Wadah Para Perenang Indonesia
Anandia Treciel Evato (Foto:Tempo.co)

Wadah Para Perenang, Sejarah Induk Organisasi Dengan Atlit Tercantik

Diposting pada

Mereka para pencinta olahraga renang, memiliki wadah buat para perenang, untuk mengakomodir mereka hingga pertandingan kelas dunia.

I & W Organom – Organisasi.co.id

Renang merupakan salah satu Cabor atau cabang olahraga yang masuk sebagai cabang pertandingan, baik nasional maupun internasional

Sejarah Wadah Para Perenang Indonesia

Para perenang memiliki organisasi yang cikal bakalnya berdiri pada 1927, tepatnya pada Jawa Timur menjadi pemrakarsa dengan dukungan atlit dari: Surabaya, Malang, Blitar, Pasuruan dan Lumajang.

Menjadi saksi sejarah pendirian West Java Zwembond. Sebagaimana telah terlaksana pada kota Bandung tahun 1917, Bandungse Zwembond. Pada Kota Bandung dengan beberapa kelompok pecinta renang, bergabung dalam organisasi tersebut.

Pada zaman penjajahan Belanda, olahraga renang, tidak terlalu mendapatkan kemajuan yang signifikan. Sebab hampir tidak ada kolam renang untuk masyarakat pribumi.

Sehingga latihan mereka banyak dilakukan di alam terbuka, laut atau sungai. Dengan resiko latihan yang tinggi, karena dasar air yang tidak bisa di prediksi.

Sehingga yang masuk bergabung, adalah yang memiliki “nyali” tinggi, atau memiliki dasar-dasar renang.

Perkembangan Olahraga Renang Tahun 1942 – 1945

Apa yang terjadi pada tahun 1942 – 1945?
Maka jawabannya adalah penjajahan Jepang. Pada masa penjajahan tersebut, Kolam Renang kini bisa ternikmati oleh masyarakat luas.

Sehingga pada kota Surabaya, Bandung dan Jakarta, masyarakat pribumi bergabung untuk belajar dan menikmati berenang pada kolam renang.

Deklarasi Dan Perkembangan Organisasi Renang Indonesia

Apakah Nama wadah untuk Olahraga renang Indonesia?

Maka jawabannya adalah PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia), namun tahukah anda bahwa sejarah awalnya. Bukan bernama PRSI, tapi pada 21 Maret 1951, Bernama Persatuan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI). Melalui kongres pertama yang terlaksana pada kota Jakarta.

Melantik Prof. dr. Poerwo Soedarmo sebagai ketua pertama.

Tahun 1954, terselenggara kongres kedua yang menjadikan Jawa Barat (Bandung) sebagai lokasi kegiatan.

Baca juga: Induk Organisasi Tenis Meja Indonesia Dan Internasional

Hingga pada kongres Malang, Organisasi ini merubah nama dari PBSI menjadi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Sebab telah berdiri Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Dengan nama singkatan yang sama.

Sehingga induk renang memilih untuk merubah nama menjadi PRSI.

Daftar Atlet Renang Indonesia Yang Membuatmu Jatuh Hati

Menyebut kata olahraga Renang, maka yang terbayang adalah salah satunya postur tubuh para perenang yang memiliki bentuk yang ideal.

PRSI tidak hanya piawai dalam mengumpulkan medali dalam beberapa kejuaraan, Skala Asia maupun dunia. Tapi juga memiliki beberapa Atlet yang wajahnya akan membuatmu jatuh hati.

Kepiawaiannya dalam menaklukkan air, melintasi air dengan sangat indah, lengkap dengan gayanya yang menarik. Berikut daftar Perenang Tercantik Indonesia:

  1. Anak Agung Istri Ratih Kania Atmaja,
  2. Anandia Treciel Evato,
  3. Ressa Kania Dewi,
  4. Sagita Putri Krisdewanti,
  5. Patricia Yosita Hapsari,
  6. Adinda Larasati Dewi

Wadah Para Perenang Indonesia
Anandia Treciel Vanessa Evato (Foto:Tempo.co)

Atlet Renang
Ressa Kania Dewi, Atlit Renang (Foto Istimewa)

Selain sebagai perenang, dengan prestasi yang wanita ini catat, Ressa Kania Dewi juga masih tercatat sebagai Anggota Kowad TNI AD aktif.

Demikian pembahahasan tentang induk organisasi renang Indonesia secara singakt.

Organisasi lain: Organisasi Dunia Sepak Bola, Nasional Dan Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *