Struktur Tim Sukses: 3 Bagan di Lapisan Ranah Jabatan

Tim sukses
Tim sukses (Foto: blog.gandengtangan.co.id)

Struktur tim sukses, adalah salah satu cara para calon pejabat politik Indonesia, mendapatkan “sokongan” kekuatan pendapat, dengan harapan semua kerja yang telah terancang, keinginan yang ada untuk wulayah mereka, bisa terwujud. Berikut pembahasannya. Ayu Maesaroh, struktur organisasi- organisasi.co.id

Indonesia adalah negara Republik Demokrasi, yang memberikan ruang kebebasan bagi siapa saja, yang ingin menjadi orang terpenting di sebuah negara tersebut.

Bacaan Lainnya

Apakah mereka ingin menjadi seorang yang dapat dipercaya oleh orang banyak dengan menjabat sebagai pejabat tertentu di wilayahnya, dan sebagainya.

Bahkan, Indonesia memberikan ruang kepada semua lapisan rakyat, yang menginginkan dirinya menjadi seorang Pemimpin Negara, dengan mereka menganggap diri mereka sudah sanggup untuk bisa memanagemen wilayah kekuasaan.

Namun, juga menghormati kepada orang-orang yang tidak sama sekali mau menyentuh ranah politik Indonesia. Dengan dalih, jika mereka melakukan demikian, maka bisa jadi suaranya tidak di dengar lagi oleh orang banyak.

Oleh karenanya mereka bertahan berada di zona mereka, dan melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan dunianya sendiri.

Hal tersebut juga dilakukan oleh orang-orang yang mempersiapkan diri untuk maju, dan menjabat sebagai pejabat Negara. Dengan harapan mereka bisa mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Ialah dengan berkampanye ketika masa itu tiba, yakni masa Pemilihan Umum. Dimana para calon pejabat menggalakan berbagai kegiatan yang ada, serta menyebarkan benih janji kepada masyarakat.

Organisatoris lain baca ini: Kultur Perusahaan: Pengertian, Ciri Dan 5 Contoh

Dengan harapan bisa mendapatkan simpati mereka. Yang nantinya, kita tidak pernah tahu, apakah benar janji tersebut akan ditepati oleh mereka, atau malah berujung mengkhianati kita sebagai masyarakatnya.

Lewat pembentukan “tim sukses” untuk mereka melenggangkan diri sebagai pejabat resmi dari Indonesia, yang kemudian tergelarlah sebuah kegiatan debat.

Mencoba mempercayai para masyarakatnya, dalam rancangan kegiatan untuk masa jabatan mereka, sepanjang 5 tahun yang akan datang nantinya. Tapi, apa sebenarnya arti dari dua kata tersebut?

Berikut beberapa pembahasannya.

Pengertian Tim Sukses

Secara general, hal tersebut mempunyai pengertian sebagai sekelompok orang tergabung dalam satu organisasi, dengan tujuan agar calon yang mereka usung (untuk menjadi Presiden, Bupati, Walikota, dll).

Biasanya orang-orang yang tergabung dalam kelompok demikian, biasanya terdiri dari beberapa orang yang profesional, entah yang terbentuk oleh partai yang mengusung calon tersebut.

Ataupun beberapa sukarelawan yang juga tergabung dengan kelompok tersebut, dengan dasar mereka ada rasa simpati, dan mendukung calon usungan kelompok tersebut agar bisa menang dalam Pemilu.

Sedangkan beberapa literatur lain seperti yang dilansir dari kamuslengkap.com. Mengatakan bahwa Tim Sukses adalah suatu kelompok yang juga terdiri dari beberapa orang yang memperjuangkan calon yang mereka usung.

Baik dalam Pemilu Capres, Pilkada, Pilkades, dan sebagainya, agar mereka berhasil memenangkan Pemilu tersebut. Tim tersebut dibentuk secara langsung oleh partai, tapi ada juga dari sukarelawan.

Kemudian dari beberapa tim sukses tersebut, terbentuklah beberapa struktur mereka, yang mana mempunyai tugas dan wewenang yang harus diselesaikan.

Struktur Penting dalam Tim Sukses

Pengertian tim sukses
Definisi tim sukses (Foto: katadata.co.id)

Struktur dari tim tersebut, sebenarnya hampir sama dengan struktur daripada organisasi pada umumnya. Yang kemudian yang membedakan adalah dari beberapa bidang yang menjadi fokus mereka.

Strukturnya antara lain

  • Ketua
  • Kosultan Politik
  • Wakil
  • Sektretaris, dan
  • Bendahara.

Kemudian di bawah bendahara, terdapat beberapa seksi bidang, yang mempunyai tugas dan wewenang yang menjadi kewajiban mereka.

Beberapa bidang tersebut antara lain:

Bidang Kampanye

Bidang tersebut mempunyai seksi yang mana mereka mempunyai tugas masing-masing. Yang pertama adalah seksi bidang media sosial.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Kepemudaan: Pengertian, Syarat, 5 Daftar

Dengan cara berpromosi di beberapa media sosial, memposting tentang calon yang mereka usungkan agar bisa menang di Pemilihan Umum.

Baik berbentuk iklan, ataupun dalam postingan lainnya. Contohnya seperti : Iiklan facebook, membuat tim buzzer, melaksanakan beberapa event di media sosial.

Bidang Relawan

Yang selanjutnya adalah bidang relawan, yang mana dari hal tersebut, terdiri atas dari beberapa anggota relawan. Ada yang independen, koalisi antar organisasi relawan, dan sebagainya.

Tidak heran jika nantinya, akan ada begitu banyak ketua yang kemudian berorasi, menyampaikan perkataan yang menjadi janji.

Bahkan tidak segan para sukarelawan melaksanakan berbagai kegiatan tanpa pamrih, untuk menyukseskan segala mimpi dan harapan para calon yang mereka usung, yang dengan keteguhan hati.

Percaya bahwa semua akan berubah, dengan keadaan lebih baik ketika mereka menjabat sebagai Penguasa dalam wilayah tersebut.

Yang kemudian mereka merealisasikan aksi kampanyenya, dengan mengadakan beberapa event, penggalangan dana yang akan tersalurkan nantinya kepada orang-orang yang memang mempunyai hak tersebut, dan sebagainya.

Bidang Logistik

Untuk bidang ini biasanya lebih kepada kegiatan pemberian bantuan dana sosial. Yang mana di tiap Pemilohan Umum dan juga beberapa calon yang ada, mempersiapkan berbagai dana untuk melakukan bantuan sosial.

Makanya tidak heran jika dalam masa kampanye mereka, biasanya akan berlangsung event-event tertentu seperti pemberian bantuan berupa sembako, dan sebagainya.

Struktur Tim Sukses Pilkada

Pilkada (Foto: potretnews.com)

Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa struktur tim sukses, yang nantinya akan digunakan sebagai sokongan kekuatan dari para calon pejabat yang ada, untuk nantinya menguatkan semua argumen serta tujuan mereka.

Termasuk dengan para Calon Kepala Daerah, yang pasti membutuhkan sokongan tersebut. Tidak lain dan tidak bukan, untuk bisa mendapatkan simpati dari rakyat.

Optimisme dari mereka, yang akhirnya bermuara pada voting suara mereka, jatuh kepada calon Kepala Daerah tersebut.

Untuk strukturnya sendiri, hampir sama dengan struktur pada umumnya. Yang mana terdiri atas:

  • Ketua
  • Konsultan Politik
  • Wakil
  • Bendahara
  • Bidang.

Untuk bidangnya terdiri dari beberapa, antara lain:

Bidang Kampanye

Untuk bidang ini biasanya terdiri dari beberapa orang yang terbentuk melalui partai, tapi ada juga dari relawan. Relawan ini biasanya dari berbagai belahan masyarakat.

Yang kemudian mereka melaksanakan beberapa kegiatan yang terkait dengan kebutuhan masyarakat yang ada. Entah berkunjung ke beberapa tempat di daerahnya, ataupun lainnya.

Bidang Sosial

Untuk bidang sosial, biasanya lebih kepada kegiatan membantu masyarakat berupa bantuan, seperti sembako, uang, yang berakhir pada pemberian kaos dari mereka kepada orang-orang yang sudah mendapatkan bantuan sosial.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Pemerintahan: Pengertian, Ciri dan 4 Jenis

Kadang ada juga dengan terang-terangan, meminta doa restu kepada orang-orang yang mereka beri bantuan sosial, untuk memilih mereka sebagai Kepala Daerah, serta bertanggungjawab atas apa yang menjadi tugas serta amanahnya nanti.

Bagan Pemenangan Pilkades

Kemudian ada bagan atau pun struktur tim sukses yang juga dipakai untuk sokongan kekuatan para Kepala Desa, yang mana mereka ingin mendapatkan jabatan tersebut, dan menuai berbagai perubahan untuk wilayahnya.

Yang kemudian dengan adanya berbagai rancangan kerja yang akan terlaksana selama masa jabatan mereka nantinya. Untuk beberapa bagan tersebut antara lain:

  • Ketua
  • Wakil
  • Sekretaris
  • Bendahara
  • Bidang

Pun dengan beberapa bidang yang juga mempunyai tugas serta wewenang mereka, dalam membantu kegiatan calon yang mereka usung, untuk bisa mendapatkan hati para rakyat yang ada.

Bidang Kampanye

Untuk bidang ini biasanya di beberapa desa mempunyai caranya masing-masing. Ada yang berkunjung ke beberapa rumah warga, mengobrol, dan sebagainya.

Ada juga yang melakukan keliling menggunakan kendaraan ke berbagai wilayah yang menjadi teritorial kekuasaan mereka nantinya.

Bidang Sosial

Lagi-lagi, bidang ini yang sering dimanfaatkan oleh banyak calon Kepala Desa, dengan memberikan effort mereka seperti memberikan bantuan kepada masyarakatnya.

Kemudian tidak segan-segan untuk membantu dalam masalah kebutuhan sehari-hari seperti sembako, uang, dan lainnya.

Master Campign Organisasi Kemahasiswaan

Contoh Pemilu Mahasiswa (Foto: uin-antasari.ac.id)

Tapi, tidak semua Tim sukses tersebut, hanya melulu kepada ranah Politik Indonesia, yang dengan sebegitu rumitnya peraturan yang ada, ketika seorang calon pejabat tertentu, akan menggelar kampanye, dan sebagainya.

Hal tersebut juga berlaku dengan pemilihan para ketua organisasi di bidang akademisi seperti di Universitas. Yang mana dengan adanya organisasi tersebut.

Beberapa hal esensial di tempat kampus mereka, akan terlaksana dengan baik, serta mendapatkan jalan jika nantinya ada sebuah kejanggalan daripada kebijakan universitas mereka.

Makanya, tidak heran jika nantinya para calon ketua dari Organisasi Mahasiswa seperti BEM, SEMA, DEMA, dan sejenisnya, mereka akan dengan siap untuk mengerahkan segala kemampuan mereka dalam panggung kampanye nanti.

Tidak heran juga jika kemudian para calon membuat organisasi kampanye versi mereka sendiri, dengan dalih beroptimis, bisa memenangkan Pemilu yang nantinya akan di gelar.

Struktur tim sukses tersebut antara lain:

  • Ketua
  • Wakil
  • Sekretaris
  • Bendahara

Dan di bawah dari mereka, ada juga bidang-bidang, yang menaungi beberapa seksi. Seksi tersebut akan melakukan beberapa upaya yang telah terancang bersama dengan anggota.

Mengenai strategi dari pemulusan kampanye mereka nanti, serta cara mendapatkan simpati dari sebagian bahkan seluruh mahasiswa di universitas tersebut.

Bidang Kampanye

Biasanya lebih kepada pengenalan calon yang diusung ke beberapa fakultas, kemudian yang lebih mengerucut adalah ke beberapa jurusan perkuliahan yang ada.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Modern: Pengertian, 7 Ciri, dan Teori

Para petugas tersebut akan mengenalkan calon pasangan yang akan melenggangkan diri ke jabatan tersebut kepada mereka. Mulai dari memberitahukan visi misi, rancangan kerja yang ada, dan sebagainya.

Bidang Strategi

Untuk bidang strategi ini, sebenarnya berada di awal bidang sebelumnya. Yang mana mereka akan merancang berbagai hal terkait dengan kegiatan kampanye tersebut.

Kemudian merambah kepada persiapan dari calon pasangan pejabat tersebut, dalam panggung debat yang nantinya akan digelar dan disaksikan oleh banyak mahasiswa.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai struktur tim sukses. Yang mana dari beberapa pembahasan tersebut, bisa kita simpulkan bahwa suatu keinginan bukan terjadi secara tiba-tiba.

Di belakang layar mereka terdapat orang-orang yang bekerja untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Ada berbagai pengorbanan yang menjadi effort masing-masing.

Mulai dari pengorbanan waktu, tenaga, dan juga pikiran, yang merepresentasikan bagaimana seseorang bisa melenggang ke jabatan tersebut dengan mudah.

Intinya adalah, semua butuh proses, dan tidak semua yang kita lihat dan kita dengar, terjadi secara tiba-tiba, dan berjalan begitu saja.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. Definisi tim
  2. Pengertian tim
  3. Susunan Dalam tim
  4. Organisasi kemahasiswaan

Pos terkait