latihan dasar kepemimpinan online
LDK (Binus University)

Latihan Dasar Kepemimpinan Online: 2 Poin Pelaksanaan

Diposting pada

Di masa pandemi segala aktivitas berlangsung secara online. Sekalipun demikian tidak akan mengurangi esensi dari kegiatan itu sendiri. Sama halnya dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Online. Dengan adanya pelaksanaan yang terstruktur tetap akan membuat latihan ini menjadi khidmat.Tika, I & W Organon – organisasi.co.id

Poin Penting LDK

Pelatihan dasar mengenai segala hal terkait kepemimpinan bernama Latihan dasar kepemimpinan (LDK). Sasarannya adalah pengurus OSIS baru yang ada di lingkungan Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Tujuannya adalah untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada para OSIS baru karena mereka nantinya akan memimpin organisasi OSIS dan mewakili sekolah yang bersangkutan. Walaupun demikian, faktanya kegiatan ini juga masih ada di perguruan tinggi.

2 poin penting dari pelatihan LDK adalah:

Latihan Dasar Kepemimpinan Fisik.

Pemberi materi adalah pengurus OSIS lama. Tujuannya adalah untuk mendisiplinkan peserta atau OSIS baru. Mereka berhak memberikan hukuman bagi peserta yang tidak disiplin.

Para peserta juga harus patuh pada aturan dan perintah dari mentor.

Latihan Dasar Kepemimpinan Mental

Pemberi materi adalah Pembina OSIS, Dewan Guru, Kepala Sekolah, dan Guru Psikologi dan Konseling. Jika tidak memiliki salah satu dari pemberi materi tesebut, maka sekolah dapat menyewa pihak luar.

Kedua poin tersebut tidak harus selesai dalam satu hari. Umumnya keduanya terjadi di hari dan tempat yang berbeda. Dalam hal ini peserta akan belajarmengenai teori-teori terkait kepemimpina dan lainnya yang menunjang mereka dalam berorganisasi.


Contoh Konsep Acara LDK Online

LDK Online (Binus University)

Latihan Dasar Kepemimpinan Online tidak sama dengan biasanya. Pastikan juga seluruh peserta memiliki koneksi internet yang baik. Untuk konsep acaranya, kita dapat membuat dengan contoh sebagai berikut.

LDK Online SMA Negeri 4 Denpasar tahun 2021 berlangsung hari Rabu, 8 September 2021 pukul 14.00 WITA setelah pembelajaran daring selesai.

Untuk mengawali acara adalah dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars SMA Negeri 4 Denpasar. Pembukaan kegiatan dan sambutan Kepala SMA Negeri 4 Denpasar.

Dalam pelaksanaan online, setidaknya materi penunjang seperti musik pengiring maupun mic pengisi acara menjadi hal yang cukup penting. Tidak hanya itu, masih ada beberapa hal lainnya seperti pemilihan pakaian baik pengisi acara dan peserta sebaiknya sesuai dengan konsep acara.

Membahas mengenai pemateri

Pemateri adalah guru-guru SMA Negeri 4 Denpasar yang di dalamnya mencakup keorganisasian, kepemimpinan, Training motivasi, Bina Disiplin, Wawasan Kebangsaan, penyusunan proposal dan LPJ, penyalahgunaan Narkoba, dan bersih lingkungan.

LDK Online akan berakhir di hari Kamis tanggal 9 September dengan pembacaan doa dan penutupan oleh bapak Wakil Kepala Sekolah.

Konsep yang perlu kita perhatikan adalah durasi di hari pertama dan kedua. Hari Rabu, 8 September mulai pukul 14.00 WITA kemudian kira-kira selesai pukul 16.00 WITA.

Hari kedua yaitu Kamis, 9 September 2021 sedikit mengenai latihan fisik di pukul 14.00 WITA dan berakhir serta penutupan di pukul 15.00 WITA.

Dengan tidak adanya praktik baris berbaris atau hanya menampilkan video, maka jam pelatihan dapat menjadi lebih efisien.

Organisatoris lain baca ini: Prinsip Ekologi Organik: Definisi dan 7 Cara Bertahan

Konsep Managemen Pelaksanaan LDK Online

Latihan Dasar Kepemimpinan Online adalah sebuah alternatif baru di masa pandemi seperti saat ini. Teori dan praktik secara teknis memerlukan penyesuaian. Bahkan pemaparan materi pun berlangsung dengan menggunakan aplikasi seperti Zoom atau GMeet.

Kendalanya adalah tidak semua peserta maupun guru yang mahir dalam hal ini. Inilah yang kemudian memakan waktu.

Sekalipun minim praktikum, harapannya materi dapat tersampaikan dengan jelas dan interaktif. Dengan demikian tolak ukur atas pemahaman materi oleh peserta pun dapat tercapai.

Tidak hanya dari sisi mentor dan panitia penyelenggara saja yang amat bersiap, namun peserta pun harus matang mempersiapkan diri dan perangkat pembantu seperti ponsel, laptop, dan jaringan internet. Akan lebih baik panitia mengadakan kuis dan memberikan beberapa hadiah bagi peserta yang aktif atau yang interaktif.

Hal ini akan menambah semangat peserta untuk mengikuti LDK hingga akhir. Hendaknya juga panitia memilih tema yang tepat dan menarik. Tidak hanya fokus pada praktik, namun penyampaian materi juga sebaiknya dengan cara yang menarik.

Contoh: Memilih tema mengenai Dewantara Muda ( Memiliki Karakter Kepemimpinan Berbasis Tamansiswa).

Jelaskan mengapa tema itu yang dipilih. Bisa jadi pemilihan tema adalah karena berharap peserta dapat memiliki karakter yang memimpin seperti ajaran Tamansiswa.

Memilih materi yang sesuai

Dari tema yang telah ada di atas, kita harus memilih materi yang sesuai dan menarik. Termasuk pula pemberi materinya. Jika ingin memberikannya pada guru, pilih guru yang dapat menyampaikan materi dengan baik.

Memanajemen Latihan Dasar Kepemimpinan online memang tidak mudah. Mulailah dengan membahas trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Dalam hal ini pemimpin sebaiknya dapat memberi contoh bagi orang lain, memberi dorongan saat di belakang, dan membangunkan semangat ketika di tengah.

Barulah mulai masuk ke materi inti tentang manajemen organisasi. Organisasi adalah kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan. Selama prosesnya tujuan sulit tercapai dan mudah berubah di tengah-tengah.

Materi ini akan menarik perhatian peserta karena umumnya anak muda saat ini kerap plin plan. Daya gerak organisasi ketika tujuan tercapai pun akan hilang.

Tidak hanya itu, materi juga akan fokus pada peran setiap orang di dalam organisasi yang mana hal ini telah ada dalam AD/ART yang mutlak dan diwariskan ke generasi selanjutnya.

AD/ART inilah yang menjadi pemersatu sekaligus panduan yang sah bagi keorganisasian di bawahnya. Manajemen organisasi sangat penting untuk merencanakan arah pergerakan organisasi. Salah satunya adalah merencanakan kegiatan jangka pendek dan panjang serta manajemen konflik organisasi.

Contoh Teks Pembukaan Acara LDK

Setiap acara tentunya mamiliki susunan acara agar berlangsung dengan teratur. Sama juga dengan LDK. Hendaknya kita membuat urutan acaranya agar dapat mengestimasi waktu. Sebelumnya hendaknya kita mengetahui jadwal pemateri terlebih dahulu serta kegiatan umum para peserta.

Jadi misalnya mereka harus sekolah dari pagi hingga siang hari, maka LDK dapat kita lakukan setelahnya. Namun ketika pemateri hanya bersedia di pagi hari, maka kita dapa mencari waktu saat hari libur seperti akhir pekan. Contohnya seperti ini:

Assalamu’alaikum

Selamat pagi.

Alhamdulillah di hari yang cerah ini kita dapat bersama-sama menghadiri acara Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa OSIS SMAN 2 Kediri tahun 2021. Sebelum memulainya mari kita membaca basmalah.

Menyiapkan susunan acara

Adapun susunan acara pada hari ini antara lain:

  • Pembukaan
  • Pembacaan ikrar
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hadirin mohon berdiri.
  • Hadirin kembali duduk
  • Pembacaan laporan ketua panitia pelaksana
  • Sambutan kepala Sekolah sekaligus membuka acara pada hari ini secara resmi.
  • Doa
  • Penutup dan ramah tamah

Tidak terasa acara demi acara telah kita lalui. Alhamdulillah, semoga latihan dasar kepemimpinan kali ini berjalan dengan lancar.

Apabila terdapat salah kata dalam perkataan saya, saya mohon maaf seebsar-besarnya. Terima kasih atas perhatian bapak ibu dan saudara. Mari kita tutup dengan bacaan hamdalah.

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh.

Untuk pemberian salam, kita dapat membuatnya lebih formal seperti juga menyebutkan selamat pagi / siang/ sore dan sebagainya.

Organisatoris lain baca ini: Membuat Struktur Organisasi Excel dan Word: 8 Cara

Hak dan Kewajiban Mentor LDK

Sekalipun mentor berasal dari lingkungan sekolah, sudah selayaknya aturan dasar mengenai hak dan kewajiban tetap berlaku. Adapun hak mentor antara lain:

  • Mendapat perhatian dari peserta
  • Memperoleh waktu dan tempat mentoring
  • Mendapatkan bantuan teknis apabila mengalami kesulitan selama mentoring
  • Dihargai dan dihormati
  • Mendapatkan upah

Sedangkan kewajibannya adalah:

  • Memberikan materi sesuai kapasitasnya
  • Ramah dan sungguh-sungguh dalam memberikan pembelajaran
  • Berusaha menjawab pertanyaan dari peserta
  • Menghormati dan menghargai peserta
  • Tunduk pada aturan sekolah yang berlaku
  • Hadir tepat waktu

Setiap sekolah memiliki aturan yang berbeda-beda. Jika mentor berasal dariguru di lingkungan sekolah, biasanya pihak sekolah tidak terlalu hitung-hitungan dalam memberikan upah kepada mentor. Bahkan persiapan pun menjadi lebih santai dan tidak terlalu dibuat-buat.

Hal ini karena baik peserta maupun mentor biasanya sudah saling mengenal sehingga acara berlangsung dengan lebih tertib dan peserta tidak segan untuk menjadi lebih interaktif.

Yang terpenting adalah mentor tiak semena-mena dalam memberikan hukuman. Walaupun tujuannya adalah untuk mendisiplinkan peserta, akan tetapi sebaiknya mereka melakukannya dengan cara yang baik.

Hak dan Kewajiban Para Peserta

LDK ( SMA Islam Hidayatullah)

Setelah mengetahui hak dan kewajiban mentor, kini kita sebaiknya juga memahami hak dan kewajiban peserta. Hak peserta antara lain:

  • Memperoleh pembelajaran terkait LDK
  • Dihormati dan dihargai.
  • Mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan praktik

Sedangkan kewajiban peserta antara lain:

  • Tunduk pada aturan yang berlaku
  • Hadir tepat waktu
  • Membawa atribut

Khusus untuk peserta, umumnya aturan bagi mereka memanglebih banyak daripada mentor. Contohnya mereka harus bersedia melakukan perintah dari mentor.

Mereka juga harus membawa atribut sesuai ketentuan sebelum pelaksanaan seperti topi, air minum, sapu tangan, dan lainnya. Jika satu orang tidak membawanya maka yang lain juga akan mendapatkan hukuman.

Namun tidak serta merta pelatih dan mentor boleh berlaku semena-mena. Peserta memiliki hak untuk mendapat perlakuan yang manusiawi dan bukan mengarah pada perploncoan.

Inilah yang masih sedikit sulit namun perlahan tapi pasti akan berubah. Warisan perploncoan yang mengakar semoga saja lambat laun menghilang.

Penutup

Latihan Dasar Kepemimpinan Online memang membtuhkan persiapan yang cukup rumit. Selain memperhatikan jaringan internet, hendaknya pengisi acara maupun peserta juga dapat saling interaktif satu sama lain.

Terdapat hak dan kewajiban bagi mentor dan peserta. Semua bertujuan untuk mengatur jalannya pelatihan agar terkondisi dengan baik.

Pemilihan mentor dpaat berasal dari sekolah maupun luar sekolah. Hendaknya dalam memberikan hukuman kepada peserta yang kurang disiplin tetap memperhatikan etika yang ada. Adapun tujuan LDK adalah untuk melatih kedisiplinan calon pemimpin sebuah organisasi.

Daftar Pustaka

Pengertian Latihan Dasar Kepemimpinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *