Pengertian istilah transisi
Ilustrasi transisi (Foto: greatmind.com)

Istilah Transisi Dalam Berbagai Kajian

Diposting pada

Istilah transisi, yang mana dalam berbagai kajian tertentu, mempunyai arti lain, sesuai dengan maksud dan tujuan daripada penggunakan kata tersebut. Lalu bagaimana pembahasannya?

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator yang selalu berjuang untuk kemajuan Indonesia. Yang selalu menentang berbagai ketidakadilan dari negeri tercinta ini.

Memang sebuah perubahan terkadang memunculkan berbagai pro dan kontra. Yang mana hal tersebut, menjadi salah satu penyebab sebuah kekacauan.

Yang mana jika tidak mendapatkan tindakan yang bijak, tidak menutup kemungkinan sebuah perpecahan akan terjadi. Oleh karena itu, sebuah transparansi, serta keterbukaan, sangat penting dalam membina kerukunan bangsa dan negara.

Hingga pada akhirnya, sebuah transisi akan mulai bekerja, dan secara bertahap akan memberikan perubahan, entah dalam penataan negara, sistem demokrasinya, dan sebagainya.

Tapi, apa sebenarnya ‘transisi’ itu? Istilah yang sering kita dengar, namun tidak jarang yang mengetahuinya. Maka, berikut beberapa pembahasannya.


Definisi Transisi

Definisi istilah transisi
Pengertian transisi (Foto: lektur.id)

Istilah transisi, mempunyai beberapa definisinya. Secara umum, kata ‘transisi’ sendiri adalah perubahan atau peralihan, dari keadaan satu ke keadaan yang lain.

Misalnya sebuah perubahan atau peralihan sebuah negara, dari yang mungkin negara tersebut mendapat pandangan sebelah mata dari negara lain, kini menjadi negara Adidaya, dengan berbagai kekayaan alam dan lainnya.

Membuat negara tersebut menjadi salah satu negara terkuat yang pernah ada. Meski demikian, istilah dari transisi ini biasanya juga dipakai untuk beberapa hal, seperti karya seni yang berupa video, dan sebagainya.

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, mengatakan bahwa ‘transisi’ adalah sebuah peralihan atau perubahan dari satu keadaan. Entah bisa keadaan yang positif, ataupun negatif.

Dan karena kata transisi ini banyak sekali dgunakan, hal itulah yang membuat kata tersebut semakin populer, serta mempunyai bermacam maksud dan kegunaannya. Beberapa penggunaan kata ‘transisi’ ini antara lain:


Transisi Demografi Adalah…

Pengertian dari ‘transisi demografis’, adalah salah satu istilah yang mana merepresentasikan tentang sebuah perubahan dalam wilayah kekuasaan.

Yang mana perubahan tersebut atas dasar 3 faktor, yakni kelahiran, kematian, serta populasi pada sebuah negara tertentu.

Atau biasanya di Indonesia, ditambah dengan jumlah imigrasi dan emigrasi. Lalu ada transmigrasi, dan sejenisnya. Hal ini akan tergambar melalui data.

Untuk melakukan hal tersebut, ada salah satu badan berbasis negara yang khusus untuk mencatat berbagai perubahan tersebut dari waktu ke waktu. Seperti Indonesia misalnya yang mana pemerintah memiliki program sensus penduduk.

Dan dari data tersebut, dapat ditarik kesimpulan mengapa perubahan tersebut dapat terjadi, apa saja yang menjadi penyebabnya. Lalu jika membludak atau melebihi kapasitas, bagaimana cara mengatasinya.


Transisi Video Adalah…

Lalu kata yang selanjutnya adalah ‘transisi video’. Mungkin untuk para creator YouTube ataupun di beberapa platform yang sejenis, transisi video sudah tidak asing lagi.

Kata tersebut mempunyai arti tentang adanya perubahan keadaan objek yang ada di video, entah dalam latar, suasana, dan sebagainya.

Organisatoris lain baca ini: Pendekar Wanita Dalam Komunitas Pencak Silat, Judo, Taekwondo Dan Karatedo

Yang mana efek tersebut akan memberikan nuansa yang lebih baik ketimbang video yang sebelumnya. Nah, karena hal tersebut lah, banyak sekali platform video yang menyediakan transisi tersebut.

Contohnya transisi dengan bentuk efek, dan jenis transisi efek lainnya.


Transisi Epidemologi Adalah…

Untuk istilah yang satu ini, tidak pernah terpisahkan dari istilah transisi yang sebelumnya. Yang mana ‘epidemiologi’ ini menjabarkan tentang perubahan populasi suatu negara, dengan landasan alasan yang sesuai dengan kenyataan.

Atau yang lebih mudahnya adalah pola dari perubahan suatu negara tersebut, yang mana perubahan ini sedang mereka alami.

Contohnya seperti angka kematian yang semakin menurun. Yang mana ternyata memiliki pola bidang kesehatan yang ditingkatkan, kemudian hal tersebut bisa terjadi karena pemerintah mulai memberikan fasilitas kesehatan seperti di Indonesia yakni BPJS.

Disamping itu, bidang pangan pun pemerintah perbaiki, dengan cara memberikan fasilitas kepada para produsen pangan di Indonesia, guna meproduksi pangan berkualitas tinggi.

Sehingga gizi daripada warganya bisa terpenuhi dengan baik, juga mempengaruhi tingkat kesehatan daripada warga yang ada di negara tersebut.



Transisi PSBB Adalah…

Istilah transisi lain yang kini sering dipakai oleh kebanyakan orang, adalah ‘Transisi PSBB”. Untuk transisi PSBB ini, lebih menekankan pada perubahan ketentuan dari peraturannya.

Yang mana sejak mengalami covid-19, PSBB atau singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar banyak digalangkan oleh berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Perubahan tersebut biasanya akan lebih ketat statusnya jika jumlah daripada orang yang terkena virus corona melebihi batas perkiraan yang ada.

Seperti misalnya beberapa bulan lalu di India, yang mana mereka mendapati fenomena terjangkit covid secara besar-besaran, sehingga mau tidak mau pemerintah melakukan PSBB yang lebih streng lagi.

Hal tersebut bertujuan untuk bisa meminimalisir penjangkitan virus corona, yang semakin hari semakin tidak bisa dihandle dengan baik kala itu.


Transisi Demokrasi Adalah…

Transisi demokrasi, adalah sebuah hal yang mana memiliki makna sebagai perubahan aturan yang lebih demokratis atau lebih terbuka antara pemerintah dengan para rakyatnya.

Hal tersebut menyangkut tentang berbagai perubahan sektor wilayah seperti pendidikan, bdang hukum, bidang pembangunan, dan sebagainya.

Lalu warga negara tersebut diwakilkan oleh para menteri, yang mana menjadi penyambung lidah antara rakyat kepada presiden ataupun pemimpin mereka.

Contohnya di Indonesia, yang mana seorang DPR menjadi penyambung lidah dari para warga di wilayah Indonesia, yang mana pada saat pembuatan perundang-undangan, lalu beberapa aturan lainnya, bisa mempertimbangkan respon daripada rakyat yang akan melaksakannya.


Transisi Ekonomi Adalah…

Selanjutnya adalah ‘transisi ekonomi’. Istilah ini biasanya berlaku untuk menggambarkan tentang perubahan ekonomi sebuah negara, yang mana perubahan tersebut terencana dengan baik, sehingga kemajuan yang terprediksi bisa tercapai.

entah dalam sektor ekspor ataupun impor barang, perekonomian pasar, dan sebagainya. Dan setiap negara mempunyai pola perubahan perekonomian masing-masing.

Organisatoris lain baca ini: Mengenal Cakrabirawa, Sejarah, Arti Dan Pengkhianatan

Ada perubahan perekonomian lewat jalur kuliner, pengenalan budaya, dan lainnya. Yang mana beberapa kerjasama di berbagai hal tersebut, mempengaruhi perubahan perekonomian pada suatu negara tersebut.


Transisi Energi Adalah…

Adapun istilah lainnya juga, yakni ‘transisi energi’. Yang mana beberapa ahli mengatakan bahwa istilah ini tidak bisa lepas dari dua aspek atau dua faktor.

Yang pertama pada perubahan sosial, serta teknologi. Teknologi yang semakin canggih, membuat perubahan sosial juga ikut berubah.

Sehingga teknologi tersebut memberikan berbagai penemuan baru yang mana pada akhirnya memudahkan kehidupan manusia secara bertahap.

Lalu lambat laun beberapa aspek seperti energi juga mengalami perubahan. Namun perubahan ini tidak langsung berubah secara frontal, tapi lebih kepada bertahap.

Contoh sederhananya adalah beberapa negara yang sudah beralih ke energi tata surya, sebagai pembangkit energi listrik untuk rumah mereka.

Kemudian beberapa penemuan lain seperti mobil atau motor listrik, yang mana sekarang sudah menggunakan energi listrik sebagai bahan bakar utama mereka. dan sebagainya.


Transisi Elektron Adalah…

Transisi yang satu ini, memiliki pengertian sebuah perubahan perpindahan antara 1 orbit dengan orbit yang lain. Dari Perpindahan tersebut, nantinya akan menghasilkan sebuah energi.

Orbit disini diartikan sebagai pertikel daripada elektron, yang akhirnya menghasilkan energi. Seperti misalnya energi tarik-menarik, dan sejenisnya. Lalu dari gesekan tersebut menghasilkan muatan, entah muatan negatif ataupun positif.

Contoh yang paling konkretnya adalah jika kita sengaja menggesekkan kaca dengan kain sutra, yang mana pada akhirnya dari hasil gesekan tersebut akan menghasilkan perpindahan muatan.

Kaca akan bermuatan positif, sedangkan sutra tersebut aka berubah menjadi muatan negatif. Yang mana pada akhirnya akan menghasilkan energi yang saling tarik menarik, dan sebagainya.


Transisi Biologi Adalah…

Istilah perubahan yang terakhir adalah jenis ‘biologi’. Transisi ini lebih menitikberatkan pada perubahan pada alat kelamin daripada seseorang, atau yang sering kita kenal dengan transgender.

Yang kemudian merambah kepada perubahan hormon dari seseorang tersebut, lalu merepresentasikan perubahan pada sikap dan sifat dari seseorang tersebut.

Tidak heran jika era sekarang banyak sekali berbagai Rumah Sakit yang menyediakan operasi alat kelamin. Namun untuk di Indonesia sendiri belum begitu banyak

Namun beberapa negara seperti Thailand, Singapura, dan sebagainya, Rumah Sakit yang ada di sana, menyediakan fasilitas tersebut kepada pasiennya.

Dampak Positif dan Negatif dari Tansisi

Dampak negatif dan positif transisi (Foto: intisari.grid.id)

Seperti yang kita pahami sebelumnya, bahwasannya sebuah perubahan entah dalam bentuk transisi ataupun sejenisnya. Tidak sedikit yang mengalami dampak perubahan, dan dampaknya tersebut ada yang positif, ada juga yang negatif.

Seperti misalnya sebuah perubahan peraturan pemerintah yang akhirnya ke sitstem demokratis atau demokrasi. Di dalamnya pasti akan ada yang setuju dengan hal ini.

Mengingat semua kebijakan yang akan pemerintah canangkan bagi warganegara termasuk wilayahnya, akan dibicarakan dengan baik, transparan dan sebagainya.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Elton Mayo Klasik vs Modern: Pengertian dan 3 Ciri

Lalu ada juga beberapa pihak yang tidak setuju dengan hal ini. Alasan tersebut merujuk kepada kekhawatiran mereka kepada wakil rakyat seperti DPR dan sebagainya, akan melakukan hal di luar dari kehendak daripada masyarakat.

Bahkan sampai dengan mengkhianati masyarakat sendiri. Contohnya seperti korupsi, membuat rundingan perubahan bersama presiden tanpa adanya pemberitahuan terdahulu kepada rakyat, atau istilah lainnya adalah mensosialisasikan kepada rakyat, dan sebagainya.

Daftar Negara Asia yang Telah Mengalami Pembaharuan Transisi

Transisi sebuah negara (Foto: supergeografi.com)

Dalam hal ini adalah pembaharuan mengenai transisi energi. Yang mana perubahan ataupun transisi tersebut, berlandaskan pada dua hal.

Yakni kesiapan daripada negara tersebut untuk mulai berubah menggunakan energi alternatif, serta kesiapan ekonomi negara tersebut, untuk memasok peralatan yang dapat menjadi wadah energi tersebut.

Untuk tingkat dunia sendiri dalam forum World Economic Forum, Swedia menjadi nomor pertama yang sangat siap dalam perubahan transisi energi ini.

Sedangkan tingkat asia, Singapur pada peringkat pertama, untuk kesiapan perubahan energi. Dilanjut dengan Malaysia di urutan ke dua, Thailand pada urutan ke 3.

Lalu Filipina berada pada peringkat ke 4, Vietnam ke 5, Indonesia ke 7, dan yang terakhir adalah Kamboja.

Penutup

Itulah beberapa hal mengenai istilah transisi. Dari beberapa pembahasan tersebut, kita bisa lebih mengerti tentang berbagai istilah tersebut pada banyak aspek.

Serta beberapa contoh yang bisa kita cocokkan dengan apa yang telah kita pelajari, pahami dan mungkin kita amati. Sehingga kita tidak salah lagi dalam mengatakan perubahan atau jenis transisi apa yang kita lihat, pahami, serta kita amati.

Sekian pembahasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://insanpelajar.com/transisi-demografis/
  2. https://listrikindonesia.com/apa_itu_transisi_energi_4959.htm
  3. https://jagad.id/pengertian-elektron-transisi-dan-contoh-perpindahan/#B_Transisi_Elektron
  4. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/05/11/daftar-negara-dengan-indeks-transisi-energi-terbaik-di-asia-tenggara-2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *