rekreatif adalah
kata rekreatif (organisasi.co.id)

Rekreatif Adalah: Definisi dan 2 Penggunaan

Diposting pada

Dalam kehidupan kita membutuhkan jeda sejenak. Inilah yang kerap kita kenal dengan istilah rekreatif atau rekreasi. Dalam penggunaannya kita perlu meninjau terlebih dahulu makna dibalik kata-kata tersebut.

Tika, Komunikasi Organisasi – organisasi.co.id

Arti Kata Rekreatif Secara Etimologis

Asal kata rekreatif adalah rekreasi jika kita melihatnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata ini memiliki makna penyegaran kembali pikiran dan badan. Tidak hanya itu, arti lainnya adalah menyegarkan dan menggembirakan hati. Contohnya adalah dengan piknik maupun hiburan.

Rekreatif juga merupakan sebuah keadaan yang menantang, menarik, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan imajinasi. Bahkan ada pula yang berpendapat jika rekreatif merupakan sebuah kemampuan untuk mengekspresikan diri dan berpikir kritis.

Mereka yang rekreatif juga mampu mengeksplorasi ide-ide mereka melalui karya baru yang unik.

Dalam sambungan kata lainnya seperti informasi rekreatif, maksudnya adalah informasi tersebut mempunyai pengertian sebagai informasi yang mengibur. Sifatnya ringan dan mudah untuk kita pahami.

Dalam jenis informasi yang bersifat rekreatif, kita tidak akan menemukan bahasa yang rumit karena pesan yang ada hanya bertujuan menghibur.

Dengan demikian, kembali lagi ke pengertian kata ini secara etimologi yaitu menghibur, maka informasi rekreatif biasanya menggunakan kata-kata dengan tujuan seni dan terdengar indah. Tidak sedikit yang kesulitan mengambil maknanya namun pada akhirnya mereka tidak merasa tertekan akan hal ini.

Justru mereka dapat memahami sesuatu dengan lebih baik apabila gaya penyampaian kita tidak terlalu neko-neko dan santai. Itulah sebabnya iklan di televisi jauh lebih merasuk ke otak daripada rumus Fisika.


Rekreatif Menurut Para Ahli

Kata rekreatif menurut ahli (Foto: ef.co.id)

Kita telah mengetahui pengertian rekreatif menurut etimologi. Kali ini kita perlu mengetahui definisi berdasarkan pendapat para ahli.

Kraus

Menurut beliau, rekreatif adalah pengalaman maupun aktivitas di waktu senggang. Orang-orang melakukannya di waktu luang mereka.

Mary Helen

Kata ini bermakna peristiwa tenaga dan emosi dan bukan merupakan peristiwa gerakan. Aktivitas tersebut berlangsung di waktu senggang untuk membuat seseorang menjadi senang. Bahkan kegiatan ini dapat mengembalikan tenaga seseorang baik secara mental maupun fisik.

Kaplan

Aktivitas ringan di waktu luang dan bersifat suka rela akibat memulihkan diri dari sebuah kerja berat yang telah kita lakukan adalah pengertian dari rekreatif.

De Grasia

Pengertian rekreatif adalah sebuah aktivitas untuk mengistirahatkan seseorang dari pekerjaannya sekaligus memberikan pemulihan dan perubahan ketika bekerja.

Dari pendapat-pendapat tersebut kita menjadi paham bahwa hal-hal yangbersifat rekreatif akan membangun kembali kondisi kita dengan lebih baik.

Sama halnya dengan mesin, tubuh dan pikiran juga membutuhkan istirahat. Kata-kata akan merasuk pikiran. Jangan sampai ketika keinginan kita menjadi rileks melalui berbagai informasi yang kita baca justru menjadi semakin “mumet” setelah membacanya.


Penggunaan Kata Rekreatif Dalam Sejarah

Kita mengenal sejarah sebagai sebuah pengetahuan yang bersifat lampau. Entah itu benar atau tidak namun umumnya mengandung banyak pelajaran di dalamnya. Kata rekreatif dalam sejarah memiliki makna rekreasi atau menjelajah waktu.

Dari kata-kata yang muncul yang bersifat menghibur atau rekreatif, kita merasa rileks dan seolah sedang mendengarkan dongeng sebelum tidur. Untuk itulah kata-kata tersebut bersifat menenangkan. Anggaplah kita sedang berekreasi menjelajah masa lalu.

Secara tidak langsung imajinasi kita dapat membayangkan bagaimana kehidupan msyarakat tempo dulu termasuk peninggalan-peninggalan mereka. Kata ini tidak hanya untuk menceritakan sejarah namun juga untuk beberapa hal di bidang edukasi.

Contohnya begini, saat kita membaca komik atau menonton film yang bertema sejarah. Apa yang ada di benak kita saat membaca alur atau percakapan tersebut? terkadang kita berpikir tentu membosankan membacanya.

Akan tetapi ketika percakapan dan lainnya masuk ke dalam bahasa yang rekreatif, kita menjadi lebih senang untuk mengikuti alurnya.

Hal ini pula yang menjadi pekerjaan rumah bagi mereka yang menggeluti bidang seni sejarah.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Fungsional Tingkat Molekul: 2 Contoh Bagan


Rekreatif di Bidang Edukasi

Pernahkah kita merasa sulit menangkap sebuah pelajaran? Kira-kira mengapa demikian? Adanya kata-kata atau istilah asing dan juga berbagai hal yang membuatkita harus memutar otak sekian kali hanya untuk menangkap inti dari sebuah informasi akan membuat otak menjadi lelah.

Sebab itulah kita butuh penyegaran. Penggunaan kata-kata rekreatif ataupun melalui penyegaran di dalam sebuah informasi tidak hanya akan membantu kita menangkap inti informasi secara lebih baik namun juga lebih efisien.

Dalam praktiknya, belajar di luar ruangan atau dengan adanya permainan sambil belajar akan jauh lebih memancing otak kita untuk mengetahui makna penting dari pokok bahasan yang sedang kita pelajari.

Jadi, rekreatif memang sangat penting dalam sebuah edukasi. Hal ini akan meningkatkan kemampuan belajar seseorang dan memperlambat rasa lelah di pikirannya.


Sebenarnya kita perlu menyisipkan kata-kata ini dalam setiap pembelajaran yang terkesan sulit. Dengan demikian orang-orang, murid, maupun karyawan yang harus mempelajari suatu hal dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Penyampaian yang rekreatif ternyata mampu menciptakan generasi yang cerdas.


Fungsi Kata Rekreatif Dalam Sejarah

zaman mesolitikum
Pentingnya belajar sejarah (katamasa.com)

Kata-kata rekreasi dalam sebuah sejarah akan membantu seseorang untuk membuat sebuah film atau gambaran akan masa depan yang lebih baik.

Jadi fungsinya tidak hanya membuat kira merasa rileks dan membangun imajinasi namun juga dapat membangkitkan kreativitas dalam diri.

Kita akan mencoba meghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik dengan tidak mengulang kesalahan yang lalu. Bahkan ada banyak peristiwa yang bisa kita adaptasi dari sejarah.

Kata-kata rekreatif akan membantu kita memahami sejarah dengan lebih santai namun serius hingga dapat menarik benang merah antara kejadian masa lalu dengan sekarang.

Sebenarnya mengapa kita harus mempelajari sejarah?

Memahami Perilaku Masyarakat

Dunia dan perilaku masyarakat tidak serta merta langsung muncul seperti saat ini. Berbagai aspek di dunia sejak zaman dulu mempengaruhi pola kehidupan masyarakat saat ini. Sistem pemerintahan, perkembangan teknologi, bahkan perilaku sosial dan budaya juga muncul karena pengaruh manusia jaman dulu.

Menilik kembali ke masa lalu akan membuat kita menemukan berbagai data dan informasi zaman dulu baik dalam sisi hukum maupun data lainnya. Bisakah kita menganggap belajar sejarah menyenangkan apabila bahasa penyampaiannya sangat rumit?

Memahami Identitas Bangsa

Belajar sejarah membantu memahami berbagai identitas dan salah satunya adalah identitas bangsa. Bagaimana kelompok di suatu negara ada, asal usul suatu negara, hingga identitas keluarga. Tentunya hal ini akan berkembang dari waktu ke waktu dan membentuk pribadi yang nampak oleh mata.

Penggunan bahasa rekreatif akan membantu kita memahami hal-hal tersebut.

Mencari Solusi Atas Masalah Saat Ini

Dengan mempelajari sejarah, kita menjadi tau berbagai macam peristiwa bersejarah di masa lalu. Hal ini menjadi cerminan atas masalah yang terjadi sekarang.

Kita bisa mengambil contoh dari adanya perang Eropa yang mana memberi dampak ke seluruh dunia di bidang perdagangan dan ekonomi. Hittler dan sejarahnya dahulu juga mempengaruhi pembentukan sistem politik global yang ada di masa sekarang.

Membuat Kita “Melek” Akan Informasi

Sebenarnya kita semua pintar. Hanya saja pemahaman akan informais berbeda-beda dan itu adalah pengaruh bahasa penyajian informasi.

Belajar sejarah tidaklah membosankan ketika menggunakan kata rekreatif. Pentingnya mempelajari sejarah adalah untuk membantu kita mendapatkan lebih banyak informasi mengenai kemudahan akses.

Orang lain juga menjadi lebih aktif di tengah forum politik mereka contohnya dalam debat politik. Adanya sejarah dapat memberi kita indormasi terkait perubahan kepercayaan lama yang kini mungkin telah tidak diadaptasi kembali.

Menjadi Warga Negara Yang Lebih Baik

Mempelajari sejarah artinya kita berusaha mengenal suatu bangsa. Ketika telah kenal maka kita akan menjadi warga negara yang baik. Sebab itulah kita selalu belajar sejarah sejak masa di bangku sekolah. Generasi muda diharapkan dapat mengetahui seperti apa peristiwa bersejarah di negara mereka.

Dengan demikian mereka dapat menghargai perjuangan para pahlawan. Inilah yang kemudian mendorong rasa nasionalis dan membuat setiap warga negara untuk mampu berkontrbusi dalam kemajuan negara termasuk dalam peradabannya.

Waspada Terhadap Ancaman Bangsa

Pelajaran berharga bagi kita ketika mempelajari sejarah adalah mengetahui pola ancaman yang terjadi. Kekejaman terhadap genosida dan berbagai kekejaman perang membantu kita lebih waspada dan khawatir akan ancaman tersebut yang mungkin bisa hadir kembali di masa depan.

Jadi dengan demikian kita dapat mengantisipasi peristiwa serupa untuk terjadi lagi di lain waktu.

Menghargai Perkembangan Kehidupan

Kita sering kurang bersyukurdalam hidup ini. Melalui sejarah kita menjadi tahu dan mengerti bagaimana kerasnya kehidupan zaman dulu.

Harapannya kita dapat menghargai kehidupan saat ini dan mengerti berbagai hal tidak bisa didapatkan secara instan. Ini yang masih kurang dalam kehidupan generasi saat ini. Adanya tampilan media yang kurang mendukung mengenai sejarah dan hanya berisi gemerlapnya kehidupan modern membuat anak muda hanya haus akan kemewahan.

Mendapat Pekerjaan

Tidak sedikit orang yang mendapatkan penghasilan dari mempelajari sejarah. Bukan hanya sebagai arkeolog atau sejarawan, namun dewasa ini kita melihat banyak film dan cerita mengenai masa lalu.

Baik itu fiktif maupun tidak, imajinasi pembuat cerita berkembang sedemikian rupa dari sejarah. Perhatikan saja komik-komik yang beredar saat ini dan menjadi kegemaran anak muda.

Latar belakangnya mengambil masa lampau dan menceritakannya ke versi modern. Tampilan yang kekinian baik itu fiktif maupun tidak secara tidak langsung mengedukasi banyak orang untuk setidaknya memahami sejarah.

Pernahkah kita menonton film “Titanic”? Melalui film ini kita mengenal kapal pesiar pertama di dunia yang sedemikian megah. Kehidupan tempo dulu yang membedakan kaum bangsawan dan rakyat jelata bahkan dari sisi penyelamatan hidup.

Orang-orang cenderung mengutamakan keselamatan bangsawan daripada kaum miskin. Sekalipun itu bersifat fiktif dari sisi kisah percintaan Jack dan Rose, banyak masyarakat yang menjadi teredukasi oleh film tersebut.

Organisatoris lain baca ini: Gerakan Dasar Wushu: 5 Makna gerakan Wushu

Penutup

Kita membutuhkan kata rekreatif dalam kehidupan baik itu dalam informasi maupun pelajaran lainnya. Adanya jenis kata ini akan membantu kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap informasi maupun hal lainnya.

Kata rekreatif adalah kata yang mengandung penyegaran. Dengan demikian kita menjadi lebih mudah dalam memahami sesuatu karena kondisi fisik dan mental kita menjadi lebih segar.

Asal kata ini adalah rekreasi yang berarti penyegaran dan melakukan aktivitas di saat senggang. Harapanya melalui kata-kata ini ke depannya kita dapat menyerap informasi dengan lebih baik.

Daftar Pustaka

Fungsi Sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *