pidato rekreatif
pidato persuasif (downloadfileguru.com)

Pidato Rekreatif dan Persuasi, 2 Jenis Menarik

Diposting pada

Pidato rekreatif merupakan sebuah pidato yang menghibur orang lain. Berbeda halnya dengan pidato persuasi, mari simak 2 jenis menarik dari keduanya.

Tika – organisasi.co.id

Pidato merupakan sebuah komunikasi di hadapan publik. Seseorang berpidato dengan berbagai tujuan mulai dari sekedar membagi informasi, menasihati, mempengaruhi, hingga menghibur.

Ada baiknya kita mengetahui macam-macam pidato sebelum memilih yang paling cocok untuk sebuah acara yang akan berlangsung.

Namun satu yang pasti pada umumnya bahasa dalam pidato adalah bahasa formal.

Pidato Rekreatif dan Persuasi, 2 Jenis Pidato Tren Dalam Beberapa Tahun Terakhir

pidato rekreatif
Pidato (Foto: freepik.com)

Jenis-jenis pidato terdiri atas beberapa jenis.

a. Pidato Impromptu yang merupakan pidato mendadak. Pidato ini bersifat spontan sehingga memberikan sensasi lebih hidup bagi pendengarnya.

b. Pidato Manuskrip yaitu pidato yang tersusun dengan rapi melalui naskah. Oleh sebab itu pembaca pidato akan mengikutinya dari awal hingga akhir dan memberi kesan terstruktur dan rapi.

c. Pidato Memoriter merupakan salah satu jenis pidato yang memaksa pembacanya untuk menghafalkan naskah. Terlihat bagaikan profesional, jenis ini memiliki lebih banyak kelemahan.

d. Pidato Ekstemporer adalah jenis yang menuliskan garis besar pidato saja. Kemudian pembaca akan melakukan improvisasi yang tidak keluar dari jalur pidato yang telah ditentukan.

Organisatoris lain baca ini: Model Pidato, 4 Metode, Keuntungan Dan Kekurangan

Tidak hanya jenis pidato yang perlu diketahui melainkan juga bentuk-bentuk pidato. Adapun bentuk-bentuk tersebut yang berkaitan dengan fungsi pidato antara lain:

– Informatif

Bentuk pidato ini berisi mengenai informasi kepada khalayak. Bisa merupakan petunjuk atas sesuatu, informasi mengenai sesuatu, hingga pengarahan mengenai sesuatu.

– Rekreatif

Tujuan dari bentuk pidato rekreatif adalah untuk menghibur pendengar. Oleh sebab itu, orator harus mampu menyelipkan beberapa hiburan di dalamnya.

– Persuasif

Adapun bentuk pidato persuasif adalah untuk mempengaruhi pendengar. Berisi ajakan sehingga pendengar merasa mereka perlu mengikuti ajakan tersebut.


Ciri Bentuk Dari Pidato Persuasif dan Rekreatif

pidato rekreatif
Kerangka pidato (Foto: Liveworksheet)

Kedua pidato ini memiliki perbedaan dalam sisi tujuan. Secara lebih rinci mari kita jabarkan ciri masing-masing serta persamaan da perbedaan keduanya.

a. Pidato Persuasif

Ciri-ciri dari pidato persuasif adalah berisi kalimat yang membangun serta membangkitkan semangat pendengar. Sifat dalam kalimatnya adalah berupa ajakan, perintah, hingga rekomendasi.

Adapun topik dari pembicaraannya seputar memotivasi disertai dengan data dan argumen yang sesuai fakta. Dalam bentuk pidato ini, tujuannya adalah membentuk opini.

Tidak hanya itu, tujuannya juga dapat merubah opini publik.

b. Pidato Rekreatif

Adapun ciri pidato ini adalah menggunakan bahasa sehari-hari dalam acara yang bersifat semi formal. Fokus tujuannya adalah menghibur sehingga isinya terkait sesuatu yang bersifat menghibur.

Karakter lainnya adalah walaupun bertujuan menghibur, namun tidak selalu memicu kelucuan dan membuat orang lain tertawa terbahak-bahak.

Intinya adalah untuk menurunkan tingkat stress seseorang, maka pidato ini perlu berlaku. Bahkan intonasi nya pun seperti bercerita dengan topik yang ringan.

Struktur pidatonya meliputi:

– Salam baik keagamaan maupun tidak


– Pendahuluan yang berisi sapaan

– Latar belakang masalah yang akan dibahas

– Isi pidato yang berisi rencana, tujuan, bahkan ajakan untuk melakukan sesuatu.

– Kesimpulan atau penutup yang berisi harapan

Organisatoris lain baca ini: 5 Metode Pada Susunan Materi Pengkaderan


Perbedaan dan Persamaan Pidato Persuasif Dan Rekreatif

Jenis dan bentuk-bentuk pidato walaupun sama-sama berupa komunikasi di hadapan umum ternyata juga memiliki beberapa perbedaan.

Pada jenis pidato persuasif, ia bertujuan untuk membentuk opini publik dengan menggunakan gagasan yang sesuai fakta. isinya meliputi ajakan agar seseorang melakukan sesuatu dengan bahasa formal atau semi formal.

Sedangkan pada jenis pidato rekreatif, tujuannya adalah untuk menghibur sehingga tidak perlu selalu menggunakan dasar berupa fakta.

Ia adalah hiburan bagi masyarakat yang bersifat menyegarkan pikiran sehingga boleh menggunakan bahasa semi formal maupun non formal.

Lantas apa persamaan keduanya? Baik pidato rekreatif maupun persuasif sama-sama terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup dalam kerangka pidatonya.

Keduanya juga sama-sama mempengaruhi psikologis pendengar dan bersifat satu arah.

Organisatoris lain baca ini: Bentuk Pidato, Pengertian Dan Bagian-Bagiannya

Contoh Pidato Persuasif

pidato rekreatif
Teknik pidato (Foto: Rahasia Belajar)

Assalaamu’alaikum warohmatulla wabarokatuh

Selamat pagi rekan-rekan, bagaimana kabar kalian?
Saya harap kita semua sehat dan dalam kondisi baik di hari ini.

Segala puji syukur kepada Allah yang telah mempertemukan kita di sini dalam suasana ceria setelah lebaran. Tentu harapannya dengan jati diri yang lebih baik.

Shalawat dan salam juga kita junjungkan kepada nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan kita mendapatkan syafaat dari Beliau di akhir zaman nanti.

Yang terhormat Ibu Khadijah, selaku ketua BKKBN

Yang saya hormati pula ibu-ibu peserta KB massal hari ini.

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan beberapa hal kali ini.

Sebelumnya, ijinkan saya mengapresiasi para ibu hebat yang ada di sini. Tentu tidak mudah untuk mengambil keputusan melakukan KB.

Ada yang mengatakan banyak anak, banyak rejeki. Namun di saat seperti sekarang, masihkah kita menanam pola pikir seperti itu?

Anak adalah tanggung jawab. Kita seharusnya memberikan mereka segala hak mereka mulai dari kasih sayang, ASI eksklusif, dan kebutuhan pendidikan mereka.

Jarak antar anak yang tidak terkontrol tentu dapat merampas hak anak. Mereka berhak mendapatkan kasih sayang penuh dari orang tuanya.

Terlepas dari itu semua, hendaknya kita berupaya memberikan itu dengan cara menjaga jarak antar kelahiran. KB bukanlah bertujuan menggugurkan anak. Sama sekali bukan seperti itu.

Ini yang harus kita luruskan. KB bertujuan untuk merencanakan kelahiran agar lebih tertata demi kesehatan ibu dan keluarga.

Kesehatan fisik dan mental sangat penting dalam hal mengurus anak.

Lantas apakah KB aman? tentu ibu-ibu akan mendapat penjelasan mengenai hal ini dari bidan yang kompeten. Ada dua jenis KB yakni hormonal dan non hormonal atau jangka panjang.

Ibu dapat memilih sesuai kebutuhan dan efektivitas KB itu sendiri. Ternyata juga KB tidak hanya untuk ibu tapi bisa juga untuk suami.

Dengan keluarga terencana, maka masa depan semakin baik. Mari bersama-sama mewujudkan generasi cerdas, sehat, dan terencana melalui program Keluarga Berencana.

Demikian dari saya, jika ada kesalahan, saya mohon maaf. Akhir kata, wassalaamualaikum warahmatullaahi wabarokatuh.


Contoh Pidato Rekreatif

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Om Swastyastu,

Teman-teman yang saya banggakan, bagaimana kabar kalian hari ini? Mudah-mudahan masih bersemangat untuk mendengarkan sedikit petuah dari saya.

Segala puja dan puji hanya milik Tuhan yang Maha Esa. BerkatNya kita masih bisa berada di sini dalam suasana hati yang gembira.

Gembira itu mahal. Biarpun bergelimang harta, bisa membeli yang mahal-mahal, belum tentu bisa gembira. Bukankah begitu teman-teman? Iya atau iya?

Sebelumnya, tak kenal maka tak sayang. Saya adalah Arif yang mendapatkan posisi penting menjadi pembicara hari ini. Ijinkan saya juga menyapa:

Yang terhormat, bapak RT dukuh Pokoh timur.

Ada pula yang harus kita hormati ibu RT yang mendampingi pak RT.

Yang saya hormati juga teman-teman seperjuangan dan para pemilik rumah sekitar sini yang tentu tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena tidak hafal.

Pusing tidak dengan adanya kisah-kisah di infotainment yang selalu menelisik harta benda artis? Si A usia segini sudah bisa membeli rumah seharga bla bla bla.

Risih tidak mendengarnya? Jangan sampai kita terhanyut lalu mengakhiri hidup karena tidak bisa seperti mereka. Na’udzubillah.

Memang benar kita harus bijak memilih tontonan. Tapi terkadang justru memang orang Indonesia rata-rata menyukai hal-hal yang seperti itu.

Sinetron IC, ah apalah itu yang membuat kita berandai-andai dan mulai membandingkan suami kita. Kenapa tidak bisa seperti Aldebaran Al Fahri?

(isi pidato)

Mohon maaf pak, buk, dan teman-teman. Harap dibaca kembali sebelum menonton sinetron. Ada tulisannya kan jika itu hanya sebuah fiktif? Nah, artinya sulit sekali menemukan persamaan itu dengan dunia nyata.

Hadapilah kenyataan bapak ibu! Teman-teman yang belum menikah juga harap realistis saja ya. Jangan mencari jodoh seperti itu, sampai tua pun belum tentu dapat.

Kecuali kalian ada koneksi dengan Raja Brunei atau Sultan Malay, ya bolehlah berharap.

Jadi akhirnya pak RT dan Bu RT atas persetujuan pak RW dan Pak Dukuh akan mengadakan jam belajar masyarakat mulai jam 7 malam hingga 9 malam.

Tujuannya apa hayo? Supaya warga tambah pandai. Tidak hanya pandai menghayal jadi artis, tapi juga berpotensi mewujudkan impian dan cita-cita.

Anak-anak pun demikian. Di jam tersebut harus belajar, TV dimatikan, tapi jangan curi-curi nonton lewat ponsel ya?

Apa saja kegiatan belajar masyarakat? Nah nanti di masjid, akan ada kegiatan mengaji sampai jam 8 malam. Kemudian kegiatan belajar anak-anak di jam 8 hingga 9 malam bersama kakak-kakak mahasiswa dan mahasiswi UIN Kalijaga.

Wah pasti asyik ya tidak? Jika kalian sedang ada acara boleh untuk tidak hadir, tapi ingat, tidak menonton TV ya. Bepergian boleh, tapi jika hanya di rumah, usahakan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

(penutup)

Begitulah bapak ibu dan teman-teman. Saya rasa sudah terlalu banyak saya berbincang di sini. Suara saya jadi serak dan pertanda butuh minum.

Jika ada salah-salah kata, saya mohon maaf. Harapannya semoga dimaafkan. Baiklah, saya akhiri,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Gaya Pidato Rekreatif dan Persuasif

pidato rekreatif
Pidato persuasif (Foto: downloadfileguru.com)

Tidak ada catatan khusus dalam kedua bentuk pidato ini. Intonasi memegang kunci penting dalam menarik perhatian pendengar.

Dalam pidato persuasif, kalimat persuasif harus mendapat tekanan sehingga pendengar mengetahui inti dari pembicaraan tersebut.

Di lain sisi, untuk pidato rekreatif, kita perlu menampilkan nada ceria maupun sedih sesuai emosi yang terkandung dalam sebuah naskah pidato.

Hal itu karena bentuk pidato ini benar-benar memainkan kondisi psikis pendengar. Intonasi, gestur, dan cara pandang pembicara akan menjadi daya tarik pendengar.

Ketika pembicara mampu memvisualisasikan naskah pidato dengan baik, tentu akan sangat menghibur. Inilah tantangan dari bentuk pidato ini.

Tak jarang para komika atau yang kerap muncul dalam stand up comedy sedikit tidak mengusung bentuk pidato yang seperti ini.

Tidak harus memberi informasi, namun juga dapat hanya sebatas menghibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *