organisasi fungsional tingkat molekul

Organisasi Fungsional Tingkat Molekul: 2 Contoh Bagan

Diposting pada

Kehidupan di dunia ini memilikuisusunan yang sangat teratur. Organisasi fungsional tingkat molekul menjadi titik dasarnya yang kemudian berlanjut menjadi sel dan lain-lain hingga biosfer.

Tika, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Organisasi Fungsional Tingkat Molekul dan Sel

Dunia dan seisinya memiliki struktur yang sangat teratur. Dari bagian terkecil hingga terbesar memiliki tatanan sendiri-sediri yang saling sinergis. Adapun tatanan tersebut adalah molekul yang kemudian menjadi pembentuk sel. Organisasi fungsionalnya masing-masing adalah:

Organisasi Fungsional Tingkat Molekul

Saatnya kita menggali kembali ingatan mengenai materi terendah di muka bumi ini. Mereka adalah atom yang terdiri atas proton, elektron, dan neutron. Kita mengenal macam-macam atom yang ada dalam tujuh golongan yakni golongan Alkali, Alkali Tanah, dan lainnya.

Ketika atom-atom ini berikatan, mereka akan membentuk molekul. Syaratnya adalah mereka harus sesama atom. Contohnya Hidrogen akan membentuk molekul bila ia bergabung bersama rekannya H2O. Gabungan ini kita sebut sebagai molekul air.

Ada lagi molekul protein, glukosa, dan sebagainya. Ketika molekul-molekul berikatan maka akan membentuk ikatan kompleks atau senyawa yang menjadi penyusun sel. Senyawa kimia penyusun makhluk hidup adalah molekul.

Organisasi Kehidupan Tingkat Sel

Molekul yang berikatan membentuk organel yang merupakan subunit sel. Fungsinya menjadi lebih spesifik contohnya adalah ribosom. Tempat ini adalah tempat sintesis protein. Berinteraksi satu sama lain akhirnya senyawa dan organel tersebut membentuk sebuah kesatuan yaitu sel.

Definisi Molekul


molekul (materikimia.com)2

Sebagaimana pembahasan kita di atas, molekul merupakan gabungan dari atom. Boleh jadi ia terbentuk dari atom-atom yang sama, bisa jadi berbeda. Contoh gabungan atom yang sama membentuk molekul Hidrogen (H2) sedangkan contoh atom yang berbeda adalah Karbon Monoksida (CO).

Jika tersusun atas atom yang sama, kita menyebutnya dengan molekul unsur. Sedangkan jika terbentuk dari atom yang berbeda-beda, maka kita menyebutnya sebagai senyawa. Namun jika terbentuk hanya dari dua atom dan berbeda, maka kita sebut molekul diatomik.

Atom yang membentuk molekul dengan tiga atau lebih atom yang sama maka kita sebut molekul poliatomik. Contohnya adalah Ozon (O3) dan Sulfur (S8). Dari sinilah terciptanya organisasi fungsional tingkat molekul.

organisatoris lain baca ini: Organisasi Pemerintahan Daerah: 5 Tujuan dan Struktur

Pengertian Sel

Molekul-molekul membentuk senyawa yang akan membangun sel. Sel adalah kumpulan materi dari makhluk hidup yang paling sederhana. Mereka dapat melakukan berbagai aktivitas kehidupan yang sebagian besar dari itu adalah reaksi kimia. Tujuannya untuk mempertahankan kehidupan pada sel.

Sel memiliki selaput atau membran dan di dalam selaput tersebut terdapat cairan yaitu protoplasma atau juga kita sebut matriks. Ada pula bentuk organel sel, subselular, yang semuanya memiliki membran yang mengelilinginya.

Protoplasma terdiri atas inti sel dan plasma sel yang kita kenal dengan sitoplasma. Sedangkan di bagian inti sel mengandung plasma inti atau nukleoplasma.

Perkembangbiakan sel adalah dengan cara mitosis atau memberlah diri. Terdapat materi genetik di dalam sel yang menentukan sifat-sifat makhluk hidup. Sifat-sifat ini nantinya akan diwariskan kepada keturunannya.

Tahapan dari Ekosistem Hewan

ekosistem (sahabatnesia.com)

Molekul membentuk sel dan sel membentuk kehidupan makhluk hidup. Makhluk hidup hidup dan memiliki hubungan timbal balik dengan lingkungan sekitarnya dan saling memberi pengaruh. Macam-macam ekosistem antara lain ekosistem padang rumput, laut, hutan, dan sebagainya.

Komponen dalam ekosistem terbagi atas komponen biotik yang terdiri atas makhluk hidup dan abiotik yang merupakan komponen tidak hidup.

Komponen Biotik

Semua makhluk hidup di dalam ekosistem adalah komponen biotik. Mereka adalah hewan, tumbuhan, bahkan makhluk hidup yang sulit terlihat seperti bakteri. Mereka akan membentuk sebuah rantai makanan untuk menjaga kestabilan ekosistem.

Komponen biotik terbedakan atas cara mereka memperoleh makanan yaitu organisme autotrof (yang dapat memproduksi makanan sendiri dan cenderung menjadi produsen), heterotrof (konsumen), serta dekomposer yaitu pengurai.

Komponen Abiotik

Yang termasuk dalam komponen abiotik adalah benda-benda mati di sekitar ekosistem yaitu batu, pasir, air, dan sebagainya.

Fungsi Sel dan Molekul

Sebagai unit terkecil makhluk hidup, baik sel dan molekul memiliki fungsinya masing-masing. Adapun fungsi sel antara lain:

Untuk Metabolisme

Reaksi kimia yang terjadi pada makhluk hidup akan membuat mereka mampu bermetabolisme. Sebagian besar proses ini terjadi di sel. Adapun fungsi sel untuk metabolisme adalah berperan dalam reaksi katabolik.

Reaksi ini adalah merombak senyawa kimia untuk menghasilkan energi atau untuk bahan pembentukan senyawa lainnya. Tidak hanya itu, sel juga berperan untuk reaksi anabolik yaitu untuk menyusun komponen sel.

Contoh reaksi katabolik adalah respirasi seluler yang berlangsung di mitokonria eukariota. Bisa juga terjadi di sitosol prokariota dan akan menghasilkan ATP.

Contoh reaksi anabolik adalah sintesis protein yang terjadi di ribosom dan membutuhkan ATP. Jadi perbedaan reaksi ini terltak dari membutuhkan atau menghasilkan ATP.

Berfungsi Dalam Komunikasi Sel

Sel memiliki kemampuan untuk menerima dan mengirimkan sinyal dari sel menuju sel lain. Ia juga berperan untuk menentukan interaksi antar organisme uniseluler. Sel akan mengatur fungsi dan perkembangan tubuh organisme multi sel.

Transfer sinyal antar sel adalah bentuk komunikasi sel dalam bentuk molekul atau transduksi sinyal, dan aktivitas listrik di dalam sel target molekul. Akhirnya terciptalah respon sel.


Antar sinyal terjadi dengan kontak antarsel, menyebarkan molekul sinyal ke sel-sel yang berdekatan, menyebarkan molekul sinyal ke sel yang jauh, atau melakukan perambatan sinyal listrik ke sel yang letaknya jauh.

Bisa juga menembus membran secara langsung melalui kanal protein. Melekat pada reseptor yang ada di permukaan sel target hingga memicu transduksi sinyal.

Bagaimana dengan fungsi molekul?

Molekul yang merupakan gabungan dari paling sedikit dua atom saling berikatan kuat di susunan tertentu. Molekul akan stabil dan bermuatan netral.

Partikel gas apapun akan melibatkan atom-atom gas mulia. Jadi jika kita tarik kesimpulan maka fungsi molekul adalah:

Cikal Bakal Rumus Kimia

Ketika telah mengetahui molekul tertentu, maka kita dapat membuat sebuah rumus empiris dengan perbandingan sederhana dari unsur-unsur yang menyusun senyawa tersebut.

Contohnya air dengan rumus molekul H2O. Perbandingan atom Hidprogen dengan Oksigen adalah 2:1. Contoh lain adalah ethanol dengan perbandingan Karbon : Hidrogen : Oksigen adalah 2:6:1.

Rumus ini tidak menunjukkan susunan atom dalam molekul. Jika ada rumus molekul yang sama namun susunannya berbeda maka kita menyebutnya sebagai isomer.

Organisatoris lain baca ini: Lembaga Yudikatif: 4 Jenis, Pengertian, Fungsi dan Tugas

Jenis Sel dan Molekul

makhluk hidup (materikimia.com)

Sel dan molekul memiliki jenis-jenisnya masing-masing. Adapun jenis-jenis sel berdasarkan strukturnya adalah:

Sel Prokariotik

Sel tanpa membran inti adalah pengertian dari sel prokariotik. Adanya sel ini akan menarik materi genetik di dalamnya. Contohnya adalah Archaebacteria, Eubacteria, dan Cyanobacteria. Akan tetapi sel ini tetap memiliki plasmid, dinding sel, ribosom, membran plasma, dan organel pergerakan.

Sel Eukarotik

Berkebalikan dengan sel prokariotik, sel ini sudah memiliki membran inti. Terlihat dari danya DNA dan RNA yang terbungkus membran inti dan terpisah dari organel sel lainnya.

Sel eukarotik merupakan sel yang sudah memiliki membran inti. Contohnya adalah sel-sel yang ada pada hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya kecuali yang memiliki sel prokariotik.

Urutan Organisasi Fungsional Tingkat Molekul

Kini saatnya kita membahas urutan organisasi fungsional dalam kehidupan.

Mulai dari molekul kemudian menjadi organel. Penggabungan organel membentuk sel dan kumpulan sel menjadi jaringan.

Jaringan membentuk organ dan terbentuklah organisme. Organisme yang saling berinteraksi akan membentuk sebuah populasi.

Gabungan beberapa populasi menjadi komunitas dan hubungannya dengan lingkungan membentuk ekosistem.

Dari ekosistem inilah terlahir bioma yang dalam bentuk lebih luasnya menjadi biosfer.

Contoh-contoh penyusun organisasi fungsional makhluk hidup

Molekul

Kumpulan dua atau lebih atom membentuk sifat suatu zat. Ia terdiri atas struktur, sifat kimia maupun fisika yang membentuk zat. Contoh H2O (air) bersifat liquid.

Organel

Terdiri atas berbagai macam molekul. Memiliki tugas tertentu. Contoh: mitokondria, badan golgi, kloroplas, dan Retikulum Endoplasma.

Sel

Merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. Terdiri atas bermacam-macam organel baik eukariotik, prokariotik, sel hewan, hingga tumbuhan.

Jaringan

Merupakan kumpulan sel yang saling bekerjasama dengan fungsi tertentu. Contohnya jaringan otot, jaringan ikat, meristem, pengangkut, saraf, dan lainnya.

Organ

Sekumpulan jaringan yang berbeda-beda dan melakukan fungsi yang lebih besar dari jaringan. Contohnya adalah organ jantung, usus besar, usus halus, dan lainnya.

Sistem Organ

Merupakan sekumpulan organ dengan fungsi tertentu. Contohnya sistem pernapasan, sistem saraf, dan sistem kekebalan tubuh.

Organisme

Adalah spesies atau individu yang teridentifikasi. Terdiri atas Organisme uniseluler (terdiri atas satu sel), dan multiseluler (memiliki banyak sel).

Contoh organisme uniseluler adalah bakteri sedangkan multiseluler adalah bunga, pohon, sapi, dan lainnya.

Populasi

Sekumpulan organisme sejenis di suatu daerah tertentu. Contohnya populasi manusia di kota X, orangutan di Kalimantan, cheetah di Savana, dan hiu di samudera Hindia.

Komunitas

Kumpulan berbagai spesies yang saling bergantung di wilayah tertentu. Terjadi rantai makanan di sebuah komunitas.

Ekosistem

Perpaduan faktor biotik dan abiotik yang saling berdampingan. Contoh: ekosistem hutan hujan dengan berbagai macam tumbuhan dan hewan yang saling berdampingan.

Bioma

Merupakan wilayah kehidupan yang terdiri atas fauna dan flora dengan suatu iklim. Biota kutub, padang pasir, padang rumput, dan lainnya.

Biosfer

Adalah seluruh kehidupan di Bumi. Mencakup semua jenis hewan, tumbuhan, dan faktor abiotik di bumi secara keseluruhan.

Penutup

Struktur organisasi fungsional tingkat molekul memiliki urutan-urutan yang panjang hingga membentuk organisme dan kehidupannya.

Mulai dari molekul yang membentuk sel, sel menjadi organel, kemudian menjadi jaringan, organ, sistem organ, hingga kemudian hidup sebagai organisme.

Bahkan setelah menjadi organisme, makhluk hidup masih berkumpul membentuk populasi, komunitas, ekosistem, dan menjadi sebuah biota dan biosfer di muka bumi.

Jika kita gali lebih lanjut, begitu saling bergantungnya satu makhluk hidup dengan lainnya. Inilah yang kemudian mengajarkan kita akan pentingnya menjaga keseimbangan dunia.

Daftar Pustaka

Mengenal Fungsi Sel Beserta Ragam Strukturnya, Pelajari Lebih Lanjut

Urutan Organisasi Kehidupan dari Terkecil ke Terbesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *