Logo adalah salah satu aset perusahaan yang paling berharga. Ini adalah representasi visual dan identifikasi merek yang menonjol dari pesaing. Z. Shehzad, Profit – Organisasi.co.id
Selain itu, ini menghubungkan merek dengan audiens dan memberi tahu mereka nilai-nilai apa yang menjadi harapan perusahaan. Perusahaan selalu sadar tentang logo mereka dan membuat ciri yang unik, bermakna, dan menarik.
Jika Anda juga berpikir untuk mendesain gambaran untuk perusahaan atau klien Anda, Anda perlu mengetahui segalanya tentang logo.
Anda harus mendapatkan jawaban atas tiga pertanyaan dasar sebelum mendesain logo.
- Apa itu logo?
- Bagaimana cara mendesain logo yang hebat?
- Mengapa logo penting untuk bisnis?
Mari kita cari tahu jawaban untuk setiap pertanyaan!
Apa itu Logo?
Logo adalah simbol atau lambang grafis yang berguna mengidentifikasi merek atau produk. Biasanya terdiri dari tiga elemen; nama merek, ikon, dan warna.
Nama dalam desainnya mewakili nama merek, ikon menunjukkan representasi grafis, dan warna menunjukkan nilai merek.
Perancang dapat membuat model dengan desain merek menggunakan semuanya atau elemen tunggal apa pun. Itu tergantung pada nilai merek dan preposisi unik, elemen mana yang perlu mereka menjadi fokus perhatian dan mana yang diabaikan.
Bagaimana Mendesain Logo yang Luar Biasa?
Merancangnya adalah tugas yang mudah bagi banyak orang. Mereka tidak perlu memiliki banyak keterampilan desain grafis.
Dengan bantuan pembuat logo online, mereka dapat membuat secara unik dalam waktu singkat. Namun, membuat bentuk yang luar biasa membutuhkan desainer untuk meneliti dan menganalisis banyak hal.
Jika tidak, mereka tidak akan dapat mendesain gambar yang menarik.
Berikut adalah beberapa tips untuk mendesain brand perusahaan!
Ingat Nilai Merek
Hal pertama yang dibutuhkan desain ini adalah informasi tentang nilai merek.
Tanpa itu, mereka tidak akan bisa mengembangkan desain yang sesuai dengan merek. Itu sebabnya sebelum hal lain, Anda harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang nilai-nilai merek.
Nilai-nilai ini akan memandu Anda tentang elemen apa yang tidak boleh Anda abaikan saat mengembangkan desain gambar.
Selain itu, ini juga membantu desainer mengetahui hal-hal mana yang perlu mereka abaikan.
Analisis Audiens
Sebelum Anda membuat logo, penting untuk menganalisis audiens yang Anda targetkan.
- Siapa mereka?
- Berapa umur mereka?
- Apa yang mereka suka dan tidak suka?
Membuat merk adalah proses penemuan, jadi penting bagi Anda untuk memahami untuk siapa Anda membuat merk sebelum menyelam.
Setelah Anda menemukan audiens Anda, pikirkan apa yang mereka inginkan dari merek Anda.
- Apakah mereka menginginkan sesuatu yang menyenangkan, menyenangkan, atau serius?
- Apakah mereka mencari sesuatu yang elegan dan canggih?
- Dan apakah mereka peduli dengan tampilan merek atau lebih pada fungsinya?
Setelah mencari tahu untuk siapa Anda mendesain dan preferensi mereka, menjadi lebih mudah untuk membuat logo menarik yang sesuai dengan mereka.
Menganalisis audiens sangat penting di hampir setiap fase pengembangan merek. Baik merancang logo, strategi pemasaran, atau konten tertulis, mengabaikan demografi audiens mereka dapat menyebabkan kesalahan yang mahal. Anda tidak boleh mulai membuatnya sampai Anda mengetahui kesukaan dan ketidaksukaan audiens.
Berpikir di Luar Kotak
Saat mendesain logo merek, cobalah untuk berpikir di luar kebiasaan.
Anda mungkin memiliki beberapa ide tentang logo, tetapi apakah Anda yakin mereka dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda?
Jika tidak, cobalah untuk memunculkan ide-ide unik yang bisa lebih efektif. Untuk itu, Anda perlu menganalisis logo perusahaan lain.
Logo tersebut dapat berasal dari industri yang sama tempat Anda bekerja atau dari sektor bisnis yang berbeda. Pastikan Anda tidak selalu mengandalkan pikiran pertama yang muncul di benak Anda.
Anda juga bisa mendapatkan bantuan dari audiens yang Anda targetkan. Melakukan survei juga dapat membantu Anda mengetahui pendapat orang lain tentang logo.
Survei dapat memberi Anda banyak ide baru yang dapat membantu Anda. Selain itu, mereka juga dapat membuat audiens Anda mengetahui kedatangan Anda dalam bisnis.
Hati-hati Memilih Warna Skema
Saat mendesain logo, Anda harus memilih palet warna yang tepat. Pilihan warna harus sesuai dengan pilihan audiens Anda, dan juga harus sesuai dengan tujuan logo Anda.
Pilih warna yang paling menarik bagi audiens Anda, sehingga mereka dapat dengan mudah berhubungan dan mengingatnya.
Kombinasi warna cerah dan gelap adalah yang terbaik untuk logo, karena lebih mudah dikenali dan diingat daripada kombinasi lainnya.
Jika Anda ingin logo Anda mewakili sesuatu seperti makanan atau obat-obatan, gunakan warna-warna hangat seperti merah, oranye, atau kuning.
Untuk bisnis terkait aplikasi, warna keren seperti biru langit atau hijau lebih cocok untuk logo.
Untuk mempelajari warna apa yang menyampaikan beberapa perasaan tertentu, Anda dapat melihat psikologi warna, yang menceritakan tentang warna dan dampaknya terhadap penonton.
Dapatkan Bantuan dari Pembuat Logo Online Pembuat
logo adalah berkah bagi merek karena mereka membantu perusahaan dalam banyak hal.
Pertama-tama, mereka membantu mereka mengetahui desain trendi di bidang mereka.
Setelah itu, mereka juga memberikan beberapa ide unik untuk buat logo online.
Terakhir, mereka membantu mereka dalam membuat logo yang menarik.
Setiap kali Anda membuka pembuat logo, Anda akan mendapatkan berbagai template yang dapat Anda modifikasi untuk membuat Anda desain logo unik.
Setelah Anda memilih template, sekarang saatnya untuk mengeditnya sesuai dengan nilai dan preferensi merek Anda.
Memodifikasi desain logo tampaknya tugas yang paling menantang bagi kebanyakan orang. Namun, ini adalah salah satu langkah yang paling mudah dikelola untuk diselesaikan.
Pembuat logo menyediakan banyak fitur yang membuat desain logo lebih sederhana.
Mengapa Logo Penting untuk Bisnis?
Seperti disebutkan dalam kalimat pertama artikel tersebut, logo adalah aset perusahaan yang paling berharga.
Tidak ada yang berlebihan dalam pernyataan ini.
Anda akan mengamati bahwa hampir setiap perusahaan di dunia memiliki logo yang unik; dari perusahaan manufaktur pesawat hingga penjual jarum, semua perusahaan membuat dan mendesain brand atau merk mereka.
Jadi mari kita cari tahu mengapa gambar penting bagi merek.
Ciptakan Identitas
Tujuan terpenting dari gambar merek adalah untuk menciptakan identitas merek yang unik. Ratusan ribu perusahaan bekerja di hampir setiap bidang.
Ada persaingan yang sangat besar di pasar, dan bersaing dengan perusahaan yang telah berkecimpung dalam bisnis ini selama bertahun-tahun sulit untuk usaha kecil dan merek baru.
Untuk membuat nama Anda dan membuat orang mengenali siapa Anda, Anda perlu memberi tahu mereka bahwa Anda ada di pasar.
Di sinilah masalah! Bagaimana cara memberi tahu orang-orang tentang keberadaan Anda? Dengan gambar yang unik dan menarik.
Gambar memiliki kekuatan untuk menarik lebih banyak orang ke merek Anda dan menelusurinya.
Begitu mereka mulai tertarik untuk mengetahui tentang bisnis Anda, Anda dapat menangkap mereka dengan konten situs web atau nilai bisnis Anda.
Tingkatkan Pengenalan Merek
Biasanya, orang mengenali merek dari brand dan slogan mereka. Itulah mengapa logo paling penting dalam hal pengenalan merek.
Jika Anda mengembangkan desain bentuk yang mengesankan, Anda bisa langsung mendapatkan pengakuan di pasar.
Jika Anda ingin tahu bagaimana itu membantu, letakkan ciri perusahaan Anda di depan outlet Anda. Kemudian, orang akan mengenali bahwa itu adalah outlet Anda setiap kali mereka melihatnya.
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan gambar untuk media sosial dan berbagai jenis pemasaran lainnya.
Menyebarkan Pesan
Gambar bentuk yang memiliki pesan merek adalah alat terbaik untuk menyebarkan kata-kata Anda. Mereka dapat menyampaikan nilai-nilai yang Anda junjung tinggi dan bagaimana perusahaan Anda berbeda dari para pesaing. Jika Anda telah merancang gambar yang mencerminkan semua nilai dan preposisi unik Anda, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memasarkan merek Anda. Sebaliknya, konsumen Anda akan menyebarkan pesan Anda ke massa melalui posting dan artikel media sosial.
Kesan pertama yang kokoh pada Konsumen
Ciri Khas perusahaan atau produk meninggalkan kesan yang mendalam bagi konsumen.
Ini karena brand adalah salah satu hal pertama yang dilihat orang dan dapat mengidentifikasi perusahaan atau produk.
Oleh karena itu, penting bagi sebuah brand tidak hanya untuk terlihat bagus tetapi juga untuk menyampaikan pesan dari perusahaan atau produk yang diwakilinya.
Selain untuk menyampaikan informasi tentang merek, bentuknya juga dapat digunakan untuk menciptakan rasa memiliki di antara konsumen.
Misalnya, Nike menggunakan logo swoosh yang ikonik untuk melambangkan pencapaian atletik, sementara Apple menggunakan simbol apel untuk mewakili inovasi dan kreativitas.
Tetap dalam Kenangan Konsumen
Logo yang luar biasa dan mudah diingat selalu berada dalam ingatan orang lebih lama. merk meningkatkan rasa ingin tahu mereka dan mendorong mereka untuk belajar lebih banyak tentang pola dan bentuk.
Begitu mereka dengan penasaran menganalisis brand Anda, mereka secara otomatis mengingat merek Anda. Setiap kali mereka melihatnya di suatu tempat, mereka akan dengan mudah mengenali itu adalah Anda.
Kesimpulan
Sebuah merek tanpa logo seperti orang tanpa wajah. Tanpa brand, sebuah merek tidak dapat memiliki identitas visual.
Oleh karena itu, perusahaan menghabiskan waktu, tenaga, dan uangnya untuk mendapatkan yang terbaik desain ciri khasnya.
Anda harus mempelajari apa yang paling penting dalam sebuah bentuk jika Anda juga ingin perusahaan Anda memiliki identitas visual yang hebat.
Ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat yang dapat mengubah identitas Anda.
Jika tidak, Anda dapat menyetujui desain merk di bawah rata-rata yang tidak dapat digunakan untuk tujuan apa pun.