Tanggal Penting Februari: 20 Daftar Vakansi

Tanggal penting februari
Hari penting Februari (Foto: suara.com)

Tanggal penting Februari, dengan beragam daftar vakansi yang ada. Memperingati hari penting guna mendapatkan nilai-nilai kehidupan di dalamnya. Jadi, begini ulasan selengkapnya. Ayu Maesaroh, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Februari identik dengan hari Valentine, atau hari kasih sayang. Ada begitu banyak cara beberapa pasangan, yang merayakan hari kasih sayang tersebut.

Bacaan Lainnya

Mulai dari memberikan suprise kecil-kecilan, tukar cokelat, dan sebagainya. Sampai tidak sedikit pasangan yang menghadiahkan liburan bersama ke suatu tempat.

Rata-rata perayaan tersebut terselenggara oleh pasangan anak muda. Dimana sedang berbunga-bunga, tumbuh cinta yang terasa seperti bunga mawar bermekaran, dan lainnya.

Tapi, tidak jarang juga beberapa pasangan yang sudah menginjak usia yang tidak muda, atau sudah menikah lama, kesempatan tersebut menjadi nostalgia bersama, mengingat masa-masa tumbuh cinta satu sama lain.

Bagaimana satu sama lain mengungkapkan cinta, sampai mengikrarkan janji untuk setia selamanya, menjadi teman hidup saat senang dan susah.

Walaupun demikian, nyatanya bulan Februari tidak hanya masalah perayaan hari kasih sayang, namun ada beragam tanggal penting lain, yang juga patut kita rayakan.

Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.

Tahun Baru Imlek

Yang pertama adalah Tahun baru Imlek yang tepat pada tanggal 1 Februari mendatang. Dimana masyarakat Tionghoa, akan merayakan tahun baru, dengan semangat baru dan juga semangat untuk meraih mimpi yang belum tercapai di tahun sebelumnya.

Perayaan ini biasanya identik dengan kembang api, memasang beberapa lampion khas tahun baru imlek, serta melaksanakan kumpul bersama dengan sanak saudara, memakan makanan tradisional khas tahun baru imlek.

Lahan Basah Sedunia

Tanggal penting Februari
Lahan basah sedunia (Foto: career.summarecon.com)

Selanjutnya per 2 Februari nanti juga akan ada perayaan untuk hari lahan basah sedunia. Tujuan dari hal tersebut, adalah menyadarkan masyarakat akan pentingnya lahan basah seperti rawa, payau, lahan gambut dan lainnya, sebagai salah satu pencegah dari adanya bencana alam.

Organisatoris lain baca ini: Awal pendirian Keibodan dan Heiho

Peringatan lahan basah sedunia ini, sudah ditandatangani oleh Konvensi Internasional pada tahun 1971, di Ramsar Iran. Hal tersebut juga yang menjadi alasan kenapa nama perjanjian tersebut bernama “perjanjian Ramsar”.

Hari Kanker Sedunia

Selanjutnya adalah hari kanker sedunia, yang akan diperingati pada tanggal 4 Februari tiap tahun. Peringatan tersebut bertujuan agar memberikan kesadaran kepada masyarakat.

Tentang bahaya dari penyakit kanker, sebagai penyakit mematikan nomor dua di dunia. Mengingat per tahun 2018 saja, prevalensi pengidap kanker semakin bertambah di belahan dunia.

Lahirnya HMI (Peristiwa Kapal Tujuh)

Per 5 Februari tiap tahun, Indonesia akan memperingati hari Kapal Tujuh Provinsi. Dimana peristiwa tersebut menjadi salah satu fenomena dalam catatan sejarah.

Yang tidak bisa dilupakan. Peringatan hari tersebut, sebagai pengingat masyarakat akan kejadian para marinir Indonesia terutama yang ikut dalam Bumiputera.

“Memberontak” karena adanya pemangkasan gajih para awak kapal dengan prosentase yang cukup besar, yakni 17%. Alasan daripada Belanda memangkas gajih tersebut. Ialah mereka berada dalam krisis moneter yang luar biasa.

Dari peristiwa tersebut, muncul nama-nama seperti Kawilarang, Paradja, Romambi, dan beberapa pribumi lain.

Sejarah Kavaleri

Adapun peringatan lain yakni hari Kavaleri. Peringatan tersebut sebagai salah satu pengingat kepada masyarakat Indonesia.

Bagaimana para pemuda dan pahlawan Indonesia di tahun 1945, mempertahankan kemerdekaan dengan melawan para sekutu, yang ingin menguasai Indonesia.

Berawal dari pertempuran di Surabaya pada bulan November 1945. Kemudian di Palembang pada akhir tahun, lalu di Jawa serta Medan, di awal tahun 1950.

Pers Nasional (HPN)

Selanjutnya adalah Pers Nasional (HPN), yang nantinya akan diperingati pada 9 Februari tiap tahunnya. Tujuan peringatan tersebut di zamannya.

Adalah sebagai sarana kesadaran masyarakat akan perjuangan para wartawan dan komponen terkait dalam pers, sebagai pemantik para pejuang Indonesia dalam melepaskan diri dari para penjajah di Indonesia.

Pers Indonesia sendiri sudah ada, bahkan sejak sebelum Indonesia merdeka. Banyak yang kemudian ditangkap, karena bermacam alasan.

Pencetus dari hari peringatan Pers, adalah dari organisa PWI atau Persatuan Wartawan Indonesia, yang terbentuk pada tahun 1946.

Hari Darwin

Kemudian pada tanggal 12 Februari nanti, dunia juga akan selebrasi dengan merayakan hari Darwin. Darwin merupakan salah satu tokoh penting dalam science.

Yang mana menemukan teori evolusi, dan sampai detik ini masih kerap kali terpakai oleh para ilmuwan. Ada satu buku karyanya yang menjadi kontroversi pada masa itu.

Yakni berjudul The Origin of Species. Dalam bukunya menerangkan bahwasannya manusia berevolusi dan bergenerasi, atas dasar seleksi alam.

Hal tersebut beliau lakukan eksperimen berkali-kali dalam hidupnya. Awalnya buku tersebut enggan beliau terbitkan. Tapi karena atas dasar dorongan dari teman serta bacaan yang ia temukan.

Darwin memantapkan diri untuk menerbitkannya dan laku keras. Walaupun setelah itu banyak kontroversi dari berbagai pihak, terutama para agamawan.

Valentine’s Day

Hari valentine (Foto: bola.com)

Perayaan Valentine memang sudah tidak begitu asing di telinga masyarakat kebanyakan. per 14 Februari mendatang, beberapa negara di belahan dunia akan merayakan hari kasih sayang tersebut.

Untuk Indonesia sendiri, hal ini masih agak tabu. Karena beberapa pihak seperti pandangan agama dan sebagainya, masih kurang setuju dengan perayaan hari kasih sayang tersebut, dengan spekulasi mereka.

Peringatan Pasukan Pembela Tanah Air (PETA)

Peringatan PETA juga terlaksana setiap tanggal 14 Februari per tahunnya. PETA merupakan pasukan yang dibentuk oleh penjajah Jepang.

Dimana mereka mengadopsi dari tentara Prancis yang dapat menguasai Maroko dengan cara membuat tentara sendiri yang mana para personelnya adalah para pemuda Maroko.

Meski begitu, PETA menjadi satu tonggak perjuangan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita merdeka. Mengingat saat itu, para pasukan PETA mengerti, bahwasannya janji-janji yang pernah terlontarkan oleh pihak Jepang termasuk memerdekakan Indonesia.

Tidak pernah ada sama sekali janji tersebut.

Kanker Anak-anak Sedunia

Di hari berikutnya yakni 15 Februari per tiap tahun dunia juga akan merayakan peringatan hari kanker anak sedunia. Sebagai satu kesadaran untuk warganegara di belahan dunia.

Tentang pentingnya dukungan serta support kepada anak-anak yang berjuang atas kanker yang di derita. Pencetus daripada hari tersebut, ialah organisasi kesehatan dunia WHO.

Beberapa literatur yang ada, mengatakan bahwasannya setiap 300 ribu lebih anak di dunia, hampir seluruhnya terdiagnosa penyakit kanker dengan jenis yang berbeda.

Dan hampir lebih dari 80% anak-anak pengidap kanker, mengalami kematian.

KOHANUDNAS (Komando Pertahanan Nasional)

Komandan Pertahanan Nasional atau KOHANUDNAS, adalah pasukan angkatan udara, yang terbentuk pada 19 Februari tahun 1962.

Dan setiap tanggal tersebut, akan diadakan peringatan hari jadi KOHANUDNAS, dimana pasukan tersebut bertugas untuk melindungi kedaulatan wilayah udara Indonesia.

Pekerja Nasional

Adapun peringatan hari lainnya, yakni hari Pekerja Nasional, yang bertepatan pada 20 Februari. Peringatan tersebut, bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan tersendiri.

Bagi para pekerja Indonesia yang berada dalam satu visi dan misi bersama, dalam memajukan pembangunan Indonesia, serta wujud kebanggaan diri dalam mengabdi kepada negara.

Keadilan Sosial Internasional

Hari keadilan sosial Internasional, adalah berawal dari pertemuan di Kopenhagen, yang mana kala itu para anggota KTT dunia, menggelar diskusi mengenai Pembangunan Sosial di tempat tersebut.

Hingga akhirnya berbuntut pada Deklarasi Kopenhagen serta Program Aksi. Setidaknya ada 100 Pemimpin negara, yang berjanji dalam Deklarasi tersebut untuk memerangi kemiskinan serta pekerjaan penuh.

Pencetus daripada peringatan tersebut, adalah PBB secara global di tiap tahunnya.

Bahasa Ibu Internasional

Bahasa ibu sedunia, adalah salah satu peringatan yang tergagas oleh organisasi UNESCO, setiap 21 Februari per tahunnya.

Ide ini sebenarnya sudah ada sejak bulan November tahun 1999. Namun baru diperingati di tahun berikutnya, karena baru mendapat persetujuan oleh badan Majelis Umum PBB.

Tujuan dari peringatan tersebut, sebagai satu media penyadaran bagi warganegara di dunia, akan multibahasa yang dimiliki oleh masing-masing negara.

Kepanduan Sedunia

Mungkin peringatan ini masih terdengar agak asing di telinga kita. Namun hari kepanduan secara internasional memang adanya.

Per 22 Februari mendatang, dunia akan merayakannya. Tujuan daripada momen tersebut, adalah melatih generasi muda bangsa di seluruh dunia.

Agar tidak mudah tumbang atas persaingan era global seperti sekarang. Menjadi pemimpin, dan orang berpengaruh di masanya nanti.

Dalam rangka perwujudan tersebut, terdapat beberapa pelatihan yang meliputi fisik, mental, serta spiritual.

Hari Istiqlal

22 Februari juga menjadi peringatan hari jadinya Masjid Istiqlal, dimana masjid tersebut merupakan salah satu termegah di Indonesia.

Melansir dari beberapa literatur yang ada, masjid ini telah melalui proses renovasi selama lebih dari 10 bulan, dengan daya tampung lebih dari 200 ribu jamaah.

Masjid tersebut di resmikan oleh Presiden Jokowi Dodo belum lama ini, Yakni pada tanggal 7 Januari 2021.

World Thinking Day

Satu lagi di 22 Februari mendatang, dunia juga akan merayakan hari World Thinking Day. Sebenarnya tanggal tersebut menjadi hari lahir Baden – Powell dengan Istrinya.

Tetapi karena pasangan tersebut mempunyai visi misi yang sama, serta cara pandang yang sama. Maka lahirlah peringatan hari tersebut.

Tujuan daripada perayaan momentum itu, adalah sebagai refleksi diri dari beragam organisasi pramuka di dunia, tentang bagaimana organisasi tersebut dapat berpengaruh, hingga ke kancah Internasional.

Rotary Club

Selanjutnya adalah peringatan Rotary Club, yang mana peringatan tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan umum terbaik kepada masyarakat di seluruh dunia.

Acara tersebut akan terselenggara pada tanggal 23 Februari per tahunnya. Rotary Club sendiri merupakan sebuah organisasi layanan umum yang terbentuk di Chicago, pada tahun 1905.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi semi militer Jepang

Jumlah anggota dari Rotary Club di era sekarang, sudah mencapai lebih dari 30 ribu lebih Rotary Club, di 200 negara di dunia.

Kelahiran Ikatan Pelajar NU

Hari lahir IPNU (Foto: id.wikipedia.org)

Tanggal penting lainnya di bulan Februari, adalah memperingati kelahiran dari IPNU, atau singkatan dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama.

Peringatan tersebut jatuh pada tanggal 24 Februari di tiap tahunnya. Organisasi ini merupakan Induk dari Ormas NU atau Nahdlatul Ulama.

Dengan mempunyai visi misi yakni keterpelajaran, kekaderan, kemasyarakatan, kebangsaan, serta yang terakhir adalah keagamaan.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai hari-hari penting dalam bulan Februari, yang mungkin beberapa dari kita ada yang sudah akrab terdengar peringatannya, namun ada juga yang masih asing.

Dengan adanya hal tersebut, semoga menjadi satu acuan kita untuk lebih dalam mengenal Indonesia, lalu merefleksikan nilai-nilai dalam segala peringatan di bulan Februari, ke kehidupan sehari-hari.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. tahun baru imlek
  2. indonesiawetland
  3. dinkespamenkasab
  4. tirto
  5. malahayati
  6. ruangguru
  7. haridarwin
  8. iai.id
  9. indozone
  10. bem.fmipa
  11. carapandang
  12. malangkota
  13. gramedia
  14. kumparan
  15. bpkpenabur
  16. kepanduan dunia
  17. deskjabarpikiranrakyat
  18. pariwisatademakkab
  19. amazine
  20. sejarah IPNU

Pos terkait