Wing Chun: Sejarah, Asal Usul , 4 Teknik

Wing chun
Wing chun (Foto: bonanza88.cloud)

Wing Chun, salah satu olahraga bela diri, yang telah mempunyai dampak positif ke berbagai orang yang menggelutinya. Berikut beberapa pembahasan tentang asal-usul hingga tekniknya. Ayu Maesaroh, Olahraga – organisasi.co.id

Olahraga bela diri, memang tidak pernah ada habisnya jika menjadi topik pembicaraan. Mereka mempunyai banyak jenis, teknik, hingga kepada sejarah mereka masing-masing.

Bacaan Lainnya

Yang kemudian, banyak orang mulai tertarik untuk mendalami ilmu bela diri tersebut, sampai dengan ke titik ahli. Salah satunya adalah Wing Chun.

Ilmu bela diri tradisional dari Tiongkok, yang pernah terpakai untuk film bergenre Action, “IP MAN”. Dari film tersebut, semua orang kemudian terbuka dengan ilmu bela diri yang satu ini, dan mulai mendalaminya.

Pun dengan film tersebut, yang kala itu membuat series sampai dengan 4 series. Yang terakhir adalah di tahun 2018 silam.

Adapun sejarah, tentang olahraga tersebut, pun dengan asal-usul, serta teknik dalam melakukan jenis olahraga bela diri ini. Jadi, berikut penjelasannya:


Sejarah Lengkap Perjalanan Penemuan Bela Diri

Rata-rata ilmu bela diri, pasti ada seseorang yang menjadi penggagas dari terlahirnya ilmu bela diri tersebut. Seperti misalnya karate, judo, Kung Fu, dan sebagainya.

Tapi, rasanya hal tersebut tidak sepenuhnya berlaku untuk Wing Chun ini. Yang mana siapa yang menjadi pencetus sementara pun, sampai saat ini masih menjadi misteri.

Ada beberapa literatur yang mengatakan, bahwa terciptanya ilmu bela diri ini, karena memang jenis bela diri tersebut, adalah hasil dari buah bibir dari para warga, yang kemudian entah siapa merancang serta membuatnya menjadi ilmu bela diri, yang sampai saat ini terkenal.

Tapi, ada juga beberapa literatur, yang berpedoman pada film IP MAN. Kala itu, film tersebut memang merepresentasikan bagaimana sebuah ilmu bela diri tersebut ada.

Hingga kemudian menjadi senjata bagi seseorang untuk mengalahkan para musuhnya, dan berhasil. Dalam kisah film tersebut, dikatakan bahwa ada seorang pendeta wanita bernama Ng Mui.

Ng Mui sendiri merupakan pendeta yang ada pada masa pemerintahan Dinasti Qing pada waktu itu di China. Kemudian pada waktu itu, terjadi adanya peristiwa kebakaran di Kuil Shaolin, tepatnya di Fujian.

Beberapa Pendeta utama salah satunya adalah Ng Mui, akhirnya mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman, yakni ke Gunung Daila.

Kemudian…

Singkat cerita, Ng Mui melihat ada pertarungan antara ular dengan bangau. Yang mana kedua hewan tersebut memperlihatkan berbagai jurus mereka untuk mengalahkan lawan.

Alih-alih memperhatikan, Ng Mui akhirnya mendapatkan inspirasi untuk membuat sebuah gerakan bela diri baru, yang mana mengkombinasikan gerakan dari kedua hewan tersebut, dengan beberapa gerakan Kung Fu lainnya.

Organisatoris lain baca ini: Federasi Badminton Asia: Pengertian, 5 Wilayah Bagian

Saat itu, Ng Mui sering memberitahu berbagai hal yang ia pelajari tersebut, kepada tukang tahu pada waktu itu, bernama Yim Yee.

Yim Yee sendiri mempunyai anak perempuan bernama Yim Wingchun, dan pada saat itu, anak perempuannya sedang dipaksa untuk menikah dengan seorang Jenderal militer setempat, bernama Wong.

Karena dipaksa, akhirnya Ng Mui menurunkan gaya bela dirinya yang baru tersebut, kepada anaknya. Hal tersebut bukan tanpa dasar.

Melainkan untuk bisa menjadikan senjata baginya, agar mengalahkan Jenderal tersebut, dan dapat berhasil membatalkan pernikahan paksanya tersebut.


Siapa Penemu Wing Chun

Definisi wing chun
Penemu wing chun (Foto: news.cgtn.com)

Sejalan dengan hal tersebut, akhirnya gadis itu berhasil, dan menikah dengan orang yang ia sukai, yakni Leong Bok chao. Dia adalah pria yang suka dengan bela diri.

Dan sesekali sering melatih diri untuk mengasah keahliannya tersebut. Awalnya ia sedikit menganggap remeh istrinya tersebut, meskipun mereka sering berdiskusi soal ilmu bela diri masing-masing.

Kemudian mengajarkannya ke satu sama lain. Karena demikianlah, Leong Bok chun akhirnya menyadari, bahwa istrinya bukanlah orang yang lemah. Dia adalah ahli dari ilmu bela diri.

Dan karena ia telah menyerap beberapa ilmu bela diri dari sang istri, maka gerakan-gerakan tersebut, ia beri nama “Wing Chun Kuen”. Untuk bisa menghormati istrinya.

Jadi, begitulah jika versi dari film IP MAN. Karena memang film tersebut seperti merepresentasikan sebuah ilmu bela diri baru, yang pada akhirnya bisa sampai populer hingga sekarang.

Tapi, bagaimana di Indonesia? Untuk di Indonesia sendiri, tidak jauh berbeda. Hanya saja kala itu, ada beberapa orang yang memang sudah tahu tentang hal tersebut, sebelum munculnya beberapa film yang dimainkan oleh Bruce Lee, dan aktor action lainnya.

Dilansir dari Historia.id, ada salah satu orang Indonesia yang berhasil masuk dan menjadi anggota resmi dari organisasi resmi untuk olahraga bela diri ini, yakni VTAA, atau singkatan dari Vin Tsun Athletic Association.

Ialah Martin Kusuma, seorang penggiat olahraga tersebut, yang sudah mempelajarinya di daerah Eropa sana. Pada waktu tersebut, belum banyak yang mengerti lebih dalam tentang hal tersebut.

Karena pada waktu itu, teman-temannya tidak mempelajarinya secara detail dan lebih dalam. Karena kesulitan, akhirnya di tahun 2008 ia pun kembali mempelajari, namun ia tertipu pada waktu itu.

Singkat cerita akhirnya ia pun menemukan orang yang benar-benar paham dengan olahraga tersebut, dan menghantarkannya sebagai salah satu orang Indonesia, yang resmi menjadi anggota dari organisasi VTAA tersebut.


Siapa Aktor Yang Memainkan Teknik Wing Chun

Aktor IP MAN (Foto: blibli.com)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, olahraga ini merupakan salah satu olahraga, yang mempunyai daya tarik yang sangat tinggi.

Bahkan hal tersebut menjadi peluang bagi para penggiat film, yang akhirnya membuat sebuah karya mereka bernama “IP MAN”, dan membaginya menjadi 4 series.

Awal tahun kemunculannya pada tahun 2008. Kemudian di series kedua pada tahun 2010, lalu 2015 untuk tahun series ke -4 . Dan terakhir tahun 2018, untuk series terakhirnya.

Kemunculan film tersebut, sontak membuat mata dunia menyadari, bahwa ada seni bela diri yang belum pernah mereka kenal sebelumnya, apalagi di Indonesia.

Yang kemudian dari hal tersebut, timbul beberapa penggiat dari olahraga tersebut, kemudian membuat organisasi resmi, dan memasukkannya ke dalam salah satu organisasi Wing Chun resmi, yang masuk ke daftar organisasi VTAA.

Dari hal tersebut, tidak sedikit dari netizen dunia, akhirnya penasaran dengan orang atau aktor-aktor yang pada akhirnya membawa olahraga tersebut, hingga membuatnya terkenal di seluruh dunia. Siapa saja mereka?

Donnie Yen

Dalam film tersebut, ia sebagai IP MAN. Yang mana IP MAN tersebut sebagai gelar bagi seseorang yang memang menggeluti olahraga tersebut.

Donnie sendiri memang sudah terkenal sebagai seniman yang berjibaku dengan dunia perfilman. Selain menjadi seorang aktor, ia juga terkenal sebagai seorang sutradara, produser, hingga master dari bela diri Wushu.

Donnie Yen lahir pada tanggal 27 Juli 1963, yang mana sekarang usianya sudah 60 tahun lebih.

Simon Yam

Simon Yam juga merupakan aktor senior China, yang lahir pada tanggal 19 Maret tahun 1955, yang sekarang usianya lebih dari 65 tahun.

Jenis ini sendiri sudah menorehkan beberapa prestasi, bahkan ada beberapa film yang ia bintangi, menjadi booming di seluruh dunia. Salah satunya adalah IP MAN ini.

Bukan hanya sebagai aktor di film, ia juga tidak jarang bermain beberapa karakter di serial TV. Ia juga aktif sebagai produser.

Lynn Hung

Dalam film IP MAN, ia berperan sebagai “Wong Cheng”. Lynn Hung sendiri merupakan nama panggungnya. Yang mana nama aslinya adalah Xiong Dai-Lin.

Ia adalah seorang model dan juga aktris senior China. Yang lahir pada tanggal 10 Oktober, tahun 1980. Sekarang usianya sudah sekitar 40-an tahun.

Wen Junhui

Merupakan aktor muda, yang lahir pada tanggal 10 Juni, tahun 1996. Sekarang usianya sudah menginjak 25 tahun. dalam film tersebut, ia berperan sebagai IP MAN muda.

Yang pertama kali, menjajaki ilmu bela diri tersebut. Wen Junhui sendiri, merupakan seorang penyanyi, dan juga aktor yang debut dan basisnya di Korea.

Itulah beberapa aktor yang terlibat dalam film “IP MAN” sebagai salah satu film yang menginspirasi, serta menjadi salah satu hal yang mempromosikan olahraga ini.

Teknik Dasar Wing Chun

Jurus teknik (Foto: id.wikihow.com)

Adapun beberapa teknik dasar yang dapat kita pelajari, mengenai olahraga tersebut. Hal tersebut bisa menjadi referensi kita, untuk bisa lebih memahami tentang olahraga ini. Berikut beberapa pembahasannya:

Teknik Kuda-kuda

Untuk yang pertama adalah kuda-kuda. Jenis ini merupakan hal dasar dari berbagai jenis olahraga bela diri. Meski dianggap kuno, nyatanya jenis ini sangat penting, sebagai pertanahan.

Agar nantinya tidak mudah goyah, ketika lawan mulai menyerang. Dan saat bersamaan, kita akan paham, jurus apa yang selanjutnya terpakai, untuk menangkis lawan.

Step pertama ini ada beberapa jenis pergeseran lawan, antara lain:

  • One spot body movement step
  • Same leg body movement step
  • Change leg body movement step

Untuk jenisnya sendiri ada beberapa, antara lain:

  • Siu Nim Tao
  • Gong Lik
  • Fajing

Gerakan Menangkis

Yang selanjutnya adalah gerakan menangkis. Gerakan ini seperti halnya refleksi. Tenang, nyaman, tapi sangat mengena dengan pas, ke lawan.

Perlu kita ketahui sejenak, sudah tidak asing dengan beberapa teknik bela diri lain seperti wushu ataupun taekwondo, yang mana mempunyai jurus tersendiri, dan membaginya ke beberapa nama dan kategori.

Organisatoris lain baca ini: Juri Pencak Silat: Jumlah Dan Aturan Permainan

Bedanya dengan jenis olahraga Wing Chun tersebut, olahraga ini, seperti mengkombinasikannya ke dalam satu gerakan, dan harus selaras, seimbang, agar semua gerakan dan tangkisan, bisa tepat, sesuai sasaran.

Jenis ini terbagi menjadi beberapa:

  • Chum Kiu
  • Juun
  • Ser

Tangan yang Kaku, dan Tubuh yang Lemas

Mungkin sedikit sulit untuk mempelajari teknik ini. Yang mana pada intinya, jenis ini bertujuan untuk bisa mengakomodir beberapa gerakan yang ada.

Dan hal tersebut menjadi salah satu konsep dari lawan, untuk menumbangkan pertahanan kita sebagai lawan mereka. Hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi mereka yang menggunakan.

Mengingat mereka akan melihat benang merah dari pertarungan atau perlawanan dari lawan.

Jurus Tinggi

Jurus tersebut terbagi atas beberapa jenis, antara lain:

  • Biu gee
  • Muk Yang chong
  • Luk Dim Boon Kwun
  • Baat Jam Dao

Itulah beberapa pembahasan mengenai beberapa teknik dasar untuk bisa menjadi pelajaran pertama dari pemula.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai olahraga bela diri Wing Chun. Dari beberapa hal tersebut, dapat kita pelajari lebih dalam.

Sehingga nantinya kita bisa mempraktekkan, serta mendalaminya. Dan bagi yang ingin menjadi seorang atlet, bisa terlebih dahulu untuk mempelajari beberapa dasarnya.

Sehingga nantinya saat akan terjun, pemula tidak terlalu kaget nantinya. Karena beberapa teknik sudah dipelajari sebelumnya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. Definisi
  2. Kemunculan di Indonesia
  3. Film IP MAN
  4. Teknik