Aliran organisasi Modern
Aliran Organisasi Modern Dengan Adaptasi Teknologi Dan Lingkungan

Aliran Organisasi Modern, Dengan 5 Teori Dan Pengaruh Teknologi

Diposting pada

Setelah sebelumnya membahas Aliran neo klasik pada organisasi, saat ini akan mengupas tentang Aliran Modern sebuah lembaga Dengan Teknologi Sebagai Faktor memberikan Pengaruh.Konsep, Organisasi.co.id

Mengikuti perubahan dan perkembangan zaman, maka lembaga juga mengalami adaptasi terhadap perubahan zaman tersebut. Termasuk organisasi yang mengalami serangkaian perubahan dari klasik, kemudian Neo Klasik. Selanjutnya modern, post modern dan millenial.

Artikel ini akan membahas masa modern, dengan beberapa perubahan dunia. Pengetahun berkembang dengan pesat. Kemajuan. Ekonomi. Sosial Politik. Pembangunan dan Teknologi menjadi ukuran kini menghasilkan deret ukur kesuksesan.

Aliran Organisasi Modern

Wadah beraliran ini, tidak lagi menjalankan aktifitas kelembagaan secara manual. Tetapi mulai terbantu dengan hadirnya seperangkat teknologi yang membantu proses dalam melaksanakan aktifitas wadah pada era tersebut.

Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara aliran klasik, neo klasik dengan modern, yakni integrasi dengan lingkungan serta adaptasi pada lingkungan sekitarnya.

Organisasi tidak lagi bersifat tertutup, melaikan secara sistemik membuka diri dengan lingkungan dimana ia berada.

Struktur Organisasi Kemenkeu, Aliran Modern
Contoh Struktur Organisasi Kemenkeu RI (Foto: Kemenkeu.go.id)

Konsep Dasar Aliran Organisasi Modern

Dalam penerapannya, aliran organisasi modern juga memiliki persamaan makna dengan analisa sistem.

Organisasi Modern dengan seperangkat alirannya memandang bahwa lembaga harus bersifat terbuka dengan kawasan kemana ia berada. Aliran modern lebih mengedepankan pendekatan kontingensi atau hubungan dengan lingkatnya tempatnya berada.

Kajian organisasi lain: Teori Organisasi Dasar, Arti, Struktur

Memiliki argumentasi dan pandangan kuat, bahwa sebuah lembaga atau wadah akan kuat jika memiliki tingkat adaptasi yang kuat.

Organisasi menekankan untuk memiliki tingkat kemampuan adaptabilitas yang tinggi.

Adapun para peneliti yang berpengaruh dalam aliran teori modern antara lain :

  1. Joan Woodward “Pengaruh Teknologi terhadap Organisasi“
  2. James D. Thompson “hubungan teknologi, lingkungan dan struktur”
  3. Jay W. Lorsch dan Paul R. Lawrence “Diferensiasi dan integrasi”
  4. Daniel Katz dan Robert Kahn “Perspektif Lingkungan”
  5. Peter Blau “Besaran Organisasi“

Joan Woodward “Pengaruh Teknologi terhadap Organisasi“

Woodward melakukan studi tentang pengaruh teknologi terhadap organisasi.

Hasil kajiannya menunjukkan bahwa kebanyakan struktur organisasi berhubungan dengan teknik-teknik pembuatan (manufacturing) yang terpakai dalam organisasi yang bersangkutan.

Menurut Woodward perbedaan teknologi akan menyebabkan perbedaan tuntutan terhadap keahlian manusia yang berbeda-beda dan akhirnya juga menuntut perbedaan dalam struktur organisasinya.

Dalam penelitiannya Woodward menemukan juga bahwa banyak organisasi yang strukturnya terdesain hanya berdasarkan pada proses meniru struktur organisasi lainnya atau semata-mata keinginan dari pihak manajernya.

Penemuan utama dari Woodward adalah bahwa teknologi berpengaruh langsung terhadap struktur social organisasi. Perubahan-perubahan dalam penggunaan teknologi dalam organisasi akan berpengaruh langsung terhadap strukturnya seperti panjangnya rantai komando, rentang kendali dan rasio antara manajer dengan total personal serta ukuran organisasi.

Woodward menekankan bahwa teknologi memiliki peranan penting dalam kesinambungan organisasi. Dalam pandangannya, menyebutkan bahwa selain manusian, juga tedapat unsur teknologi sangat berperan penting pada sinergitas organisasi.

James D. Thompson “Hubungan teknologi, lingkungan dan struktur”

Dalam penerapannya, Ide-ide yang Thompson tentang korelasi antara teknologi, lingkungan serta struktur tidak hanya memiliki batasan pada organisasi ekonomi, akan tetapi juga selain dari batasan tersebut.

Selanjutnya, ia memaparkan bahwa pada hakikatnya, terdapat persamaan antara organisasi bisnis dan non bisnis dalam hal hubungan antara teknologi dengan lingkungan dan struktur yang ada pada kajiannya.

Gambar lingkungan hijau
Gambar Lingkungan Alami (Foto: Bukekengkab.go.id)

Konsepsi dan Ide-ide Thompson tersebut, memberikan kontribusi positif dalam pengembangan teori organisasi, terutama dalam hal bagaimana sebuah organisasi harus mendesain susunan atau bagannya berbentuk struktur.

Dengan tujuan struktur tersebut mampu menghadapi segalah bentuk perubahan teknologi dengan adaptasi pada lingkungannya.

Adapun kontribusi konsep dari Thompson yakni berupa pemikirannya tentang organisasi merupakhan sebuah sistem terbuka. Tidak lagi memandang organisasi hanya miliki anggota, tapi melakukan berbagai transparansi kepada lingkungan dengan segala adaptasinya.

Jay W. Lorsch dan Paul R. Lawrence “Diferensiasi dan Integrasi”

Selanjutnya teori dengan aliran organisasi oleh Lorsch dan Lawrence hakikatnya merupakan teori yang menjabarkan tentang dua hal. Diferensiasi dan integrasi.

Sementara itu, Diferensiasi. Lebih menekankan pada multi jenis tugas dan pekerjaan, sedangkan integrasi membuat alur koordinasi dan hubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya.

Dalam hal penempatan anggota organisasi, seorang manager telah memiliki berbagai dasar pertimbangan. Selain loyalitas, kejujuran dan kinerja, maka kemampuan komunikasi untuk membangun hubungan dengan bagian lain menjadi kebutuhan penting dalam pergerakan organisasi.

Objek penelitian dari Lorsch dan Lawrence adalah organisasi dan lingkungan sekitar.

Bahwa organisasi yang berbeda jauh dengan lingkungan, akan mengalami hambata besar dalam pengembangan-pengembangannya. Sementara yang membentuk struktur organisasi dengan melakukan penyesuaian lingkungan mengarah. Pada Proses diferensisasi.

Daniel Katz dan Robert Kahn “Perspektif Lingkungan”

Daniel Katz dan Robert Kahn merupakan penulis buku dengan judul “The social Psycology of Organizations“.

Kemudian Psikologi sosial memberikan input dan menjadi output sebuah organisasi, Dalam pemahamannya menyebutkan bahwa sebuah organisasi akan menjadikan lingkungan sebagai tempat aplikasi sebuah program organisasi.

Cara pandang sebuah lembaga pada lingkungan dan juga cara pandang lingkungan pada sebuah lembaga akan saling berkaitan dan kesinambungan sebuah organisasi.

Dalam kajian Aliran Organisasi Modern ini memberikan teori bahwa organisasi pada abad teknologi. Tidak lagi menjadi sebuah organisasi yang ekslusif, tertutup pada lingkungan.

Teori Daniel Katz dan Robert Kahn mendeskripsikan bahwa terdapat banyak keunggulan jika sebuah organisasi bersifat terbuka denagn lingkungan keberadaan mereka.

Peter Blau Dengan “Besaran Organisasi“

Sebagaimana pakar Peter Blau memiliki paham Besaran sebuah organisasi. Besaran atau ukuran yang dalam kata lain Size, memandang sebagai penentu dominasi sebuah lembaga.

Besaran lembaga, dalam penelitian Peter Blau menyebutkan bahwa, komponen manusia menjadi determinan sebuah wadah.

Aliran Organisasi Modern ini menitikberatkan bahwa untuk mengukur sebua organisasi dalam hal besarnya, maka mengetahui berapa jumlah serapan personil atau staff organisasi tersebut.

Karakteristik Aliran Dalam Teori Organisasi Modern

Dari pengertian-pengertian teori yang sebelumnya. Adapun Karakteristik Aliran dari konsep dan teori organisasi Modern, antara lain:

  1. Teori ini disebut juga Analisis sistem Organisasi,
  2. Memandang luas tentang faktor penting dalam sebuah wadah
  3. Memiliki konsep utama bahwa organisasi merupakan sebuah sistem
  4. Untuk bisa bertahan lama, maka organisasi harus mampu melakukan adaptasi dengan lingkungan lokasi berada dan pengabdiannya
  5. Organisasi dan lingkungan adalah dua variabel yang saling berkaitan satu sama lain.

Dalam perkembangannya, Aliran ini mengalami kemajuan lebih pesat lagi. Setelah penemuan teknologi modern, saat ini teknologi terus mengalami serangkaian evolusi.

Sehingga teknologi memasuki era Milenial, menyebabkan lembaga melakukan adaptasi untuk menyesuaikan lingkungan dan kemajuan tersebut.

Jika pada era modern, batasan teknologi hanya pada pengetikan surat yang lebih rapi dengan menggunakan komputer atau laptop. Kini bergeser bahwa undangan tidak lagi terprint out, melainkan dalam bentuk Pdf yang terkirim melalui android maupun ios.

Organisasi lainnya:

  1. Organisasi Pemerintahan RI Dan NGO Di Indonesia
  2. Metode Persidangan Organisasi, Bentuk Dan Unsur
  3. Komunikasi Organisasi: Pengertian, 6 Model Dan Fungsi
  4. Aliran Organisasi Ada 5: Klasik, NeoKlasik, Modern, Post & Milenial

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *