Bola tangan
Bola tangan (Foto: liputan6.com)

Bola Tangan: 3 Jenis, Hingga Induk Organisasi

Diposting pada

Bola tangan, adalah salah satu jenis olahraga yang semakin berkembang di Indonesia. Terdapat beberapa pembahasan mengenai 3 jenis permainan yang ada, kemudian teknik dasar, serta induk organisasi dari permainan tersebut.

Ayu Maesaroh, olahraga, – organisasi.co.id

Olahraga adalah salah satu topik yang mendapatkan perhatian khusus, terutama di era pandemi seperti ini. Mengingat kita sebagai manusia, mempunyai kewajiban untuk menjaga sistem imun tetap kuat.

Dengan menghindarkan diri dari kerumunan, memakai masker saat keluar rumah serta membawa hand sanitizer. Pun jika di dalam rumah, diusahakan sebisa mungkin untuk bergerak, berolahraga misalnya, dan sebagainya.

Mengingat ada begitu banyak macam-macam olahraga yang bisa kita lakukan di dalam rumah. Mulai dari yang membutuhkan tenaga ekstra seperti HIT cardio, zumba, atau sampai kepada permainan bola tangan.

Dimana permainan ini sudah ada begitu banyak orang yang menyukai olahraga tersebut, bahkan tidak jarang banyak orang yang mulai menjajaki permainan tersebut, dan menjelma menjadi seorang atlet kebanggaan bangsa.

Berikut beberapa penjelasannya mengenai permainan tersebut.


Permainan Bola Tangan

Permainan bola tangan
Definisi permainan bola tangan (Foto: bola.com)

Permainan tersebut mempunyai beberapa pengertian. Seperti secara umum saja, permainan tersebut adalah jenis olahraga, yang menitikberatkan penggunaan tangan sebagai tumpuan untuk menggiring bola ke lawan, agar bisa mengubah keadaan.

Biasanya anggota regunya, masing-masing sekitar 7 anggota, serta beberapa pemain cadangan yang sudah disiapkan dari klub olahraga tersebut.

Ada juga beberapa pendapat dari beberapa ahli mengenai hal tersebut, antara lain:

Menurut Haris

Menurut beliau, permainan tersebut mempunyai prinsip seperti beberapa permainan olahraga pada umumnya. Yang terdiri atas beberapa anggota tim, juga menggunakan tangan sebagai media untuk bermain olahraga tersebut.

Penentuan menang atau tidaknya regu tersebut, ditentukan dengan melihat tim mana yang bisa mencetak nilai paling banyak diantara keduanya.

Mahendra

Menurut beliau, permainan jenis ini, pada dasarnya melatih kemampuan gerak dasar manusia seperti kecepatan gerak, serta kekuatan.

Organisatoris lain baca ini: Siapa Pencipta Permainan Bola Voli?

Kemudian ada koordinasi serta kolektivitas bersama dengan rekan regu mereka. Beliau juga meneruskan bahwa pemainan tersebut hampir sama dengan permainan bola basket.

Yang membutuhkan ekstra tenaga dalam melakukan berlari cepat, mengubah arah, melompat, serta bergerak secara eksplosif.

Lutan

Beliau mengemukakan bahwasannya permaian bola tangan adalah sejenis bola yang terdapat irama kecepatan dalam melakukannya.

Permainan tersebut melibatkan dua regu, yang mana masing-masing regu terdiri dari 7 orang. Dan cara untuk menang, dari masing-masing harus bisa mencetak goal dengan memasukkan bola kepada wilayah tim lawan.

Dan tim yang mendapatkan nilai atau skor yang banyak, maka mereka berhak sebagai pemenang dalam permainan tersebut.

Permainan bola tangan tersebut, terselenggara sebanyak 2 babak, dengan masing-masing babak yakni 30 menit.

Itulah beberapa pendapat dari para ahli mengenai hal tersebut.


Jenis Permainan dengan Menggunakan Tangan

Sejalan dengan hal tersebut, adapun beberapa jenis permainan bola tangan, yang sampai sekarang masih populer di kalangan orang-orang.

Jenis permainan tersebut antara lain:

Handball (Outdoor)

Permainan ini termasuk dalam kategori permainan bola tangan. Yang mana untuk jumlah regu rata-rata 11 orang di setiap regunya.

Permainan tersebut dilaksanakan di luar ruangan. Jadi tidak heran jika jumlah pemainnya cukup banyak.

Handball (Indoor)

Jenis tersebut juga sama dengan sebelumnya, yang juga mempunyai gaya atau teknik permainan dengan jenis demikian.

Namun, bedanya adalah untuk permainan jenis tersebut tidak berada dalam luar ruangan, melainkan di dalam ruangan. Serta untuk jumlah anggota regu, yakni masing-masing 7 orang.


Permainan Campuran / Gabungan

Untuk jenis tersebut, mempunyai prinsip yang sama. Namun jenis ini fleksibel, bisa dilakukan di Indoor ataupun Outdoor.

Pun dengan jumlah dari anggota yang ada. Bisa lebih dari 7 orang, atau cukup dengan jumlah demikian.

Jadi, sebenarnya ada varian permainan bola tangan yang bisa kalian lakukan dengan orang-orang terdekat, ataupun dengan anggota keluarga kalian.


Teknik Dasar Permainan Bola Tangan

Teknik dasar bola tangan (Foto: beniherawan.xyz)

Dan setiap permainan olahraga tertentu, pasti ada beberapa teknik yang mengatur, agar nantinya permainan bisa berjalan sesuai dengan peraturan yang ada.

Organisatoris lain baca ini: Bola Tangan Indonesia: Sejarah Hingga Induk Organisasi

Teknik tersebut juga harus berlaku oleh para pemain, agar nantinya mereka bisa mencetak skor yang ada. Maka, berikut beberapa teknik yang perlu adanya perhatian khusus ketika akan melakukan permainan tersebut, antara lain:

Menggunakan Tangan

Sesuai dengan namanya, permainan ini hanya boleh dimainkan dengan menggunakan tangan. Tidak boleh memakai kaki, ataupun alat bantu lain, yang digunakan untuk memudahkan anggota dapat mencetak gol.

Tidak Boleh Mengenai Selain Bagian Tangan

Seperti misalnya kaki, sikut, dan sebagainya, adalah salah satu contoh bagian yang tidak boleh terkena oleh para anggota dari masing-masing tim.

Karena kembali lagi dari konsep awal, ialah hanya mengenai pergelangan tangan, serta tangan yang menjadi alat untuk mencetak skor dalam permainan tersebut.

Peraturan Permainan Bola Tangan

Untuk beberapa peraturan dalam permainan tersebut, terbagi atas beberapa sub bab yang mana perlu adanya perhatian lebih ketika akan bermain.

Mengingat para anggota harus mematuhi peraturan tersebut, agar nantinya mereka bisa bermain dengan lancar, serta strategi yang perlu adanya persiapan agar bisa terlaksana sesuai dengan rencana awal.

Oleh karenanya, beberapa peraturan tersebut antara lain:

Untuk Daerah Gawang

Untuk daerah gawang terdapat beberapa aturan yang harus mendapatkan perhatian, antara lain:

  • Orang yang mendapatkan bagian menjadi penjaga gawang, ia boleh bebas bergerak hanya di daerah gawang.
  • Jika ada anggota bertahan yang memasuki daerah tersebut, maka akan mendapatkan hukuman berupa pelemparan bola sejarah 14 meter dari daerah gawang.
  • Dan jika bola yang dibawa anggota tim masuk ke daerah gawang, maka bola sudah menjadi hak pegawang yang menjaganya.

Aturan Mengembalikan Bola ke Daerah Gawang

Untuk aturan ini juga ada beberapa, antara lain:

  • Para anggota tim hanya boleh untuk mencetak gol dengan cara menggiring bola ke gawang
  • Masing-masing anggota tim, tidak boleh menahan bola lebih dari 3 detik
  • Boleh membawa bola dengan cara berjalan, atau
  • Melakukan lemparan sudut ketika bola keluar dari lapangan

Aturan Penjaga Gawang

Untuk penjaga gawangnya sendiri, pun terdapat beberapa aturan yang juga perlu perhatian khusus, ialah:

  • Penjaga gawang bisa melempar bola ke berbagai arah
  • Penjaga gawang juga tidak boleh menahan bola lebih dari 3 detik
  • Boleh membawa bola dengan cara berjalan, selama masih di daerah gawang, sehingga
  • Tidak boleh membawa bola sampai keluar daerah gawang

Jika Terjadi Gol / Cetak Nilai

Untuk terjadinya gol atau cetak nilai, ada ketentuan yang perlu adanya perhatian oleh masing-masing anggota regu, yakni:

  • Bola terlempar sampai melewati garis gawang
  • Bola kembali ke tempat semula, setelah masuk ke gawang, setelah mencetak gol.

Itulah beberapa aturan dari permainan tersebut yang harus dipatuhi oleh seluruh komponen anggota, dalam permainan tersebut.

Manfaat Olahraga Handball

Pada dasarnya, semua yang kita lakukan di dunia ini, terdapat benefit atau manfaat yang kita rasakan. Hal tersebut juga berlaku bagi kita yang melakukan kegiatan berolahraga.

Terutama dengan melakukan olahraga jenis handball yang semakin hari semakin banyak orang yang menggandrunginya. Terlebih pada beberapa tahun lalu , olahraga tersebut pernah tenar di masanya.

Ialah dengan keikutsertaan para atlet handball di Asian Games yang terselenggara di Indonesia, menyertakan olahraga tersebut untuk bisa ikut sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Jadi, apa saja manfaatnya bagi manusia? Dilansir dari halodoc.com, beberapa manfaatnya antara lain:

  • Mengurangi rasa stress
  • Kualitas tidur jadi lebih bagus
  • Berat badan bisa terkendali
  • Bisa membentuk dan menguatkan beberapa otot yang ada di bagian tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan.

Atlet Handball Indonesia Berprestasi

Nampaknya tidak hanya jenis olahraga seperti basket, sepak bola, dan lainnya, yang melahirkan para atlet kebanggaan Indonesia.

Hal tersebut juga berlaku untuk olahraga Handball, yang semakin hari semakin mendapat sorotan dari banyak orang. Terlebih dengan prestasi dari dua orang atlet handball wanita, yang berprestasi di ajang IHF Thropy 2019 lalu.

Dilansir dari globalplanet.news, mereka adalah Shella Salasania, dan Deby Puspita Rani. Shella sebagai pemain sedangkan Deby, sebagai pelatih dari timnya.

Organisatoris lain baca ini: Wasit Bola Wanita Terseksi Untuk Pemain Kelas Dunia

Mereka menjadi perwakilan dari olahraga handball di ajang tersebut. Sebelumnya keduanya telah mencicipi beberapa ajang perlombaan handball di taraf nasional dan internasional.

Seperti Deby misalnya, yang pernah ikut dalam ajang perlombaan Pelatnas Asian Games 2018, sedangkan Shella, pernah ikut dalam kejuaraan Kejurnas 2018, sebagai perwakilan dari Sumsel.


Induk Organisasi Masing-masing Olahraga Bola Tangan

IHF logo (Foto: getvectorlogo.com)

Sejalan dengan hal tersebut serta semakin populernya olahraga jenis ini, maka, ada beberapa pihak pada zamannya, mulai memperhatikan permainan bola tangan, dengan membuat organisasi resmi.

Dengan tujuan sebagai wadah untuk para penggiat permainan tersebut, serta menjadi wadah juga yang ingin menjadi atlet profesional dalam lingkup permainan bola tangan.

Induk organisasi untuk olahraga ini, adalah IHF, atau kepanjangan dari International Handball Federation. Federasi tersebut lahir dan terbentuk pada tahun 1946.

Yang kemudian pada tahun 50-an, kompetisi olahraga tersebut terselenggarakan untuk pertama kalinya. Yakni Kejuaraan dalam lingkup dunia, baik untuk pria maupuj wanita.

Federasi tersebut mempunyai beberapa tugas, salah satunya adalah memegang bidang administrasi serta pengendalian untuk olahraga handball tersebut.

Sekarang, keanggotaan dari federasi handball, sudah lebih dari 200 anggota serta tersebar di beberapa belahan dunia.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai olahraga handball tersebut. Dapat kita simpulkan bahwa olahraga tersebut bisa kita lakukan oleh bermacam orang.

Mengingat ada aturan dan cara yang jelas dalam menjalankan olahraga tersebut. Sehingga tidak akan ada pelencengan dari permainan, karena pada dasarnya sudah ada pedoman dari awal.

Juga olahraga tersebut bisa menjadi jalan untuk kalian, yang mungkin ingin mengimprove diri sebagai seorang atlet handball.

Karena, sekarang sudah tidak ada yang tidak mungkin. Berbagai jalan yang kita lewati, bisa saja membuahkan keberhasilan, serta kesuksesan yang bisa kita petik di masa depan.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi

Daftar Pustaka

  1. Pengertian
  2. Pengertian menurut para ahli
  3. Induk organisasi
  4. Atlet berprestasi
  5. Manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *