Palu Sidang Untuk Persidangan: 4 Contoh

Arti dari persidangan organisasi
Persidangan organisasi (Foto: wamadiksi.com)

Persidangan identik dengan satu benda yang meiliki fungsi vital. Ia adalah sebuah palu yang menjadi kunci berjalannya, terhentinya, dan adanya tempo dalam sidang. Palu sidang untuk persidangan juga menjadi saksi bisu akan sebuah kasus yang memberikan keputusan adil ataupun tidak.

Tika, I&W Organon – organisasi.co.id

Bacaan Lainnya

Adil Menurut Islam

Ajaran Islam memiliki tujuan mulia yakni “Rahmatan lil ‘aalamiin”. Maksudnya ajaran-ajaran yang ada dapat menyelamatkan dan memberikan rahmat untuk seluruh alam sebagaimana tercantum pada Surat Al Anbiya’ ayat 107.

Adil menjadi pilar-pilar dalam kehidupan bermasyarakat, pribadi, maupun rumah tangga. Sebab itulah para Rasul ada untuk membantu perwujudan adil di atas dunia ini.

Kata adil di dalamAl Qur’an muncul sebanyak 28 kali dalam berbagai konteks dan Allah sangat mencintai mereka yang dapat berperilaku adil apalagi ketka mereka merupakan para pemimpin. Apa sebenarnya definisi adil?

ayat al qur’an tentang adil (akurat.co)

Berasal dari bahasa Arab, adil bermakna sama. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi adil adalah seimbang, tidak memihak salah satu, berpatokan pada kebenaran, hingga tidak condong pada salah satu hal ketika menilai sesuatu. 

Adil juga bermakna tidak terjadi keberpihakan pada siapapun yang tidak benar agar menghindari perilaku yang semena-mena.

Dalam buku karya M. Quraish Shihab yang berjudul Wawasan Al Qur’an, adil telah dibahas dengan rinci di Al Qur’an dengan kata-kata seperti al mizan, al adl, hingga al qisth.

Hakikat adil dalam Islam

Tiga kata dalam Al Qur’an tersebut akan kita bedah satu per satu. Al Qist merujuk pada arti “bagian” yang mana bagian tersebut adalah yang patut dan wajar. Al adl berarti sama dan mengacu pada adanya dua atau lebih pihak-pihak yang terkait. Terakhir adalah al mizan yang menjadi alat untuk melakukan penimbangan.

Sumber lain dalam buku “Sistem Masyarakat Islam Dalam Al Qur’an dan Sunnah” menjelaskan adil sebagai hal untuk memberikan hak-hak orang lain yang berhak mendapatkannya baik untuk dirinya sendiri maupun masyarakat. Secara nilai, adil tidak melebihi maupun mengurangi. Artinya tidak akan terjadi pengurangan atau penyelewengan.

al-Musawat

Dalam islam, adil adalah sama (al musawat) yang artinya tidak membedakan. Maksudnya adalah terkait hak-hak umat, kesempatan untuk mendapat pendidikan, perlindungan, mendapatkan kemakmuran dalam hidup, serta persamaan terkait sebagai manusia yang ada di bumi.

Bahkan maksud dari kata sama ini artinya dalam proses hukum seharusnya tidak ada perbedaan terkait musuh, kelompok, kaya miskin, hingga ras.

at-Tawazun

Adil adalah sama dan seimbang. Kata Tawazun berarti seimbang dan tidak harus sama dari segi kuantitatif. Katakanlah ketika kita memiliki dua anak, yang satu masih TK dan satu lagi SMP. Keduanya mendapat uang saku dengan nominal yang sama. Tentu itu tidak adil karena tidak proporsional.

Jika kondisi menghendaki segal ahal harus seimbang, maka kita dapat meletakkan persamaan kuantitatif sebagai sebuah keadilan.

Di sisi lain ketika pemerintah telah menyiapkan berbagai lapangan pekerjaan, dalam hal ini pemerintah telah berlaku adil dengan memberikan tiap-tiap orang pekerjaan namun hasilnya bergantung pada usaha mereka. Islam juga menganjurkan umatnya berlaku adil pada agama.

Maksudnya adalah menyeimbangkan zikir dan pikiran sehingga dalam menggunakan harta dapat menjadi lebih bijak.

wadh al-syai’ fi mahallihi

Untuk definisi pada kata ini artinya keadilan adalah menempatkan sesuatu sesuai pada tempatnya. Kesempatan setiap orang untuk mendapatkan hak untuk hidup seperti jaminan kesehatan dan sumber penghasilan adalah sama. Pemimpin juga sebaiknya mengetahui hal itu.

Menempatkan bantuan yang tepat sesuai dengan kondisi penerima adalah salah satu bentuk perilaku adil. Begitulah Islam mengatur segala hal demi umatnya. Adil merupakan sama, seimbang, dan juga sesuai pada tempatnya.


Gambar Palu Pengadilan

palu sidang untuk persidangan
palu pengadilan(jambiupdate.co)

organisatoris lain baca ini: Pupuk Guano Organik: Definisi dan 2 Cara Membuat


Aturan Gugatan Sah Dalam Pengadilan

Palu sidang untuk persidangan hanya akan berfungsi ketika gugatan telah diproses. Jika ingin mengajukan gugatan yang sah pada pengadilan, maka siapkan beberapa dokumen pelengkap sebagai berikut:

  • Fotokopi identitas penggugat yang dalam hal ini adalah Kartu Tanda Pengenal
  • Enam lembar surat gugatan yang bisa didapat dari kuasa hukum
  • Fotokopi pengenal kuasa hukum hanya jika penggugat menggunakan jasa kuasa hukum
  • Enam lembar surat kuasa khusus jika menggunakan jasa kuasa hukum
  • Fotokopi kartu tanda advokat yang hanya menjadi milik kuasa hukum dan kartu tersebut harus masih berlaku
  • Surat keputusan objek sengketa, cukup dengan fotokopian saja apabila objek sengketa ini berbentuk surat keputusan yang tertulis
  • Fotokopi surat upya administrasi beserta tanda terima
  • Dalam bentuk digital (soft copy) melampirkan surat gugatan

JIka semua telah terpenuhi, barulah sidang dapat bermula. Semua ini sebenarnya dapat menjadi lebih cepat apabila menggunakan kuasa hukum.


Aturan Persidangan di Indonesia

Publik sempat heboh dengan persidangan yang tayang secara “langsung” di televisi nasional. Padahal selama ini yang kita ketahui adalah persidangan harus berlangsung secara tertutup. Bagaimana sebenarnya peraturan sidang di Indonesia?

Sebelum membahas aturan persidangan, hendaknya kita mengetahui pula bahwa palu sidang untuk persidangan memegang kendali atas berlangsungnya persidangan. Tidak terkait dengan aturan memang, hanya saja itu menjadi benda wajib yang harus ada.

Adapun aturan lengkapnya adalah:

  • Pengunjung dan orang-orang yang terlibat persidangan wajib berdiri untuk menghormati Majelis Hakim saat beliau memasuki ruang sidang dan juga saat keluar dari ruang sidang.
  • Duduk sopan dan tetap memelihara kondisi ketertiban ruang sidang. Hal ini berlaku bagi para pihak dan pengunjung.
  • Mengenakan pakaian yang sopan dan pantas serta tidak minum, makan, melakukan tindakan yang mengganggu, dan juga merokok.
  • Menunjukkan sikap hormat terhadap berlangsungnya persidangan.
  • Tidak boleh membawa benda-benda tajam dan berbahaya termasuk bahan peledak yang dapat membahayakan keamanan di ruang sidang.
  • Semua pihak wajib melakukan segala perintah dari Ketua Sidang dengan cermat dan segera.
  • Petugas keamanan pengadilan boleh melakukan penggeledahan tanpa surat tugas untuk menjamin bahwa tidak seorang pun di ruang sidang yang membawa alat berbahaya.
  • Meminta ijin kepada Ketua Sidang jika ingin melakukan rekaman suara, gambar, hingga liputan televisi.

Jadi kesimpulannya adalah persidangan boleh muncul ke publik atas ijin dari Ketua Sidang. Apa yang sempat menghebohkan Indonesia terkait persidangan kasus “Kopi Sianida” ternyata tidak melanggar aturan persidangan.


Gambar Palu Sidang

palu persidangan (ki.or.id)


Persyaratan Persidangan Boleh Dimulai

Sebelum sidang dimulai, tentunya terdapat beberapa hal yang menentukan boleh tidaknya sidang tersebut berlangsung. Pertama, ada beberapa perkara yang tertutup untuk umum.

Kedua, Penuntut Umum diminta untuk menghadirkan terdakwa ke ruang persidangan dengan kondisi bebas.

Ketiga, menanyakan identitas terdakwa dan menanyakan penerimaan salinan surat dakwaan.

Keempat, menanyakan keadaan terdakwa. Jika tidak sehat maka persidangan tidak dapat berlanjut. Jadi terdakwa harus dalam keadaan sehat agar persidangan dapat berlangsung,

Kelima, menanyakan terdakwa terkait pendampingan Penasihat Hukum. Jika tidak maka Majelis Hakim akan menunjuk salah satu hanya jika terdakwa mendapat ancaman pidana lima tahun penjara atau lebih dari itu sesuai pasal 56 KUHP ayat 1.

Keenam, pembacaan surat dakwaan.

Ketujuh, Penasihat Hukum akan menanyakan terdakwa terkait pembacaan surat dakwaan tersebut apakah terdakwa ingin mengajukan eksepsi atau justru tidak.

Kedelapan, sidang ditunda jika terdakwa hendak mengajukan eksepsi. Jika tidak, maka sidang berlangsung sebagaimana mestinya. Setelahnya akan ada replik atau tanggapan Jaksa Penuntut Umum terkait eksepsi dari terdakwa.

Kesembilan, pembacaan putusan sela yang dibacakan oleh Majelis Hakim.

Kesepuluh, hanya jika eksepsi ditolak, maka pemeriksaan perkara dapat berlangsung dan berlanjut dengan pemeriksaan saksi-saksi oleh Pengadilan Umum. Pertama muncul adalah saksi korban dan berlanjut ke saksi lainnya.

Kesebelas, ketika terdapat saksi-saksi yang mampu meringankan terdakwa, maka saksi ahli pun akan hadir untuk melakukan pemeriksaan. Barulah muncul tuntutan, pembelaan, dan replik dari Penuntut Umum.

Terakhir, akan ada duplik dan barulah keputusan Majelis Umum yang menentukan nasib terdakwa.

organisatoris lain baca ini: Prinsip Ekologi Organik: Definisi dan 7 Cara Bertahan

Contoh Sidang Yang Menghebohkan di Indonesia

Persidangan dengan banyaknya aturan ketat bukan tidak mungkin tanpa celah kekurangan. Bahkan palu sidang untuk persidangan seakan sudah tidak mampu melerai dan memberi jeda pada persidangan agar kembali kondusif. Berikut adalah contoh sidang yang menghebohkan dan terjadi di Indonesia.

Penusukan Hakim Tahun 2005 di Jawa Timur

Pengadilan Agama Sidoarjo, Jawa Timur sempat heboh di tahun 2005 karena kasus penusukan hakim. Pelakunya adalah Kolonel (laut) M. Irfan sesaat setelah hakim membacakan putusan sidang perdata.

Kasus yang ia tangani adalah mengenai pembagian harta gono gini yang membuat Irfan mengambil pisau dari luar ruang sidang dan kembali lagi.

Mulanya ia tidak berniat menusuk hakim tetapi menusuk istrinya namun karena hakim berusaha melerai akhirnya justru hakim yang ikut tertusuk.

Nyawa pak hakim tidak tertolong demikian pula dengan istri Irfan. Akhirnya keduanya tewas dan Irfan terjerat hukuman penjara seumur hidup.

Pembunuhan Usai Persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Berlanjut di tahun 2008 saat persidanga kasus pembunuhan yang menyeret nama manajer Diskotik Klasik, terdakwa merasa tidak puas demikian pula dengan para pendukungnya. Satu warga tewas karena tertusuk tiang bendera. Kericuhan ini masih terus berlangsung sekalipun telah memakan korban jiwa.

Bentrok di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Dua tahun kemudian terjadi kasus yang kembali menggemparkan karena pagelaran sidang kasus pembunuhan yang terjadi id Klub Blowfish.

Tiga orang tewas dan banyak aparat polisi yang terluka. Dari hasil penyidikan terdapat tiga tersangka yang menjadi perencana aksi dan terjerat UU darurat.

Kerusuhan Usai Sidang di PN Temanggung

Di tahun 2011, kerusuhan terjadi di Pengadilan Negeri Temanggung karena kasus pensitaan agama atas nama Antonius Bawega.

Vonis yang hakim berikan ternyata tidak mendapat sambutan baik oleh massa. Sebab itulah kerusuhan terjadi dan menyebabkan beberapa mbil dan motor terbakar massa. Gedung gereja yang terletak berdekatan dengan PN Temanggung juga ikut terbakar.

Penutup

Palu sidang untuk persidangan menjadi awal dan akhir persidangan. Bahka nia menjadi saksi bisu atas segala ketetapan dan hal-hal yang berlaku di persidangan.

Di Indonesia sendiri tidak selalu persidangan itu berjalan mulus. Ada beberapa kejadian di persidangan yang mengancam nyawa terutama ketika putusan Majelis Hakim telah dibacakan.

Daftar Pustaka

Adil yang Patut dan Standar

Pos terkait