Organisasi profesi kesehatan
Organisasi profesi bidang kesehatan (Foto: smkbktasik.sch.id)

Organisasi Profesi Kesehatan: Pengertian dan 13 Jenis

Diposting pada

Organisasi profesi kesehatan, sebuah wadah bagi para profesi kesehatan dalam memaksimalkan keterampilannya di bidang kesehatan yang mereka fokuskan. Terdapat 13 jenis perkumpulan bidang kesehatan yang ada pada artikel kali ini. Maka begini jelasnya.

Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai para organisator, bagaimana kabar kalian hari ini? Bicara masalah sebuah ‘kabar’, pasti tidak lepas dari pertanyaan kesehatan, keadaan, dan sebagainya.

Apalagi biasanya hal tersebut sering terlontar dari orang-orang tersayang. Tidak heran jika hal tersebut memberikan perasaan tersendiri di lubuk hati terdalam kita.

Mengingat sebuah kesehatan amatlah penting di era pandemi seperti sekarang. Hal tersebut merujuk kepada kasus covid-19 yang semakin hari semakin terus meningkat.

Bahkan hal tersebut terjadi di belahan dunia. Hingga akhirnya berbagai organisasi kesehatan pun mengambil langkah preventif dengan bekerjasama dengan pemerintah, guna mencegah adanya korban terjangkit virus tersebut lagi.

Tapi, bicara soal masalah organisasi kesehatan, dalam artikel kali ini akan membahas organisasi apa saja yang tergabung dalam organisasi kesehatan, berikut ulasannya.

Organisasi Profesi Kesehatan: Pengertian Dan Fungsi

Definisi organisasi profesi kesehatan
Pengertian organisasi profesi kesehatan (Foto: suara.com)

Untuk lebih jelasnya, kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu ‘organisasi profesi’. Beberapa literatur mengatakan bahwa organisasi profesi ini, adalah sebuah organisasi yang terbentuk atas dua orang atau lebih.

Dengan catatan mereka pada bidang yang sama, dan tekad yang sama, sehingga terbentuklah sebuah organisasi profesi tersebut, guna menaungi berbagai orang yang berada di profesi yang sama juga.

Adapun beberapa pendapat tentang hal ini menurut para ahli seperti Melton, yang mana mendefinisikan organisasi profesi sebagai organisasi praktisi yang memiliki seleksi untuk memilih orang agar mereka tergabung dalam organisasi tersebut.

Dengan tools menggunakan kompetisi profesional, serta memiliki ikatan yang sama dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan yang tidak bisa terlaksana secara individual.

Organisatoris lain baca ini: Mengenal Organisasi Sarjana Pendidikan

Maka, organisasi profesi kesehatan, adalah salah satu organisasi yang mempunyai berbaga seleksi dengan toosl kompetensi profesional, serta para anggotanya mampu untuk melaksanakan kegiatan bidang kesehatan, yang mana tidak bisa terlaksana secara individual.

Tujuan daripada organisasi tersebut, adalah menjadi wadah bagi para profesionalis dari para anggota juga setiap masing-masing dari organisasi.

Dan fungsi dari organisasi ini, salah satunya adalah mengembangkan keilmuwan para anggota, peningkatan martabat serta etikfa profesional tenaga kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bedah satu per satu.


Pengertian Organisasi Profesi Kesehatan

Sesuai dengan pembahasan yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa organisasi bidang kesehatan, adalah sebuah wadah, untuk para profesi bidang kesehatan mendapatkan wadah yang baik dalam mengembangkan keterampilan mereka.

Serta menjadi wadah aspirasi mereka juga, ketika dala proses mengembangkan keterampilan dalam bidang kesehatan yang mereka pelajari.

Dengan para anggotanya bersedia untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang terlaksana oleh organisasi profesi tersebut, mengingat kegiatan yang terancang tidak bisa terlaksana secara individu.

Tujuan dari organisasi ini, yang pasti menjadi wadah untuk bisa mengembangkan keterampilan para anggotanya dalam jenis profesi kesehatan yang mereka geluti.

Juga meningkatkan keilmuwan, martabat, serta keektifa profesi dari bidang kesehatan yang sedang dipelajari.


Peran Organisasi Profesi Kesehatan

Adapun peran daripada organisasi ini. Yang pasti, mereka melakukan perannya sesuai dengan tujuan yang ingin tercapai.

Kemudian menjadi wadah bagi para profesi kesehatan yang se-profesi, guna mempunyai tempat aspirasi serta mengasah keterampilan tentang profesi yang sedang digeluti.

Termasuk dengan berbagai kegiatannya, yang mana dapat meningkatkan skill dari para anggota, untuk bisa lebih profesional ketimbang sebelumnya.

Itulah beberapa peran yang ada pada tubuh dari berbagai organisasi kesehatan.


Daftar Organisasi Profesi Kesehatan

Daftar organisasi profesi kesehatan (Foto: medianers.blogspot.com)

Adapun beberapa daftar dari berbagai organisasi kesehatan, beserta sejarah kemunculan dari mereka. Karena semua berawal dari keresahan, keinginan, hingga berujung kepada tekad dan akhirnya implementasi kepada sebuah tindakan.

Dengan membuat organisasi naungan, yang memiliki berbagai aturan. Dengan harapan para anggota bisa berproses lebih baik dari sebelumnya.


Oleh karenanya, berikut daftar Organsiasi bidang kesehatan:

Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Adalah salah satu organisasi kesehatan yang menaungi para dokter Indonesia. Organisasi tersebut telah berdiri lebih dari 60-an tahun, tepatnya berdiri pada tahun 1950.

Bidang keilmuwan yang ada pada organisasi ini, adalah bidang ilmu biomedik, juga kedokteran. Untuk alamat kantor resmi, berada di Jl. Dr. GGSJ Ratulangi No 29, Menteng, Jakarta Pusat.

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)

Merupakan organisasi profesi untuk para dokter gigi Indonesia. Organisasi ini terbentuk pada tahun 1950, tepatnya tanggal 22 Januari, di Bandung.

Untuk keilmuwan dari PDGI, lebih fokus kepada hal yang bersangkutan dengan kesehatan gigi. Kantor resmi sekretariat dari PDGI, di Jl. Utan Kayu Raya, No 46, Jakarta Timur.

Ikatan Psikologi Klinis Indonesia (IPK-Indonesia)

Adalah ikatan para psikologi klinis, yang mana organisasi tersebut berdiri pada tahun 2007. Dan sekarang sudah menjadi organisasi profesi yang resmi.

Organisatoris lain baca ini: Mengenal IOPI, IOTI dan IAKMI: 3 Organisasi Idola Kesehatan

Dengan merujuk kepada UU no 36 tahun 2014, yang kemudian IPK Indonesia sudah mendapatkan perlindungan dari badan hukum. Untuk alamat sekretariat resmi IPK- Indonesia, di Margoyasa PA II/ 470 Yogyakarta.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)

PPNI juga salah satu organisasi yang berkecimpung dalam dunia keperawatan. Kemudian organisasi tersebut ada dan terbentuk pada tahun 1974, tepatnya pada tanggal 17 Maret.

Kantor resmi sekretariat dari organisasi PPNI, berada di GRAHA PPNI, Jl. Raya Lenteng Agung No 64, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Ikatan Bidan Indonesia (IBI)

Selanjutnya adalah organisasi pada bidang kebidanan. Yang mana kita tahu, tugas daripada bidan ialah salah satunya membantu pasien saat akan melahirkan, juga memastikan bahwa antara ibu dan anak bisa selamat dengan sehat.

IBI ini terbentuk pada tahun 1951, tepatnya pada tanggal 24 Juni. Untuk kantor pengurus pusat dari IBI, berada di Jl. Johar Baru V, No D13, Jakarta Pusat.

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)

Adalah satu-satunya organisasi profesi untuk para apoteker dengan lulusan bidang farmasi, yang terbentuk pada tahun 1965, tepatnya pada tanggal 16 September.

Organisasi ini juga sering mengadakan berbagai agenda, salah satunya adalah melaksanakan webinar dengan berbagai fokus pembahasan. Kantor resmi dari IAI ini, berada di Jl. Wijaya Kusuma, No 17 – Tomang, Jakarta Barat.

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI)

Kemudian organisasi profesi lainya pada bidang kesehatan, adalah IAKMI, yang mana organisasi ini terbentuk pada tahun 1971, tepatnya tanggal 27 April.

Visi dari organisasi ini salah satunya adalah menjaga nilai-nilai yang luhur, hingga mengamalkan berbagai kode etik dari profesi. Untuk kantor resminya sendiri dalam web resmi IAKMI di iakmi.or.id hanya mencantumkan contact person saja.

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI)

Adalah organisasi yang berkecimpung pada kesehatan lingkungan, yang mana terbentuk atas dasar kepentingan hubungan Internasional.

Selanjutnya organisasi ini lahir dan terbentuk pada tahun 1980, tepatnya pada tanggal 12 April di Bandung. Kantor resmi dari organisaisi HAKLI, berada di Jalan Jenderal Sudirman kavling 52-53, SCBD Jakarta.

Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI)

Tujuan daripada organisasi ini, adalah mengembalikan kualitas pangan di Indonesia, hingga memperbaiki kualitas gizi daripada warga Indonesia.

Untuk tahun pendiriannya sendiri, belum tercantum secara pasti dari beberapa literatur yang ada. Namun pada dasarnya mereka mempunyai tujuan demikian. Kantor resmi dari kepengurusan PERSAGI, di Jl. Hang Jebat III Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI)

Terbentuk pada tahun 1961, IFI memiliki tujuan sebagai salah satu organisasi yang menjadi wadah dalam pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia dalam bidang fisioterapi.

Juga memiliki tujuan mewujudkan kesehatan secara nasional yang berbasis pelayanan profesional fisioterapis yang bermartabat serta mandiri. Kantor resmi kepengurusan dari IFI, di Jl. Srengseng Raya No 8 E, Kembangan, Jakarta Barat.

Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI)

Adalah satu-satunya organisasi profesional yang ada pada bidang kesehatan radiografi. Kemudian untuk tahun pendiriannya, belum ada sumber yang pasti.

Kantor resmi dari organisasi PARI ini, berada di Politeknik Kesehatan Jakarta II, Jl Hang Jebat III Blok F-3, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI)

Organisasi ini berkecimpung pada kesehatan gigi dan mulut (terapi) yang terbentuk pada tahun 2017, tepatnya pada tanggal 14 September.

Memiliki visi yang sangat kuat, yakni menjadi tenaga terapis gigi dan mulut yang profesional, berdaya saing, dan kompeten pada tingkat Nasional maupun Internasional pada tahun 2029.

Untuk kantor alamat resmi dari PTGMI, beberapa sumber tidak mencantumkan alamat resminya, termasuk pada website resmi dari PTGMI di ptgmi.or.

Ikatan Penata Anestesi Indonesia (IPAI)

IPAI merupakan organisasi profesional yang berkecimpung pada bidang penata anestesi. Dengan tujuan meningkatkan pengembangan anestesi Indonesia hingga memakai standar kesehatan Internasional.

Sehingga dapat berperan dalam peningkatan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Kantor resmi dari kepengurusan IPAI berada di Jl Letjen S Parman Kav. 87, Jakarta Barat.

Itulah beberapa daftar dari organisasi keprofesian di bidang kesehatan, yang bisa menjadi referensi kalian.

Manfaat Mengikuti Organisasi Profesi

Meski demikian, secara keseluruhan semua organisasi pasti mempunyai dampak yang positif dan negatifnya. Dan semua itu berdasarkan dari sudut pandang orang per orang.

Namun, tidak ada salahnya jika kita mengikuti organisasi keprofesian, terutama untuk orang-orang yang juga berada pada dunia profesi yang memiliki peraturan cukup ketat.

Karena dari organisasi profesi tersebut, kita bisa lebih meningkatkan skill kita dalam bidang profesi apapun, termasuk kesehatan. Dengan bekal yang mantap, maka kita akan berkontribusi bagi kesehatan masyarakat juga lebih bagus hasilnya.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai organisasi profesi kesehatan. Dari beberapa pembahasan tersebut, kita bisa lebuh mengerti bagaimana peran, tujuan, hingga visi misi daripada berbagai organisasi kesehatan tersebut.

Yang kemudian mereka implementasikan dalam berbagai event, dan para anggotanya ikut serta dalam tergelarnya acara tersebut.

Dan kita juga bisa lebih mengerti, bahwa kesehatan sangat mahal harganya. bakan dalam islam pun demikian. Rezeki yang sangat penting di dunia, bukanlah harta dan sejenisnya. Tapi yang ditekankan adalah kesehatan.

Karena harga dari kesehatan tidak bisa terbandingkan dengan rezeki-rezeki lain, yang bisa kita dapatkan melalui berbagai jalan.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://gustinerz.com
  2. https://www.neliti.com
  3. http://pdgi.or.id/
  4. https://ipkindonesia.or.id/
  5. https://www.ppni-inna.org/index.php/public/organisation/studygroup-structure/
  6. https://ibi.or.id/id/
  7. http://www.iai.id/
  8. http://www.iakmi.or.id/web/content
  9. http://www.hakli.or.id/index.php/public/about/information-history/
  10. https://www.neliti.com/id/persatuan-ahli-gizi-indonesia/catalogue
  11. https://www.ifi.or.id/
  12. https://pari.or.id/tentang-kami/
  13. http://www.ikatanpenataanestesiindonesia.org/index.php/public/information/contact-view/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *