SIMK PPNI, adalah panduan untuk para profesional terapis gigi dan mulut, untuk menyatakan bahwa mereka sah sebagai anggota organisasi yang aktif, dengan melakukan beberapa ketentuan. Ada juga Sipa PTGMI yang juga membahas panduan login beserta bayar iuran yang harus dikeluarkan. Ayu Maesaroh – organisasi.co.id
Hai, kembali lagi dengan tulisan penuh semangat, memberikan wawasan selalu kepada kamu, yang haus akan sebuah pandangan tentang berbagai hal, dan kemudian mendapatkan titik tengah agar dapat menyelesaikannya.
Karena di pandemi seperti ini, apa saja bisa menjadi permasalahan, baik dalam bidang pendidikan, perekonomian, hingga kepada kesehatan secara individu.
Permasalahan-permasalahan tersebut sangat penting untuk mendapatkan penyelesaian yang bijak, sehingga orang yang mendapatkan kebijakan tersebut tidak akan merasakan ketersinggungan, ataupun sejenisnya.
Tapi bicara masalah kesehatan, ada beberapa organisasi profesi penting dalam bidang kesehatan, dengan tingkat andil dalam menjagai kesehatan manusia, yang cukup besar.
Ialah PPNI serta PTGMI. Keduanya mempunyai poin penting dalam menjaga kesehatan masyarakat, sehingga untuk para anggotanya wajib untuk menjadi member dari organisasi tersebut.
Jadi, simak ulasannya kali ini:
SIMK PPNI: Panduan Login dan Bayar Iuran

Menjadi seorang member dalam sebuah organisasi, pasti butuh yang namanya identitas diri, yang mana dengan adanya identitas tersebut, kita akan mendapatkan hak dan beberapa benefit lain, ketika kita tergabung dalam organisasi tersebut.
Tapi, disamping itu ada beberapa kewajiban yang perlu dilakukan oleh beberapa anggotanya, apalagi jika organisasi tersebut merupakan organisasi profesi.
Sehingga butuh adanya fasilitas yang mana dapat membantu para anggota dalam menunaikan kewajiban tersebut. Begitulah kiranya gambaran dari SIMK yang ada pada organisasi PPNI, atau singkatan dari Persatuan Perawat Indonesia.
Yang kemudian SIMK tersebut memudahkan para anggota perawat dalam membayar iuran, dan sejenisnya. Untuk panduannya sendiri, ada beberapa step.
Namun yang terpenting adalah, kalian harus memiliki NIRA atau singkatan dari Nomor Induk Registrasi Anggota. Hal ini untuk memudahkan para anggota PPNI yang baru pertama kali membuat akun SMIK.
Setelah buka dan berada pada dashboard, nantinya kalian akan mendapatkan pemberitahuan tentang beberapa pembayaran iuran yang belum tertunaikan oleh kalian.
Untuk lebih jelasnya, berikut kita ulas satu per satu.
Apa Itu SIMK dan NIRA PPNI

Kedua hal tersebut, merupakan salah satu poin penting untuk anggota PPNI, agar mereka terdaftar sebagai perawat profesional secara legal.
Yang mana mereka harus membayar iuran sebesar 300.000 lebih per tahunnya, lewat akun virtual keanggotaan dari PPNI mereka.
Hal ini menjadi penting, karena pada akhirnya iuran tersebut menjadi satu bukti bahwa kalian memang seorang perawat profesional dan ilegal, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur keperawatan, serta tenaga medis lainnya.
Maka, berikut tentang kedua pengertian tersebut:
NIRA (Nomor Induk Registrasi Anggota)
NIRA sendiri bisa kita katakan sebagai kartu identitas para anggota, yang tergabung dalam organisasi PPNI. Kartu identitas tersebut ada dan terbit oleh DPP atau singkatan dari Dewan Pengurus Pusat.
Dalam pembuatannya pun sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Kemudian nantinya nomor dari NIRA tersebut, bisa kalian gunakan untuk membuka akun SIMK kalian.
Organsiatoris lain baca ini: Mengenal Organisasi Sarjana Pendidikan
Adapun beberapa manfaat dari NIRA ini, seperti misalnya dapat mengajukan berbagai pertanyaan soal masalah dari organisasi tersebut.
Kadang juga bisa menjadi salah satu orang terpenting dalam organisasi, tergantung jabatan yang sedang dibutuhkan. Yang paling terpenting adalah bisa mengembangkan ilmu keperawatan lebih banyak dan optimal, ketimbang sebelumnya.
SIMK (Sistem Informasi Keanggotaan)
Adalah wadah dari sistem tersebut yang mana mengatur berbagai hal, berkaitan dengan aktifitas para anggota. Dalam hal tersebut ialah para anggota dari organisasi PPNI.
Yang mana mereka harus membayar beberapa iuran seperti STR, iuran tahunan, dan sebagainya. SIMK sendiri, sekarang sudah berbentuk virtual.
Dengan tujuan memudahkan para anggota untuk membayar iuran tahunan dan sejenisnya. Untuk login pun para anggota harus mempunyai nomor NIRA yang sudah aktif.
Setelah itu baru login dan memasukkan password. Di dalam dashboardnya akan ada banyak pilihan yang bisa anggota klik. Entah pilihan bayar tagihan, dan sebagainya.
Atau lebih mudahnya, SIMK adalah wadah untuk memonitoring perkembangan para anggotanya. Mulai dari ketepatan masalah pembayaran iuran, STR dan sebagainya.
Itulah beberapa hal mengenai kedua poin tersebut, yang sangat penting bagi anggota PPNI.
Tujuan dan Manfaat SIMK
SIMK bukanlah sebuah sistem yang terbentuk secara dadakan, tanpa tujuan, apalagi hal-hal yang perlu tindakan, sehingga sistem tersebut dapat berjalan dengan baik.
Ada berbagai tujuan yang menjadi goals dari pembuatan SIMK di organisasi PPNI tersebut. Dan yang sering mendapatkan sorotan adalah memonitoring bagaimana perkembangan dari para anggota.
Hal tersebut akan terlihat pada data dari anggota tentang proses mereka untuk mengembangkan diri lebih siap dengan mengikuti berbagai kegiatan yang dapat mengasah keilmuwan keperawatan mereka.
Lalu yang selanjutnya adalah kegiatan lain seperti iuran anggota per tahun biaya STR, dan sebagainya. Untuk manfaat dari adanya SIMK ini yang pasti adalah para anggota jadi lebih tahu tentang bidang yang sedang mereka geluti.
Kemudian untuk anggota lama yang harus segera pindah penugasan, dengan menggunakan SIMK, para anggota akan teringankan dengan pengurusan perpindahan anggota dengan baik.
Itulah beberapa manfaat serta tujuan dari pembuatan SIMK pada organisasi PPNI tersebut.
Dasar Aturan SIMK
Dasar aturan tentang SIMK sendiri, lebih cenderung kepada relasi dari SIMK terhadap beberapa UU yang mengatur beberapa hal yang ada di sistem ini.
Seperti misalnya kewajiban seorang perawat yang harus menjadi anggota resmi organisasi profesi keperawatan, dalam hal tersebut adalah PPNI.
Hal ini sudah tercantum dalam UU 38 tahun 2014. UU tersebut juga mengatur beberapa hal lain seperti kewajiban setiap anggota yang harus memiliki STR secara resmi, dan sebagainya.
Organisatoris lain baca ini: Arti Organisasi: Besaran, Manfaat, Jenis dan 3 Tipe
Juga mewajibkan para anggotanya untuk memiliki sertifikat kompetisi, yang mana menjadi persyaratan khusus dalam keikutsertaan menjadi anggota dari organisasi PPNI.
Panduan Login SIMK PPNI
Sejalan dengan pembahasan yang sudah kita singgung sebelumnya, maka berikut beberapa cara login ke SIMK dari PPNI.
Dan sebelum itu, perlu diketahui sebelumnya bahwa anggota harus memiliki NIRA terlebih dahulu, supaya nantinya ketika masuk sistem informasi akan lebih mudah.
Jadi, berikut pembahasannya:
Masuk ke Website
Langkah pertama adalah mengunjungi website yang telah direkomendasikan kemenkes sebagai situs resmi SIMK, yakni situs resmi dari PPNI sendiri berada di ppni.inna.org.
Ketika sudah terbuka, maka pilih menu membership pada bar menu yang ada di website resmi PPNI, guna login ke akun sistem informasi keanggotaan tersebut.
Setelah itu para anggota akan beralih ke halaman login, dengan menyertakan NIRA serta password yang telah ada sedemikian rupa.
Login
Setelah berada di halaman login, para anggota wajib mencantumkan nomor NIRA yang masih aktif, serta password yang sudah terbuat sedemikian rupa.
Setelah kiranya lengkap, maka klik login. Tunggu beberapa saat, dan setelah itu anggota akan beralih ke dashboard dari SIMK tersebut.
Nah untuk yang belum mempunyai NIRA sebagai poin penting untuk masuk sebagai anggota PPNI, kalian harus daftar terlebih dahulu.
Dengan menggunakan cara yang hampir sama seperti sebelumnya, namun yang di klik bukanlah login, melainkan ‘pendaftaran anggota baru’ yang ada di bagian bawah ‘login’.
Setelah itu kalian mulai mengkonfirmasi kepada yang bersangkutan untuk bisa mendpatkan NIRA, dan juga membayar iuran pertama untuk anggota baru sebesar 300 ribu lebih.
Dan ketika mengajukan pembuatan NIRA, kalian juga harus menyertakan data pembayaran, sebagai bukti bahwa kalian sudah membayar iuran anggota baru.
Sikap PTGMI

Yang selanjutnya adalah SIKAT PTGMI, yang juga salah satu organisasi profesi, dengan memiliki sistem yang harus dipatuhi oleh para anggotanya.
PTGMI sendiri merupakan organisasi profesi yang bergerak pada bidang keperawatan gigi dan mulut. Dalam sejarah, PTGMI terbentuk pada tahun 2017, dengan mengalami perubahan nama pada sebelum tahun tersebut.
Terutama pada penyusunan daripada kurikulum yang ada. Berbagai perubahan nama seperti AKG, SPRG dan sebagainya, menjadi polemik yang lambat laun mulai banyak perjuagan oleh para organisatori dari keperawatan gigi kala itu.
Dan pada akhirnya pada tahun 2014, Pemerintah mengeluarkan peraturan Kemenkes mengenai nama lulusan dari beberapa alumni mahasiswa yang mengambil jurusan keperawatan gigi.
Berubah menjadi terapis gigi dan mulut, yang kemudian masuk ke dalam rumpun dari keteknisian medis. Keputusan tersebut bisa dibilang mendadak waktu itu.
Organisatoris lain baca ini: Pengertian Induk Organisasi Olahraga: Manfaat Dan Tujuan
Serta menyebabkan keterkejutan beberapa pihak, terutama para perawat gigi. Namun karena sudah menjadi ketetapan, akhirnya para perawat gigi dengan sukarela mengganti predikat lulus mereka menjadi para ahli terapis gigi dan mulut.
Dengan nama organisasi profesi resmi, ialah PTGMI atau singkatan dari Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia. Dan di dalamnya, terdapat berbagai aturan yang mengharuskan anggota untuk memenuhi beberapa kewajiban sebagai anggota resmi.
Salah satunya adalah dengan mendaftarkan diri pada sistem organisasi bernama SIKAP, atau singkatan dari Sistem Informasi Keanggotaan PTGMI.
Syarat Menjadi Anggota
Syarat menjadi anggota PTGMI ini terbagi menjadi 3 golongan, yakni anggota biasa, lalu ada anggota luar biasa, serta yang terakhir adalah anggota kehormatan.
Ketiga syarat tersebut memiliki perbedaan poin masing-masing, yang perlu diselesaikan oleh para anggota. Berikut beberapa poin penting dari ketiganya:
Syarat Anggota Biasa
Beberapa persyaratan sebagai anggota pada umumnya, ialah:
- Merupakan waganegara asli Indonesia
- Telah lulus menempuh pendidikan keperawatan yang mana sah di mata pemerintah.
- Menyetujui dan ikut melaksanakan bebagai ketentuan yang telah diberlakukan dalam organisasi tersebut.
- Menyatakan diri sebagai anggota dari PTGMI, pernyataan kesediaan sebagai anggota dari PTGMI.
Syarat Anggota Luar Biasa
Syarat menjadi anggota luar biasa, sebagai berikut:
- Merupakan warganegara Indonesia asli
- Sanggup ikut melaksanakan kegiatan yang tercanangkan oleh organisasi
- Menyatakan diri sebagai anggota dari PTGMI, melalui pernyataan yang disahkan pada tingkat Dewan Daerah.
Anggota Kehormatan
Yang selanjutnya adalah anggota kehormatan, dengan beberapa syarat antara lain:
- Merupakan warganegara Indonesia
- Telah lulus menempuh pendidikan perawat gigi, yang mana pendidikan tersebut telah disahkan oleh pemerintah.
- Menyatakan bahwa sanggup untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang terencana oleh pihak organisasi.
- Bukan berasal dari rumpun pendidikan gigi, namun mempunyai jasa kepada PTGMI, dengan disahkan oleh Dewan Pengurus Pusat PTGMI.
Cara Mendaftar Dan Cara Login Dalam Sikap PTGMI
Terlepas dari hal tersebut, akan ada pertanyaan, bagaimana caranya untuk kita bisa mendaftar, dan login dalam sistem keanggotaan dari PTGMI. Berikut caranya:
Mendaftar Sebagai Anggota
- Masuk ke website resmi dari Sikap PTGMI di ptgmi.or.id/
- Setelah itu pilih menu registrasi anggota pada bagian kiri lengan kalian.
- Lalu isi beberapa data yang wajib diisi.
Cara Login Anggota
Untuk cara loginnya hampir sama dengan cara mendaftar sebagai anggota, Yakni masuk ke website resmi dari PTGMI, kemudian pilih menu login anggota.
Jika sudah, maka anggota akan beralih pada halaman yang mewajibkan anggota mengisi password dan juga username yang telah dibuat.
Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.
Daftar Pustaka
2 Komentar