Macam garis
Jenis jenis garis (Foto: sangdes.com)

Macam Garis: Pengertian, Penggunaan di 3 Bidang

Diposting pada

Macam garis, yang merupakan komponen penting dalam pembentukan suatu bidang, serta beberapa simbol untuk mengedukasi banyak orang. Terdapat pembahasan mengenai pengertian, dan jenisnya di kehidupan sehari-hari. Ayu Maesaroh, Konsep Organisasi – organisasi.co.id

Manusia dalam hidup bersosialisasi, pasti ada beberapa hal yang mungkin sampai sekarang menjadi pertanyaan mereka.

Entah dalam aspek pendapat mengenai suatu hal yang mati, ataupun yang hidup. Bahkan, kadang kita sering bertanya-tanya, kenapa warna pohon tidak berwarna kuning, merah, tapi malah berwarna hijau.

Hal receh lain yang bahkan tidak pernah terpikirkan oleh kita, adalah apa fungsi dari berbagai bentuk tanda yang sering kita buat ketika menulis, dan sebagainya.

Bagaimana jenisnya, bentuknya, pengertian, sampai dengan proses pembuatan dari tanda-tanda yang sering kita pakai saat menulis. Entah tanda titik, petik dua, petik, garis, garis miring, garis lurus, dan sebagainya.

Yang mungkin untuk sebagian orang tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Mereka hanya menggunakan tanda tersebut sesuai dengan lazimnya mereka gunakan.

Jadi, dalam artikel kali ini, akan membahas lebih tuntas mengenai beberapa tanda tersebut, terutama ‘garis’. Berikut beberapa pembahasannya:


Pengertian Garis Oleh Beberapa Pakar

Pengertian macam garis
Definisi garis (Foto: linkaceh.com)

Dalam beberapa bidang definisi untuk kata ‘garis’ berbeda-beda, sesuai dengan fungsi dan kegunaan pada masing-masing.

Dalam beberapa bidang ilmu, garis diartikan sebagai gambar, yang mana terbentuk dari beberapa titik. Garis tersebut mempunyai dimensi panjang yang dapat terukur.

Sehingga kita bisa mengerti panjang dari garis yang kita butuhkan. Biasanya fungsi dari garis tersebut bermacam-macam.

Ada yang memang untuk gambar sebuah fondasi rancangan suatu bangunan, ada juga yang menggunakan garis sebagai salah satu gambaran untuk sebuah lukisan, dan sebagainya.

Pun dari para ahli mengemukakan beberapa pendapat mereka mengenai pengertian ‘garis’ tersebut. Seperti misalnya dari Drs. I Wayan Gulendra M. Sn.

Organisatoris lain baca ini: Struktur Organisasi, Kelebihan Kekurangan, Makna Kotak dan Garis

Beliau mengatakan bahwa ‘garis’, adalah salah satu elemen yang penting serta menjadi dasar dalam bidang seni rupa. Hal tersebut merujuk kepada arti dari kandungan elemen tersebut.

Yang kemudian tidak hanya garis, tapi membentuk simbolik pada orang yang mengamatinya. Entah pada macam garis lurus, miring, dan sebagainyanya.


Penggunaan Kata Garis dari berbagai Aspek

Meski demikian, ‘garis’ tidak selamanya pada bidang matematik, ataupun seni rupa. Kata dari garis sering dipakai di beberapa bidang yang lain.

Seperti kepenulisan misalnya. Yang mana garis ini sangat penting untuk menjadi sebuah ‘pernyataan’ ataupun ‘petunjuk’, hingga sebagai ‘tanda’ dari sebuah tulisan.

Contohnya yang paling krusial adalah ketika seseorang membuat surat dengan format formal. Yang mana sangat penting bagi kita, mengerti alur dari pembuatan surat format tersebut.

Mulai dari penanggalan, nomor surat, nama pengirim dan yang mendapatkan surat tersebut, hingga kepada isi dan penutupnya seperti apa.

Nah, garis ini sangat penting untuk dinilai, terutama ketika kita akan menuliskan beberapa komponen, seperti nama, nomor kop suratnya, dan sebagainya.

Sehingga nantinya akan jelas dalam pembacaannya, serta maksud yang ada dapat tersampaikan secara utuh. Atau pernyataan sebagai tanda dari perbatasan suatu wilayah.

Seperti Indonesia misalnya, yang mana negara tercinta kita, mempunyai batas wilayah yang cukup luas, dan berada di garis khatulistiwa.

Dengan segudang garis melintang, membuat Indonesia terpengaruh oleh beberapa hal, termasuk dalam iklim, cuaca, dan lainnya.


Jenis dan Bentuk Garis Lengkap Penjelasannya

Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa jenis bentuk dari garis, yang sering kita temui di kehidupan kita. Yang mana dari berbagai jenisnya, terdapat penjelasan yang bisa kita pahami lebih dalam.

Mungkin, ada dari kita yang sering menggunakan bentuk garis ini untuk beberapa kebutuhan, dan lainnya. Beberapa jenis dari garis tersebut antara lain:

Garis Horizontal

Yang pertama adalah garis horizontal. Untuk jenis atau macam dari garis tersebut, biasanya terbentuk dari samping kanan ke samping kiri, lurus tidak ada yang melengkung ataupun bengkok.

Garis ini biasanya berfungsi sebagai landasan dari pembagian bagian yang ada di seni rupa, ataupun membagi wilayah untuk garis lapangan antara regu satu dengan yang lain.

Biasanya juga sering dipakai di beberapa gambar matematik, untuk menjadi dasar gambar utamanya.

Garis Vertikal

Adalah garis yang terbentuk dari atas ke bawah. Yang mana jika dalam matematik, garis ini bisa dibilang sebagai ilustrasi dari tinggi sebuah gambar yang sudah dibuat.

Garis vertikal ini, juga berfungsi sebagai pembelah antara dua wilayah, dengan membentuk memanjang. Tapi dalam seni rupa, garis ini sering dipakai untuk membentuk beberapa gambar.

Seperti jalan raya, pepohonan yang begitu hijau dan rindang, dan sebagainya.

Garis Diagonal

Selanjutnya ada garis diagonal, dengan bentuk garis bisa miring ke kanan ataupun miring ke kiri. Seolah memberikan kesan tidak stabil dari sebuah gambar garis tersebut.

Untuk bidang seperti matematis, biasanya digunakan untuk membuat bidang yang memang pada kenyataannya berbentuk miring seperti segitiga, jajaran genjang, dan sebagainya.

Organisatoris lain baca ini: Cara Pendirian Dan Struktur Organisasi: CV, Kontraktor Dan UKM

Atau dalam seni rupa atau seni lukis, garis ini sering mereka pakai untuk menjelaskan suatu hal yang dinamis, seperti perubahan pohon yang doyong ke kanan dan ke kiri akibat angin yang berhembus, dan sebagainya.

Garis Lengkung

Jenis garis ini lebih sering dipakai untuk menggambar bujur sangkar jika dalam bidang matematis. Atau dalam bidang olahraga, jenis garis ini sangat cocok untuk menggambarkan bentuk dari lapangan baseball atau softball.

Namun pandangan dari bidang seni lukis, garis lengkung ini juga menggambarkan sebuah ketidakpastian. Karena garis lengkung tersebut tidak mempunyai ujungnya.

Sehingga semua orang pun jika dalam permasalahan yang tidak ada ujungnya, maka mereka akan sulit keluar, dan dihantui perasaan yang terus bimbang.

Garis Zig Zag

Macam garis selanjutnya adalah zig zag. Yang mana garis ini sering digunakan sebagai simbol dari lawan atau berlawanan antara satu dengan yang lain.

Atau dalam bidang bahasa, zig zag adalah beberapa garis kecil yang membentuk huruf terakhir yakni ‘z’, Pun menurut bidang seni lukis, garis zig zag mengartikan sebuah hal yang berlawanan.

Sehingga sangat mustahil untuk menjadi satu elemen, karena dari masing-masing titik, mempunyai tujuan bentuk yang lain.

Garis-garis Kecil Horizontal

Dalam beberapa bidang seperti teknik, jenis garis ini sering dipakai untuk menjelaskan batas suatu wilayah. Yang kemudian mereka gambar garis tersebut, untuk mendeklarasikan secara tidak langsung.

Bahwa luas dari wilayah teritorialnya, adalah milik mereka.

Garis Gelombang atau Ombak

Bidang teknik sering menggunakan garis ini untuk memberikan simbol untuk tempat atau wilayah seperti laut, pantai, dan sebagainya pada peta.

Sehingga orang yang membaca informasi tersebut dapat mengerti secara keseluruhan dan utuh. Pun dalam seni lukis juga demikian.

Menggambarkan suatu ombak, yang selalu bergerak kapanpun dan berada dalam suasana apapun,

Itulah beberapa jenis garis yang sering kita temui di berbagai kehidupan kita.


Proses Pembentukan Garis

Kemudian ada beberapa proses pembentukan dari garis tersebut. Hal ini merujuk kepada jenis garis apa yang ingin kita buat.

Misalnya garis horizontal, maka kita harus membuat beberapa titik yang posisinya mendatar, dengan panjang sesuai dengan apa yang kita kehendaki.

Kemudia setelah itu, baru kita tarik titik itu dengan membuat satu garis lurus mendatar, sampai kepada titik terakhir. Hal ini juga berlaku ketika membuat garis bentuk vertikal.

Atau jenis lain seperti bentuk zig zag. Yang mana untuk zig zag sendiri, harus membuat 4 garis yang berlawanan, kemudian menggabungnya hingga berbentuk huruf Z.

Atau membuat garis lengkung seperti ombak, atau lainnya. Untuk membuat macam dari garis ini, kalian harus membuatnya dari atas, lalu sedikit ada lengkungan, kemudian tarik garis ke bawah.

Begitu terus sampai dengan garis lengkung itu benar-benar bernentuk seperti ombak yang sering kita lihat di beberapa lukisan yang ada.


Bentuk Garis yang Dipergunakan dalam Bagan Organisasi

Contoh garis di organisasi (Foto: slideplayer.info)

Dan kemudian dari garis, digunakan untuk beberapa hal, salah satunya adalah organisasi. Kita tahu dan paham, bahwasannya organisasi sangat membutuhkan yang namanya bagan atau struktur anggota.

Yang mana bagan tersebut mencoba untuk menjelaskan tentang jabatan serta fokus mereka tentang hak dan kewajiban mereka.

Juga memberikan pengertian bagi yang membaca tersebut, mengenai bagian-bagian dari organisasi. Sehingga ketika mereka ada keperluan dengan salah satu anggota, maka mereka sudah mendapatkan sedikit informasi tentang mereka, di bagan tersebut.

Oleh karena itu, menggunakan garis dalam bagan untuk menjelaskan suatu hal, memang sangatlah penting. Dan dalam pembuatan bagan tersebut, menggunakan dua jenis garis, yakni horizontal dan vertikal.

Horizontal ini, lebh kepada macam garis untuk menjelaskan tentang kesejajaran jabatan antara satu dengan yang lainnya.

Sedangkan untuk yang vertikal, menjelaskan tentang kedudukan antara jabatan pemimpin dan para bawahannya atau anggotanya. Sehingga kedua garis tersebut juga menjelaskan bagaimana tingkat kewenangan orang tersebut di organisasi yang ada.


Macam-macam Garis dalam Matematika

Seperti yang sudah disinggung, bahwasannya dalam matematis, garis ini sangat sering di pakai untuk membuat pola tertentu, atau gambar tertentu yang nantinya akan dibuatkan rumus.

Contoh beberapa bentuk dari gambar tersebut seperti segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran, jajaran genjang, dan sebagainya.

Yang mana beberapa bentuk gambar tersebut, sering menggunakan beberapa garis, antara lain:

  • Garis horizontal
  • Vertikal
  • Lengkungan
  • Diagonal
  • dll


Bentuk Garis dalam Bidang Teknik

Garis juga sering digunakan dalam bidang teknik. Hal tersebut sudah terjelaskan dalam beberapa pembahasan sebelumnya.

Yang mana dalam pembuatan garis di bidang teknik ini, lebih mengacu kepada penjelasan kepada orang-orang mengenai garis teritorial dari sebuah wilayah kekuasaan.

Organisatoris lain baca ini: Pidato Rekreatif dan Persuasi, 2 Jenis Menarik

Atau menjadi simbol yang ada di peta, dengan tujuan memberikan pengertian mereka akan wilayah yang terdapat simbol tersebut.

Beberapa garis yang sering dipakai dalam bidang ini antara lain:

  • Garis strip
  • Garis putus-putus
  • Gelombang atau awan
  • dll


Berbagai Macam Garis dalam Seni Rupa

Garis juga sering di pakai untuk bidang sei rupa, atau seni lukis. Yang mana mereka sering menggambarkan suatu hal, dengan mencoba merepresentasikan apa yang ingin mereka sampaikan kepada penikmat dari lukisan mereka.

Beberapa garis yang sering mereka pakai, antara lain

  • Garis horizontal
  • Vertikal
  • Lengkungan
  • Ombak
  • dll

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai macam garis, yang ternyata banyak dipakai di beberapa bidang yang ada pada kehidupan kita.

Dari hal tersebut kita bisa menyimpulkan bahwasannya goresan sedikit apapun itu, dapat merepresentasikan pesan yang ingin kita sampaikan kepada orang banyak.

Mereka menjadi lebih mengerti tentang apa yang kita harapkan, kita berikan informasi, yang kemudian bermuara kepada mereka yang mendapatkan edukasi dari kita.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Garis
  2. https://hot.liputan6.com/read/4532373/mengenal-macam-macam-garis-dalam-seni-rupa-dan-gambar-teknik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *