Setiap perusahaan tentunya memiliki urutan jabatan yang dalam perannya masing-masing turut berkontribusi akan citra perusahaan. Kalau kamu masih berada di hirarki terendah nampaknya kamu butuh trik melejitkan karir berikut.~Struktur Organisasi
Aprilia Dwi Lestari
Ada beragam jabatan dalam perusahaan besar yang urutannya saling bersinergi untuk tujuan yang sama yaitu demi kesuksesan perusahaan.
Salah satunya dengan bahu membahu membangun reputasi perusahaan guna meningkatkan citra diri.
Tentunya berbagai jabatan ini juga memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Yang mana jika dikulik mendetail semua peran urutan jabatan dalam perusahaan besar adalah penting dan tidak dapat dipandang sebelah mata.
Jika kamu masih berada di hirarki jabatan paling bawah, mungkin ini saatnya memotivasi diri untuk terus meniti karir lebih baik lagi.
Bisa jadi kamu butuh dengan beragan trik berikut untuk naik jabatan. Simak artikel ini hingga selesai ya.
Fungsi Reputasi dalam Perusahaan
Hal ini guna membangun citra dan mempertahankan nilai baik di mata masyarakat terutama untuk menciptakan lebih banyak konsumen
Benar adanya, reputasi perusahaan adalah asset vital dalam menjalankan bisnis serta mempengaruhi pandangan public terhadap nilai perusahaan tersebut.
Reputasi bukan sekedar nilai label, melainkan sebagai pondasi dasar pembawaan bisnis.
Sebuah reputasi positif perusahaan membawa dampak yang bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga kepada seluruh jajaran individu dengan jabatan yang terlibat di dalamnya.
Sehingga para pegawaipun ikut mendapatkan citra positif di mata public.
Citra positif yang berhasil dibangun akan berdampak pada meningkatnya penjualan sehingga mempengaruhi pendapatan perusahaan yang juga akan turut meningkat.
Berikut ini beberapa fungsi reputasi dalam perusahaan besar .
Meningkatkan Pendapatan
Reputasi positif yang solid akan turut meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan. Sementara citra negative akan turut menurunkan penjualan dan pemasukan perusahaan.
Bayangkan saja jika kamu ingin membeli barang, tentu kamu akan mencari tau dulu tentang sejarah dan testi pelanggan lain dari brand tersebut bukan? Jika testi pelanggan lain saja tidak baik, masak iya kamu mau ikut mencoba?
Mempertahankan Keloyalan Pelanggan
Konsumen akan cenderung loyal terhadap brand yang reputasinya baik. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa citra dan reputasi perusahaan adalah pendorong utama loyalitas dan retensi pelanggan.
Menghemat Biaya Pemasaran
Dampak retensi pelanggan yang positif ini yaitu akan membuat pelanggan secara alami menyebarkan berita tentang perusahaan yang mereka sukai. Sehingga dapat menghemat banyak biaya pemasaran.
Pelanggan yang merasa puas, akan secara sukarela bertindak sebagai brand ambassador melalui ulasan online yang positif maupun pemasaran dari mulut ke mulut.
Investasi Jangka Panjang
Manajemen reputasi perusahaan yang baik akan menjadi investasi jangka panjang untuk bisnis berkelanjutan. Dengan menjaga reputasi yang baik, perusahaanmu sedang membangun fondasi yang kokoh untuk kelangsungan bisnis di masa depan.
Potensial untuk Melebarkan Sayap Bisnis
Dengan reputasi perusahaan baik, maka peluang untuk menjalin kemitraan dengan bisnis lain menjadi lebih besar. Reputasi yang positif dapat menjadi magnet bagi customer potensial dan mitra bisnis lain untuk berkolaborasi bersama.
Organisatoris lain juga baca ini: kumpulan jabatan dalam perusahaan
Kerangka Urutan Jabatan dalam Perusahaan Besar
Urutan jabatan dalam perusahaan secara umum adalah:
- CEO: Memiliki wewenang atas seluruh karyawan perusahaan atau disebut pimpinan perusahaan
- CFO: Bertanggung jawab atas keuangan perusahaan, dan melaporkan kepada CEO
- CIO: Bertanggung jawab atas kebutuhan teknologi informasi perusahaan
- CMO: Bertanggung jawab atas penentuan keputusan di bidang pemasaran
- COO: Jabatan eksekutif senior
- Manager Sumber Daya Manusia (HRD): Bertanggung jawab atas pelatihan karyawan dan pengelolaannya
- Manager Teknologi Informasi (TI): Bertanggung jawab atas keamanan siber dan peningkatan sistem informasi dan teknologi yang dibutuhkan perusahaan
- Manajer Pemasaran: Bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan pengarahan strategi dan juga berbagai kebijakan pemasaran
Organisatoris lain juga baca ini: struktur lini dan staff cara penempatannya
Manfaat Jabatan dalam Mengawali Karir
Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi untuk bergabung atau bertahan di suatu perusahaan. Salah satu faktor utama yang berpengaruh besar adalah benefit (gaji, tunjangan, dll), kompensasi serta ada tidaknya jenjang karir yang menjanjikan.
Kamu pasti tidak ingin terus menjalani urutan jabatan dalam perusahaan atau posisi yang sama dalam waktu yang lama tanpa kenaikan jabatan dan tantangan baru, bukan?
Maka dari itu jenjang karir merupakan bagian penting yang harus kamu tahu
Jabatan menjadi objek yang penting dalam karir seseorang. Termasuk jika kamu seorang fresh graduate tentu dalam meniti karir berharap jabatanmu akan segera berada di urutan tertinggi dalam perusahaan besar bukan?
Kamu perlu mengetahui hal ini sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan melamar dan masuk ke suatu perusahaan.
Yuk simak penjelasan terkait dengan pengertian jenjang karir dan manfaatnya berikut ini.
Apa itu Jenjang Karir?
Jenjang Karir yaitu serangkaian tahapan atau jalan yang di rancang perusahaan untuk memberikan kesempatan bagimu sebagai karyawan untuk mengembangkan karir lebih baik lagi.
Hal ini juga untuk mendorong karyawan dalam meningkatkan produktivitas dan pencapaian agar di nilai layak untuk mendapat kenaikan jabatan.
Jenjang karir juga menjadi panduan seorang karyawan dalam menentukan setinggi apa jabatan yang di inginkan. ntuk bisa mendapat kenaikan jabatan, karyawan perlu memberikan kinerja yang terus meningkat sampai di anggap mampu mengisi posisi itu.
Semakin jabatan kamu urutan tinggi dalam perusahaan besar tentu kamu akan memiliki tanggung jawab dan tantangan yang lebih besar pula.
Adanya jenjang karir sangat penting untuk dapat memotivasi setiap karyawan agar memberikan kemampuan terbaiknya sehingga tidak terus menetap dalam posisi dan tugas yang sama selama bertahun-tahun.
Sebagai contoh, jenjang karir dapat diibaratkan sebagai tangga yang perlu kamu tempuh setiap anaknya untuk mencapai tujuan akhir yang kamu inginkan.
Jika saat ini kamu seorang lulusan baru yang memulai karir sebagai seorang staff, maka untuk menempati posisi direktur kamu perlu menaiki setiap anak tangga.
Yaitu mulai dari posisi supervisor, asisten manager, manager hingga jadi wakil direktur.
Setiap kenaikan tingkatan anak tangga yaitu kenaikan jabatan dalam perusahan besar ini tentunya perlu kamu imbangi dengan kemampuan yang terus meningkat agar berada di urutan teratas.
Organisatoris lain juga baca ini: struktur organisasi cv kontraktor dan UKM
Manfaat Jenjang Karir Bagi Karyawan
Jenjang karir bukan hanya sekedar untuk memiliki urutan jabatan teratas, namun jenjang karir juga bagian dari proses jangka panjang bagi karyawan bertumbuh dalam perusahaan besar. Beberapa manfaatnya yaitu:
- Memaksimalkan Pengembangan Diri
Dengan adanya jenjang karir, kamu sebagai karyawan akan lebih terpacu untuk memaksimalkan potensi yang di miliki. Kamu akan berusaha menyadari dan meningkatkan keterampilan diri agar mampu memenuhi kualifikasi yang di butuhkan.
- Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan
Jabatan tinggi tentunya juga diiringi dengan tanggung jawab lebih besar. Sehingga sudah wajar jika kompensasi yang diberikan pun biasanya lebih menarik. Adanya jenjang karir ini secara tidak langsung juga turut meningkatkan kesejahteraanmu.
- Menciptakan Budaya Kerja yang Positif
Jenjang karir dapat membuatmu lebih fokus pada upaya pengembangan diri. Hal ini akan menciptakan budaya kerja yang lebih positif, interaksi antar karyawan lebih harmonis dan mendorong persaingan yang sehat.
Trik Naik Jabatan dalam Perusahaan
Nah, setelah mengetahui urutan jabatan dan manfaat jenjang karir, tentu kamu semakin termotivasi untuk melejitkan karir bukan? Berikut ini beberapa trik yang dapat kamu coba untuk segera naik jabatan dalam perusahaan besar menjadi urutan teratas.
Menetapkan tujuan dan evaluasi kinerja
Jika kamu paham pentingnya menetapkan tujuan yang jelas, maka kamu akan meluangkan waktu untuk merefleksikan kinerjamu. Sehingga akan berusaha menyesuaikan strategi sesuai kebutuhanmu dan untuk memastikan berada di jalur yang tepat.
Hal ini memungkinkan mu sebagai pekerja untu menunjukkan nilai diri kepada perusahaan dan juga menunjukkan komitmenmu terhadap pertumbuhan dan perkembangan untuk maju bersama perusahaan.
Mengembangkan sikap positif diri
Sikap positif dan pendekatan kerja yang optimis merupakan salah satu tips cepat naik jabatan. Sebab jika kamu percaya bahwa hambatan dapat diatasi dan selalu ada ruang untuk perbaikan berarti kamu orang yang ulet dalam menangani tantangan.
Tentunya pandangan positifmu ini akan berkontribusi pada lingkungan kerja yang lebih produktif dan menyenangkan.
Terus belajar
Salah satu penilaian individu dalam proses naik jabatan adalah keinginan kuatmu untuk belajar dan berkembang dalam karir. Kamu perlu mencari peluang untuk pengembangan profesional dan tetap up to date sehingga dapat praktik terbaik di bidangmu.
Pembelajaran berkelanjutan akan membantumu tetap relevan dan memberimu keterampilan yang akan kamu butuhkan dalam mengambil tanggung jawab dan tantangan baru.
Belajar komunikasi efektif
Keterampilan komunikasi yang baik menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan di perusahaan. Kamu perlu cakap dalam mengartikulasikan ide dan pendapatmu dengan cara yang jelas, ringkas, dan profesional.
Selain itu kamu juga perlu menjadi pendengar yang hebat dan mampu memahami sudut pandang orang lain, menjadikan semua rekan kerja di perusahaanmu sebagai pemain tim yang efektif.
Keterampilan komunikasi yang efektif memungkinkan karyawan membangun hubungan kuat dengan atasan dan para kolegamu. Tentunya hal ini akan menjadi peluang baru untuk kemajuanmu.
Miliki sikap proaktif dan inisiatif
Sikap berikutnya yang perlu kamu miliki agar di promosikan yaitu proaktif dan inisiatif. Jangan menunggu orang lain memberi tahu apa yang harus di lakukan, sebaliknya, kamu mengidentifikasi area mana yang butuh perbaikan dan perlunya tindakan.
Kamu perlu proaktif menemukan solusi untuk masalah dan tantangan baru. Ini menunjukkan kepada atasanmu bahwa kamu mampu menangani tanggung jawab tambahan dan berinvestasi akan kesuksesan perusahaan di tanganmu.
Disiplin waktu
Konsistensi dan disiplin waktu dalam bekerja juga termasuk poin agar kamu cepat di promosikan naik jabatan. Oleh karenanya jangan sampai kamu jadi pekerja dengan tipe yang suka menunda-nunda.
Team player yang professional
Mampu bekerja dalam tim alias team player adalah salah satu poin atasan mempertimbangkan seseorang dapat naik jabatan. Semakin kamu mampu menjadi tim player kamu berpotensi jadi urutan atas di jabatan dalam perusahaan besar.
Bila kamu mampu bekerja dalam tim dengan bagus, bahkan bisa membuat timmu menjadi tim terbaik di perusahaan, bukan hal mustahil kamu akan segera dipromosikan untuk naik jabatan.
Jujur dan loyal terhadap perusahaan
Nilai-nilai kehidupan ini juga menjadi bagian poin pertimbangan seseorang naik jabatan oleh atasannya. Sebab bersikap jujur dalam bekerja di perusahaan berarti bisa menanggung amanah lebih besar ke depannya dan kamu dipercaya.
Loyalitas terhadap perusahaan dianggap faktor penting lainnya agar kamu dipromosikan. Bersikap loyal berarti kamu telah berkomitmen memajukan perusahaan, yang mana ini juga tempatmu mencari nafkah untuk keluarga.
Tunjukan potensi diri
Sebaiknya kamu tidak ragu dalam menyampaikan ide cemerlangmu. Sampaikan dengan baik Tanpa bermaksud menghilangkan kinerja tim. Tunjukkan kemampuan dan potensi diri kamu dengan cara baik tanpa menyakiti rekan kerja atau kompetisi yang tidak sehat.
Sumber: