Federation Internationale de Basketball Amateur.

Adapun Negera-negara yang ikut serta sebagai pendirinya antara lain, yakni:

  1. Swiss,
  2. Argentina,
  3. Yunani,
  4. Cekoslowakia,
  5. Italia,
  6. Latvia, dan
  7. Rumania.

Ketujuh negara tersebut, memiliki andil besar daripada pendirian dari lembaga Bola Pantul tersebut.

Tepat pada tahun 1950, Untuk pertama kalinya FIBA menggelar sebuah kejuaraan berskala internasional bola basket dunia, dengan kelas khusus laki-laki. Menunggu 3 tahun atau tepat pada tahun 1953 kejuaraan khusus wanita berhasil terselenggara. Dan semenjak itu pula, kegiatan kejuraan dunia terlaksana setiap empat tahun.

Jenewa Swiss, menjadi Markas besar daripada FIBA, memasuki tahun 1957 pindah ke Munich German. Akan tetapi tahun 2002 kembali lagi ke Swiss.

Induk Organisasi Basket Ball USA

Amerika serikat menjadi “kiblat” basket dunia, hal itu terjadi karena pada negara adidaya tersebut terdapat Assosiasi dengan nama NBA (National Basketball Association). Merupakan sebuah perkumpulan organisasi Basket khusus pria pada negara Amerika Serikat.

Dalam hal liga dan turnamen, NBA sangat mencuri perhatian dunia, dengan kemampuannya menyelenggarakan berbagai even penting. Dengan menyemarakkan negeri adidaya tersebut.

NBA berdiri sejak tahun 1946 tepatnya pada tanggal 6 Juni pada Negara Bagian New York. Semula tidak bernama NBA, melainkan BAA atau basketball Association Of America.

Namun pada tahun 1949, resmi berganti nama menjadi Nastional Basketball Association (NBA).

Daftar beberapa pemain Bola Basket yang memanjakan mata para penikmat Bola Basket, dengan penampilan yang sangat menawan.

Diantara pemain tercantik dan menawan tersebut, yaitu:

  1. Maria Selena
  2. Yusranie Noory Assipalma
  3. Agatha Olivia
  4. Dewa Ayu Made Sriartha
  5. Savira Aliva
  6. Ranie Palma

Dan masih banyak pemain yang memiliki talenta dalam bermain basket dan memiliki penampilan menarik saat bermain pada lapangan hijau Basket.

Maria Selena Seksi dan Menawan
Salah satu Pemain dengan Penampilan Menarik, Maria Selena (Foto: Istimewa)

Demikian artikel yang merangkum tentang kegiatan Basket tanah air dan dunia.

5 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *