Jabatan Tertinggi dalam Perusahaan: 9 Tangga Naik Level

Kerangka naik jabatan tinggi dalam perusahaan
Sumber: Dewaasih.com

Siapa saja bisa mendapatkan serta menduduki Jabatan tertinggi dalam perusahaan. Namun ada beberapa tantangan dan tamggung jawab yang harus diemban namun bisa mendapat gaji besar. Menarik? ~Profesional

Reni Cahyo Wening

Bacaan Lainnya

Jabatan tertinggi dalam perusahaan tentu saja menjadi salah satu tujuan bagi para karyawan. Hampir sebagian besar dari mereka ingin naik jabatan karena ini menjadi salah satu kebanggan tersendiri saat bisa menduduki posisi tinggi dalam sebuah perusahaan.

Di dalam sebuah perusahaan sendiri terdapat beberapa tingkatan jabatan mulai dari yang rendah hingga posisi yang tinggi. Untuk bisa mendapatkannya dengan mudah.

Ada beberapa effort yang perlu dilakukan. Akan tetapi semua karyawan bisa mendapatkan beberapa posisi jabatan tertinggi tersebut.

Daftar Jabatan Tertinggi dalam Perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan, pastinya mempunyai struktur jabatab dari rendah hingga yang tinggi. Secara umum, terdapat beberapa urutan jabatan yang tertinggi dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah penjelasannya.

Direksi

    Direksi merupakan urutan pertama tertinggi dalanm sebuah perusahaan. Ini memiliki wewenang serta tanggung jawab secara penuh terhadap pertumbuhan dan kelangsungan sebuah perusahaan. Tugas utamanya adalah menentukan alur jalannya sebuah perusahaan.

    Jabatan sebagai direksi memegang penuh atas semua kendali pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu, posisi ini sangatlah penting dan harus ditempati oleh orang-orang yang sudah berpengalaman di dalam mengelola perusahaan.

    Direktur utama

    Direktur utama adalah sebuah jabatan yang posisinya di bawah direksi. Ini memiliki tigas dalam merumuskan serta menentukan berbagai macam kebijakan pada sebuah perusahaan.

    Selain itu, direktur juga harus merencanakan dalam pengembangan reneveu pada perusahaan.

    Tugas lain dari seorang direktur utama yang tidak kalah penting adalah mengatur anggaran belanja perusahaan serta mewakili perusahaan pada saat sedang menjalin hubungan kerjasama dengan pihak perusahaan lain baik dalam negeri hingga luar negeri.

    Direktur Keuangan

    Direktur keuangan merupakan salah satu jabatan tertinggi dalam perusahaan. Posisi ini bertugas dalam mengatur semua kegiatan pada perusahaan yang berkaitan dengan keuangan serta anggaran pada perusahaan.

    Direktur keuangan memiliki tugsa vital dalam menjaga keuangan perusahaan dalam keadaan stabil. Apabila terjadi ketidakseimbangan maka posisi ini juga bertugas untuk melakukan penilaian dan mengevaluasi keadaan keuangan.  Mereka juga harus membantu dalam menentukan kebijakan.

    Direktur

    Direktur merupakan sebuah jabatan tinggi pada perusahaan yang berada di bawah direktur utama. Ini bertugas di dalam mengawasi serta menjalankan berbagau kebijakan dan prosedur yang sudah ditetapkan dalam sebuah perusahaan.

    Seorang direktur harus pandai dalam mengoordinasikan berbagai keguatan para manajer yang posisinya berada di bawahnya.

    Hal in bertujuan agar dapat memiliki pemikiran yang sejalan dengan target serta tujuan yang ingin dicapai.

    Direktur Personalia

    Urutan jabatab tertinggi dalam perusahaan adalah direktur personalia. Bagian ini mempunyai tugas dalam merancang sistem personalia pada perusahaan. Selain itu, ini juga mengurusi berbagai hal terkait administrasin dan pembinaan terhadap karyawan.

    Manajer

    Seorang manajer dalam sebuah perusahaan memiliki tugas serta bekerja sesuai dengan divisi atau departement yang dibawahinya.

    Posisi ini juga memliki tugas dalam mengawasi serta mengatur karyawan supaya bisa tercapai target perusahaan.

    Manajer bisa mengarahkan, menugaskan, melatih, menilai, melakukan evaluasi kinerja dan menjaga komunukasi dengan karyawan.

    Kewajiban tersebyt menjadi salah satu tanggung jawab besar yang harus diemban oleh seorang managar. Maka dari itu, tidak sebarangan orang bisa menjadi manager.

    Manajer Personalia

    Selain direktur personilai, dalam sebuah perusahaan juga terdapat manajer personalia. Ini mempunyai tugas yang cukup spesifik yaitu merencanakan, mengembangkan dan menjaga kegiatan yang berhubungan dengan personilia.

    Seorang manajer personalia mengatur hal terkait administrasi dan prosedur proses dalam perekruitan karyawan perusahaan.

    Mereka akan  terlibat dalam melakukan wawancara, tes tertulis dan tes lainnya. Selain itu, posisi ini juga mengurusi terkait asuransi karyawan.

    Manajer Pemasaran

    Manajer pemasaran atau marketing memiliki tugas dalam  meningkatkan penjualan pada perusahaan. Mereka mempunyai berbagai macam ide cemerlang dan merancang strategi pemasaran untuk menjangkau pasaran.  Mereka melakukan riset pasar dan membuat laporan pemasaran.

    Manajer Pabrik

    Sesuai dengan mananya, manajer pabrik memiliki tanggung jawab atas semua hasil produksi pada perusahaan.

    Ini harus membantu dalam melakukan pengelolaan dan pengawasan produk pabrik yang berkualitas dan sesuai standar perusahaan.

    Seorang manajer pabrik harus banyak berkomunikasi dengan para direktur lainnya dalam perusahaan. Hal ini bertujuan supaya seluruh proses dapat berjalan sejalan dengan target pada sebuah perusahaan.

    Administrasi dan pergudangan

      Ini merupakan sebuah jabatan pada perusahaan yang mempunyai tugas mengelola dan melakukan pengawasan berbagai prosedur administrasi dan segala hal berkaitan dengan pergudangan.

      Divisi area regional

        Divisi area regional menjadi jabatan yang terakhir dalam perusahaan. Sebenarnya, tidak semua perusahaan memiliki divisi ini.

        Akan tetapi hanya perusahaan besar yang memilikinya khususnya untuk perusahaan yang sudah melakukan ekpanso ke beberapa daerah dan negara.

        Organisatoris lain juga baca ini: Urutan Jabatan

        Riset Gaji Daftar Jabatan Tinggi Perusahaan 2024

        Riset gaji jabatan tinggi dalam perusahaan 2024
        Sumber: Theasianparent.id

        Pada dasarnya, gaji menjadi salah satu penyebab tersebsar mengapa seseorang memutuskan untuk bisa mengambil sebuah pekerjaan. Selain itu, ada juga kenyamaan, fasilitas, nama perusahaan dan juga akses jalan.

        Kondisi gaji seorang dalam sebuah perusahaan ini juga di pengaruhi oleh jabatan tertinggi dalam perusahaan.

        Semakin tinggi jabatan yang diemban, maka akan semakin tinggi juga gajinya.  Berikut ini ada beberapa daftar gaji sesuai dengan jabatan yaitu:

        Pimpinan Departemen HRD

          Seorang pimpinan departemen HRD memiliki tanggung jawab sebagai man power planning, employee developement, payroll dan menjamin kesejahteran para karyawan.

          Atas tanggung jawan besarnya ini , maka gaji seorang HRD berkisar 150 juta per bulan.

          Direktur Keuangan

          Direktur keuangan merupakan posisi yang menjanjikan gaji fantatis kurang lebih mencapai 200 juta per bulan.

          Ini bertugas di dalam mengatur, mengelola dan juga membuat berbagai laporah keuangan pada perusahaan.

          Direktur Manajemen Risiko

          Direktur manajemen risiko adalah sebuah posisi jabatan tertinggi dalam suatu organisasi atau perusahaan yang mempunyai tanggung jawab dalam mengatisipasi perubahan iklim bisnis.

          Ini memiliki kisar gaji sekitar 250 juta per bulan.

          Direktur Marketing

          Seorag direktur marketing adalah sebuah jabatan tinggi perusahaan yang memiliki gaji kurang lebih 100 juta – 200 juta per bulan.

          Ini memiliki tugas yang sangat krusial karena tanpa adanya posisi ini perusahaan tidak bisa mengenalkan produk ke pasar dan sangat berpengaruh dengan penjualam.

          Kiat Penting Naik Jabatan dalam Karier

          Kiat penting bisa naik jabatan
          Sumber: neoblog

          Pada dasarnya, naik jabatan di sebuah perusahaan tentu saja mempunyai banyak keuntungan dalam keberlangsungan karier.

          Ini mampu memperbaiki finasial dan kesejahteraan serta memberikan peluang dalam meningkatkan profesionalitas.

          Akan tetatpi, ada hal yang perlu diingat bahwa setiap pecapaian harus dibersamai dengan tanggung jawab serta tantanan baru.  

          Dengan kata lain, semakin menempati jabatan tertinggi dalam perusahaan maka harus semakin bertambah tanggung jawabnya.

          Bisa naik jabatan dan karir menjadi salah satu impian bagi semua karyawan, akan tetapi hal ini tentu saja tidak mudah. Ada beberapa kiat penting untuk bisa naik karier dan jabatan, yaitu:

          Tinjaulah segala kebutuhan perusahaan dan juga industri

            Pertama, pahamilah terlebih dahulu kebutuhan perusahaan dan tren industri terkini. Indetifikasi juga  mengenai keterampilan yang ada pada lingkungan kerja.

            Fokuslah pada pengembangan keterampilan untuk meningkatkan peluang naik jabatan.

            Melakukan investasi pada pendidikan dan pelatihan

            Apabila ingin naik karir dan jabatan, maka seorang karyawan harus melakukan investasi  dalam bidang karir maupun pendidikan.

            Dengan begitu menambah pengetahuan dan akan memberikan keunggulan kompetitif serta menunjukan kegigihan karyawan terus belajar dan berkembang.

            Mencari seorang mentor

            Temukanlah mentor di perusahaan yang bisa membimbing dalam mengembangkan keterampilan dan kompetensi.

            Memiliki seorang mentor bisa membantu dalam menambah wawasan berharga mengenai jalur dan bisa mengetahui bagaimana cara untuk menghadapi tantangan.

            Tunjukan perilaku profesional dan berkontribusi dengan aktif

            Setelah memperkuat kompetensi dan keterampiklan, langkah selanjutnya untuk meningkatkan jenjang karier adalah dengan berperilaku secara profesional dan aktif dalam berkontribusu di lingkungan kerja. Semakin menjadi karyawan aktif maka semakin besar juga peluang naik jabatan.

            Menunjukan etika kerja yang tinggi

            Sebagai seorang karyawan, maka harus menunjukan etika kerja yang tinggi dalam segala aspek pekerjaan.

            Penuhilah tanggug jawab dengan tepat waktu dan lakukan tanggung jawab pekerjaan dengan sebaik mungkin.

            Sebuah etika baik mampu membangun reputasi sebagai seorang karyawan yang berdedikasi tinggi serta bisa diandalkan. Selain itu, ini juga bisa membuat atasan kagum dengan etos kerja karyawannya.

            Berusaha menjadi pemain tim hebat

            Karyawan yang baik harus senantiasa berkontribusi  aktif. Ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan sesama rekan kerja.

            Jika memiliki kemampuan kerja  efektif dalam sebuah tim maka bisa menjadi nilai plus umtuk menempati posisi jabatan tertinggi dalam perusahaan.

            Belajar dalam menyelesaikan masalah

            Jika ingin naik jenjang karir maka harus memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan menemukan solusi dengan efektif.

            Ajukan beberapa ide yang inovatif dan meningkatkan efisiensi di tempat kerja. Hal ini tentu saja akan meningkatkan citra bagi di mata atasan.

            Mengelola hubungan baik dan visibilitas di tempat kerja

            Selain mempunyai kompetensi yang tepat, mengelola hubungan dan meningkatkan visibilitas di tempat kerja menjadi hal yang penting untuk bisa naik jabatan.

            Hal ini akan membantu memberikan pendekatan secara intens dan menjadi sarana komunikasi anatar sesama rekan kerja.

            Membangun jaringan kuat

            Luangkan waktu untuk membangun jaringam profesional yang kuat baik dari dalam maupun luar perusahaan.

            Teruslah bersosialisasi dalam berbagai macam acara industri, seminar dan lainnya. Jaringan yang kuat akan memberikan peluang dalam kenaikan karir.

            Organisatoris lain juga baca ini: Jabatan dalam Perusahaan

            Prinsip Kuat Ketika Sudah Naik Jabatan Supaya Lama Menjabat

            Prinsip naik jabatan tinggi dalam perusahaan
            Sumber: mamikos

            Pada dasarnya, setiap jabatan yang diemban tentu saja memiliki masanya dengan kata lain tidak selamanya.

            Agar bisa menjadi atasan yang awet dan profesional maka seorang pemimpin harus menerapkan prinsip berikut.

            Prinsip Kepemimpinan

              Prinsip kepemimpinan atau leadership imi menentukan efektivitas sebagai seorang pemimpin. Poin utama ini adalah untuk menyadarin pentingnya kemampuan kepemimpinan.

              Salah satu hal praktis yang berhubungan dengan prinsip ini adalah menilai kemampuan seorang pemimpin 1-10.

              Aspek yang dinilai adalah mengenai pengelolaan, perencanan dalam berfikir strategis, membangun visi dan merealisasikan hasil.

              Setelah melakukan penilian diri, mintalah orang lain untuk menilai Anda dan setelah itu, membandingkan kedua penilaian tersebut. Ini akan memberikan titik awal yang sangat bagus bagi seorang pemimpin.

              Kemampuan Membangun Pengaruh

              Menurut Maxwell mengatakan jika kepemimpinan adalah pengaruh, tidak lebih dan juga tidak kurang dan semakin banyak pengaruk yang dimiliki maka semakin besar pula potensi kepemimpinan.

              Ini juga mengatakan bahwa setiap orang memiliki kadar pengaruh yang berbeda.

              Sebagai pemimpin yang baik maka coba fokus dengan tujuh bidang yaitu karakter, membangun hubnungan, intuisi dan lainnya. Hal tersebut akan membuat seorang pemimpin bisa awet.

              Jabatan tertinggi dalam perusahaan menjadi impian karyawan. Semua orang yang bekerja di sebuah perusahaan memiliki peluang besar untuk bisa mendapatkan jabatan tertinggi dan karir yang baik.

              Organisatoris lain juga baca ini: Oktober 2024

              Sumber:

              1. Manajemen sdm update. Prinsip kemipinan maxwell.
              2. Setiawan. Cara naik jabatan pada perusahaan
              3. Marvel. 5 jabatan gaji tertinggi.

              Tinggalkan Balasan

              Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *